May 2, 2024 Setiap Pelempar Turbo Diberi Kesempatan Sebanyak Setiap Pelempar Turbo Diberi Kesempatan Sebanyak – Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami sedang mengembangkan antarmuka dasbor baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kami mengundang Anda untuk melihat pratinjau dasbor baru kami dan mencobanya. Beberapa fitur tidak akan tersedia tetapi akan ditambahkan nanti. Setiap Pelempar Turbo Diberi Kesempatan Sebanyak Cobalah karena mudah untuk kembali ke antarmuka yang biasa Anda gunakan. Laporan Praktik Lapang (f34070102) Hak Cipta © 2019 Disclaimer Kemendikbud. buku ini merupakan buku siswa yang disiapkan oleh pemerintah sebagai bagian dari pelaksanaan program sekolah tahun 2013. Buku ini adalah “dokumen hidup” yang terus diperbaiki dan diperbarui. dan diperbarui sesuai dengan kebutuhan yang dinamis dan perubahan zaman. Kami berharap kontribusi dari berbagai kalangan kepada penulis dan http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email ke [email protected] kemdikbud.go.id dapat meningkatkan kualitas buku ini. Katalog Dalam Publikasi (KDT) Simamora, Berton Supriadi. Aktif dalam olahraga. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI SD/MI / Burton Supriadi Simamora. –Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019. xx, 204 hal. : sebuah ilusi ; 29,7 cm. SD/MI Kelas VI ISBN 978-602-244-237-0 (Jilid Lengkap) ISBN 978-602-244-240-0 (Jilid 3) 1. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Jasmani — Belajar dan Mengajar I. Judul II . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 790 Penulis: Berton Supriadi Simamora. Reviewer: Erwin Setyo Crisvanto, Suroto, Yusmavati, Slamet Raharjo. Resensi: Rian Hadi Saputra Penerbit: Pusat Kurikulum dan Buku, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Cetakan pertama, 2019 Menyetujui Verdana 12 pt. Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kegiatan Olahraga Aktif Kelas VI Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kami juga berterima kasih kepada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pusat Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Buku Teks, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan pihak-pihak lain yang telah berkontribusi dalam pembuatan buku ini. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting. Tubuh manusia itu seperti mesin. Jika tidak digunakan, mesin akan rusak dan berkarat. Jika tubuh manusia kurang gerak, maka akan mudah sakit. Tubuh yang sering digunakan untuk berolahraga akan terasa nyaman. Daya tahan juga meningkat. Ibarat “suplemen ajaib”, olahraga bisa membuat tubuh bugar dan sehat. Pandai berolahraga bukan berarti harus menguasai olahraganya, melainkan proses perkembangan geraknya. Mereka akan memberi Anda suasana yang menyenangkan di acara olahraga. Faktor-faktor inilah yang melatarbelakangi penyusunan Buku Siswa Aktif Olahraga Kelas VI ini; “Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan”. Penyajian materi dalam Buku Siswa Aktif Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI bersifat kontekstual dan aplikatif. Buku ini mencakup permainan bola besar, permainan bola kecil, gerakan dan fundamental atletik dan pencak silat. Buku ini juga memuat materi tentang kebugaran, senam lantai, gerakan ritmis, dan gaya dada. Materi yang disampaikan pada bidang kesehatan menyangkut kebersihan reproduksi. Buku ini berisi banyak klasifikasi untuk mendukung pembelajaran. Namun, siswa didorong untuk menemukan dan/atau mengeksplorasi sumber belajar lainnya. Saya harap buku ini akan membantu Anda mempelajari dan mempraktikkan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Melalui buku ini, kami berharap dapat mempelajari materi dan semoga menambah pengetahuan Anda tentang olahraga. Terakhir, bermain aktif: pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan iii Dalam buku ini, Anda akan menjadi generasi Indonesia yang berkarakter sehat, cerdas, dan jujur. Belajar yang bagus! Jakarta, Februari 2019 Penyusun Buku Siswa Kelas IV SD/MI Panduan Penggunaan Buku Pedoman Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan aktivitas fisik untuk membawa perubahan holistik dalam kualitas pribadi, baik fisik, mental dan emosional. Sebagai subjek, PJOK berperan dalam mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikologis, keterampilan motorik, pengetahuan dan kecerdasan, penghayatan nilai dan kebiasaan gaya hidup sehat. Daftar Tabel Daftar Tabel berisi nama-nama tabel yang terdapat pada buku siswa ini. Daftar tabel disajikan secara berurutan dan disertai dengan nomor halaman. Daftar Gambar Daftar Gambar berisi gambar-gambar yang ada di buku siswa. Daftar gambar disajikan secara berurutan dan disertai nomor halaman. Apersepsi Apersepsi diberikan pada setiap awal pembelajaran berupa foto/ilustrasi yang mendukung topik. Topik ini merupakan pengantar atau primer yang memperkenalkan Anda pada keragaman olahraga dan kesehatan. Anda dapat menemukan informasi olahraga dan kesehatan di sekitar Anda. Foto/ilustrasi pada bagian ini menunjukkan visualisasi materi yang dipelajari. Peta Konsep Peta konsep adalah diagram yang menunjukkan hubungan antar konsep materi pada setiap kelas. Topik ini berisi ide-ide materi yang disampaikan dalam pelajaran. Aktivitas Bagian ini berisi aktivitas individu dan/atau kelompok. Bagian ini memandu Anda untuk memahami materi yang dipelajari. Dengan rubrik ini, Anda termotivasi untuk mengembangkan sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Aktif dalam olahraga – Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan v Buku Guru Kelas 4 Sd Kurikulum 2013 Pjok Revisi 2019 Ayo, bagian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang topik tersebut. Melalui bagian ini, Anda diajak untuk mempraktikkan materi yang dipelajari. Tahukah Anda bahwa topik ini berisi informasi penting terkait perangkat keras? Topik ini dirancang untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Anda. Informasi berupa acara olahraga nyata, penemuan baru dan tokoh (olahraga), selaras dengan materi. Tunjukkan keahlian Anda Bagian ini mengajak Anda untuk berlatih atau melakukan kegiatan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang topik tersebut. Klasifikasi ini juga digunakan untuk menguji skill (kemampuan) Anda dalam melatih gerakan pada materi. Rangkuman Topik ini berisi rangkuman dari materi pelajaran. Rangkuman disajikan secara singkat untuk memahami dan menguasai materi. Penilaian Bagian ini berisi pertanyaan untuk menilai pemahaman Anda terhadap materi. Rubrik penilaian mengukur pengetahuan dan keterampilan Anda dalam satu pelajaran. Rubrik Penilaian Akhir Semester 1 untuk mengukur pengetahuan Anda setelah mempelajari materi selama satu semester. Rubrik penilaian akhir semester 2 untuk mengukur pengetahuan Anda setelah mempelajari materi selama setahun. Materi penilaian sesuai dengan materi yang dipelajari. Refleksi Tema ini hadir dalam bentuk kegiatan yang berisi ungkapan perasaan, pesan atau kesan Anda setelah mengikuti pembelajaran. Anda diharapkan terbuka atau jujur dalam mengungkapkan perasaan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan makna dan manfaat dalam kegiatan belajar yang Anda lakukan. vii Buku Siswa Kelas VI SD/MI Kegiatan Siswa Bagian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari. Berkat bagian ini, Anda akan menyelesaikan masalah secara mandiri atau berkelompok. Kegiatan kemahasiswaan dapat berupa praktikum, laporan, analisis kelompok, proyek dan kliping pers (mengumpulkan artikel/tulisan dari surat kabar, majalah, dll). Umpan Balik Bagian ini disajikan dalam bentuk lembar penilaian diri yang mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan. Melalui bagian ini, Anda diajak untuk jujur dalam menilai. Glosarium Bagian ini berisi daftar istilah-istilah penting yang digunakan dalam manual ini. Istilah ditulis dengan arti atau penjelasan singkat. Teks kamus disusun menurut abjad (berdasarkan urutan abjad). Daftar Pustaka Bagian ini memuat daftar buku dan bahan bacaan lain sebagai referensi atau bahan bacaan dalam penyusunan bahan. Penulisan disesuaikan dengan kaidah penulisan daftar pustaka. Daftar pustaka ditulis dengan urutan abjad. Indeks mata pelajaran ini berisi daftar kata dan istilah penting dalam buku. Daftar ini disusun menurut abjad (dalam urutan abjad). Setiap kata disertai dengan deskripsi nomor halaman. Bagian Informasi Profil Pemeran dari publikasi berisi informasi biografi tentang editor (penulis, kritikus, editor, dan ilustrator). Bagian ini disajikan dalam buku sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Aktif dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan vii Daftar Isi Kata Pengantar ………………………………………. …… …………………………………………………………………………. ………………………………………. .. .. ………………………………………. .. …………………… iv Daftar Isi …………… …………… …………….. ………………………….. ……………. …………………. … viii Daftar Tabel … …………….. . ………………………… ………………. . .. ………………………. …. xv Daftar nomor .. ………. ……………………………………………………… ……. … …………………………… xvi Pelajaran I Variasi dan Kombinasi Dasar Gerakan dalam Bola Pertandingan Besar ……………………………………….. ….. ……………………………………… … ………………………….. 1 Peta konsep ………… … ………………… .. …………. …….. … … ………………….. 2 Kata Kunci… … …. ………… … ………………………………………. …. .. .. ……………… 2 Tujuan Pembelajaran .. .. ……. .. …………. .. ………………………….. . ……. 3A. Variasi dan kombinasi gerak dasar motorik, non motorik dan manipulatif dalam permainan sepak bola ………………………….. ……………….. …………… …………… ……. …………. ….. 3 1. Gerakan dasar motorik yang dipadukan dengan gerakan dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ……….. . …. .. ……. 4 2. Variasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan. ……. 9 B Variasi dan kombinasi gerak dasar motorik, non motorik dan manipulatif dalam permainan bola voli… 10 1. Dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola voli… .. ….. …… .. 11 2. Variasi gerak utama non motorik dengan kombinasi gerak manipulatif utama dalam permainan bola voli ……………. 13 C. Variasi gerak motorik utama, non motorik dan manipulatif dalam permainan bola basket dan kombinasinya …………… ………….. ….. ……. 16 1. Perubahan gerak dasar manipulatif menjadi bola basket dengan kombinasi gerak dasar non motorik dalam permainan …………………. ……………………… …. ………………. … ……………….. 17 2. Variasi gerakan tidak bergerak dengan kombinasi gerakan manipulatif …………. ……………………………………………………… .. ………………………………. …. 19 3. Dengan kombinasi dasar gerak manipulatif dalam permainan bola basket variasi gerak dasar motorik. 21 Buku Siswa Kelas VI SD/MI 4. Perubahan gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket dengan kombinasi gerak dasar motorik… 21 Rangkuman ………………….. … ……. …………… ………………………….. ……. … …….. 25 Evaluasi .. ………………………. …. … … ………. .. ………………….. 26 Pikiran … …. … ……………………………………….. …….. ……….. ………. .. …. 30 Kegiatan Kemahasiswaan ………… …….. …… …. …………….. …… ……… …….. 30 Umpan Balik ………………………………………. ………… ………… …………………….. ………… ………. …………………. … 31 Pelajaran II Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Kecil …………………………….. …… ……… ……………………………………… ………. 33 Peta Konseptual ………………………………….. ………….. ……………………………… ………… … ………. 34 Kata kunci ….. … ……… …… ………… … ….. … … ….. ….. …. 34 Tujuan pembelajaran ….. … ………………………….. … ……….. ……. …………. 35 A. Variasi dan kombinasi gerak dasar motorik, non motorik, dan manipulatif dalam bola kasti games.. …… 35 1. Gerak dasar manipulatif mengayun Kombinasi gerak dasar non motorik pada lapangan baseball. 36 2. Variasi gerak dasar motorik pukulan bola kasti yang dipadukan dengan gerak dasar gerak melempar bola ……. 39 3. Variasi gerak dasar gerak bola yang dipadukan dengan gerak dasar gerak menangkap bola baseball … 40 4 Bermain bisbol dengan peraturan yang dimodifikasi ……………… ………………………………………………………………………………………. …………. 43 1. Variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar non motorik pada permainan rounders. 44 2. Variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar motorik memukul bola bundar 46 3. Variasi gerak dasar motorik dengan kombinasi. Pjok Kelas 4 Semester 1 Setiap hari kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak, dalam kompetisi matematika setiap jawaban benar diberi skor 4, download lagu tuhan bila masih ku diberi kesempatan, setiap orang membayar zakat fitrah sebanyak, air yang harus kita minum setiap hari sebanyak, tuhan bila masih ku diberi kesempatan, setiap jiwa membayar zakat fitrah sebanyak, setiap regu bola voli maksimal memainkan bola sebanyak, lirik tuhan bila ku diberi kesempatan, tubuh membutuhkan air sebanyak setiap hari News