March 28, 2024 Sebutkan Empat Prinsip Dasar Gerakan Lengan Jalan Cepat Sebutkan Empat Prinsip Dasar Gerakan Lengan Jalan Cepat – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buklet Anda sendiri 1 23 Gambar 7.4. Ayunkan maju mundur dengan satu tangan. 2. Aktivitas mengayun satu tangan dari depan ke samping Tahapan pembelajaran (1) Mengulas kembali contoh aktivitas gerak yang diperlihatkan oleh guru. (lihat Gambar 7.5). (2) Lakukan sebagai contoh. (3) Rasakan gerakannya. 23 4 (4) Bandingkan gerakan 1 pada Gambar 7.5 dengan contoh aktivitas – mengayunkan satu lengan dari depan ke samping. Tas Gerakan Guru. (5) Gerakan apa yang mudah Anda lakukan. (6) Konsentrasi pada gerakan mengayun lengan dan kaki. 3. Aktivitas gerakan satu sisi ke samping Langkah-langkah pembelajaran perpindahan berat badan secara simultan (1) Lihat contoh demonstrasi kegiatan gerak oleh guru. (lihat Gambar 7.6). (2) Buatlah, misalnya. (3) Rasakan gerakannya. 1 23 4 (4) Bandingkan gerakan yang dilakukan pada Gambar 7.6 dengan contoh guru menggerakkan salah satu lengannya ke samping pada saat melakukan aktivitas gerakan. Berat badan (5) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (6) Konsentrasi pada gerakan mengayun lengan dan kaki. 240 SMP/MT kelas VIII Sebutkan Empat Prinsip Dasar Gerakan Lengan Jalan Cepat C. Variasi Gerakan Prosedur Rangkaian Variasi melakukan berbagai gerakan prosedural dengan cara yang berbeda-beda, seperti: menyelesaikan dasar-dasar langkah dan ayunan lengan secara individu, berpasangan, atau berkelompok. Kombinasi keberagaman pembelajaran dan prinsip-prinsip inti ini meningkatkan pengetahuan, keterampilan untuk mengembangkan nilai-nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab dan kerjasama. Pada saat sesi pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan permasalahan atau bertanya kepada guru atau teman mengenai permasalahan tersebut. Jawaban mereka digunakan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang mereka hadapi. Di bawah ini adalah format pembelajarannya. 1. Tahapan belajar gerak maju mundur (1) Persiapan : Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, kedua tangan lurus ke samping, pandangan ke depan. (2) Gerakan: Hitung 1 langkah dengan kaki kiri ke depan. Hitungan 2, tarik kaki kanan 1 – 2 3-4 dan dekatkan ke kaki kiri. Gambar 7.7 Kaki di depan dan belakang :. Selama 3 hitungan, mundurlah dengan kaki kanan. Selama 4 hitungan, dekatkan kaki kiri ke kaki kanan. Hitung 5-8, ulangi 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini selama 3 x 8 hitungan dan gunakan matematika 4/4. (lihat Gambar 7.7). 2. KEGIATAN LANGKAH SAMPING Langkah Pembelajaran (1) Persiapan : Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan di samping tubuh, pandangan ke depan. (2) Gerakan : 1-2 3-4 Hitung 1 langkah dari kaki kiri ke kiri, hitungan 2, Gambar 7.8. Melangkah ke samping. Dekatkan ujung kaki kanan ke kaki kiri, hitung 3, kembalikan kaki kanan ke kanan, hitung 4, dekatkan ujung kaki kiri ke kaki kanan, hitung 5-8, ulangi hitungan 1- 2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini dengan hitungan 3 x 8 dan menggunakan matras 4/4. (lihat Gambar 7.8). Budaya Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) 241 Pdf) Teknik Sepeda Motor 3. Gerakan dengan merenggangkan kaki ke depan dan ke belakang. Tahapan Pembelajaran (1) Persiapan : Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan di samping tubuh, pandangan ke depan. (2) Gerakan : 1 Tahan kaki kanan, gerakkan kaki kiri ke depan, 2 hitungan, tarik kaki kiri ke posisi awal, 3 hitungan, tarik kaki kiri ke belakang, 4 hitungan, tarik kaki kiri ke posisi awal, Hitungan 5, rentangkan kaki kiri ke arah kiri, hitungan 6, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki, hitungan 8, turunkan tumit kembali ke posisi awal, lakukan dengan kaki kanan. Gerakan 1 – 8 dengan angka Gunakan mat 4/4, (lihat gambar 7.9). 2-4-6 1 3 5 78 Gambar 7.9. Meregangkan kaki ke depan dan ke belakang. 4. Langkah-langkah dalam belajar menggerakkan kaki ke depan dan ke belakang (1) Persiapan : Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan di samping tubuh, pandangan ke depan. (2) Gerakan : Hitung 1, putar kaki kiri lurus, toe plate, hitungan 2, turunkan 1 – 2 3 – 4 Putar kaki kiri ke belakang seperti pada Gambar 7.10. Ayunkan kaki kanan, hitung 3, ayunkan kaki ke depan dan ke belakang Ayunkan kaki kanan ke belakang, toe plate, hitung 4, turunkan kembali kaki kanan sambil menggerakkan lutut kiri, lakukan gerakan ini sebanyak 6 x 4 hitungan dan gunakan 4/4 hitungan (lihat (Gambar 7.10). 242 Kelas VIII SMP/MT 5. Langkah-langkah belajar mengayunkan kaki ke depan (1) Persiapan: Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan di samping tubuh, pandangan ke depan. (2) Gerakan : Hitung 1 Ayunan 1-2 3-4 Kaki kiri lurus ke depan dan jari kaki lurus Gambar 7.11. Tekuk kaki Anda ke depan. (piring), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan dengan menurunkan lutut kanan (bergerak), hitungan 3, tekuk kaki kanan lurus dan ujung kaki lurus ke dalam (piring), hitungan 4, turunkan lutut kanan pada posisi bersamaan dengan kaki kiri ke bawah (pass), hitung 5-8, ulangi angka 1-2-3 dan 4. Ulangi kegiatan ini sebanyak 6 x 4 hitungan dan gunakan angka 4/4 (lihat Gambar 7.11). 6. Langkah-langkah mempelajari kegiatan ayunan samping (1) Persiapan: Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan ke samping, pandangan ke depan. (2) Gerakan : Hitung 1, 1 2 3 4 Putar kaki kiri ke samping Gambar 7.12. Memutar kaki ke samping. Lurus dan ujung kaki lurus (plate), hitungan 2, turunkan kaki kiri lagi bersamaan dengan menekuk lutut kanan (lurus), hitungan 3, kaki kanan lurus ke samping dan ujung kaki lurus (plate), hitungan 4, turunkan kaki kanan kembali ke jalur kiri bawah (berjalan), hitung 5-8, ulangi angka 1-2-3 dan 4. Ulangi kegiatan ini sebanyak 6 x 4 hitungan dan gunakan angka 4/4, (lihat Gambar 7.12). 7. Gerakan Angkat Paha Kiri (1) Persiapan : Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan di samping tubuh, pandangan ke depan. (2) Gerakan: Hitungan 1 Angkat paha kiri dengan lutut ditekuk membentuk sudut 900. Gambar 7.13 Angkat paha kiri Anda. Budaya Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) 243 Arahkan kaki lurus (pelat) ke bawah, hitung 2, turunkan lagi lutut kanan (lurus) ke kaki kiri, hitung 3, tekuk paha kanan di atas lutut hingga membentuk sudut 900. Angkat ke atas, ujung kaki lurus (pelat) mengarah ke bawah, hitung 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan dengan lutut kiri diturunkan (bergerak), hitung 5-8, ulangi 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini. Gunakan perhitungan 6 x 4 dan hitung 4/4 (lihat Gambar 7.13). 8. Langkah Pembelajaran Kegiatan Memutar Satu Lengan (1) Persiapan: Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua tangan lurus ke depan, pandangan ke depan. (2) Gerakan : 1-2 memutar tangan kiri, dari bawah ke kiri, tangan kanan tetap lurus ke depan 1-2-3-4 5-6-7-8 Gambar 7.14. Putaran satu lengan. Rentangkan kedua lutut secara bersamaan, hitung 3-4, tekuk lengan kanan dari bawah ke kanan, dan kedua lutut terpisah, diakhiri dengan kedua tangan terentang, hitung 5-6, lengan kiri Tekuk ke depan, hitung 7-8. tekuk lengan kanan ke belakang. Ulangi kegiatan ini sebanyak 6 x 8 kali dengan menggunakan matras 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.14). 9. Langkah-langkah pembelajaran kegiatan memutar lengan (1) Persiapan: Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, angkat kedua lengan lurus ke atas, pandangan ke depan. (2) Gerakan: Hitung 1, putar lengan kiri ke atas ke samping, ke dalam dan ke belakang, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran ke samping. Ulangi aktivitas ini selama 1 2 8 x 2 hitungan dan gunakan ritme 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.15. Rotasi lengan. Gambar 7.15). 244 Kelas VIII SMP/MT 10. Langkah-langkah belajar one arm spin (1) Persiapan: Berdiri tegak, melangkah dengan kaki kiri, rentangkan kedua lengan, pandangan ke depan. (2) Gerakan: Hitung 1, putar lengan kiri satu kali, kembali ke samping badan dan kembali lurus ke atas, hitungan 2, Gambar 7.16. Putar satu tangan. Lengan kanan melingkar dari depan, ke belakang badan dan punggung lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini selama 8 x 2 hitungan dan gunakan matras 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.16). Selama pembelajaran, skor dapat diberikan oleh teman sejawat (peer learning) atau penilaian diri sendiri (self-assessment), dengan memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut: (1) efektivitas kerja sama selama pembelajaran (2) langkah-langkah umum Mampu melakukan kegiatan awal. posisi, (3) melakukan gerakan sederhana, (4) melakukan gerakan melangkah sederhana, (5) melakukan gerakan mengayun satu tangan, (6) bertanggung jawab, bisa Kriterianya adalah: (a) 4 = selalu jika selalu mengikuti gerakan . (b) 3 = sering jika sering berolahraga dan kadang tidak. (c) 2 = Kadang-kadang jika Anda melakukannya kadang-kadang, bukan sering. (d) 1 = tidak pernah jika tidak pernah dilakukan. Budaya Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) 245 Soal Pas Pjok Contoh aspek yang bernilai tidak ada nama yang mendukung kapan siapa yang dapat bertanggung jawab kuantitas. Kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas Posisi awal Kegiatan tahap akhir Melakukan gerakan langkah normal Respon Nilai Siswa Gerakan lengan mengayun normal 1 23 4 1234 V 123 4 1 234 1 2 3 4 123 4 V V V 1A VV 204D Sangat Baik 2E Total Maksimal skor = 24 instruksi penilaian Anda akan mendapat skor: sangat baik: jika Anda mendapat skor 16-24; oke: jika Anda mendapatkan 11-15. Benar: Jika mendapat 7-10, maka salah: Jika Sebutkan prinsip, sebutkan empat gerakan menahan bola dengan telapak kaki, sebutkan prinsip ekonomi, sebutkan dasar, gerakan dasar, sebutkan prinsip prinsip dasar demokrasi, sebutkan prinsip prinsip demokrasi, prinsip dasar gerakan palang merah, prinsip gerakan non blok, gerakan mengecilkan lengan dengan cepat, prinsip dasar, prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional News