March 29, 2024 Miturut Jinise Layang Diperang Dadi Miturut Jinise Layang Diperang Dadi – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri WOLAHAN 5 Indikator Kompetensi Dasar KELUARGA 1.1 Menghargai dan mensyukuri 1.1.1 Berdoa sebelum memulai dan sesudah kegiatan pembelajaran bahasa daerah agar bahasa daerah itu ada 1.1.2 Memanfaatkan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang berkomunikasi secara informal untuk meningkatkan diri. pengetahuan dan keterampilan bahasa daerah, serta pelestarian dan pengembangan budaya daerah untuk digunakan sebagai upaya membina dan mengembangkan kebudayaan nasional. dialami ketika kembali ke peristiwa hidup sendiri dan lainnya 2.5.2 Membiasakan diri mengungkapkan dengan percaya diri peristiwa lain yang pernah dialami 3.4 Memahami struktur teks, 3.4.1 Mengidentifikasi font, unsur kebahasaan dalam 3.4.2 Mengucapkan bagian-bagian teks surat, tulislah berbagai jenis surat 3.4.3 Biarkan aturan penulisan surat dan iklan sesuai konteks 4.4 Menulis berbagai jenis surat 4.4.1 Menulis surat pribadi sesuai aturan. dan periklanan sesuai 4.4.2 Membaca aturan dan konteks surat pribadi. KirtyaBasaVIII 91 Miturut Jinise Layang Diperang Dadi Gabar Insight Coba lihat di bawah ini untuk pratinjaunya! Sidoarjo, 20 Oktober 2015 Katur kepada Eyang Prawirodimeja Wonten ing Madiun. Terima kasih, dengan surat ini belum saatnya aku memanjatkan doaku kepada nenekku di Madiun. Jangan lewatkan juga kesempatan ini untuk menyampaikan bahwa jika anda berada di Sidoarjo, anda akan selalu diberi keberkahan, dan akan selalu dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Penyayang. Semoga kakek dan nenek juga seluruh keluarga di Madiun Makatena, Amin. Kajawi jadi saatnya berbagi kabar bahwa kini saatnya, atas doa Kakek kalian berdua berhasil lulus kelas 8 SMP di Sidoarjo. Di sisi lain, “pembelajaran” semester ganjil belum tuntas tuntas. Aku mohon doanya kepada Kakek, semoga pemberitaanku mendapat manfaat yang baik. Kakek dan nenek yang bersama saya, kata Ayah dan Ibu, saya akan datang ke Madiun dengan kereta “Sancaka” dari jurusan Surabaya – Ngayogjakarta. Waktu liburan saya adalah tanggal 24 Desember hingga Minggu setelah pindah ke bulan Januari, saya harap kalian berdua dapat menikmati waktu ini dengan senang hati. Saya akan efisien asalkan saya bisa, mungkin saya tidak punya masalah dengan sistem dan saya tidak menyangka, saatnya meminta kejayaan lautan. Terima kasih Keng Wayah Nanang Wijaya Setelah masak, jawablah pertanyaan di bawah ini! KirtyaBasa VIII 1. Jenis layang-layang apa yang anda pahami? 2. Jenis layang-layang apa saja yang termasuk layang-layang tinggi? 3. Apa nama jalan layang tersebut? 4. Tahukah kamu cara menulis layang-layang? Kepada siapa? 5. Isine Kite tahu cara menulis? 92 Bs.d7 Bahasa Jawa Pages 1 50 Kegiatan 1. Teks Bentuk Layang-layang Sampai saat ini masyarakat masih sangat berhubungan dengan layang-layang. Na3n:ginMganjagmuannTeskaiskiKawnisthriaMdaansduhdiar, saya karena banyak orang menggunakan perangkat koneksi (komunikasi) yang lebih modern melalui email, BBM, SMS, WhatsApp, Twitter melalui ponsel / internet. Lihatlah isinya, dan anda dapat membentuknya dalam: 1. Layang-layang pribadi (Layang-layang Iber-Iber) 2. Layang-layang ulem (undangan) 3. Layang-layang Lelayu (berita paten) 4. Layang-layang Kitir (telegram) 5. Layang-layang Paturan (pemberitahuan/distribusi) 6 .Layang balacha (perintah) Tugas 1: Periksa Layang-layang Pribadi 1. Jika Anda ingin membaca teks layang-layang pribadi, cobalah membaca teks layang-layang pribadi! Madiun 16 Juni 2015 Sambutan kepada Pakdhe Kartasumarma di Surabaya Aturlah pemberkatan Dengan adanya surat ini tersiar kabar bahwa putra keluarga di Madiun senantiasa diberkati. Terima kasih saya ucapkan kepada Gusti Ingkang Maha Agung, semoga Pakdhe sekeluarga di Surabaya selalu dilimpahi rezeki, kalis sa rubeda. Kalau begitu, saya sampaikan kepada hadirin bahwa tanggal 16 Juni adalah akhir semester. Tujuanku pergi ke rumah Pakdhe pada liburan kali ini. Saya ingin berbagi watt mingguan saya karena saya dekat sekali dengan Pakdhe, Budhe, Simbah dan seluruh keluarga di Surabaya. Vanasa efisien asalkan saya menyusunnya, jika ada kesalahan penyusunan dengan penulis, saya mohon pelumas lautan pengalaman. Ingka Putra Bagus Baskara KirtyaBasaVIII 93 Bausastra : : Kabar Pawarta : Layang-layang Sera Wilongen : Slamet, bagas waras nyipeng Wasana : Nginep Kapang : Kesimpulan, akhir : Kabut 2. Untuk mengetahui isi surat pribadi di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini! 1. Siapa yang menulis layang-layang ini? 2. Siapa yang menulis layang-layang ini? 3. Kapan dan dimana ditulis? 4. Apa tujuan menulis? 5. Kapan semester baru dilaksanakan? Tugas 2: Perhatikan struktur teks wau pribadi. Setelah semak-semak Anda akan menemukan struktur pesawat layang pribadi. Perang layang-layang pribadi biasanya terjadi pada jam 8, yaitu : a. Papan tanggal dan : tempat, tanggal surat ditulis. B. Adangiyah (adawiyah): memberi unggah ugghahe siapa yang mengirim layang-layang marang siapa yang mengirim. C. Pendahuluan: isi kabar baik terkirim dan harapan terkirim dengan selamat. D. Surasa basa /isine layang : apakah anda memerlukan sesuatu yang perlu diberitahukan. e. Vasana basa/sampul pamflet: permintaan atau undangan yang dihubungkan dengan isi pamflet. F. Peprenah : mempertemukan hubungan orang yang mengirim layang-layang dengan orang yang dikirimi layang-layang. G. Situs asma: Layang-layang tulisan tangan. H. Asma cerah: Jeneng Cetha bernyanyi dan menerbangkan layang-layang. 94 Kirtya Basa VIII (1)______________(2)____________ Keterangan: (3)______________________________ 1. Adangiyah __________________________ 2. Papan Titimangsa ___________________________ 3. Bebuka 4. Surasa basa (4) _______________________________ 5. Wasana basa __________________________ 6. Peprenah 7. Situs Astma (5) 8 .Asma cerah ____________ ____________________________ (6) ________________ (7)____________ (8)____________ Gladhen: Wacanen septisan maneh contoh penerbangan pribadi di ketinggian, lalu layanan di bawahnya ininen manut prentahe! Jembatan Papan Ukara dan Titimangsa Adangiyah …………………………………….. ……… ………………. Membuka ………………… …………………… …………………… …………………………………….. …… …………………………………….. ….. ……. …….. Surasa Basa …………………… .. ….. ………………………………………… .. ……………………………………….. … …………………… …………. ……… .Vasana Basa ……………………. ……………….. … …………………………….. …….Peprenah … … …………………………………….. ….. ………….. …………. Situs asma …………… .. …. ………. ………………………….. …….. ……………… …………………… …….. …………………… …………. …….. ……………………………. …. ……. ………………………………….. …… … ………………………………….. ……… …………… ………………………….. ……… …………………………………. ……….. ……. ………………………….. ……….. …….. …………………… ………… …………………………….. …. ………. …………………………….. ………….. ………………………….. …….. ………….. ………………………………………. .. ………………………….. ……………… ………………. …. ….. ….. …… ……….. …….. KirtyaBasaVIII 95 Tugas 3: Mendengarkan elemen dasar teks layang-layang pribadi. Saat menulis layang-layang, ketahuilah jenis aturan yang ingin Anda gunakan. Biasanya yang dianggap menulis layang-layang ingin merasakan sendiri. Umumnya antara makanan nyritakake, nakokake Kabar, harapan, dan lain-lain. di dalam. Kalimat Cerita. “Sampaikan kabar bahwa anggota keluarga di Madiun selalu diberkati..” Untuk membuka postingan ini saya ingin menyertakan contoh ceritanya. Pepeling Kalimat cerita/Kalimat adalah kalimat yang menceritakan suatu bab, peristiwa atau keadaan kepada orang lain. Untuk memahami lebih jelas, makna cerita tersebut lebih dari hal-hal di bawah ini! (1) Semoga keluarga Madiun diberkati selalu. (2) Tanggal 16 Juni saya lulus dari Wiwit Prei. (3) Hadirin sekalian, lakukan apa pun yang Anda inginkan besok. (4) Kula Sampun kehilangan tiket kereta api tujuan Surabaya. B. Pertanyaan yang dikirim. “Apa kabar kakek dan paman di Surabaya?” Ing waran bebukaning layang-layang pesan ini juga memuat contoh kalimat tanya. Pepeling Ukara Pitakon merupakan kalimat yang memerlukan penjelasan dari orang yang membaca atau diajak berbicara. Kalimat ini umumnya digunakan untuk menanyakan apa, piye, pripun, jasa pundi, senten, sapa dan kira. Ajukan pertanyaan seperti di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas aturannya! 1. Bagaimana kabar kakek dan paman di Surabaya? 2. Apa itu Sri Kokgawa? 96 Kirtya Basa VIII B. Jawa 8 3. Berapa jumlah anak laki-laki yang dimiliki paman? 4. Kakekmu berasal dari mana? 5. Bisakah kamu menyanyi layang-layang? C. Ukara Sananta” Kula benjing ndherek nyipeng watawis seminggu” Ing waran surasa basa basa, berisi contoh ukara sananta. Pepeling Ukara Sananta adalah ukara yang mengandung niat, kemauan atau kehendak. Akan tetapi, orang yang mempunyai niat atau ingin ingin. bangun sendiri. Pasti ukara ini belum terjadi atau aku belum melakukannya karena aku masih menunjukkan niatku. (1) Aku akan berada di sini selama seminggu. (2) Aku’ aku akan aku sumbangkan buku ini kepada anak yatim piatu. (3) Karena aku pengangguran maka aku tidak perlu menulis postingan. (4) Aku akan mencuci baju kotormu Pisan dhi. (5) Awan berikutnya aku belajar di kelompok omahe Nisa . Gladhen : Setelah mengetahui jenis-jenis peraturan, wacanen maneh contoh “orang yang” melampaui batas. Tindakan ahli ingin memprovokasi hal tersebut! a. Kelompok peraturan yang memuat peraturan b. Kelompok hukuman yang memuat peraturan hukuman bertanya c.Kelompok hukuman yang termasuk hukuman mengunggah bahasa Selama Anda membagikan isi surat kepada semua orang, Anda harus melewati hukuman yang menghilangkan bahasa unggahan. Tulis surat kepada sapepadhane lan marang wong kang pihir tuwa kudune penurunan unggahan-bahasa yang sangat berbeda. Untuk menulis surat kepada orang yang lebih tua dari Anda, seperti contoh yang baik tentang huruf tinggi, tinggi sopan santun. Tata bahasa adalah jenis bahasa yang terdiri atas kata-kata yang gramatikal diikuti dengan kata-kata yang bermutu tinggi. Kata-kata yang biasa dilontarkan hanya untuk mereka yang dihormati. Etiket dasar ini disebut juga dengan bahasa fleksibel, sehingga bisa disebut bae. KirtyaBasaVIII 97 Contoh: (1) Puan nembe mawon datang ke kota. (2) Apakah Bu Rani sudah makan? (3) Tuan Ampri, apakah Sampun Kondur itu? (4) Mangga gan, Kopini juga harus ditampilkan! (5) Saya akan mandi dulu. Bahasa krama dalam percakapan digunakan untuk: (1) Pacelathon antar sahabat karena untuk menghormati. (2) Pacelathon antar orang yang masih (mengenal) tepung. (3) Pacelathon antara orang muda dan orang tua (adhi marang sadulere). Gladhen : Kamu tidak memperdulikan dasar-dasar sopan santun dengan kata-kata berikut ini! 1. sare 2. punya 3. akting 4. ingin 5. sampingan Tugas 4 : Aturan dan teknik menulis layang-layang pribadi Menulis layang-layang harus dilakukan dengan isi perang layang-layang. Setelah mengetahui isi setiap jalan layang maka mudah untuk menulisnya. Adakah yang perlu dituliskan dalam surat tersebut, coba pahami detailnya di bawah ini. 1. Kepengurusan dan Jabatan Isine : Nama kota dan tanggal penulisan surat. Nama kota Sarampunge harus diberi tanda koma dan tanpa tanda akhir News