January 9, 2024 Gawea Tuladha Ukara Sananta 5 Wae Gawea Tuladha Ukara Sananta 5 Wae – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri WULAHAN 5 Indikator Keterampilan Dasar Keluarga 1.1 Mengenal dan mensyukuri 1.1.1 Berdoa kepada Tuhan sebelum memulai dan setelah belajar bahasa daerah agar memiliki bahasa daerah 1.1.2 Menggunakan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Kuasa yang berkomunikasi secara informal. mempunyai pengetahuan dan ketrampilan berbahasa daerah, serta memelihara dan meningkatkan budaya lokal untuk digunakan dalam memajukan dan mengembangkan kebudayaan nasional 2.5 Jujur dan 2.5.1 Jujur dan percaya terhadap peristiwa yang pernah dilihat. dan pengetahuan. Kapan Anda akan kembali ke peristiwa dalam hidup Anda dan orang lain 2.5.2 Latihan dan kepercayaan diri untuk menggambarkan peristiwa lain yang pernah dilihat 3.4 Memahami struktur teks, 3.4.1 Periksa format, isi dalam 3.4.2 Judul bagian artikel, menulis berbagai jenis teks 3.4.3 Menunjukkan hak untuk menulis dan menerbitkan sesuai dengan isinya 4.4 Menulis teks yang berbeda 4.4.1 Menulis teksnya sesuai aturan. dan beriklan sesuai 4.4.2 Membaca aturan artikel dan konten. Kirtya BasaVIII 91 Gawea Tuladha Ukara Sananta 5 Wae Gabar Insight Coba cari ing ng ng ng layang tulada ini! Sidoarjo, 20 Oktober 2015 Katur kepada Eyang Prawirodimeja Wonten ing MaDIV. Nuwun, serat Kanthi punika keng waih ngaraken sembah sungkem terepinipun Makhulu ngun di Mapel. Boten kesupen keng time ugi ngaraken bilih keng time now ing ing Sidoarjo sarak ginanjar sabawe, nir ing sambeka pikantuk berkahing Gusti Kang Maha Asih. Kakek Mgi-mugi adalah seluruh keluarga yang menginginkan Maango makatena ugi, Amin. Kajawi jadi punika keng waktu set berita bilih sapunika keng waktu kanthi pandonganpun Eyang kekalih sampun kasil min kal min 8 SMP ungun ing Sidoarjo. Sakedhap bukanlah semester yang biasa “pembelajaran” tidak tuntas. Keng timeh mepina pandonganipun Eyang kealih, rapor mugi-mugi kula samangke pikantuk ikan yang sae. Eyang Kakung saha Eyang Putri yang kula pundi, gendikanipun Bapak saha Ibu, kula mangke manawi bibi rapor kula sae kepareng sowan ngga Ma pun kanthi ngginakaken kreta “Sankaka” Surabaya – jurusan Ngayogjakarta. Wekdal kula sokja lulan 24 Desember ngtos minggu sepindhah ing lulan Januari, mugi Eyang kekalih saget nampi keng wayah kanthi renaning penggalih. Dia melakukan perbuatan baik dan perbuatan baik, dan perbuatan baik, dan perbuatan baik, dan perbuatan baik, semuanya samodra pangaksami. Sekarang. Keng Wayah Nanang Wijaya Suatu ketika dalam urusan bisnis, dia mengistirahatkan dirinya pitakon-pitakon ing ki ki! KirtyaBasa VIII 1. Jenis layang-layang apa yang dinyanyikan di bagian refrain? 2. Apa jenis layang-layang tersebut? 3. Apa nama jalan layang itu? 4. Tahukah kamu cara menulis layang-layang? Marang siapa? 5. Bisakah Isine Kite menulis? 92 Contoh Ukara Sambawa Dalam Bahasa Jawa Dan Penjelasannya Kegiatan 1. Surat Wangun Komunitas Layang Nganti saiiki isih ekhe sehubungan dengan kanthi menggunakan layang. Na3n:ginMganjagmuannTeskaiskiKawnisthriaMdaansduhdiar, saya seorang marga yang tidak bisa banyak bernyanyi sekarang alat kontak (komunikasi) seperti email, BBM, SMS, WhatsApp, Twitter di ponsel / di internet. Mirut empat, layang-layang bisa kapang dadi : 1. Layang-layang pribadi (iber-iber layang-layang) 2. Layang-layang ulem (uundhangan) 3. Layang-layang lelayu (berita kepaten) 4. Layang-layang untuk Kitir (telegram) 5. Layang-layang paturan (diterbitkan/disekeliling ) 6.Layang bala (urutan) Kegiatan 1: Melihat Self Kite 1. Jika ingin membaca self kite, cobalah membaca self kite! Tanggal 16 Juni 2015 Katur ke Pakdhe Kartasumarma ing Surabaya Atur pamuji rahayu Kanthi fiber punika keng son set yang son sakulawarga ing Maude sarake ginanjar sabawe. Panuwun kula anggu Gusti Inkang Maha Agung, mugi-mugi Pakdhe saha sadaya kinmani ng ng Surabaya nginajar ginanjar sabeng, kalis so rubeda. Kajawi jadi punika, kula ngara pirsa bilih tanggal 16 Juni punika sampun ngancik prei ganep semester. Dia berkata kepada mereka, wanita yang hidup di dunia ini. Kula badhe ndherek nyipeng watawis seminggu, amargi kula sampun pwm sanget kaliyan Pakdhe, Budhe, Simbah, saha sadaya kinmani ungen di Surabaya. Raja mempunyai semua hal yang baik, dan hal-hal yang baik dan hal-hal yang baik, dan hal-hal yang baik. Ingkang Putra Bagus Baskara KirtyaBasaVIII 93 Bausastra: : Kabar Pawarta : Layang-layang Sera Wilujan : Slamet, bagas waras nyipeng Wasana : Nginep Kapang : Habis, habis : Hilang 2. Kanggo sine sine layang Pribadi ing alquho, wangsulana pitakon-pitakon ing t! 1. Siapa yang menulis layang-layang ini? 2. Siapa yang menulis layang-layang ini? 3. Kapan lan ditulis? 4. Apa tujuan mengumpulkan layang-layang? 5. Kapan semester baru dimulai? Tugas 2: Perhatikan situasi teks layang-layang pribadi Semaken maneh tuladha layang-layang pribadi ing awong. Setelah Kok Bush, Anda akan melihat konstruksi pesawat layang pribadi. Perang pribadi antar layang-layang biasanya dilakukan dalam 8 cara, yaitu : a. Papan lan titimangsa: temanga, tanggal penulisan nalika layang. B. Adangiyah (adawiyah): artinya upload-ungghage sing kirim layang nyanyi sing kirim. C. Catatan: tulis kabar baik terkirim dan pangarep-arep terkirim aman. D. Surasa basa /isine layang: menjelaskan apa yang bae nyanyikan harus diucapkan. dari. Selebaran musik/sampul yang sepi: lagu baru taman bunga yang dicuri. F. Peprenah: menggambarkan hubungan antara orang yang mengirim layang-layang dan orang yang mengirim layang-layang. G. Tapak asma: Perlengkapan tulisan tangan. H. Nafas Cerah: Jeneng Cetha bernyanyi dan menerbangkan layang-layang. 94 Kirtya Basa VIII (1)__________(2)______ Katrangan : (3)______________________________________ 1. Adangiyah __________________________________________________________ 2.Papan Titimangsa ________________________________________ 3. Bebuka 4.Surasa basa (4) ________________________________________ 5.Wasana basa ________________________________________ 6.Peprenah _______7.Asmarenah. Jalan Layang Ukara Papan dan Titimangsa Adangiyah …………………………………….. …………. …………………………….. . ……………………… …………………. . …………………………………….. …… …………………………………………. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ………………………………………… .. …………… ………………………….. … ………………………………………… .. ………… . . . . . . . . . . . . . . . . . ………………………………………… .. ……………. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ………………………………………… .. ………… …. Daerah dada …………………… .. ………………………………………….. … …………………… …………………. …. …………………………….. ……… ….. …………………………………………… ……. ………………………………………… …. ……………….. …………………… …… …………………………… ………. ….. …………………………………………… ……. …………………………………….. …… ……………….. …………………. ……. …………………………… ……… …….. …………………………………. ………. ………………………………………… …. ……………….. …………………… …… …………………………………. …….. ………………………………………… .. …………………. …………………… …. ……………………………….. .. KirtyaBasaVIII 95 Langkah 3: Dengarkan Dasar-Dasar Menulis Layang-layang Anda Sendiri. Seringkali yang harus mengumpulkan materi merasa seperti dhewe-dhewe. Generale tanari nyritakake sukana, nakokake Kabar, pangarep-arep, dan liya-liyanya. A. Amal. Halo semuanya, mari bersenang-senang bersama semuanya.. Pepeling Ukara carita/Kalimat baru aik ukara kang isine nyritakake sung bab, kedadean, utawa sung kaanan marang wong liya. Jika ingin tahu lebih banyak tentang caritas, kami nantikan untuk melihatnya kamu lagi! (1) Generatornya berfungsi dengan baik. (2) Tanggal 16 Juni, saya lulus dari Wiwit Prei. (3) Ibu dan Ayah akan melakukan apa pun yang mereka inginkan besok. (4) Kula Sampun kehilangan tiket kereta api ke Surabaya. b. Do Pitakon. “Pernahkah anda mendengar tentang Surabaya?” Dalam waran bebukaning layang-layang postingan ini juga ingin moget tuladaha ukara pitakon. Pepeling Ukara Pitakon ukara kang isine beka katrangan marang wong hu maca atawa menyanyikan ajakan dari guneman. Ukara iki generale menggunakan pitakon kata apa, piye, pripun, jasas pundi, sinten, sapa lan pira Untuk masuk Lebih jelas cara bertanya dengan naik ke meja di tuksi iki 1. Sedang apa di Surabaya? 2. Apa itu Kokgawa Sri? 96 Kirtya Basa VIII Bahasa Jawa Viii Pages 101 150 3. Pira Putrane Pakdhe? 4. Apakah itu sebuah perusahaan? 5. Sinten bernyanyi menyanyi layang-layang? C. Ukara Sananta ”Kula benjing nherek nyipeng watawis seminggu” Ing waran surasa basa basa, moget tuladha kara sananta. Pepeling Ukara Sananta adalah ukara kang mempunyai tujuan, karep, atawa sedya. Ananging, kang duwe kamu mencari. ke atas. Tentu saja bae kakara iki durung kelakon atawa durung katupunge jalaran isih untuk mengungkapkan niat mengetahui lebih jauh tentang kakara sananta seken tulada ing tilaha iki! (1) Kula benjing nherek nyipeng watawis seminggu. (2) Buku ini adalah sp Daksumbangke marang iindama. ( 3) Pikirkan tentang pengangguran, jangan repot-repot tempat menulis, yang ahli harus menyerap ini!. Tulis layang marang sapepadhane lan marang wong kang pihir tuwa kudune kudune kalmasu upload-ungguh basa kang yang berbeda Kanggo sau layang marang wong kang pihir tuwa kaya tulada layang ing ng ngang kang kang ang yang ang yang ang yang yang yang bergan. Basa krama aiik jinsing basa kang saka krama kang seseli krama krama inggil. Tembang sing dikramakne inggil normale amung ngungti wong cula dikumati wae. Proses sederhana ini juga disebut bae dalam berbagai bahasa. Kirtya BasaVIII 97 Tuladha : (1) Nimbe dipotong ikut ke peken. (2) Ny. Rani sampun dhahar? (3) Tuan. Ampri, apa itu Sampun Kondur? (4) Mangga abang, malah Kopini tunjukkan! (5) Pompa vakum. Gereja: (1) Pacelathon sapepadhane amarga ngukti ngajeni. (2) Pacelathon antarne Wong menyanyikan lebih banyak keberuntungan (dikenal). (3) Pacelathon tambien wong em marang sing pihir tuwa (adhi marang sadulure). Gladhen: Gawea mengabaikan pentingnya penggunaan krama kanthi ng-tembung ing tjei iki! 1. sare 2. matang 3. act 4. kersa 5. nyamping Tugas 4 : Aturan dan Teknik Menulis Layang-layang Pribadi Penulisan layang-layang akan dilakukan dengan isi perang layang-layang. Setelah memahami detail jalan layang tersebut, Tamtu ingin menulis secara sederhana. Pernah dinyanyikan hendaknya menulis sagi layang zama jinglengana katrangan ing tjai iki. 1. Papan dan tempat Isine : Jeneng kutha dan tanggal penulisan surat. Sarampunge nam kutha sebaiknya diberi tanda baca tanpa tanda potong News