November 22, 2023 Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2 Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2 – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat gulungan Anda sendiri 18 × tinggi 256 – 40 = 18 × tinggi 216 = 18 × tinggi = 12 Jadi tinggi prisma tersebut adalah 12 cm. Contoh 8.6 M NL Untuk prisma segi lima EFGHI.JKLMN, alas EFGHI adalah segi lima JK 14 cm dengan panjang sisi H 8 cm dan tinggi prisma 14 cm. IO G Jika titik O adalah pusatnya dan OP = 5,5 cm, tentukan tinggi prisma 5,5 8 cm. E PF Gambar 8.11 Prisma pentagonal dari mata kuliah matematika 2013 143 Tentukan Volume Kubus Yang Luas Alasnya 49 Cm2 560 = 780 O Jadi luas permukaan prisma EFGHI.JKLMN adalah 780 cm2. 5,5 E 8 cm F?! Ayo kerjakan 8.2 1. Sebuah prisma persegi panjang memiliki luas 40 cm2. Jika lebar persegi panjang 5 cm dan tinggi prisma 12 cm, tentukan tinggi prisma tersebut. 2. Alas sebuah prisma adalah segitiga siku-siku dengan panjang sisi 12 cm, 9 cm, dan 15 cm. Jika tinggi prisma 30 cm, tentukan tinggi prisma tersebut. 3. Apakah Anda pernah berkemah? Pakai tenda 2m apa? Jika tenda yang anda gunakan terlihat seperti gambar tenda berukuran 3m x 4m, dapatkah anda menghitung Gambar 8.12 Tenda dari kain terkecil yang diperlukan untuk membuat tenda? Lakukan perhitungan. 144 Kelas VIII SMP/MTs Semester II Dodi Ingin Membuat Sebuah Kerangka Kubus Menggunakan Kawat Jika Volume Kubus Yang Akan Terbentuk 3375 Cm 4. Garis segi enam beraturan ABCDEF.GHIJKL memiliki panjang alas 10 cm dan panjang sisi vertikal 80 cm. A. Gambarlah bentuk prisma. B. Tentukan posisi bidang horizontal. C. Tentukan luas permukaan prisma. 5. Sebuah prisma beralas belah ketupat memiliki panjang diagonal 24 cm dan 10 cm. Jika tinggi prisma 8 cm, maka luas permukaan prisma tersebut adalah…. (UN SMP 2015) A. 768 cm2 C. 536 cm2 B. 656 cm2 D. 504 cm2 6. Indra akan membuat tiga nama loh 12 cm Kotak kiri kanan buka seperti di gambar 22 cm 5 cm. Luas karton terkecil yang dibutuhkan Indra adalah…. (Ujian Nasional SMP 2011) A. 660 cm2 B. 700 cm2 C. 1.980 cm2 D. 2.100 cm2 7. ABCD.EFGH dan bayangan serta sisi E H G merupakan prisma. Dengan AC ABFE DCGH serupa. Panjang FA AB = 4 cm, BC = 6 cm, AE = 8 D cm dan FB = 5 cm. Tentukan tingginya. Kursus B 2013 MATEMATIKA 145 8. Sebuah prisma alasnya berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal 16 cm dan 12 cm. Hitunglah tinggi prisma jika luas permukaannya 672 cm2. 9. Diketahui luas permukaan prisma segi empat beraturan adalah 864 cm2 dan tinggi prisma tersebut adalah 12 cm. Tentukan panjang alas prisma tersebut. 10. Gambar berikut adalah prisma dan H G adalah alas trapesium sama kaki. Panjang E F AB = 6cm, BC = AD = 5cm, CD = 14cm dan AE = 15cm. Luas permukaan prisma tersebut adalah … (UN SMP 2010) A 450 cm2 C 500 cm2 D C B 480 cm2 D 510 cm2 AB 11. Diketahui luas permukaan prisma persegi panjang adalah 500 cm2 dan tingginya 10 cm . Jika alas prisma berbentuk persegi panjang, maka tentukan panjang dan lebar prisma tersebut. 12. Garasi dirancang hanya memiliki satu pintu dan satu jendela. Pak Sinaga memilih jenis mobil dan posisi jendela dan pintu di foto ini. 146 Kelas VIII SMP/MTs Semester II Contoh di bawah menunjukkan berbagai jenis yang terdapat di bagian belakang mobil. Salah satu contoh saja sesuai dengan jenis parkir yang dipilih oleh Pak Sinaga. Model mana yang dipilih Pak Sinaga? ABCD 147 Ilmu Matematika 2013 Latihan 8.3 Menentukan permukaan limas Perhatikan atap bangunan di bawah ini. Bentuk rumahnya seperti apa? Sumber: matematohir.wordpress.com Sumber: pictures-rumah88.blogspot.com Gambar 8.13 Rumah Anda dapat menggambar bagian atas rumah dan tenda sebagai berikut. Gambar 8.14 Sebuah piramida persegi panjang secara matematis disebut gambar atas piramida. Dalam ilustrasi ini, dikelilingi oleh persegi panjang dan segitiga siku-siku. Kemudian perhatikan bentuk piramid pada gambar di bawah ini. Gambar 8.15 Bentuk Piramida II Semester 148 Kelas VIII SMP/MTs Ringkasan Materi Kubus Dan Balok Lihat program pendidikan ini untuk detail lebih lanjut. Mari kita lihat Tabel 8.3 di bawah ini, yang menunjukkan gambar piramida dan ukurannya yang terkenal. Tabel 8.3 Permukaan limas No. Bisa/tidak dapat menampilkan keterangan T Diketahui alas limas berbentuk persegi dengan panjang AB = 10 cm dan TO = 12 cm. 1. D C Berdasarkan keterangan yang dapat diketahui A OE pada soal ini dapat ditentukan pada titik B? 2. T Diketahui alas limas tidak mungkin A D berbentuk bujur sangkar dengan panjang TA = 5 cm, TC = 7 cm B dan AB = 6 cm. C Dapatkah permukaan ditentukan dari informasi yang diketahui dalam tugas ini? T Diketahui alas limas berbentuk bujur sangkar dengan panjang TE = 5 cm dan AB = 6 cm. Ya 3. D C Apakah ketinggian dapat ditentukan dari informasi E yang diketahui dalam tugas ini? Silabus AB 2013 Matematika 149 Mencari Informasi Coba temukan minimal 10 pertanyaan di beberapa buku atau di internet, atau buat sendiri dengan jawaban yang berhubungan dengan puncak piramida. 150 Kelas VIII SMP/MTs Semester II 60 L = 96 Luas permukaannya adalah 96 cm2. Untuk setiap pertanyaan yang Anda temukan, tuliskan apa yang diketahui dan kenali perbedaan antara jenis pertanyaan. Mari kita pikirkan: Sekarang, berdasarkan pengamatan Anda dan hasil dari kegiatan pengumpulan, coba perhatikan dua hal berikut. 1. Posisi apa yang harus diketahui untuk menentukan puncak piramida? 2. Bagaimana cara menentukan ukuran alas dari empat limas beraturan, mengetahui bahwa tinggi limas adalah 360 cm2, dan luas semua sisi kanannya adalah 100 cm2. Berapa banyak tikar yang Anda temukan? Menjelaskan. silabus matematika 2013 151 Setelah menjawab pertanyaan dan kerja refleksi, mari berbagi. Kemudian bagikan hasil penalaran Anda dengan kelompok lain. Kemudian lihat hasil kesimpulan dan diskusikan dengan kelompok. ?! Ayo kerjakan 8.3 1. Anggap piramida K.PQRS selalu K. segiempat. Katakan semua orang: a. di situs web. SR b. bagian vertikal. C. Puncak piramida. P M Q 2. Rumus limas dengan alas berbentuk persegi panjang dengan panjang dan lebar masing-masing 16 cm dan 12 cm, sedangkan tinggi limas 24 cm. Tentukan panjang minimum kawat yang dibutuhkan untuk membentuk pusat piramida. T 3. Sebuah limas memiliki tinggi 36 cm D 36 39 C dan tinggi muka panjang 39 cm. Jika alasnya berbentuk bujur sangkar, tentukan: a. Keliling bujur sangkar, A PQ b. dimana permukaan kapur. B 4. Alas limas segi empat beraturan adalah bujur sangkar. Jika tinggi segitiga 13 cm dan tinggi limas 12 cm, tentukan tinggi limas tersebut. 152 Kelas VIII SMP/MTs Semester II Soal Soal Bangun Ruang 5. Piramida berbentuk persegi. Alas limas 96 cm sedangkan tingginya 16 cm. Tinggi total limas adalah … panjang 20 cm, panjang segitiga 10 cm. Jika tinggi limas C adalah 20 cm, berapakah tinggi limas tersebut? 10 cm 10 cm AB 7. Diketahui luas permukaan limas berbentuk persegi adalah 96 cm2. Jika tinggi limas tersebut 4 cm, tentukan luas total limas tersebut. T FE 8. Perhatikan gambar piramida heksagonal T.ABCEF berikut. A D B C Diketahui limas pada gambar adalah limas segi enam beraturan dengan panjang AB = 10 cm dan TO = 30 cm. Tentukan tinggi limas tersebut. 9. Alas limas segi empat beraturan adalah bujur sangkar. Jika tinggi segitiga 20 cm dan tinggi limas 16 cm, tentukan tinggi limas tersebut. silabus matematika 2013 153 10. Perhatikan segi empat T.ABCD berikut. T SR O PQ PQRS Keempat sisi piramida berbentuk bujur sangkar. Luas permukaannya 360 cm2. Jika tinggi limas adalah angka, tentukan panjang alas dan tinggi limas. 11. Limas segi empat beraturan beraturan terdiri dari empat segitiga sama kaki dengan ukuran dan bentuk yang sama. Diketahui luas sebuah segitiga adalah 135 cm2, dan tinggi segitiga tersebut dari puncak limas adalah 12 cm. Hitung luas permukaan piramida. 12. Gambar berikut menunjukkan potongan kubus berukuran 5 cm sehingga salah satu sisinya membentuk piramida segitiga (tetrahedron). Tentukan permukaan kedua model dari persimpangan. 5cm Semester II 154 Kelas VIII SMP/MTs Volume Ruangan Bersisi Datar 8.4 Menentukan Volume Kubus dan Balok Dalam latihan ini Anda akan belajar tentang volume kubus dan balok. Lihatlah dadu ini. Gambar 8.16a adalah kubus, yaitu kubus dengan sisi 1 satuan. Gambar 8.16a Kubus Satuan 22 3 3 44 Gambar 8.16b Balok Balok satuan 4 × 3 × 2 pada Gambar 8.16b ditempatkan di dalam kubus satu satuan pada Gambar 8.16a. Berapa kubus satuan yang diperlukan untuk memenuhi balok tersebut? Berapa banyak kubus satuan yang memenuhi volume balok tersebut? silabus matematika 2013 155 Untuk lebih jelasnya Modul Bangun Ruang Sisi Datar Pages 51 70 Rumus luas dan volume balok, rumus luas dan volume kubus, rumus luas dan volume tabung, luas kubus, alat peraga volume kubus, volume kubus kelas 5, kubus volume, luas dan volume kubus, iso volume 49, matematika kelas 5 volume kubus dan balok, luas dan volume, tentukan volume bola berikut News