March 12, 2024 Udin Berbagi Kue Ungkapan Pujian Udin Berbagi Kue Ungkapan Pujian – Pengumuman Penting Pemeliharaan Server dijadwalkan pada (GMT) Minggu, 26 Juni, 02:00 – 08:00 . situs akan tidak aktif selama waktu yang ditunjukkan! Alat Ajar Mandiri MASSASS Alat Ajar Mandiri MASSASS TIM HARMONI KORWILCAM SEmarang UNTUK PERSIAPAN E-MODULE KABUPATEN AMBARAWA TAHUN 2020 Penanggung Jawab : Dr. Sutejo, M.Pd. Kepala Bidang Pendidikan Korwilcam. Ambarawa Direktur : Dr. Agus Gunawan, M.Pd (Manajer) K3S Kecamatan Ambarawa KKG Kabupaten Ambarawa Koordinator : Nuriyanah, S.Pd. Tyaswati NA, S Pd SD. C. Retno Ari Purwaningsih, S.Pd SD RM Indriani Widiyati, S.Pd. Endah Murwatiningsih, S.Pd Editor : Emmelia Maria Sulistyorini, SE., S.Pd. Desain sampul : Joko Sugiarto, S.Pd.SD Udin Berbagi Kue Ungkapan Pujian MASSASS Semarang Belajar Mandiri Serasi Alat Belajar Mandiri, Efektif, Menyenangkan dan Antusias PENDAHULUAN Halo sobat kecil! Senang bertemu untuk berbagi pengalaman. Bagaimana pengalaman Anda? Oleh karena itu, dengan membaca dan membaca buku ini Anda akan berkenalan dengan pengalaman tak terlupakan bersama sahabat. Buku ini akan mengajak Anda melakukan segala sesuatu secara mandiri, penuh semangat, bahagia dan gembira sesuai keinginan dan kemampuan Anda. Jadikanlah buku ini sebagai teman Anda, agar ilmu yang Anda pelajari dalam buku ini bermanfaat bagi Anda. Ajak temanmu beraktivitas dengan buku ini! Kami harap Anda tetap sehat dan tetap semangat belajar. Tim kreatif │ Topik 5 adalah pengalaman saya Tugas Bahasa Indonesia Materi Belajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi DAFTAR ISI Mandiri, Praktis, Menyenangkan dan Menarik Daftar Isi Pendahuluan ii iii Protokol Kesehatan iv Panduan Penggunaan Modul vii Memetakan Keterampilan Utama dalam KD Modul 1 Belajar Mandiri Modul 1 2-28 Pengalaman Masa Kecil. 29-54 Belajar Mandiri Modul 1 55-78 Pengalaman Bersama Teman Modul Belajar Mandiri 1 79-103 Pengalaman Sekolah 104 Belajar Mandiri Modul 1 105-108 Pengalaman Berkesan Daftar Pustaka Lampiran ii │ Topik 5 Pengalaman Saya Sarana Ajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Aktif, Bahagia dan Penuh Semangat Protokol Kesehatan e│mTae7mBae5nPdae, nHgaelwamana, ndkaun Tanaman disekitarku Bahan Ajar Belajar Mandiri MASSASS Panduan Pendamping Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Bahagia dan Antusias 1. Modul ini memuat pembelajaran tentang pengalaman saya. 2. Bantu anak menemukan cara menggunakan modul secara mandiri dengan membaca petunjuk penggunaan modul dan petunjuk tugas di awal setiap modul. 3. Ajari anak berdoa sebelum membaca. 4. Membimbing anak untuk mengetahui isi atau informasi yang terkandung dalam setiap modul. 5. Setelah anak selesai mengerjakan seluruh rangkaian modul, mintalah anak menyelesaikan refleksi dan menyelesaikan Tes Keterampilan untuk memperkuat pemahaman terhadap isi modul. 6. Tunjukkan kepada guru modul di sekolah setelah menggunakan modul ini! iv │ Topik 5 Pengalaman saya Alat Mengajar Mandiri MASSASS, Mandiri, Aktif, Menyenangkan dan Energik. Pts Kelas 1 MASASS Semarang Serasi Alat Belajar Mandiri, Peta Aktif, Menyenangkan dan Berpetualang Modul PM Modul 1 Pengalaman Masa Kecil PM Modul 4 Tema 5 PM Modul 2 Pengalaman Berkesan Bersama Teman PM Modul 3 Pengalaman Sekolah vii │ Tema 5 Pengalaman Saya Alat Mengajar Mandiri MASSASS, Mandiri, Aktif, Menyenangkan dan Energik. Alat Belajar Mandiri MASSASS Serasi MASSASS Semarang Aktif, Aktif, Senang dan Tertarik KUNCI Lagu cepat atau lambat • Pengalaman olah raga Puji teman secara lisan atau tertulis Hitung sampai 50 Amalkan sila kedua ARAH Pancasila Split Tempo cepat atau lagu lambat. Alat Ajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi Mandiri, Efektif, Menyenangkan dan Menarik Masih ingatkah Anda dengan pengalaman masa kecil Anda? Ayah atau ibu sering bercerita atau menyanyikan lagu. Kedua lagu tersebut memiliki mood yang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Cepat atau lambatnya ketukan dalam suatu lagu disebut tempo. 3 │ Topik 5 Pengalaman saya Soal Tutorial Kelas 2 Sd Alat Pengajaran Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Gembira dan Antusias Cobalah menyanyi sambil bergerak atau menari seperti Edo. Edo bergerak mengikuti irama lagu. Gerakan Edo sangat bagus. Jika teman kita berbuat baik, kita bisa memujinya. Pujian yang pantas untuk Siti ______________________________________________ Berbuat baik sesuai Pancasila. Pancasila 1) Ketuhanan Yang Maha Esa 2) Masyarakat Adil dan Beradab 3) Persatuan Indonesia 4) Kerakyatan yang berpedoman pada hikmah dalam musyawarah/perwakilan 5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 4 │ Topik 5 Pengalaman Saya Materi Belajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Bahagia dan Beruntung Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar. 1. Lagu Bunda Piara diciptakan oleh …. 2. Sebentar lagi irama lagu tersebut disebut …. 3. Teman yang berperilaku baik dapat menemukan kalimatnya … 4. Kata yang tepat untuk bunyinya. UUD 2 Pancasila adalah …. 5. Gambar disebelah menunjukkan kaidah 5 Pancasila …. 5 │ Topik 5 Pengalaman Saya MASSASS Alat Belajar Mandiri, Aktif, Aktif, Mandiri, Bahagia dan Antusias Serasi Beni sering pergi ke gym bersama pamannya. Beni diajari oleh pamannya untuk melakukan jurus-jurus kekuasaan. Beni melakukan gerakan mendorong dengan mengandalkan tangannya. Beni menjelaskan langkah-langkah mendorong tergantung pada tangan Anda: 1. Berdiri tegak dan saling berhadapan 2. Kaki kanan di depan Anda 3. Letakkan tangan Anda dan tangan teman Anda. 4. Melakukan gerakan mendorong setelah mendengar aba-aba dari guru. 5. Hentikan tindakan push setelah perintah berhenti 6 │ Topik 5 Pengalaman saya MASSASS Alat Belajar Mandiri Belajar Semarang Serasi Jadilah Mandiri, Aktif, Bahagia dan Penuh Semangat Cobalah lakukan kegiatan motivasi bersama ayah, ibu, atau kakak laki-laki Anda. Lalu beritahu saya langkah-langkah melakukan gerakan berdasarkan tangan Anda secara berurutan. Push-up berdasarkan tangan merupakan gerakan senam. Beni memperagakan latihan di lantai. Beni berhasil melakukannya dengan baik. Udin : Beni, jalanmu bagus sekali. Beni : Terima kasih, Udin. Udin: Bagaimana perasaanmu Beni? Benzi: Saya sangat senang. Udin : Aku juga senang Beni. Dia sangat berbakat dalam olahraga. Beni : Kamu juga bisa, Udin. Kita bisa berlatih bersama. Pikirkan kata-kata pujian yang tepat, dan tuliskan! 7 │ Topik 5 Pengalaman saya Kelas Iii Tema 8 Kur 2013 Revisi_2018_bs Bahan Ajar Belajar Mandiri MASSASS Serasi Semarang Mandiri, Aktif, Gembira dan Antusias 1. Tindakan mendorong tergantung pada…. a. kepala b. tangan c. kaki 2. Push up dapat melatih kekuatan…. a. Kaki b. lutut c. tangan 3. Posisi kaki kanan pada saat mendorong ke dalam…. a. sebelum b. benar c. kiri 4. Saat menerima pujian dari orang lain, hatimu terasa…. a. senang sedih c. menangis 5. Beni bisa melakukan gerakan mendorong dengan baik, jadi bisa melontarkan kalimat…. 8 │ Topik 5 Pengalaman saya Alat Pengajar Mandiri MASSASS Serasi MASSASS Semarang Mandiri, Rajin, Senang dan Penuh Semangat Beri tanda centang (ⱱ) pada kolom pekerjaan yang telah Anda lakukan! Bagaimana melakukan Deskripsi No. Pekerjaan Anda Sendiri Kata masih membantu 1. Ceritakan tentang pengalaman mendorong gerakan dengan tangan. 2. Memberikan pujian secara lisan atau tertulis kepada orang lain 3. Mengumpulkan bahan tulisan 4. Berdoa 9 │ Topik 5 Pengalaman Saya Alat Belajar Mandiri MASSASS Mandiri, Aktif, Bahagia dan Energik Semarang Serasi Edo merayakan ulang tahunnya yang kelima di panti asuhan. Edo menata dekorasi ruangan. Salah satunya adalah kalung warna-warni yang terbuat dari kertas. Kalung sebagai penghubung sila ke-2 Pancasila. Arti dari simbol rantai adalah Edo akan mengantarkan hadiah berupa bola kepada temannya. Ayo bantu Edo menghitung bola yang ditebarkan Edo. Bola yang ditebarkan Edo ada 2 dan 3 puluhan, jadi totalnya ada 23. 10 │ Topik 5 Pengalaman saya Alat Mengajar Mandiri MASSASS Serasi MASSASS Semarang Mandiri, Aktif, Bahagia dan Tertarik Buatlah link halaman tersebut sebagai lambang sila 2 Pancasila Tunjukkan hasilnya kepada guru, teman atau keluarga anda. Rekomendasikan karya teman Anda. Kemudian diskusikan dengan teman, kakak atau orang tua apa arti lambang penghubung dalam Pancasila. Bunyi kaidah yang kedua …………………………………………………………………………………………………………………. Pancasila …………… …………… ……………………………………………………………………………………………………………… Arti lambang rantai Banyaknya persegi dan lingkaran pada rantai berikut ___________ 12 │ Topik 5 Pengalaman pagi Soal Pas Tema 5 Semester 2 Alat Ajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Senang dan Antusias Menghitung bilangan, lalu menuliskan lambang bilangan 13 │ Topik 5 Pengalaman Saya Alat Belajar Mandiri MASSASS Semarang Serasi Kemandirian, Aktif, Menyenangkan dan Tertarik Cara Melakukannya Keterangan Nomor Nama Kegiatan saja Masih mendapatkan bantuan 1. Menghitung banyak hal 2. Merapikan alat 3. Menjelaskan Arti Lambang Rantai dalam Pancasila 4. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembentukan karakter Dengan hormat dan percaya diri Sampaikan kepada orang tua bahwa mereka hormat dan percaya diri bagaimana perasaan Anda setelah melakukan tugas mandiri seharian dengan penuh percaya diri di sekolah ini. 14 │ Topik 5 Pengalaman saya Alat Ajar Mandiri MASASS Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Senang dan Rasa Ingin Tahu Selain mengandalkan obat-obatan, Udin juga gemar menyanyi. Ayahku sering menyanyi untuk Udin. Ayah saya bernyanyi dengan irama yang berbeda. Terkadang dia cepat, terkadang dia lambat. Judul lagunya adalah Kaki Kepala Pundak Lutut. Ayo bernyanyi sambil jalan. Menurut kalian lagu Head Bahu Knees Feet ini bertempo cepat atau lambat? 16 │ Topik 5 Pengalaman Alat Ajar Mandiri MASSASS MASSASS Semarang Serasi Mandiri, Aktif, Senang dan Antusias Beri tanda segitiga (x) pada huruf a, b atau c untuk mencari jawaban yang benar! 1. Banyak jalan kaki membuat tubuh …. a. kerinduan b. sehat c. kelemahan 2. Pts Kelas 1 (tema 5 Subtema 1 Dan 2) Ungkapan pujian, ungkapan pujian bahasa inggris, ungkapan pujian materi kelas 1 sd, ungkapan pujian dalam bahasa inggris News