October 14, 2023 Teknik Dasar Yang Digunakan Untuk Membuat Sebuah Miniatur Jembatan Adalah Teknik Dasar Yang Digunakan Untuk Membuat Sebuah Miniatur Jembatan Adalah – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Satuan 3 | Miniatur Jembatan Gantung 131 1. Konteks Fungsi Produk Jembatan merupakan bangunan penting yang dapat memudahkan aktivitas transportasi manusia. Dalam konstruksi jembatan, konstruksi yang tepat sangatlah penting. Jembatan gantung merupakan salah satu produk konstruksi yang paling efektif. Agar produk rekayasa konstruksi jembatan dapat menjalankan fungsinya, diperlukan desain jembatan yang tepat. Desain yang tepat harus mempertimbangkan jenis bahan, alat dan metode yang digunakan untuk mencapai produk. 2. Tujuan Pembelajaran Kegiatan 2 dan 3. Siswa dapat mengembangkan ide desain/rekayasa teknis yang tepat untuk jembatan gantung kecil dengan berfokus pada kelayakan dan dampak lingkungan dari model bangunan. 3. Langkah Pembelajaran 2 dan 3 Diagram Alir Proses Pembelajaran a. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan salam pembuka. • Pada kegiatan pendahuluan, siswa menonton tayangan video, membaca cuplikan berita, dan mendengarkan demonstrasi atau simulasi tentang jembatan. Jembatan gantung merupakan salah satu produk rekayasa teknis yang baik. Guru mengadakan kegiatan yang merangsang ide siswa untuk membuat desain miniatur jembatan gantung (dimensi penalaran kritis). • Membuat gambar desain untuk produk teknik konstruksi jembatan gantung kecil. • Siapkan jadwal pembuatan barang-barang kecil. Melakukan kajian literasi dan diskusi tentang desain jembatan kecil. Teknik Dasar Yang Digunakan Untuk Membuat Sebuah Miniatur Jembatan Adalah 132 Panduan Guru Prakarya: Teknik untuk SMP/MTs Kelas VII b. Kegiatan Utama • Siswa diminta belajar dalam kelompok. • Siswa membuat sketsa jembatan gantung kecil. • Siswa diminta menyusun jadwal kerja proyek jembatan gantung kecil pada Lembar Kegiatan 3.2 (LK 3.2). Contoh Tugas: 1. Mengamati pembangunan jembatan gantung berdasarkan pencarian di internet. 2. Buatlah desain kecil jembatan gantung. Tuliskan hasil diskusi kelompok pada LK 3.2. 3. Kesan apa yang anda peroleh dari diskusi tersebut? Sampaikan pendapatmu dalam forum kamus kelas. Pembahasan Tugas Kelompok 2 c. Kegiatan Penutup • Siswa diberi kesempatan untuk merefleksikan pembelajarannya. Contoh pertanyaan refleksi adalah sebagai berikut. 1) Apa yang paling Anda sukai dari pelajaran hari ini? 2) Apa yang belum kamu pahami pada pelajaran hari ini? 3) Kendala apa yang anda hadapi dalam kegiatan pembelajaran saat ini? 4) Apa hasil pembelajaran hari ini? • Siswa mendengarkan informasi dari guru tentang kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada pertemuan berikutnya. • Siswa dan guru berdoa bersama untuk mengakhiri pembelajaran. Karya Seni Dan Bentuk 3d Dari Kertas Satuan 3 | Miniatur Jembatan Gantung 133 d. Penanganan lanjutan apabila ada siswa yang mengalami kesulitan belajar melalui pembelajaran remedial atau melalui pembelajaran dan dukungan khusus (scaffolding). Percepatan pembelajaran ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan bagi peserta didik. Studi tindak lanjut harus fokus pada keragaman gaya belajar siswa. e. Kegiatan Pembelajaran Alternatif Kegiatan pembelajaran alternatif dapat digunakan apabila guru dan/atau siswa tidak dapat melakukan metode dasar suatu kegiatan pembelajaran karena berbagai sebab. Jika siswa kesulitan dalam merancang jembatan gantung, guru dapat menggantinya dengan desain jembatan lengkung sederhana atau jembatan kayu. Jika siswa kesulitan dalam membuat jadwal kegiatan pembuatan proyek jembatan gantung kecil, guru dapat memberikan tabel jadwal proyek untuk digunakan seluruh siswa. Komponen dalam metode kegiatan pembelajaran alternatif sama dengan pembelajaran dasar. 4. Prediksi/ramalan a. Prestasi belajar dinilai dengan menggunakan penilaian sebagai berikut. • Penilaian individu. • Penilaian kelompok. B. Jenis-jenis penilaian kompetensi adalah sebagai berikut. • Proyek. • Lisan, ketika membahas konstruksi jembatan, jenis, fitur, dan metode konstruksi. C. Kriteria evaluasi • Penilaian perilaku. • Penilaian pengetahuan. • Penilaian keterampilan. 134 Panduan Guru Prakarya: Teknik untuk SMP/MTs Kelas VII 5. Fokus pada Kegiatan Pembelajaran 2 dan 3 a. Apa saja yang dipelajari siswa dan kegiatan pengayaan apa saja yang disediakan? B. Apa yang siswa tidak dapatkan dan kegiatan apa yang memerlukan pelatihan ulang? F. Kegiatan Pembelajaran 4, 5, dan 6 Alokasi Waktu : Kegiatan Pembelajaran 4, 5, dan 6 = 3 pertemuan = 6 jam pelajaran x 40 menit 1. Jembatan gantung merupakan salah satu produk manufaktur yang tepat ditinjau dari fungsi produknya. Agar produk rekayasa konstruksi jembatan dapat memenuhi perannya, diperlukan desain jembatan yang tepat. Desain yang tepat harus mempertimbangkan jenis bahan, alat, dan teknik yang digunakan untuk memastikan produk berfungsi dengan baik. Pembuatan jembatan gantung kecil harus mempertimbangkan jenis bahan, alat dan metode untuk mencapai pekerjaan produksi yang ekonomis. Pada jembatan gantung, kabel-kabel utama biasanya dipasang pada setiap ujung jembatan. Beban pada jembatan gantung menjadi tegangan pada kabel utama. Kabel merupakan material utama dalam perancangan struktur jembatan gantung. Jembatan gantung terdiri dari sebuah kabel utama atau dikenal dengan kabel gantung. Fungsi kabel induk (main cable/suspension cable) adalah untuk menopang kabel gantung dan menyalurkan beban dari kabel gantung ke tower (tower/pylon) (Rahman, 2019). Satuan 3 | Miniatur Jembatan Gantung 135 Pada jembatan gantung, kabel-kabel suspensi harus diangkur pada setiap ujung jembatan karena setiap beban memberikan tegangan pada kabel-kabel utama tersebut. Kabel utama dipasang pada jangkar di dalam tanah. Menara pada jembatan gantung berfungsi untuk menopang beban kabel utama dan kabel gantung serta menopang lantai jembatan gantung. 2. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 4, 5, dan 6 Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan teknis/rekayasa jembatan gantung kecil yang sesuai dengan fokus pada potensi dan dampak terhadap lingkungan yang siap untuk diubah menjadi model. 3. Langkah Pembelajaran 4, 5, dan 6 Diagram Alir Proses Pembelajaran a. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan salam pembuka. • Pada kegiatan awal siswa fokus menunjukkan contoh gambar desain jembatan gantung kecil. Guru menciptakan kegiatan yang merangsang ide dan keterampilan siswa untuk membuat jembatan gantung pendek (dimensi penalaran kritis). • Presentasi hasil produk rekayasa struktur sederhana jembatan gantung kecil. • Rekayasa struktur sederhana mengungkap kekuatan dan kelemahan produk yang diciptakannya. Produksi produk teknik konstruksi sederhana, jembatan gantung kecil. 136 Panduan Guru Kriya: Teknik untuk SMP/MTs Kelas VII b. Kegiatan Utama • Siswa diminta belajar dalam kelompok. • Siswa membangun jembatan gantung kecil sesuai dengan jadwal kerja proyek yang telah dikembangkan sebelumnya. • Mahasiswa melaksanakan prosedur pembangunan jembatan gantung kecil sesuai rancangan dan jadwal proyek yang dibuat pada sesi sebelumnya sebagai alternatif untuk menciptakan produk rekayasa yang kreatif dan inovatif (Lampiran LK 3.3). • Siswa mempresentasikan hasil produk rekayasa konstruksi jembatan gantung kecil. C. Kegiatan Penutup • Siswa diberi kesempatan untuk merefleksikan pembelajarannya. Contoh pertanyaan refleksi adalah sebagai berikut. 1) Apa yang paling Anda sukai dari pelajaran hari ini? 2) Apa yang belum kamu pahami pada pelajaran hari ini? 3) Kendala apa yang anda hadapi dalam kegiatan pembelajaran saat ini? 4) Apa hasil pembelajaran hari ini? • Siswa mendengarkan informasi dari guru tentang kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada pertemuan berikutnya. • Siswa dan guru berdoa bersama untuk mengakhiri pembelajaran. D. Tindakan tindak lanjut Jika ada siswa yang mengalami kesulitan belajar, dapat dilakukan instruksi lanjutan atau berupa instruksi dan dukungan khusus (scaffolding). Percepatan pembelajaran ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan bagi peserta didik. Studi tindak lanjut harus fokus pada keragaman gaya belajar siswa. Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah Satuan 3 | Pendek jembatan gantung 137 a. Kegiatan Pembelajaran Alternatif Kegiatan pembelajaran alternatif dapat dilaksanakan apabila guru dan/atau siswa tidak dapat melakukan metode utama kegiatan pembelajaran karena berbagai sebab. Jika siswa kesulitan membuat jembatan gantung kecil, guru dapat menggantinya dengan jembatan rangka kecil atau jembatan lain sesuai dengan keadaan. Jika siswa kesulitan dalam menyajikan produk jembatan gantung kecil secara offline, guru dapat memperbolehkan siswa untuk menyajikan secara online. Komponen dalam metode kegiatan pembelajaran alternatif sama dengan pembelajaran dasar. 4. Prediksi/ramalan a. Prestasi belajar dinilai dengan menggunakan penilaian sebagai berikut. • Penilaian individu. • Penilaian kelompok. B. Jenis Penilaian Kompetensi: Proyek. • Lisan, ketika membahas konstruksi jembatan, jenis, fitur, dan metode konstruksi. C. Kriteria Evaluasi • Penilaian perilaku. • Penilaian pengetahuan. • Penilaian keterampilan. 5. Fokus pada kegiatan pembelajaran 4, 5, dan 6 a. Apa saja yang dipelajari siswa dan kegiatan pengayaan apa saja yang disediakan? B. Apa yang siswa tidak dapatkan dan kegiatan apa yang memerlukan pelatihan ulang? 138 Buku Panduan Guru Prakarya: Teknik SMP/MTs Kelas VII G. Kegiatan Pembelajaran 7 dan 8 Alokasi Waktu: Kegiatan Pembelajaran 7 dan 8 = 2 pertemuan = 4 jam pelajaran x 40 menit 1. Fungsi Produk Jembatan Kontak Salah satu komponen jalan yang penting karena menentukan beban maksimum kendaraan yang lewat pada ruas jalan tersebut. Jembatan adalah suatu struktur yang tujuannya adalah untuk melanjutkan jalan melewati rintangan rendah. Hambatan tersebut biasanya berupa saluran air atau lalu lintas biasa. Anda memerlukan metode yang tepat untuk membangun jembatan gantung kecil. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain jenis bahan, alat dan metode untuk mencapai tugas produksi yang ekonomis. 2. Tujuan Pembelajaran Kegiatan 7 dan 8 Siswa mampu mengevaluasi produk rekayasa teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh temannya atau sumber lain. Selanjutnya siswa merefleksikan kreasinya berdasarkan pemikiran dan menggunakan nilai-nilai verbal dan tertulis, visual dan praktis. 3. Langkah Pembelajaran 7 dan 8 a. Pendahuluan Pada kegiatan awal, siswa fokus pada demonstrasi foto atau video pembuatan jembatan gantung kecil. Guru menciptakan kegiatan yang mendorong munculnya ide dan keterampilan siswa serta mendemonstrasikan dan mengevaluasi pembuatan jembatan gantung kecil (skala penalaran kritis). Satuan 3 | Miniatur Jembatan Gantung 139 b. Kegiatan Pokok • Siswa menyusun laporan pembangunan jembatan gantung kecil sesuai jadwal kerja proyek Kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web adalah, teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah, sakelar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk, sintaks yang digunakan untuk membuat index dalam sebuah tabel, berikut adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah, kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web disebut, contoh media cetak yang digunakan untuk menyampaikan sebuah iklan adalah, software yang digunakan untuk membuat sebuah desain grafis adalah, software yang biasa digunakan untuk mengakses sebuah vps adalah, teknik yang digunakan untuk membuat batik jumputan adalah, cara membuat miniatur jembatan, contoh content management system yang digunakan untuk membuat sebuah forum adalah News