October 2, 2023 M9 T5 D2 C6 Artinya M9 T5 D2 C6 Artinya – Download “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Satuan Pendidikan Dasar Kabupaten DEPOK. Skripsi Gubernur Sleman Kabupaten DEPOK” 1 Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Kelas Pada Satuan Pendidikan Dasar di Kabupaten DEPOK TESIS KABUPATEN SLEMAN KABUPATEN DEPOK DIUSULKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU PERSYARATAN UNTUK MENDAPATKAN GELAR PENDIDIKAN.Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 Oleh : Aloysia Kirana Purnami NIM : 58 Program Pelatihan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan IPA FAKULTAS PENGAJARAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DHARMA SANATA YOGYAKARTA 29 M9 T5 D2 C6 Artinya 2 Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kelas pada Satuan Pendidikan Dasar di Kabupaten DEPOK KABUPATEN SLEMAN TUJUAN KABUPATEN DEPOK DIUSULKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU PERSYARATAN MENDAPATKAN GELAR PENDIDIKAN SARJANA DASAR Program Pelatihan Guru Oleh : Aloysia Kirana Purnami NIM : 58 Program Pelatihan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS DHARMA SANATA YOGYAKARTA 29 i Special Projects 1984 Spring 5 Persembahan Disertasi ini saya persembahkan kepada : Tuhan kita Yesus Kristus dan Maria yang senantiasa melimpahkan rahmat, rahmat dan kasih sayang yang tak terhingga kepada kita Kedua orang tua saya, Bapak Clemens Houf Bour Sapto Wahyudi dan Ibu Agnes Karya Wijayanti, atas doa, dukungan, dan dukungannya. Mereka tidak bosan-bosannya menyemangati saya hingga saat ini. Saudariku tercinta Theodora Putri Atmaji dan Theodosia Putri Dinanti yang selalu menunjukkan semangatnya terhadap pengerjaan disertasi saya, Ibu Maria Melani, Ika Susanti dan Ibu Kintan Limiansih selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang memberikan bimbingan dan dukungan. Selalu dibimbing dengan cinta dan kesabaran Clara Violita Levinia Stara dan Natalia Istiiyanyatyas yang selalu memberikan dukungan, motivasi dan semangat terhadap pengerjaan disertasi saya. Teman-teman dan kawan-kawan yang selalu memberi semangat, motivasi dan bantuan kepada saya antara lain: Lois, Dinda, Ayu, Agatha, Yosi, Tiwi, Sa. Sa dan Anggun, sahabat Payung Payung Teduh, Agatha Yekti Pranaestuti dan Yosie Tiara Putri yang berbagi perjuangan dan idenya dalam penulisan skripsi ini. Universitas saya adalah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta IV. Motto 6 Apapun yang kamu minta dengan penuh keyakinan, itulah yang akan kamu dapatkan (Matius 2:22) bila kamu ingin sukses. Kesabaran diperlukan. Jangan kehilangan kepercayaanmu. Tetap berdoa. Dan teruslah mencoba Vol. 7 Pernyataan Kebenaran Karya Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang saya tulis ini tidak memuat karya atau karya orang lain. Kecuali yang disebutkan dalam kutipan dan daftar pustaka sebagaimana layaknya karya ilmiah Yogyakarta 28 Maret 29 Peneliti Aloysia Kirana Purnami vi 8. Pernyataan persetujuan publikasi karya ilmiah untuk kepentingan akademik. Yang bertanda tangan di bawah ini Saya mahasiswa Universitas Sanata Dhamma Nama : Aloysia Kirana Purnami Jumlah Mahasiswa : 58 Saya mengabdikan diri pada Sanata Dhamma. Untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan perpustakaan universitas Karya ilmiah saya berjudul : Implementasi Proyek Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Satuan Pendidikan Dasar Kecamatan Depok Kabupaten Sleman beserta perlengkapannya (jika ada) ), saya serahkan ke perpustakaan Santatham University dalam penyimpanannya Transfer ke media lain Kelola sebagai database Distribusikan dalam kalangan terbatas dan publikasikan di internet atau media lain untuk keperluan akademis tanpa saya juga perlu meminta izin atau royalti, selama saya mencantumkan nama saya sebagai peneliti. Untuk alasan inilah saya membuat pesan ini dengan benar. Diproduksi di Yogyakarta pada tanggal 28 Maret, tanggal 29 Maret bertanda Aloysia Kirana Purnami vii. Asus K40ab R1.3 9 Ringkasan Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Per Kelas pada Satuan Pendidikan Dasar di Kecamatan DEPOK Kabupaten SLEMAN Universitas Aloysia Kirana Purnami Sanata Dharma 29 Konteks penelitian ini adalah rendahnya pendidikan karakter pada generasi muda khususnya di sekolah tingkat satuan pendidikan sekolah dasar, oleh karena itu pemerintah melaksanakan program penguatan pendidikan karakter per kelas. Budaya Sekolah dan Masyarakat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembentukan karakter di kelas pada satuan pendidikan dasar negeri kecamatan depok kabupaten Sleman dan menjelaskan upaya yang dilakukan untuk melaksanakannya di dalam kelas. program pendidikan pembentukan karakter di sekolah dasar negeri. Satuan Pendidikan Sekolah Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri di kecamatan depok kabupaten sleman termasuk seluruh guru. Sampel penelitian ini berjumlah 7 orang guru, ditentukan dengan menggunakan jadwal minimum sampling menurut Krejcie dan Morgan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. (pertanyaan terbuka dan tertutup) dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penguatan karakter kelas dilaksanakan di satuan pendidikan dasar negeri di kecamatan depok kabupaten Sleman dengan skor 9,76 persen. Upaya dalam melaksanakan program tersebut. Melakukan pembinaan karakter pendidikan di kelas. berupa integrasi pendidikan penguatan karakter melalui proses pembelajaran (dalam kurikulum) Persentase hasil tertinggi terdapat pada pengelolaan kelas Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter 98% responden Sedangkan persentase hasil terendah terjadi pada sosialisasi Penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan jumlah responden 76% Kata Kunci: Penguatan pendidikan karakter, model kelas, sekolah dasar viii 10 Rangkuman Penyelenggaraan Program Perkuliahan Pendidikan Karakter Tambahan Pada Pendidikan Dasar DEPOK SLEMAN Universitas Aloysia Kirana Purnami Sanata Dharma 29 Konteks penelitian ini adalah karakteristik anak yang berkualitas rendah. Khususnya di Sekolah Dasar Oleh karena itu, Pemerintah menerapkan program tambahan pendidikan karakter di kelas, budaya dan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program tambahan pendidikan karakter di kelas di SDN Depok Sleman dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam penerapan karakter di kelas. Program Pendidikan Tambahan di Sekolah Dasar Negeri di Depok, Sleman Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah staf pengajar SD Negeri Depok. Seluruh sleman dan seluruh penduduknya adalah manusia. dari total populasi Sampel sebanyak 7 guru dipilih dengan menggunakan kumpulan sampel minimum menurut tabel Crejcie dan Morgan. dengan teknik simple sampling Kemudian pengumpulan data menggunakan kuesioner. (menggunakan pertanyaan terbuka dan tertutup) dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan program tambahan pendidikan karakter di kelas di SD Negeri se-Depok Sleman mencapai 9,76%, program ini dilaksanakan secara terpadu. Persentase adaptasi proses pembelajaran (dalam kurikulum) tertinggi terdapat pada pengelolaan kelas berbasis integrasi nilai-nilai karakter yang mencapai 98%, dan persentase terendah terdapat pada sosialisasi program tambahan pendidikan karakter melalui Karya Guru. kelompok yang mencapai 76%. : sekolah dasar, pendidikan karakter. Penguatan, ix di kelas, 11 Pendahuluan Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya. Agar peneliti dapat menyelesaikan tesis tentang pelaksanaan proyek penguatan pendidikan karakter di kelas pada satuan pendidikan dasar di kecamatan depok kabupaten Sleman, sebagai persiapan untuk tesis ini. Peneliti tidak lepas dari bantuan, dukungan, nasehat, bimbingan dan kerjasama dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada : Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si., selaku Dekan .Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Santatham University 2. Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd. selaku Ketua Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ibu Kintan Limiansih, S.Pd., M.Pd. selaku wakil ketua Program Pendidikan Dasar bagi guru Pendidikan Dasar dan Pimpinan II yang membimbing dan memberi nasehat kepada peneliti, Ibu Maria Melani Ika Susanti, S.Pd., M.Pd., sebagai Pimpinan I, dosen yang membimbing, mendorong dan memotivasi peneliti untuk menyelesaikan skripsi ini. 5. Dr. Odo Hadinata, atas nama tim pengembang Proyek Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atas informasi yang diberikan selama penyusunan skripsi x 12 6. Dr. Y.B.Adimassana M., selaku Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), membimbing dan memotivasi peneliti dalam melaksanakan skripsi ini 7. Kepala Unit Operasional Teknis (UPT) Kabupaten Depok. ), yang memungkinkan peneliti untuk melakukan penelitian. 8. Bapak dan Ibu meninjau peralatan penelitian di Daerah Istimewa Yogyakarta. 9. Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar Pemerintahan Tingkat 1 s/d 6 Kecamatan Depok yang mengizinkan dan ikut serta dalam penelitian ini.. Kedua orang tua saya Bapak Clemens Hoof Bur Sapto Wahyudi dan Ibu Agnes Karaya Wijayanti yang selalu mendoakan. Mendukung dan tak pernah lelah menyemangatiku selama ini.. Saudariku tersayang Theodora Putri Atmaji dan Theodosia Putri Dinanti yang selalu memberikan semangat untuk skripsiku 2. Sahabat Payung Payung Teduh, Agatha Yekti Pranaestuti dan Yosie Tiara Putri yang mereka perjuangkan dan bagikan ide.Selama penulisan skripsi ini, teman-teman dan kawan-kawan seperjuangan yang selalu memberikan semangat, motivasi dan bantuan antara lain Lois, Dinda, Ayu, Agatha, Yosi, Tiwi, Sasa dan Anggun.. Teman-teman kelas 25. PGSD Kelas E atas kerjasama dan kebahagiaannya. sepanjang proses. C Kelas Ix_smp_matematika_r Sulaiman 13 5. Semua pihak yang ikut serta dalam beberapa pihak tidak dapat disebutkan namanya satu per satu oleh peneliti. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, peneliti berharap mendapat kritik dan saran yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan Yogyakarta 28 Maret 29 Peneliti Aloysia Kirana Purnami xii 14 Daftar Isi Halaman Judul…i ii Halaman Persetujuan Pembimbing… Halaman Verifikasi… iii iv Halaman Khusus… v Sebelum Slogan… Pernyataan Kebenaran Makalah…vi Pernyataan Persetujuan Penerbitan makalah, dokumen vii, Ilmu minat akademik… viii Ringkasan… ix Ringkasan… News