October 20, 2023 Konsep Tata Pentas Dalam Pertunjukan Tari Berhubungan Dengan Masalah Konsep Tata Pentas Dalam Pertunjukan Tari Berhubungan Dengan Masalah – Apakah kamu suka buku ini? Publikasikan buku Anda secara online gratis dalam hitungan menit! Buat buku buku Anda PANDUAN GURU SMA/SMK KELAS X TARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA 2021 Panduan Guru Tari Kelas X SMA/SMK Oleh Hani Amalia H-ISBN6-24T (LEV.17.)-241T. Tingkat Pertunjukan Tari Pertunjukan Tari: Sekolah Menengah Kelas: X (sepuluh) Jadwal yang Disarankan: 5 x pertemuan 1 pertemuan (2×45 menit) TUJUAN PEMBELAJARAN Berdasarkan hasil belajar Fase E, tujuan pembelajaran Unit A 4 adalah memastikan bahwa siswa mampu menampilkan pertunjukan tari sederhana yang dipandu teman sebaya Konsep Tata Pentas Dalam Pertunjukan Tari Berhubungan Dengan Masalah 140 Panduan Guru Tari Kelas X I SMA/SMK Deskripsi Unit 4 adalah unit yang membantu siswa belajar memimpin pertunjukan tari. Pada bagian keempat, materi yang akan dibahas adalah menentukan isi karya, membuat komisi, menyusun jadwal, membuat anggaran, membuat sketsa penataan panggung, mempopulerkan atau memasarkan karya, mengelola pementasan dan mengevaluasi pementasan. Keberhasilan pembelajaran pada Unit 4 dapat tercapai jika kegiatan pembelajaran dapat menimbulkan semangat pada siswa untuk memimpin pertunjukan tari. Maka kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah sebagai berikut. 1. Observasi Siswa diajak untuk mengamati dan menganalisis isi atau materi seni pertunjukan; 2. Kreasi Siswa membuat poster untuk mempromosikan dan mengiklankan karya; 3. Relect Siswa diajak untuk mengevaluasi penampilan tari yang berlangsung; 4. Pemikiran artistik Siswa diajak untuk menentukan isi pementasan, dekorasi pementasan, penataan panggung dan membuat advertising liner atau poster pementasan. 5. Hasil belajar efektif yang dicapai siswa pada Bab 4 dapat mengembangkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa dalam menampilkan tarian sederhana. Dampak dari suasana pembelajaran yang terfokus pada observasi, penciptaan, refleksi dan berpikir artistik adalah siswa mampu berpikir analitis dan merasa percaya diri dalam mempersiapkan dan mengarahkan pertunjukan tari. Buku Seni Tari Kelas X Unit Pembelajaran 4 Pertunjukan Tari 141 Untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa pada mata pelajaran 4 dilakukan penilaian dengan teknik sebagai berikut: 1. Observasi dengan bantuan lembar observasi dan rubrik penilaian kepercayaan diri siswa . pendapat tentang kegiatan, evaluasi ini dilakukan 1-5. dilakukan selama kegiatan pembelajaran; 2. Observasi dengan menggunakan lembar observasi dan rubrik untuk menilai apakah siswa mampu menganalisis isi karya pada kegiatan pembelajaran I; 3. Observasi menggunakan lembar observasi dan rubrik untuk menilai kemampuan siswa dalam membuat hiasan panggung pada kegiatan 3; 4. Observasi dengan menggunakan lembar observasi dan rubrik untuk menilai kemampuan siswa dalam membuat poster sebagai media promosi dan pemasaran hasil karya yang dilakukan pada Kegiatan 4; 5. Observasi dengan bantuan lembar observasi dan rubrik untuk menilai kemampuan siswa dalam melakukan latihan penampilan tari kelompok, penilaian ini dilakukan dalam bentuk ceramah dan ceramah terbimbing dalam kegiatan pembelajaran 5. II. Kegiatan Pembelajaran 1 Alur Kegiatan Pembelajaran 1 merupakan kegiatan pengenalan seluruh rangkaian kegiatan Unit 4. Materi yang akan dipelajari pada Bab 4 adalah penentuan isi materi yang akan ditampilkan. Namun sebelum itu, siswa diminta untuk menentukan bentuk program persiapan. Penilaian aktivitas yang pertama adalah penilaian kognitif. A. Uraian Materi MENENTUKAN ISI KARYA Seni pertunjukan banyak sekali di masyarakat, pertunjukan berlangsung di teater atau di televisi. Pertunjukan yang bagus tentunya tidak lepas dari orang-orang yang merencanakan dan membantu di balik layar sebagai sebuah tim. Para kru adalah orang-orang yang menjalankan tanggung jawab menjalankan pertunjukan. 142 Panduan Guru Tari Kelas X SMA/SMK Ada tiga tahapan dalam mengelola sebuah produksi pertunjukan, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan adalah kegiatan yang mencakup berbagai proses dalam persiapan pertunjukan, seperti geladi bersih, panitia penyelenggara, penganggaran, dan promosi acara. Eksekusi adalah tindakan mengeksekusi. Sedangkan evaluasi adalah kegiatan yang menyeleksi seluruh proses perencanaan dan pelaksanaan, menganalisis keberhasilan acara dan hambatan acara sebelum presentasi berikutnya. Tahap perencanaan meliputi kegiatan yang bertujuan untuk menentukan isi materi yang akan ditampilkan, konsep program dan penyiapan peralatan. Pada tahap perencanaan awal, siswa harus menentukan konten karya apa yang harus disajikan. Isi karya yang bersangkutan dapat berupa pertunjukan teater, pertunjukan tari, pertunjukan musik, tetapi juga dapat merupakan karya gabungan dari ketiganya. Dalam menentukan konten penampilan siswa perlu diperhatikan beberapa faktor, yaitu 1. Minat dan bakat siswa di dalam kelas Wajar jika bakat dan minat siswa dalam kegiatan menari berbeda-beda di dalam kelas. Misalnya, ada kelas yang dominan siswanya lebih tertarik pada tari tradisional, sedangkan sisanya tertarik pada tari non tradisional. Guru dapat menganalisis bakat dan minat tersebut melalui observasi. Satu kelas biasanya memiliki siswa yang tidak memiliki bakat dan minat menari. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki bakat dan minat di bidang seni. Mereka mungkin tertarik pada bidang seni lainnya. Dalam produksi pertunjukan tari, diperlukan juga tim untuk mendukung pertunjukan tari tersebut, seperti musisi, penata rias, kostum, pengarah seni, dan tim manajemen produksi. Siswa yang kurang minat dan bakat dalam menari dapat diarahkan ke bidang-bidang seperti bidang non-seni dan manajemen sehari-hari. 2. Kemampuan mahasiswa memahami materi bab sebelumnya Isi perkuliahan dapat dipilih berdasarkan pemahamannya terhadap materi bab berikutnya. Semakin baik mahasiswa memahami materi, maka akan semakin baik pula isi perkuliahannya Unit pembelajaran 4 Pertunjukan tari 143 dapat dibuat lebih bervariasi. Namun jika kemampuan siswa dalam memahami materi bab sebelumnya belum optimal, guru dapat meminta siswa untuk menyederhanakan konsep kerja ide pada rencana isi yang akan datang. 3. Tempat Sekolah Tempat merupakan aspek yang sangat penting dalam penyusunan presentasi di lingkungan sekolah. Jika kelasnya cukup besar, peragaan tari juga bisa diadakan di dalam kelas. Namun jika kondisi kelas terbatas, perkuliahan dapat dilakukan di dalam sekolah, di luar kelas, misalnya di halaman, taman, aula sekolah. 4. Ketersediaan sumber Materi pada Bagian 4 mencakup beberapa pertunjukan alternatif sederhana dan murah yang dapat dilakukan siswa, seperti: a. Membuat pertunjukan tari sederhana di dalam kelas; B. Membuat pertunjukan tari di halaman sekolah; C. Menciptakan pertunjukan tari virtual di rumah untuk siswa dengan peralatan teknologi yang sesuai. Pertunjukan tari virtual sangat penting dalam keadaan khusus yang membutuhkan pembelajaran di rumah, seperti pada masa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020. Ketiga kegiatan ini dapat menjadi alternatif pertunjukan yang sederhana dan murah, karena tidak memerlukan pencahayaan khusus, izin yang rumit, dan alat peraga panggung dapat dibuat dari bahan lokal yang tersedia. B. Kegiatan Pembelajaran 1 1. Persiapan Persiapan yang diperlukan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran 1 Bab 4 adalah persiapan bahan bacaan tentang isi karya seni, selain itu guru juga dapat membaca buku manajemen produksi. pentas seni. . Bahan-bahan penunjang kegiatan pembelajaran lainnya dapat diperoleh dari buku, media cetak, media video, website, media sosial, dan lainnya. 144 Panduan Guru Tari Kelas X SMA/SMK 2. Kegiatan Pembelajaran di Kelas Kegiatan pembelajaran di kelas meliputi 3 kegiatan utama yaitu pembukaan kelas, pelaksanaan pembelajaran dasar, dan penutupan kelas. Bersama dengan siswa, konten karya seni yang ditampilkan harus ditentukan. . Membuka pelajaran 1) Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum pelajaran dimulai; 2) Guru mengecek kehadiran siswa; 3) Guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam kelas dengan menceritakan pementasan teater musikal Laskar Pelangi atau pementasan lain yang familiar bagi siswa. Pertunjukan yang diberikan merupakan pertunjukan yang memadukan berbagai kesenian menjadi satu tontonan yang sangat menarik; 4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dan manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan materi yang akan dipelajari. B. Kegiatan dasar Selama kegiatan dasar, siswa diajak untuk menganalisis isi karya seni. Konten dewasa dapat berkontribusi pada keberhasilan produksi, sehingga siswa perlu memahami dan dapat memahami konten apa yang relevan dengan proses kinerja kelas. Untuk kegiatan pembelajaran ini, kami merekomendasikan model pembelajaran penemuan untuk guru. Exploratory learning merupakan model pembelajaran pengembangan metode belajar aktif dengan menggunakan self-discovery dan self-study, sehingga hasil yang dicapai bersifat loyal dan tetap dalam ingatan dalam waktu yang lama. Melalui pembelajaran penemuan, siswa dapat belajar dan berpikir analitis serta mencoba memecahkan masalahnya sendiri (Hosnan, 2014). Melalui kegiatan pembelajaran eksploratif, kami mengharapkan siswa untuk mencari tahu sendiri tentang apa drama itu Seni Budaya Kelas Vii Unit 4, Pertunjukan Tari 145, cocok sebagai bahan pertunjukan tari di kelas. Pembelajaran penemuan melibatkan beberapa langkah, termasuk orientasi, pembuatan hipotesis, pengujian hipotesis, inferensi, dan regulasi (Veerman, 2003). Diharapkan dampak kegiatan pembelajaran penelitian menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas, minat dan kesadaran belajar siswa. Langkah-langkah dalam model pembelajaran discovery learning adalah sebagai berikut: 1) Orientasi Guru memberikan rangsangan berupa masalah yang akan dipelajari siswa. Dalam hal ini, siswa dapat diminta untuk menonton video seni pertunjukan yang berkolaborasi lintas seni, seperti pertunjukan tari yang berkolaborasi dengan musik dan teater. Guru bertanya kepada siswa Tata pentas, pentas tari, pertunjukan tari di bali, proposal pertunjukan seni tari, pertunjukan tari kecak, tempat pertunjukan tari kecak, pertunjukan tari kecak bali, pengertian tari pertunjukan, pertunjukan tari bali, pertunjukan tari kecak uluwatu, pertunjukan seni tari, tujuan pertunjukan tari News