October 2, 2023 Keunggulan Iklan Televisi Dapat Disajikan Secara Keunggulan Iklan Televisi Dapat Disajikan Secara – Praktisi dan akademisi dalam komunikasi dan penyiaran media digital. Co-Founder Proxymedia.id // Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Merkubuana, Universitas Indonesia dan Universitas Paramadina. Masa depan iklan televisi tidak diragukan lagi mengkhawatirkan saat ini. Kita bisa melihat penurunan belanja iklan televisi dalam beberapa tahun terakhir. Membandingkan data yang dipublikasikan Nielsen Media Research antara 2019 dan 2021, pangsa pasar belanja iklan televisi di Indonesia turun 8 persen dari 85 persen menjadi 78,2 persen. Pada saat yang sama, belanja iklan digital menguasai pangsa pasar, tumbuh 127% dari 7% menjadi 15,9% pada periode yang sama. Dengan kecenderungan ini, apakah televisi akan ditinggalkan oleh pengiklan? Apa strategi kelangsungan hidup industri televisi? Keunggulan Iklan Televisi Dapat Disajikan Secara Pertama, mari kita lihat seberapa sukses periklanan TV di masa lalu. Pada tahun 1970-an, iklan televisi ditayangkan di Indonesia dalam program yang disebut kabi Mana Siaran Niaga. Saat itu, TVRI merupakan satu-satunya stasiun televisi di Indonesia. Pemirsa tidak memiliki banyak pilihan dari media alternatif, jadi iklan siaran juga dilihat dengan cara yang ditargetkan. Kemudian, mulai awal tahun 1980-an, pemerintah bahkan menghentikan penayangan iklan di televisi karena berdampak negatif terhadap pembangunan. Binder8feb23 By Harian Bhirawa Pada tahun 1990-an, masyarakat Indonesia kembali disuguhi iklan televisi, ketika stasiun televisi swasta diizinkan untuk mengudara. Banyaknya iklan bahkan mengganggu kenyamanan menonton TV, namun masyarakat tidak punya pilihan, menonton program-program yang disediakan sungguh menarik. Kemudian muncul media online khususnya platform video online di tahun 2010-an yang memiliki bentuk-bentuk kreatif dalam menampilkan iklan yang memudahkan penonton untuk melihat. Tidak seperti iklan televisi, iklan media online dapat diblokir atau dilewati. Ini merupakan ancaman bagi industri televisi. Di awal dekade 2020-an, pandemi Covid-19 terbukti menjadi penyebab pesatnya pertumbuhan belanja iklan media online di Indonesia yang meningkat lebih dari dua kali lipat sementara belanja iklan TV menurun. Menghadapi tantangan pemotongan biaya iklan, bagaimana industri televisi bisa bertahan? Ada beberapa alternatif yang bisa diterapkan. Pertama, kita harus fokus pada keunggulan iklan media online dibandingkan media televisi. Yang pertama adalah tentang target audiens. Media online dapat mendistribusikan iklan kepada pengguna lebih dari media televisi. Istilah “targeted advertising” sudah sangat dikenal dan mengacu pada penyampaian iklan kepada kelompok tertentu pengguna media digital berdasarkan demografi (usia, jenis kelamin, pekerjaan, dll), geografi atau tempat tinggal, serta psikografis seperti hobi. dan gaya hidup.dapat dijangkau pilihan. Kedua, ada sistem pemesanan dan pemasangan iklan otomatis. Ini disebut “iklan terprogram”, di mana pengiklan dapat mengurutkan pesanan mereka berdasarkan tujuan yang dimaksudkan, seperti jumlah orang dan profil audiens target, dan kemudian iklan ditempatkan secara otomatis oleh sistem untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. . sasaran. Latihan Soal Pts Kelas 9 Smp Semester Genap 2023 & Pembahasannya Mari kita lihat bagaimana industri TV mencoba bersaing memecahkan masalah pertama kemampuan media digital menjalankan “targeted advertising”. Di sini saya akan mencoba mempelajari sebagai studi kasus layanan periklanan yang disediakan oleh Whispermedia, anak perusahaan Grup Emtek yang membawakan stasiun televisi SCTV dan Indosiar. Mereka mengutip situs web dan saluran YouTube Whispermedia dan menyediakan sistem “geo” untuk menampilkan iklan TV yang bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Ini seperti iklan YouTube. Jika Anda melihat konten yang sama dari akun yang berbeda, iklannya mungkin berbeda. Diferensiasi di TV dimungkinkan tergantung pada area penyiaran. Misalnya, jika sebuah serial disiarkan dan kemudian dikomersialkan, pemirsa di Bandung mungkin melihat iklan yang berbeda dengan pemirsa di Surabaya. Berasal dari konsep iklan yang berbeda untuk wilayah atau lokasi yang berbeda, sistem “geo” memungkinkan pengiklan membuat “iklan bertarget” yang lebih spesifik, terutama untuk siaran nasional. Sebelumnya, target iklan TV nasional didasarkan pada satu profil tayangan program, yang memungkinkan sistem untuk lebih tepat menargetkan pemirsa di area tertentu. Memang, dibandingkan dengan iklan media online, penargetan geografis masih jauh lebih luas, karena saat ini program siaran televisi tersebar di seluruh provinsi. Meskipun periklanan digital dapat lebih spesifik hingga ke tingkat kota, beberapa metode bahkan dapat menjangkau area yang lebih kecil, seperti menjangkau beberapa mil dari pusat bisnis pengiklan. Namun, kemampuan penargetan iklan televisi yang lebih terbatas dapat menjadi alternatif untuk bersaing dengan iklan media online, mengingat sifat media televisi yang ada di mana-mana pada saat yang sama. Jika YouTube menayangkan iklan dalam bentuk selain konten, sistem “geo” dapat diterapkan pada iklan dalam tayangan, atau disebut “periklanan dalam konten” (ICA). Artinya, SCTV dan Indosiar dapat mengiklankan produk yang berbeda di acara yang sama tanpa harus menunggu jeda iklan melalui layanan sister company-nya. Misalnya, dalam serial yang menampilkan pemandangan jalanan, kami melihat papan reklame untuk produk tertentu. Iklan atau pesan sponsor dapat ditempatkan lebih awal di papan reklame. Ini disebut ICA. Dalam istilah TV tradisional, konsep ini disebut “tertanam”, di mana iklan sponsor ditayangkan. Lalu bagaimana cara menampilkan iklan yang berbeda dalam tayangan yang sama di setiap kota? Penerapan ICA atau “embedded” pada konten program televisi dapat dilakukan dengan teknik efek visual. Ini dikenal sebagai “integrasi merek digital” atau DBI. Jika kita kembali ke contoh sinetron dengan papan reklame di jalanan yang penuh dengan iklan bersponsor menggunakan teknologi DBI, berarti tidak ada iklan bersponsor di tempat aslinya. Mungkin juga tidak ada papan reklame di jalan tempat kejadian itu terjadi. Baliho ditambahkan melalui efek visual selama proses pengeditan. Teknologi ini memungkinkan untuk menampilkan iklan yang berbeda di setiap wilayah selama siaran yang sama saat program ditayangkan. Kosakata Hukum (xix) Jika SCTV dan Indosiar melalui sister company-nya sudah menawarkan layanan “in-content advertising” dengan sistem “geo” yang memungkinkan iklan bertarget dalam konten siaran, ini bisa menjadi alternatif “targeted advertising” untuk industri TV. Selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan alternatif dari “programmatic advertising”, dimana pesanan iklan dibuat secara mandiri oleh pengiklan dan secara otomatis disediakan oleh sistem untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Sistem “programmatic advertising” pada prinsipnya dapat digunakan melalui sistem penyiaran televisi digital. Ini bukan konsep retoris karena melihat batas numerik. Perbedaan utama antara konsep penyiaran terestrial digital dan media digital di Internet adalah interaktivitas. Di media online, penyelenggara bisa melihat secara pasti berapa banyak pengunjung situs yang dikelolanya. Namun, untuk TV digital, kami masih belum mengetahui berapa banyak orang yang menonton, kecuali dalam studi sampel seperti sistem TV Audience Measurement (TAM) Nielsen Media Research. Namun, konsep dasar aliran media digital sebelum menyiarkan siaran televisi melalui antena penyiaran secara teknis dapat merujuk pada sistem “iklan terprogram”. Saya mencoba mengusulkan konsep Programmatic Over the Air Television Advertising (POTAS) untuk menerapkan sistem “programmatic advertising” dalam penyiaran digital. Di bawah sistem ini, penyiar diharuskan menyediakan “server iklan” untuk iklan siaran. Kerja sama antar saluran TV di Indonesia semakin meningkat, sehingga hanya ada satu “server iklan” untuk semua acara TV. Kemudian tentunya harus ada program atau aplikasi komputer untuk mengurutkan dan memasang iklan secara otomatis, seperti fungsi “google ads” atau “facebook ads”. Selain itu, penyisipan untuk penempatan iklan dilakukan melalui aliran siaran di tingkat penyedia multipleks (mux). Hal ini memungkinkan terciptanya sistem POTAS konsorsium antar stasiun TV. Jenis teknologi ini sudah digunakan dalam platform OTT video online. Misalnya, Google menawarkan “penyisipan iklan dinamis” dalam siaran langsung sehingga iklan terprogram dapat disisipkan. Untuk menentukan efektivitas periklanan, sistem ini harus dikaitkan dengan hasil riset, misalnya melalui integrasi dengan program riset TAM Nielsen. Sistem POTAS belum terbukti akan diimplementasikan sebagai solusi alternatif “programmatic advertising” dalam siaran televisi digital. Agar sistem ini berfungsi, diperlukan penyesuaian besar pada sistem penempatan iklan televisi yang telah berusia puluhan tahun. Belum lagi kesiapan kerjasama antar lembaga untuk pengembangan sistem ini. Selanjutnya, masih perlu dilakukan pengecekan pada level teknis bagaimana sistem ini dapat digunakan dengan aman. Namun setidaknya konsep ini dapat dikembangkan sesuai dengan perubahan arus industri pertelevisian yang menghadapi tantangan media online. Smk_teknik Penyiaran Dan Produksi Program Radio Televisi Da_1 Untuk menjawab tantangan media online, industri televisi harus terus berinovasi untuk menentukan masa depan iklan siaran. “Targeted advertising” dalam bentuk DBI in-show advertising (ICA), yang memungkinkan pemirsa melihat berbagai iklan berdasarkan geografi, seperti yang diusulkan oleh SCTV dan Indosiar, merupakan model bagi saluran TV lainnya. Demikian pula, sistem POTAS yang saya usulkan dapat dieksplorasi lebih lanjut sebagai alternatif sistem ‘iklan terprogram’ sehingga TV dapat mempertahankan kehadirannya di ruang iklan. Pemilik TV analog dapat memasang set-top box (STB) di TV mereka untuk menonton acara TV digital. . Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyebut peralihan dari penyiaran analog ke digital tidak hanya membawa keuntungan teknis, tetapi juga diuntungkan dari implementasi seluruh digitalisasi. Dengan demikian, untuk siaran TV digital menawarkan kualitas gambar yang sangat jernih dengan definisi tinggi, suara jernih dan teknologi canggih. Keunggulan lain dari beralih ke televisi digital adalah menyediakan berbagai program siaran yang berkualitas dan berkualitas kepada masyarakat. Contoh Iklan Penawaran Yang Menarik Dan Cara Membuatnya Anda mungkin terganggu oleh kualitas acara TV yang cuaca buruk, jelek, dan “dipenuhi semut”. Namun, Anda tidak mendapatkannya dengan TV digital. Selain itu, jangkauan sinyal digital jauh lebih besar daripada di daerah terpencil. Alih-alih menguranginya, TV digital memudahkan Anda menerima acara TV baru yang lebih jernih dengan kualitas gambar yang lebih baik. Ini terkait erat dengan jumlah frekuensi yang tidak terbatas dan biaya pengoperasian penyiaran digital yang lama. Cara Meningkatkan Performa Monitor Gaming Keunggulan televisi, keunggulan iklan di televisi, kita dapat memasang iklan elektronik di televisi selain di televisi iklan elektronik juga dapat dipasang di, keunggulan apa sajakah yang dapat kita peroleh di dalam internet, penggunaan promosi dengan iklan dapat dilakukan dengan berbagai media secara efektif kecuali, iklan yang ditayangkan melalui televisi memiliki keunggulan dari segi, iklan yang dapat disajikan dalam bentuk video adalah iklan dengan media News