October 7, 2023 Kepriye Carane Nglatih Ati Kepriye Carane Nglatih Ati – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Pelajaran 2: Ayo Bekerja Sama Simak lagunya di bawah ini! Ibu atau Ayah Guru akan memberikan contoh cara bernyanyi. Jika Anda tahu, bernyanyilah bersama teman-teman Anda! Chublak cublak suweng Suwenge semburat tinger Bau harum gudel Mr empa lirak lirik Yang tertawa dan bersembunyi Sir sir pong dhele gosong Sir sir pong dhele gosong Kelas bahasa Tantri 1 39 Kepriye Carane Nglatih Ati Nyanyi di game apa? Bisakah anak-anak melakukannya? Coba beritahu saya cara memainkan permainan ironi! Jika kamu belum mengetahuinya, tanyakan pada ibu atau ayah gurumu! Latihan 1: Menyortir huruf Kita menulis hurufnya. Tantri Basa Kelas 1 Bersama seorang teman. Jangan takut atau malu. Jadilah anak yang cerdas. 40 Alang Alang Kumitir Ngelmu Urip Pandai menulis dan membaca. Bernyanyilah bersama teman-temanmu! a bde fg h i j k l mn opqrstu v w x yz Sekarang anak sudah mengenal abjad. Ayo bermain dengan teman. Susun dan urutkan huruf-huruf di bawah ini! Bahasa Tantra Kelas 1 41 Latihan 2: Cara duduk dan memegang pensil Sebelum menulis ada hal yang perlu diperhatikan yaitu cara duduk dan cara memegang pensil. Lihatlah foto-foto di bawah ini! cara memperbaiki kesalahan cara memperbaiki kesalahan cara menjaga kesalahan cara menjaga Tantri Basa Kelas 1 yang benar 43 Peragakan kepada teman sekelasmu cara duduk dan memegang pensil yang benar! Belajar duduk dan memegang pensil, benar atau tidak, centang (√). Nama saya : …………………………….. Nama teman saya : …. .. . ………………………….. No. yang dinilai benar atau salah 1 cara duduk 2 cara memegang a pensil 44 Basa Tantri Kelas 1 Pelajaran 3: Mari bekerja secara mandiri Dalam pelajaran kedua, anak-anak belajar menempatkan dan memegang pensil dengan benar saat menulis. Jangan lupakan semua pesanan ibu atau ayahmu di studio. Meski terkesan sepele, namun ternyata mempunyai efek yang besar bagi kesehatan, terutama dalam memperkuat tulang. Jangan sampai kaki Anda mengalami cacat karena kebiasaan duduk yang tidak tepat. Begitu pula agar anak dapat menulis dengan baik, ia harus memegang pensil dengan benar. Dalam ketiga pembelajaran tersebut, anak akan belajar tentang huruf vokal dan konsonan. Bahasa Tantra Kelas 1 45 Buku Klas 12 Edit Terbaru(1) Rev Komplit Latihan 2: Salin hurufnya Salin sesuai hurufnya! Lihat contoh di bawah ini dan lanjutkan! mainan huruf kata sepatu s-e-p-a-t-u ………………………….. jamur ……….. . .. ……………. kuda …………………… . .. taat.. .. …………………… Latihan 3: Salin kalimat Bacalah baik-baik kemudian salin ke dalam buku catatanmu! 1. Kunthi bersekolah. 48 Guru bahasa kelas 1 2. Bu Dewi pergi ke pasar. 3. Anggara sedang berlari. 4. Belilah buku catatan. 5. Belajar bahasa Jawa. Bahasa Tantra Kelas 1 49 LATIHAN PELAJARAN 2 A. Fokus menulis! 1. j a n a k a 2. t a r u n a 3. sin a u m a c a a 4. null i s j a wa a a a 5. t u k u s e g a a a B. Periksa pengucapannya! 1. Miliki tiga ekor ayam. 2. Rini kelas satu. 3. Bima membelikanku. 4. Kunthi sedang tidur. 5. Bu Dewi pergi. 50 Guru bahasa kelas 1 PELAJARAN 3 KEGIATAN SAYA Kompetensi dasar : 3.3 Mengenal, memahami dan mengidentifikasi teks deskriptif tentang bagian tubuh, indera, bentuk dan sifat benda serta kejadian alam dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulisan. 4.3 Meniru dan menulis teks deskriptif secara lisan tentang bagian tubuh, indera, bentuk dan sifat suatu benda, serta tentang peristiwa alam. Indikator: 3.3.1 Menghubungkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar 3.3.2 Menjelaskan arti kata sulit dalam teks 3.3.3. Jelaskan isi teks tersebut. 4.3.1 Meniru membaca teks deskriptif 4.3.2 Meniru teks deskriptif Tantri Basa Kelas 1 51 Kelas Viii Semester 1 Wawasan yang membuka mata Lihatlah gambar di bawah ini! Diskusikan dengan kelompokmu! Apa yang sedang dilakukan Rini dan orangtuanya? Ceritakan kisah tersebut dengan kata-katamu sendiri! 52 Guru bahasa kelas 1 Kajian 1 Model Teks Terpilih Kajian ini menganalisis tentang bagian-bagian tubuh, panca indera, bentuk dan hakikat segala sesuatu serta peristiwa alam. Anak akan belajar di bawah bimbingan guru ibu atau ayah. Untuk memudahkan anak dalam belajar maka akan disertai dengan gambar. Ibu atau ayah guru dapat memberikan petunjuk bagaimana agar pembelajaran ini lebih mudah dipahami anak. Guru bahasa kelas 1 53 Lihatlah ceramah yang sedang dibacakan guru! Rini sangat senang menemani ibunya. Piknik di Kebun Raya Purwodadi. Rini naik bus bersama rombongan. Di kebun raya dingin. Ada banyak jenis tanaman yang berbeda. Saat kami berjalan, seorang petugas menjelaskan jenis tanaman kepada kami. Dari mana asalnya atau habitat aslinya? Rasanya itu hanya sesaat. 54 Guru bahasa kelas 1 Rombongan melanjutkan pikniknya dan menuju ke tempat rekreasi lainnya. Latihan 1: Isi teks Jawablah pertanyaan berikut! 1. Rini mengikuti ibunya kemana? …………………………………………. ………… 2. Apa yang dikendarai Rini? …………………………………………. ………… 3. Apa yang kamu lihat di Kebun Raya? …………………………………………. ………… 4. Siapa yang memimpin kelompok ketika mereka berkeliling? …………………………………………. ………… Guru Bahasa Kelas 1 55 Catatan Facebook Teja Buwana Pengetahuan tentang Sapala: Kebun Raya Kebun raya atau botanical garden disebut juga kebun raya yang merupakan tempat ditanamnya berbagai jenis tanaman. Perlunya penelitian dan konservasi. Selain untuk penelitian botani, juga sebagai tempat relaksasi dan edukasi (belajar) Latihan 2: Carilah arti kata Tulislah kata yang dicetak miring dan huruf kapital pada kolom di bawah, lalu carilah artinya! Kalau belum tahu, berani tanya ke mama atau papa! Guru bahasa kelas 1 56 No Kata Arti 1 ikuti 2 kebun raya 3 piknik 4 kelompok 5 beda warna 6 tumbuhan 7 habitat Anak-anak, jika ada kata lain yang kurang dimengerti artinya, tulislah. Kalau begitu tanyakan pada ibu atau ayah gurumu! Latihan 3: Cocokkan gambarnya.Bacalah bersama-sama! Mereka meminta Rini membacakan buku ayahnya. Berisi ceramah tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya. Guru bahasa kelas 1 57 Rini suka membaca. Dia membaca buku yang berbeda. Membaca buku mempunyai banyak manfaat. Dapat menambah pengetahuan dan kecerdasan. Itu sebabnya Rini adalah gadis yang cerdas. Rini sangat berpengetahuan. Tandai tanda panah yang sesuai dengan gambar! bau dengar lihat 58 Kelas 1 Bahasa Tantri Pelajaran 2: Ayo bekerja sama Sebelum kita belajar bersama, ayo bermain! Bentuklah kelompok yang terdiri dari 6 anak. Lihat cara bermainnya lalu lakukan bersama kelompokmu! Urutkan nama masing-masing kelompok. Salah satu anak di kelompok lain diberi tugas membaca pertanyaan tertulis. Misalnya, “bau”. Kelompok yang maju harus memegang bagian tubuh yang kanan yaitu hidung. Itu saja sampai masalahnya selesai. Kelompok yang belum mendapat giliran maju, tugasnya mengamati dan mencatat apabila ada yang salah memegang bagian tubuhnya. Kelompok yang tidak melakukan kesalahan atau melakukan lebih sedikit kesalahan adalah pemenangnya. Bahasa Tantra Kelas 1 59 Soal B.jawa Uas Genap Kelas X Jangan lupa bahwa permainannya harus adil! Jangan nakal! Jangan berdagang dengan teman! Latihan 1: Salin ke pembaca Perhatikan contoh guru lalu salin bersama-sama! ke. mata Ini adalah nama untuk mata atau mata. Mata untuk melihat pemandangan. Saya memiliki dua mata. Saya harus menjaga mata saya agar tetap sehat. Bagaimana cara mempertahankannya? Tantri Basa Kelas 1 60 Menonton di dekat televisi tidak diperbolehkan. Membaca buku harus di tempat yang terang. Apa saja cara lain untuk menjaga kesehatan mata? Diskusikan dengan kelompokmu lalu tulislah dalam kotak ini! Cara menjaga kesehatan mata : 1…………………………………………. . . . ………… 2. ………………………….. … . ………………………… 3. …………… . . …………….. …. ………………………. . .. 4 …………….. …. ………………………….. . ……. ……….. 5. … ….. ……………….. . ………… . ………………. ….. B. pada Bahasa Tantri Kelas 1 61 Bagian tubuh pada gambar ini disebut telinga. Saya memiliki dua telinga. Telinga kiri dan telinga kanan. Telinga untuk mendengar suara. Anda juga harus melindungi telinga Anda. Bersihkan telinga Anda dengan hati-hati. Tidak diperbolehkan membersihkan bagian dalam telinga dengan alat yang tajam, untuk membersihkan telinga harus dibantu oleh ibu. Atau disahkan oleh dokter THT (THT). Apakah anak Anda pernah memeriksakan diri ke dokter THT? Seharusnya setiap enam bulan sekali. Konsultasikan dengan dokter spesialis THT. 62 Guru bahasa kelas 1 Latihan 2: Jelaskan isi teks Jawablah pertanyaan berikut! 1. Telinga digunakan untuk apa? …………………………………………. ………… 2. Mengapa telinga tidak dibersihkan dengan benda tajam? …………………………………………. ………… 3. Kapan saya harus berkonsultasi dengan dokter spesialis THT? …………………………………………. ………… 4. Apa itu otorhinolaryngology? …………………………………………. ………… 5. Perbaiki gambar ini! Guru bahasa kelas 1 63 Doc) Serat Jayabaya Gambar ini disebut …………………………….. Digunakan untuk …. … …………………………… Bagaimana cara memeliharanya ……. …. . . ………………………….. 6. Perbaiki gambar ini! Ini namanya………………………………………….. ……………… … Bermanfaat untuk…………………… … … . ……… Bagaimana pemeliharaannya ………………………….. Pelajaran 3 : Mari kita bekerja pada layanan kita sendiri Di ruang belajar sebelum anak-anak belajar menulis dengan benar. Jangan lupakan semua pesanan ibu atau ayahmu di studio. Guru bahasa kelas 1 64 Latihan 1: Salin teksnya Tuliskan teks di bawah ini ke dalam buku catatanmu! Latihan Pramuka 65 Latihan Pramuka Rini. Latihan mereka setiap hari Sabtu. Itu dimulai pukul sembilan pagi. Orang yang melatih ibu dan ayah. Rini sangat menyukai pelatihan pramuka. Explorer memiliki banyak kegunaan. Guru bahasa kelas 1 Latihan 2: Tirulah Membaca Tirulah Cara Membaca Ibu atau Ayah Guru! Banjir Desa Sidodadi terkena dampak banjir. Penduduk desa melarikan diri. Tinggal di tempat yang lebih tinggi. Turun di tenda darurat, bantuan masyarakat. Teman-teman Siti ada di sana untuk membantu. Adegan itu sangat menyedihkan. Banyak anak kecil yang sakit karena kedinginan dan kekurangan makanan. 66 Bahasa Tantri kelas 1 PELAJARAN LATIHAN 3 A. Tandai tanda panah yang sesuai dengan gambar! 1. harumnya dapur 2. indahnya bunga mawar 3. suara radio Tantri Basa Kelas 1 67 Tantri Basa Kelas 4 Pages 51 100 B.Bacalah dengan seksama! Longsor Desa Munjungan dilanda longsor. Tanah longsor menutupi jalan. Longsor juga menimpa rumah tersebut. Korban longsor pun mengungsi. Evakuasi ke rumah tetangga. Teman-teman Siti ada di sana untuk membantu. Adegan itu sangat menyedihkan. Banyak warga yang sakit karena tertimpa tanah longsor dan rumah warga. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas! 1. Apa judul paragraf di atas? 2. Siapa yang membantu korban longsor? 3. Ke mana masyarakat Desa Munjungan mengungsi? 4. Apakah kamu punya banyak? News