August 29, 2024 Jelaskan Perbedaan Kanon Dengan Akapela Jelaskan Perbedaan Kanon Dengan Akapela – Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri 1. Anda dapat mengamati vokal band dari sumber lain seperti internet, menonton pertunjukan melalui VCD dan sumber belajar lainnya. 2. Anda bisa mengikuti perkembangan grup vokal di daerah Anda, namun Anda juga bisa mengikuti grup vokal dari daerah lain. TIDAK. Bentuk-Bentuk Vokal Kelompok 1. 2. 3. 4. 5. 6. Kegiatan Diskusi Setelah menyelesaikan kolom tentang vokal kelompok di atas, diskusikan dengan teman Anda. Kemudian isi kolom berikut sesuai hasil diskusi. Format Pembahasan Hasil Mendengarkan Musik/Lagu Nama Anggota : Nama Musik/Lagu Pengamatan : Hari/Tanggal Pengamatan : No. Aspek yang Diamati Deskripsi Hasil Observasi 1. Asal Usul Lagu 2. Teknik Lagu 3. Makna Lagu 142 Kelas VII SMP/MTs Jelaskan Perbedaan Kanon Dengan Akapela A. Bernyanyi dengan banyak suara Sebuah grup vokal biasanya terdiri dari 3 sampai 12 orang yang bernyanyi dengan berbagai suara (Sumber : Dok. Kemdikbud). Gambar 11.1 Bernyanyi bersama Kemudian ada paduan suara kecil dengan banyak anggota dan memerlukan kerjasama 12 sampai 28 anggota, dan sebaiknya 28 anggota. Kita masih mengenal istilah lain yaitu acapella, nasyid dan nyanyian. Nyanyian bersama acapella merupakan bentuk vokal grup akapela tanpa diiringi alat musik. Nasyid berasal dari bahasa Arab ansyadayunsyidu yang berarti senandung. Tembang macapat adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua kelompok penyanyi atau lebih yang bernyanyi secara harmonis. 1. Latihan Nyanyian Kanon (Sumber : Dok. Kemdikbud) Nyanyian Kanon sering ditampilkan dalam nyanyian dengan Gambar 11.2 Kegiatan Pramuka. Oleh karena itu, banyak orang yang mengenalnya. Lagu Canon biasanya dapat mengajarkan siswa untuk bernyanyi satu per satu. Nyanyian Burung yang menghormati dan mengagungkan hantu dapat dinyanyikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama memulai satu demi satu dengan baris pertama, dan setelah kelompok pertama selesai membaca baris pertama, mereka memulai satu demi satu sampai kelompok lain selesai. Contoh lagu Macapat adalah lagu berikut ini. Pak Yakob (Lagu Kamu Sedang Tidur) Pak Yakob, bangun, bangun, Ini siang, sudah siang, bangun, Pak Yakub, Pak Yakub, bangun, bangun, bel berbunyi. Ding dong ding ding dong ding Seni Budaya 143 membunyikan bel Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone, Dan Bass Halaman All 2. Latihan suara Untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, sebaiknya lakukan latihan vokal dan pernapasan diafragma. Pada semester 1, kamu berlatih vokal dengan menyanyikan lagu Apuse dan mengganti kuncinya sehingga kamu bisa menyanyikan lagu tersebut dari nada terendah hingga nada tertinggi. Sekarang kita akan berlatih vokal seperti penyanyi paduan suara. Mainkan melodi berikut dimulai dengan akord utama C mayor, lalu lanjutkan ke D mayor, dan seterusnya. Teknik vokal yang baik selalu membutuhkan latihan vokal dan latihan pernapasan diafragma. Berikut beberapa latihan teknik vokal yang bisa Anda lakukan. 144 Kelas VII SMP/MT 3. Pelatihan Vokal Kelompok dan Paduan Suara a. Latihan Dua Suara Latihan dua lagu dapat dilakukan dalam dua kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu pertama, kelompok kedua menyanyikan lagu kedua. Kelompok pertama adalah kelompok perempuan. Kelompok kedua adalah kelompok laki-laki. Baiklah, mari kita berlatih dengan lagu-lagu di bawah ini. Seni dan Budaya 145 B. Latihan lagu tripartit Lagu tripartit dinyanyikan dalam tiga kelompok. Irama pertama dibawakan oleh perempuan bernada tinggi, kelompok kedua dibawakan oleh perempuan bernada rendah, dan kelompok ketiga dibawakan oleh laki-laki. Jika siswa perempuan sedikit, melodi satu suara dinyanyikan oleh sekelompok perempuan, suara kedua oleh suara laki-laki yang nyaring, dan kelompok ketiga oleh suara laki-laki yang bersuara lembut. Seni dan Budaya 147 B. Uji Kompetensi Pengetahuan 1. Jelaskan 4 syarat menyanyi vokal kelompok dengan baik dan benar! 2. Jelaskan 2 manfaat menyanyi dalam grup vokal! Keterampilan Bernyanyi adalah salah satu lagu yang dipelajari band secara vokal! C. Rangkuman Lagu macapat merupakan metode nyanyian dengan satu suara. Melantunkan macapat merupakan tahap awal sebelum melantunkan dengan suku kata yang terdiri dari bunyi ke-1, bunyi ke-2, dan bunyi ke-3. Bernyanyi dengan vokal grup merupakan cara bernyanyi dalam kelompok kecil. Dalam praktiknya, menyanyi dengan grup vokal boleh saja dilakukan secara bergantian antar anggota grup vokal. D. Refleksi Menyanyikan suatu lagu secara vokal memerlukan kerjasama dengan teman. Menyanyi vokal secara berkelompok tidak harus saling menekankan, karena menyanyi vokal merupakan kelompok yang satu suara. Solidaritas, gotong royong kepada teman, sopan santun, tanggung jawab dan kepedulian terhadap sesama menjadi kunci keberhasilan penampilan vokal grup. Kunci dalam bernyanyi dalam bentuk vokal grup tidak hanya ditentukan oleh memiliki suara yang bagus, namun juga memerlukan rasa tanggung jawab, gotong royong, sopan santun, dan kepedulian terhadap anggota grup. Nah sekarang tuliskan pendapat anda tentang proses latihan dengan bernyanyi bersama dan vokal berkelompok. 148 Kelas VII SMP/MT Unisono Dalam Seni Musik: Teknik Vokal Dan Pernapasannya Selanjutnya lakukan penilaian diri dengan memberi angka pada rentang yang tertera pada kolom A, B, C, atau D. Setelah mempelajari ilmu dan mempraktekkan teknik vokal dalam menyanyi di grup vokal, saya memiliki nilai keterampilan sebagai berikut. 86-100 71-85 56-70 Bab 1 2 Memainkan alat musik campuran Peta keterampilan Metode pembelajaran Memainkan ansambel musik Alat musik Irama Musik Melodi Musik Harmoni Musik Kelompok Alat Musik Pada Bab 12 siswa diharapkan mampu mengapresiasi dan berkreasi terhadap seni musik yaitu : 1. keberagaman budaya warisan budaya khususnya lagu dan musik daerah; 2. Asosiasi alat-alat musik daerah Indonesia dengan corak dan keramahan masing-masing suku; 3. Menampilkan musik ansambel lagu daerah di Indonesia; dan 4. memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagunya. 150 Kelas VII SMP/MT Ensemble merupakan salah satu jenis pertunjukan musik dan permainan. Pertunjukan ansambel memerlukan setidaknya tiga alat musik yang berbeda. Harmoni dan harmoni menjadi salah satu kekuatan ansambel. Perkusi dapat digunakan sebagai ansambel sederhana. Gambar di bawah ini mencantumkan alat-alat musik yang dapat digabungkan untuk membuat permainan ansambel sederhana. 12 34 56 Setelah memperhatikan gambar alat musik daerah di atas, jawablah pertanyaan berikut. 1. Klasifikasikan alat musik manakah yang mempunyai irama, melodi dan harmoni! 2. Sebutkan lima suku kata pada alat musik ritmis, melodis, dan harmonis! Seni dan Budaya 151 Tugas Perhatikan gambar alat musik di halaman 151. Kemudian isi kolom di bawah ini. TIDAK. Nama Alat Musik Jenis Alat Musik 1 2 3 4 5 6 1. Anda dapat melihat alat musik dari sumber lain seperti internet, menonton pertunjukan melalui VCD dan sumber belajar lainnya. 2. Anda dapat melihat alat-alat musik berkembang di daerah anda. Anda juga bisa melihat alat musik dari daerah lain. Kegiatan Diskusi Setelah mengisi kolom tentang alat musik daerah, berdiskusilah dengan teman Anda dan lengkapi kolom di bawah ini. Format Pembahasan Hasil Observasi Alat Musik Ansambel Nama Anggota : : Alat Musik Observasi : Hari/Tanggal Observasi No. Aspek yang Diamati Deskripsi Hasil Observasi 1. Teknik Permainan 2. Materi 3. Fungsi 152 Kelas VII SMP/MT Seni Budaya Kelas. Semester 1 Sma/ma/ Smk/mak. Seni Budaya Sma/ma/smk/mak Kelas Xi Semester 1 A. Pertunjukan musik ansambel 1. Alat musik ritme Alat musik artistik adalah alat musik yang mempunyai fungsi mengiringi melodi pokok. Alat musik tersebut ada yang mempunyai suara dan ada pula yang tidak. Anda sudah mengenalnya sejak sekolah dasar. Misalnya saja lonceng dan kendang. Coba sebutkan alat musik dan asal usulnya pada gambar di bawah ini. (Sumber : Dok. Kemendikbud) Gambar 12.1 Contoh Alat Musik Irama Jika anda tidak mempunyai alat musik ini anda dapat menggantinya dengan berbagai macam benda yang dapat digunakan sebagai alat musik ritme, tepuk tangan, pemukulan. atau menggunakan barang bekas seperti botol, kaleng, dan plastik berisi biji-bijian. 2. Alat Musik Melodi Alat musik melodi adalah alat musik yang fungsinya menjaga mood suatu lagu. Contohnya adalah perekam dan terompet. (Sumber : Dok. Kemendikbud) Gammebloadr i1s, 2s.2alCuaonngtodhaanlastamrounsik Seni dan Budaya 153 (Sumber : Dok. Kemendikbud) Gambar 12.3 Contoh Alat Musik Melodi, Pareret Pangasi asih dan Terompet Sebutkan nama alat musik melodi dan cara memainkannya. Anda belajar memainkan perekam semester lalu. Lakukan lagi sekarang! Masih ingatkah kamu tentang permainan piring, seruling bambu, dan saron? Bagaimana jari-jari perekam musik? Bagaimana cara memainkan seruling bambu? Bagaimana teknik memainkan alat musik Saron? Yuk mainkan musik gamelan dengan perekam lagu dua bagian berikut ini. 154 Kelas VII SMP/MT 3. Alat Musik Harmonik Alat musik harmonik ada banyak jenisnya, ada yang menggunakan dawai sebagai sumber bunyinya, ada pula yang elektronik. Alat musik ini dapat digunakan sebagai melodi utama suatu lagu maupun pengiring suatu lagu. Ini termasuk alat musik harmonis seperti piano, elektronik, organ dan gitar. Main Gitar Jadi pada pelajaran kali ini kita akan belajar cara bermain gitar. Gitar merupakan salah satu alat musik chordophone, yaitu alat musik yang menggunakan dawai sebagai sumber bunyinya. Gitar merupakan salah satu alat musik yang praktis, mudah dibawa, sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk hiburan dimanapun dan kapanpun. Seni dan Budaya 155 Ada gitar elektrik yang menggunakan listrik, ada juga yang akustik. Gitar akustik adalah alat musik dengan enam senar. Huruf pertama e, baris kedua b, baris ketiga g, baris keempat d, baris kelima a, dan baris keenam e. Saat bermain gitar pasti sering sekali mendengar chord gitar dengan chord c,g,f,d,a,e,b. Kunci gitar mayor, minor dominan, kali ketujuh, dan lainnya. Sebenarnya bukan kunci, melainkan akord yang merupakan gabungan beberapa nada yang terdengar melodis. Tanda kunci hanya ada di catatan Plis Jawab Cuman 2 Soalsoal:seni Budaya,kls 7, Semester 2,halaman 141note: Jangan Ngasal Ngasal Aku Jelaskan perbedaan jalan dengan lari, jelaskan perbedaan cuaca dengan iklim, jelaskan perbedaan tumor jinak dengan kanker payudara, jelaskan perbedaan sifat sabun dengan deterjen, jelaskan perbedaan antara badan usaha dengan perusahaan, jelaskan perbedaan dna dengan rna, jelaskan perbedaan sifat sabun dengan detergen, jelaskan perbedaan zakat fitrah dengan zakat mal, jelaskan perbedaan koperasi dengan badan usaha lainnya, jelaskan perbedaan nabi dengan rasul, jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online, jelaskan perbedaan antara jalan dengan lari News