December 22, 2023 Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Menari Menirukan Burung Kutilang Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Menari Menirukan Burung Kutilang – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri Unit Pembelajaran 1 Koordinasi Gerakan 37 tentang kegiatan yang dilakukan sejak pertemuan 1 Tanyakan kepada siswa apa yang telah dilakukan sejak pertemuan terakhir dan pertanyaan lanjutan lainnya beserta jawaban siswa. Ajaklah siswa untuk menemukan jawabannya bersama-sama dengan gerakannya. C. Pilih jenis organisasi pemanas yang disukai siswa sebagai bahan pemanas. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dan tubuhnya, mulai dari gerakan sehari-hari hingga bentuk latihan fisik. Pemilihan gerakan-gerakan yang disukai siswa merupakan cara agar siswa mudah mengingat gerakan-gerakan tersebut dan mengembangkan rasa ritme melalui musik. 2. Kegiatan Pokok a. Bergerak mengikuti irama musik. Ciptakan suasana menyenangkan dengan memainkan musik berirama dan mengajak siswa mengikuti irama tersebut. Sekarang, mintalah semua siswa membentuk lingkaran besar dengan guru di tengahnya memegang instruksi. Gambar 1.17 Bentuk latihan kelompok yang menginstruksikan siswa tentang apa yang harus dikatakan dan apa yang harus dilakukan oleh guru. Mulailah bergerak dari tubuh bagian atas ke bawah. Memperkuat gerakan ke segala arah 1) gerakan kepala (melihat, atas dan bawah, memutar, kiri dan kanan), 2) gerakan alis, mata, hidung dan mulut, 3) gerakan bahu dan perut, 4) gerakan tangan dan jari, 5) ) gerakan pinggul dan panggul, dan 6) kaki dan jari kaki. Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Menari Menirukan Burung Kutilang 38 PEDOMAN GURU SEKOLAH 1. Gerakan kepala 2. Gerakan wajah 3. Gerakan badan 4. Gerakan lengan dan kaki ke atas dan ke bawah Memutar Alis Patah dengan Bahu kiri dan kanan Pinggang dan bibir Mata Nik Maw Gambar 1.18 Badan bagian gerakannya dapat diulang-ulang secara berurutan atau urut sesuai kreativitas guru. Tambahkan hitungan mundur atau musik untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Istirahat, setelah itu guru membagi menjadi kelompok besar, misalnya lima sampai delapan siswa per kelompok membentuk lingkaran. Bagaimana Cara Menyampaikan Dialog Agar Terkesan Lebih Hidup Unit Pembelajaran 1 Koordinasi Gerakan 39 Gambar 1.19 Bentuk Latihan Gerakan Kelompok Guru tidak perlu ikut serta dalam lingkaran, tugas guru hanya memberi petunjuk. Siswa mendengarkan dan mengikuti instruksi guru. Apabila siswa merasa mampu melakukannya, maka berikan tantangan kepada mereka yaitu mulai menggabungkan kedua gerakan yang ada dalam petunjuknya, misalnya: 1) gerakan lengan dan bahu 2) kaki dan pinggul 3) gerakan perut dan jari tangan 4) mata dan tangan. Gerakan 5) Gerakan bahu dan tungkai Gambar 1.20 Menggabungkan gerakan dua bagian tubuh 1. Gerakan lengan dan bahu 2. Gerakan tungkai dan pinggul 3. Gerakan bahu dan tungkai 4. Gerakan mata dan tangan 5. Gerakan perut dan jari memiliki 5. – 8 kelompok siswa mempunyai 5 sampai 8 kelompok yang terdiri dari 5 – 8 siswa. 40 Panduan Guru Tari untuk Prasekolah I Pastikan kombinasi gerakan tubuh penting atau boleh dilewati. Jangan biarkan instruksi guru menyulitkan siswa untuk menyampaikannya. Tidak ada benar dan salah dalam berkarya, biarlah seluruh organisasi kemahasiswaan menjadi organisasi kemahasiswaan yang kreatif dan selalu menyikapi perilaku kemahasiswaan secara positif. Setelah selesai kegiatan, ajaklah siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang tertulis di papan tulis, “Bagaimana tubuh kita menari?”. B. Saat guru dan siswa berdiskusi, biarkan siswa duduk dalam kelompok kerja masing-masing yang terdiri dari lima sampai delapan orang. Tanyakan kembali bagaimana tubuh kita melakukan gerak tari, kemudian ajukan pertanyaan untuk menggali lebih dalam jawaban siswa. Pembelajaran bertanya ditandai dengan pertanyaan yang diajukan harus objektif, menarik, dan mengarah pada pemikiran yang mendalam. Contoh soal ada pada daftar berikut: Tabel 1.7 Contoh soal penelitian gerak jasmani Memang benar bahwa jumlah soal dapat diubah sesuai dengan situasi yang ditemui guru di kelas. Guru mengetahui secara pasti berapa jumlah soal yang digunakan pada Tabel 1.7. Guru juga dapat membuat kuis sendiri tergantung situasinya. Rangkuman pembahasan pada kegiatan ini adalah guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi fakta bahwa hampir seluruh bagian tubuh manusia dapat bergerak, seperti kepala, alis, mata, hidung, mulut, bahu, perut, lengan, jari tangan. , pinggul, bahu dan kaki. Bagian-bagian tubuh inilah yang menjadi dasar dalam menciptakan gerak tari, memadukannya dan menggerakannya secara bersamaan atau bergantian. Untuk menjawab pertanyaan pada Tabel 1.7, mintalah siswa berdiskusi dalam kelompok. Berikan waktu untuk berdiskusi dan berikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman mereka. Contoh Pertanyaan • Apakah seluruh bagian tubuh bergerak? • Bagian tubuh manakah yang dapat bergerak? • Bagaimana perasaan Anda ketika Anda menggerakkan bagian tubuh Anda? • Apakah gerakan otot dapat digabungkan? • Ceritakan pada kami tentang pengalaman Anda! PELAJARAN 1 HUBUNGAN MANAJEMEN 41 Tabel 1.8 Kemungkinan tanggapan siswa terhadap pertanyaan tentang mempelajari bagian tubuh Semua gerakan tubuh? lakukan Dimanakah bagian tubuh tersebut? Tubuh bagian atas: kepala, alis, mata, hidung, mulut, bahu, perut, tangan dan jari. Bawah: pinggul, bahu dan kaki. Apa yang kamu rasakan saat menggerakkan bagian tubuhmu? 1. Bergembiralah, karena semua orang bisa bergerak. 2. Susah karena hidung saya tidak bisa digerakkan. 3. Pusing, karena kepala saya berputar-putar. 4. Pusing, karena ternyata menggerakkan mata dan tangan secara bersamaan membuat malu. 5. Berbahagialah, karena saya bisa melakukan gerakan-gerakan yang baik. 6. Luar biasa, karena menggerakkan perut dan jari kaki secara bersamaan. dll. Bisakah gerakan tubuh digabungkan? Cobalah untuk berbagi pengalaman Anda! Saya memindahkannya di antara lengan dan bahu saya secara bersamaan. Saya menggerakkannya dengan bergantian antara kaki dan tangan saya. 3. Menutup kegiatan Akhiri diskusi dengan menjawab pertanyaan besar yang diajukan di awal kegiatan, yaitu “Bagaimanakah gerak bagian-bagian tubuh?” Jelaskan kepada siswa bahwa cara menggerakan anggota tubuh adalah dengan menggerakkan tubuh sesuai keinginan, dan mengarahkannya ke arah yang berbeda seperti yang kita coba bersama-sama. Selain itu juga terlihat bahwa gerakan-gerakan dapat dipadukan, seperti pada kegiatan sebelumnya ketika siswa menggabungkan gerakan dengan dua bagian tubuh. Ada yang ditularkan secara bersamaan, ada pula yang bergantian. Bagian tubuh inilah yang menjadi dasar terciptanya gerak tari. Jelaskan keputusan ini dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami. Kemudian ajaklah siswa untuk mengeksplorasi gerakan tubuh menggunakan bagian tubuh atas dan bawah atau kanan dan kiri secara bersama-sama, membaca atau menggunakan musik pada sesi berikutnya. Di bawah ini adalah daftar kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini: 42 Buku Pedoman Guru Tari SD 4 Metode Pembelajaran 4 : Menilai Koordinasi Gerak Tubuh Waktu : 2 x 35 menit Petunjuk Pembelajaran Guru mengajak siswa menilai gerak otot tubuh pada saat bertemu 3. . Tungkai atau kaki bagian atas dan bawah. Menggunakan bagian kiri dan kanan untuk membaca/musik. A. Sesi Persiapan Mengajar ke-4 ini hampir sama dengan sesi sebelumnya yaitu guru dan siswa akan praktek. Jika diperlukan ruang bagi siswa untuk bergerak, mereka dapat memanfaatkan ruang kelas dengan memindahkan kursi dan meja ke samping, atau menggunakan aula/lapangan sesuai kebutuhan. Siswa dan guru mengenakan pakaian yang cocok untuk berjalan dan membawa botol minum. Dalam pertemuan ini pembacaan juga dilakukan dengan iringan, sehingga dapat disiapkan tempat untuk penyanyi dan pemusik. Hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan langsung oleh guru dan siswa. Teks ini penting untuk dimasukkan karena dapat membuat siswa bergerak dan mengeksplorasi konsep gerak berhitung. Tujuan Sesi 4 adalah untuk memberikan pengalaman kepada siswa dalam mengkoordinasikan gerakan tubuh untuk menciptakan gerakan tari yang berirama. Sebagaimana telah dijelaskan pada isi, gerak tari diartikan sebagai gerak berirama. Pada Sesi 4, guru harus mereview konsep bersama siswa. Apa yang dimaksud dengan gerak tari berirama? Pembahasan mengenai gerak tari terdapat pada halaman 19 pada gambaran umum Unit Pembelajaran 1. B. Kegiatan Pembelajaran Kelas I Kegiatan Pratama a. berdoa b. Itu membuat belajar menjadi menyenangkan. C. menghangatkan diri. Gunakan gerakan yang sama seperti pada sesi 3 yaitu head to toe dan ulangi. Rpp Tema 5 3a Unit Pembelajaran 1 Koordinasi Gerakan 43 2. Fungsi Dasar a. Perhatikan gerakan tubuh. Bimbing siswa untuk menemukan tempat yang memiliki banyak ruang untuk berjalan. Guru dapat menyusun garis panjang, lingkaran, atau acak berdasarkan ruang yang tersedia. Ajukan pertanyaan lisan, seperti: 1) Siapa yang dapat menggerakkan anggota tubuh atas dan bawah secara bersamaan? 2) Siapa yang dapat menggerakkan otot kiri dan kanan secara bersamaan? 3) Siapa yang dapat mengikuti nomor tersebut? Kemudian perintahkan siswa untuk: • Memindahkan bagian atasnya saja. • Gerakkan hanya tubuh bagian bawah saja. • Gerakan yang melibatkan tubuh bagian atas dan bawah. • Gerakkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian. • Gerakkan badan bagian kanan saja. • Gerakkan badan bagian kiri saja. • Untuk bergerak ke kanan dan ke kiri secara bersamaan. • Gerakkan bagian kanan dan kiri secara bergantian. Gerakkan hanya sisi kanan tubuh Anda. Gerakkan hanya sisi kiri tubuh Anda. Gerakkan bagian tubuh atas dan bawah secara bergantian. Suatu gerakan yang melibatkan bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan. Gerakkan tubuh bagian bawah saja. Gerakkan hanya tubuh bagian atas. 44 Buku Pedoman Guru Tari Kelas 1 Kelas 1 Tabel 1.9 Gerakan Bagian Tubuh Gerakan Anggota Badan Menggerakan Tubuh Bagian Atas Kepala, Bahu, Tangan dan Jari Menggerakan Pinggang Tubuh Bagian Bawah, menggerakkan bibir dan kaki, bagian tubuh kanan, kepala kanan, tangan Cara melakukan gerakan, cara melakukan gerakan kayang, jelaskan cara melakukan gerakan loncat harimau, jelaskan cara melakukan gerakan guling depan, jelaskan cara melakukan langkah kaki gerakan lari jarak pendek, cara melakukan gerakan yoga, cara melakukan gerakan handstand, jelaskan cara melakukan gerakan meroda, cara melakukan gerakan meroda, cara melakukan gerakan sikap lilin, jelaskan cara melakukan gerakan jalan cepat, jelaskan cara melakukan gerakan handstand News