October 12, 2023 Isine Tembang Pucung Iku Lumrahe Isine Tembang Pucung Iku Lumrahe – Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami sedang mengembangkan antarmuka dasbor baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kami mengundang Anda untuk melihat pratinjau dasbor baru kami dan mencobanya. Beberapa fitur tidak akan tersedia, namun akan ditambahkan di masa mendatang. Isine Tembang Pucung Iku Lumrahe Jangan ragu untuk mencobanya karena mudah untuk beralih kembali ke antarmuka yang biasa Anda gunakan. Soal B.jawa Kls Vi Tp. 2019 2020 Kirtya Basa Hak Cipta © 2015 Tim Redaksi: Drs. Samsul Hadi Drs. Yusuf Budi Santosa Drs. Dr. Sunardi Rini Murwati Dr. Agus Windarti Dr. Umi Nayirotin Redaktur/Pembimbing : Dra. Sri Sulistiani, M.Pd. Penerbit : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Isi : ix, 160 halaman ISBN 978-602-404-004-8 (lengkap jil. no.) ISBN 978-602-404-005-5 (vol. 1) Perbanyakan atau perpindahan bagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, elektronik atau mekanik, termasuk fotokopi, rekaman, atau sistem penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dari penerbit dilarang ii SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR Alhamdulillah buku “Kirtya Basa” telah selesai disusun dan diterbitkan. Buku ini disusun berdasarkan Peraturan Gubernur No. 19 Tahun 2014 tentang mata pelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal wajib di sekolah/madrasah. Peraturan pemerintah ini memberikan pedoman hukum yang kuat bagi guru untuk serius mengikuti pembelajaran bahasa daerah. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk mengatasi permasalahan ketiadaan buku pelajaran pasca terbitnya Peraturan Gubernur dan diharapkan dapat diterima dan digunakan dalam pembelajaran di sekolah/madrasah wilayah Jawa Timur. Terima kasih kepada tim penulis yang tekun menyelesaikan buku ini. Kerjasama tim eksternal sebagai penyusun bersama dengan tim internal Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mampu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk membentuk moral dan karakter generasi muda melalui pendidikan formal di sekolah/madrasah. Kesempurnaan buku ini merupakan tujuan para penyusun dan pengguna buku ini. Namun buku ini masih mempunyai kekurangan. Oleh karena itu, kritik, saran dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan terhadap pelestarian, pengembangan dan pemeliharaan bahasa daerah sebagai salah satu budaya bangsa sangat kami harapkan. Insya Allah pada kesempatan lain buku ini akan disempurnakan dengan memperhatikan kontribusi berbagai pihak. Surabaya, November 2014 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Harun, M. Ya, MM ATUR SAPALA Era globalisasi menghancurkan budaya satu demi satu budaya. Kanthi, era globalisasi, sampun milai nlunturaken jatidhiri ori tokoh budaya, kanthi lan kagantos, budaya global, yangg sipatipun umum, termasuk budaya jawi. Meskipun konsep globalisasi telah diperdebatkan, pentingnya budaya Jawi tetap sama kuatnya dengan budaya Sanesi lainnya, yang mendominasi secara nasional, regional, dan internasional. Babagan punika salaras kaliyan pamrayoganipun UNESCO bilih bebrayan donya kedah masih ngenalaken dan ngrembakaken kearifan lokal Minangka merupakan salah satu alternatif solusi jigeg mrantasi prekawis tataning gesang bebrayan. Kangge nyengkuyung kawikaksananipun Kearifan lokal Punisia budaya Jawa UNESCO harus dipromosikan, didokumentasikan, dilestarikan dan direvitalisasi. Budaya Jawi membuat kaca Benggala terlihat begitu gesang dan Jawi bebrayan. Kebudayaan Jawi adalah punika boten tetapi juga kebudayaan kemawon, ananging arupi basa, sastra dan kaseninipun. Salah satu upaya Kangge Nyengkuyung Pangrembakani adalah kearifan lokal Lumantar Donyananipu Pendhidhikan. Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 19 Tahun 2014 menetapkan “Mata pelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal wajib di sekolah/madrasah”. Artikel tentang wigatos yangg dados lelandhesan pamucalan dan pembagian buku, ing antawisipun: (1) Pasal 2: Bahasa daerah diajarkan tersendiri sebagai mata pelajaran muatan lokal wajib di semua sekolah/madrasah di Jawa Timur yang meliputi bahasa Jawa dan maturès, dengan kurikulum . sebagaimana tercantum dalam lampiran. (2) Pasal 3 Muatan lokal bahasa daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan etika, estetika, moral, spiritual, dan karakter. (3) Pasal 4 Muatan lokal bahasa daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan menciptakan bahasa dan sastra daerah. (4) Pasal 8 (ayat 1): Strategi pembelajaran bahasa daerah berbasis budaya, nilai-nilai dan kearifan lokal yang dikembangkan di masyarakat untuk mewujudkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). (5) Pasal 9 (ayat 1): Kurikulum bahasa daerah disusun dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan dan memperhatikan kearifan lokal. (6) Pasal 10 (ayat 1): Bahan ajar bahasa daerah disusun oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota bekerja sama dengan lembaga/pihak terkait. (7) Pasal 10 (ayat 4): bahan ajar bahasa daerah bersumber dari budaya dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat sebagai suatu integrasi tematik yang menggunakan kearifan lokal. Sesuai Peraturan Gubernur ini, Dinas Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Jawa Timur menyediakan buku pelajaran berbasis kearifan lokal. Buku kasun kanthi tahapan anggaran tertentu kacundhukaken kaliyan yang sumadya. Kangge di tingkat SMP/M.Ts. Pada tahun 2014, saya juga menandatangani buku ‘Kirtya Basa’ karya Kanthi Irah-Irahan di kelas VII. Buku “Kirtya Basa” juga diterbitkan oleh Jawi Basa dan guru besar sastra mantan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Salaras kaliyan owah gingsiripun pendhidhikan kurikulum, buku punika sampun kacundhukaken kaliyan Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Isi buku tersebut juga memuat standar Keterampilan Pascasarjana (SKL), Keterampilan Dasar (KI) dan Keterampilan Inti (KD), serta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Isi Buku Punika Sampun Katitipriksa Dening Drs. Sukarman, M.Ya. (Presiden Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Presiden Tim Daerah Pengembangan Kurikulum Linguistik Timur Dinas Pendidikan Provinsi Jawa). Bab Wondene Bahasa (linguistik), sastra dan metodologi pembelajaran Sampun puntutipriksa dening Dra. Sri Sulistiani, M.Pd. (Sekretaris Jurusan, Guru Besar Bahasa, Sastra dan Metodologi Pengajaran, Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya – Unesa). Kanthi hasil pemeriksaan kasebat panitia no punajab sageda murakabi jingg srana sinua Basa Jawi gaggiipun para santri dan samagi bijak kadang dwija anggenipun nggulawentah bahkan santri ing Jagading pamucalan Basa Jawi. Kitab Punika edhisi kaping-1, kitab pramila punika tinarbuka lan prelu dupundandosi lan dupunsampurnakeken. Pramila, kami akan memberikan ulasan, saran dan pamrayoga jigg ndandosi e mpurpankaken edhisi salajengipun. Mugi-mugi kanthi wanniipun punika kitab santri bijak sediji, kadang dwija, dan sutresna Basa Jawi anggenipun marsudi basa, sastra dan budaya Jawi abaye bijak ngrembaka dan masih lestari. Surabaya, November 2014 Panitia Review Drs. Sukarman, M.Si./ Dra. Sri Sulistiani, M.Pd. (Ketua dan Wakil Ketua Tim Pengembangan Kurikulum Daerah Mulok, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2014) Tembang Kinanthi: Pengertian, Watak, Dan Contoh ATUR PANGIRING Segala puji bagi Konjuk namnu ngarsanipun Gusti yangg Maha Kuwaos dene panyerat sampun saged sütslen Basa Jawi kitab “Kirtya Basa” yang disayangi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (M.Ts). Wiwit Tahun Ajaran 2014/2015, piwucalan Basa Jawi SMP/M.Ts sampun ngginakaken enggal yama punika KTSP Bahasa Daerah Mulok Kurikulum 2013. Peraturan Gubernur Lelandhesan No. 19 Tahun 2014 “Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah” memberikan alokasi mingguan sebanyak 2 (kalih) jam mengajar per minggu. Kangge njangkepi srana piwucalan Basa Jawi ing keranjang SMP/M.Ts njangkan buku teks Basa Jawi “Kirtya Basa” punika. Buku Punika kasiyapaken cigeng nyengkuyung kavicaksanan KTSP 2013. Salaras Kaliyan Peraturan Menteri Pendidikan No. 64 Tahun 2013, yang menggarap bab Standar Kompetensi Pascasarjana (SKL), amanat perbandingan buku teks pembelajaran kedah ngem referensi ngang Standar Kompetensi Pascasarjana (SKL) dan kompetensi inti (KI) dan sarta ngem paugeran yangg sampun disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Peraturan no. 71 Tahun 2013, yangg ngrembag Buku pelajaran pelajaran dan panduan guru pendidikan dasar dan menengah, serta buku pelajaran pelajaran. kedah karanang lan kasun kanthi. Teks kawawas minangak waran mendasarkan makna kontekstual pada yangang matangan. Buku Lumantar punika siswa kaajab saged llamayan lan ngginakaken teks salaras kaliyan tujuan dan fungsi sosial. Salebetipun piwucalan basis Jawi yangg berdasarkan teks, teori dan konsep boten tapig mucalaken, analisis teks ugi samaan Minangkabau update sumber dhiri gagga yangg digunakan dalam konteks sosiokultural akademis salesbetting. Kanthi wanniipun kitab “Kirtya Basa” punika dipunajab sageda sampi siswa SMP/M.Ts anggenipun gleluri lan marsudi Basa Jawi lan saged nglancaraken terkadang dwija anggenipun nggulawentah para siswa bahkan ing piwucalan Basa Jawi. Berbasis teks kejawi, punika ugi ngginakaken buku pangrakiting Pendekatan Saintifik. Teks piwucalan lelandhesan, mawi pandhom ngrembakakaken babagan (1) Teks piwucalan basa kawa saking boten tapig kasun kanthi munjeraken paramasastra atau tata bahasa kemawon. (2) Teks Piwucalan lelandhesan Minangka, proses pemilihan kata dasar, makna Yangg Lelandhesan. (3) Piwucalan basa lelandhesan teks fungsional asipat yangg meshen boten saged uwal karena konteks yangg mbabaraken berbagai gagasan, karakter, nilai, ideologi ugi panuturipun, (4) landasan Piwucalan Teks lelandhesan ugi minangak bermakna proses berpikir daerah jigg mangun bagi siswa. Jinising teks deskripsi teks buku yangg kaandharaken ing punika arupi, palapuran, narasi dan carita, eksposisi, penjelasan bahkan tindak lanjut. Pendekatan Ilmiah Wondene yangg kasajekaken dalam proses buku punika mawi, dan antawisipun Mengamati (pertanyaan), menguji (eksperimen), menalar (mengasosiasi), mengkomunikasikan (communicate) dan membentuk jaringan (networks). Aspek Wondene Yangg Dados Punjering Piwucalan yada Punika Kanthi meliputi aspek sikap keagamaan, sikap sosial, kognitif, dan psikomotorik. Buku Pambabaripun “Kirtya Basa” materi kajawi ngomat, ugi Shinetan gladhen (latihan) yangg sampun kasalarasaken kaliyan Keterampilan dasar dan indikator yangg sampun sinerat ing program, pramila dipunajab abayet saged nyekapi jengga mengukur kompetensi minimal siswa. Buku Pambabaripun Ugi berbasis teks Kanthi tahapannya: (1) Tahap Pengembangan Konteks, (2) Tahap Pemodelan Teks, (3) Tahap Penciptaan Teks Kolaboratif dan (4) Tahap Penciptaan teks mandiri. Download tembang pucung, tembang macapat pucung, lirik tembang pucung, contoh tembang pucung, tembang pucung pendidikan, tembang pucung tema pendidikan, tembang pucung dan artinya, tuladha tembang pucung, tembang pucung, tembang macapat bapak pucung, tembang bapak pucung, tembang jawa pucung News