May 20, 2024 Guru Wilangan Ing Tembang Gambuh Gatra Sepisan Cacahe Ana Guru Wilangan Ing Tembang Gambuh Gatra Sepisan Cacahe Ana – 1 PELAKSANAAN RENCANA PENDIDIKAN (RPP) 01 Jurusan Pendidikan : Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Kelas/Semester : X/1 Materi Utama : Tembang Kinanti Pelajaran : 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit A. Kompetensi Utama (KI) KI 1 Kehidupan disini mengajarkan kehidupan dan ilmu agama2 perilaku, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, tanggung jawab dan aktif dalam berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan alam sebagai bagian dari penyelesaian berbagai masalah dan ekspresi diri sebagai cerminan bangsa dalam masyarakat internasional KI 3. sikap terhadap kemanusiaan, bangsa, pemerintahan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta penggunaan pengetahuan prosedural dalam bidang pendidikan tertentu sesuai dengan kemampuan dan minatnya untuk memecahkan masalah KI – untuk dapat menggunakannya. metode sesuai dengan dasar ilmiah G1D. Saya bersyukur kepada Tuhan atas karunia bahasa Jawa yang saya gunakan untuk melindungi budaya bangsa secara lisan dan tulisan sesuai dengan aturan dan konteks KD informasi lisan dan tertulis: Menggunakan alat komunikasi, lagu, stouaru, Kauaru, Kauaru, Kauaru. h Budaya dan tulisan Jawa KD 2.1 Menunjukan jawaban dan imajinasi mengungkapkan bahasa dan tulisan Jawa dalam lagu, cerpen, Chekak, Pavarta, Kavruh Bas, Kavruh Subasita, Kavruh Budaya dan tulisan Jawa KD 2.2 Perilaku dan pemahaman tulisan Jawa menunjukkan Krita Chekak, Pa , Kavruh Basa, Kavruh Subasita, Kavruh Budaya dan tulisan Jawa KD 3.1 Struktur dan kaidah tembang, bahasa dan tulisan Kinanti KD . Struktur dan Aturan Lagu-lagu Kinanti, Lisan dan Ditulis KD 4.2 Menghasilkan Kinanti Anti-Songs, Lisan dan Ditulis KD 4.3 Mengedit Lagu Kinanti, Instruksi Lisan dan Tulis K. bahasa anese yang mereka gunakan sebagai metode komunikasi yang mendalam. Satuan Pelajaran: Mata Pelajaran: Bahasa Jawa Kelas/Semester: X / 1 Materi Utama: Tembang Kinanti Pelajaran: 1 Alokasi Waktu: 2 x 45 menit Guru Wilangan Ing Tembang Gambuh Gatra Sepisan Cacahe Ana KI 1 Mereka hidup dan mengikuti ajaran agamanya KI 1 2 Perilaku jujur, tertib, tanggung jawab, peduli (gotong royong, Pasinaon 2 Materi 2 Cakepan Tembang Kinanthi Kerjasama, toleransi, perdamaian), kesopanan, tanggung jawab dan interaksi aktif dan efektif dengan masyarakat dan lingkungan alam sebagai bagian dari pemecahan berbagai masalah dan menampilkan diri sebagai cerminan bangsa di dunia internasional. KI 3 Fakta, gagasan, pengetahuan prosedural berdasarkan minat ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan kemanusiaan dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, pemerintahan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, penelitian sesuai dengan kemampuan dan minatnya untuk memahami, menerapkan, menganalisis, dan memecahkan masalah dengan menggunakan pengetahuan prosedural pada bidang tertentu KI 4 Mampu mengolah, memahami dan menyajikan bagian praktikum dan menerapkan metode sesuai kaidah keilmuan, terkait dengan pencapaian kemandirian belajar di sekolah. KD 1.1 Bersyukur atas keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya secara lisan atau tulisan sesuai dengan kaidah dan konteks untuk melestarikan budaya bangsa. Belik Volume Ii_ Nomer 01_ Juni 2022 KD 1.2 Bersyukur atas keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya sebagai bentuk komunikasi untuk memahami, menggunakan dan menganalisis informasi lisan dan tulisan melalui lagu, cerita, kalimat, bahasa gaul, kavruh basa, kavruh subasita, budaya kavruh dan aksara Jawa. Gunakan. KD 2.2 Menunjukkan kepedulian dan partisipasi penggunaan bahasa Jawa lisan dan tulis untuk memahami dan mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan tembang, cerita, khotbah, kavruh basa, kavruh subasita, budaya kavruh dan tulisan Jawa. KD 3.1 Mengenal bentuk dan aturan lagu lisan dan tulisan KD 3.2 Memahami bentuk dan aturan lagu lisan dan tulisan KD 1.1 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa mampu mengungkapkan rasa syukur atas karunia Tuhan atas keberadaan bahasa Jawa dan menggunakan tuturan dan tulisan yang sesuai dengan kaidah dan konteks untuk melestarikan budaya bangsa. Isi Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula & Arti Bahasa Indonesia KD 1.2 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengungkapkan rasa syukur atas keberadaan bahasa Jawa dan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui lagu, cerita, cerita, kavruh basa, kavrukh subasita, kavrukh Budaya dan Aksara Jawa Berimajinasi menggunakan bahasa Jawa lisan dan tulisan untuk mengkomunikasikan lagu, cerita, berita, kavruh basa, kavruh subasita, budaya kavruh dan aksara Jawa. KD 2.2 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa mampu menunjukkan kepedulian dan inisiatif dalam penggunaan bahasa dan tulisan Jawa untuk memahami dan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan tembang, cerita, sukum, kavruh basa, kavruh subasita, kavruh adat dan tulisan Jawa. E Modul Bahasa Jawa Kelas X Model: Research-based learning model: Inquiry, project-based learning, discovery learning – Metode: inkuiri, diskusi, praktik, aktivitas (dapat diperbaiki) 1. Widaryatmo, Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid 1. Jakarta: Erlangga 2. Sasangka, Sri Satria TW. 2011. Paramasastra Gagrag Anyar Bahasa Jawa. Jakarta: Paramalingua 3. Darminto, dll. 2010. Kamus Besar Sastra Jawa. Jakarta: Kharisma 4. Sutarjo, Imam. 2011. Tembang Jawa (Makapat). Solo: Bukutuju Mencoba 1. Siswa menyanyikan lagu Kinanti 2. Siswa mengedit lagu Kinanti. Connections 1. Siswa menghubungkan unsur-unsur lagu Kinanti dengan tema lain Rpp X Gnj 13 Br Sk Kesimpulan 1. Siswa mengumpulkan bahan yang telah disetujui. Soal tes lisan 1. Bagaimana pemahaman anda tentang komposisi lagu Kinanti? 2. Bagaimana dengan karakter lagu Kinanti? 3. Aweha panemu kagga andharan wos surasane lagu kang dijlentrehake kankamu mu berdering! Keterangan: 1: kurang baik: <60 2: sangat baik: 61-70 3: baik: 71-80 4: sangat baik: 81-100 Peringkat: 1: kurang baik: 1-4 2: sangat baik: 5-10 3: baik: 11-15 4: sangat baik: 16-20 Bahasa Jawa Online Worksheet Hidup bersama dalam damai. Vatake Sarva bahagia, penyayang, pemalu. Iki nasak gegambarane wong kang adalah anggon anggon jedhowan/neke, harus diisi dengan kebak rasa trenza dan cinta. 2. Sifat lagu Kinanti membuatku bahagia, aku mencintaimu. Cocok untuk ngungti karena bersifat ngandhara ucapan, memancarkan rasa tresna asih dan sapiruhe. Menurut Maknae, lagu Kinanthi iku ngambarake nalika wis omah-omah/kluwarga hidup rukun dan damai. Vatake Sarva bahagia, penyayang, pemalu. Iki nasak gegambarane wong kang adalah anggon jedhowan/neke yang anggun, harus diisi dengan kebak rasa trenza dan cinta. 3. Pahlawan lagu Kinanti Pahlawan lagu Kinanti sangat bahagia dan penuh kasih sayang. Cocok untuk ngungti karena bersifat ngandhara ucapan, memancarkan rasa tresna asih dan sapiruhe. Soal Ph 1 Gambuh 4. Arti Lagu Kinanthi Kinanthi iku juga berarti / sarta .karangane Kanjeng Sunan Erucakra. Duwe ngambarake rampasan nalika wis omah-omah/kluwarga, urip artinya kerukunan dan kedamaian Keluaran: Siswa jujur, santun, bertanggung jawab dan santun: 1 Siswa jujur, santun, bertanggung jawab dan santun: 0 poin 4 = Sangat baik, 3 = baik, 2 = sangat baik, 0-1 = cukup. 1. Kidung Pathokan Sajroning macapat kang naggat patokan cacahe larik setiap waktu adalah … a. guru sastra D. guru miskin b. Guru Bahasa E. Guru Gatra c. seorang guru menyanyi 2. Dene kang mengikuti standar Thibaning Swara Punkasan (dhong dhing) di setiap Sagatra Yaiku… a. guru sastra D. guru miskin b. Guru Bahasa E. Guru Gatra c. seorang guru menyanyi Diktat X Semester Ganjil_betika 3. Lagu Pahokan Mijil haiik… a. gatra: 6, wilangan: 8, 8, 8, 8, 8, 8, tembang: u, i, a, i, a, i, b. gatra: 4, wilangan: 12, 6, 8, 8, lagu: i, a, i, a c. gatra: 7, wilangan: 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu: i, a, e, a, a, a, u d. gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o e. gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u 4. Asmarandana adalah tembang molase… a. gatra: 6, wilangan: 8, 8, 8, 8, 8, 8, tembang: u, i, a, i, a, i, b. gatra: 4, wilangan: 12, 6, 8, 8, lagu: i, a, i, a c. gatra: 7, wilangan: 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu: i, a, e, a, a, a, u d. gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o e. gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u Nasihat dan ucapan Kang benar-benar tentang baumu Kabeh elingen ja nganthi lali Aja lali kataku Merga sira isih enom 5. Saka sasmita ing கர், lagu yang kamu nyanyikan disebut… Contoh guru wilangan, guru wilangan pupuh kinanti, tembang mocopat gambuh, arti guru wilangan, guru gatra tembang pangkur, guru wilangan pupuh, tembang sekar gambuh, tembang gambuh tema kesehatan, guru lagu guru wilangan guru gatra, guru wilangan artinya, tembang gambuh, guru wilangan News