October 9, 2023 Gerakan Lengan Mengayun Air Sehingga Menghasilkan Dorongan Ke Depan Disebut Gerakan Lengan Mengayun Air Sehingga Menghasilkan Dorongan Ke Depan Disebut – Pemberitahuan Penting Pemeliharaan server terjadwal Minggu, 26 Juni, 02.00 – 08.00 (GMT). Situs akan tidak aktif selama jangka waktu yang ditentukan! 1. Pegang lilin selama 30 detik. 2. Melakukan gerakan kayang. 3. Lakukan gerakan bawah secara berpasangan. Lakukan pekerjaan ini dengan semangat dan percaya diri. Penilaian perilaku ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan Kombinasi Gerakan Senam Lantai dan Peralatannya Pada subteks sebelumnya telah dipelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai tanpa peralatan. Selanjutnya, Anda akan mempelajari gerakan senam lantai yang dipadukan dengan peralatan. Contoh bahan yang digunakan adalah keset, batangan (bar), kayu, dan baja. Untuk memulai pembelajaran ini, lakukan hal berikut dengan teman-teman Anda. Datang dan dapatkan informasinya! Apa perbedaan dan kombinasi pola gerak alat senam lantai? Carilah informasi bacaan di buku atau di Internet. Perhatikan informasi yang Anda peroleh dari buku tersebut. Diskusikan informasi ini dengan temanmu dan jelaskan dengan sopan hasil diskusinya kepada teman dan gurumu. Selesaikan tugas ini dengan akurat dan bertanggung jawab. Dari kegiatan di atas Anda akan mempelajari perbedaan dan kombinasi pola gerak senam lantai pada peralatan. Untuk memperdalam pengetahuan Anda, datang dan izinkan saya menjelajahi yang berikut ini secara detail. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara mengatasi rintangan? Pada gerakan ini terdapat pola gerakan seperti dorong, terbang, dan mendarat. Sebelum melakukan kegiatan ini, siapkan tantangan (tujuan) berukuran 10cm x 100cm. Posisi awal, berdiri tegak di barisan belakang. Mulailah mengatasi rintangan secara bergantian. Dorong lalu terbang dan mendaratkan 130 Buku Siswa Kelas IV SD/MI Gerakan Lengan Mengayun Air Sehingga Menghasilkan Dorongan Ke Depan Disebut Kanan. Lakukan aktivitas ini dengan etis. Perhatikan gerak melompati suatu rintangan seperti terlihat pada Gambar 6.7. Gambar BC DE Gambar 6.7 Mengatasi Hambatan dan Tujuan Apa saja langkah-langkah untuk mengatasi hambatan? Bicaralah dengan temanmu. Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Menjelaskan hasil diskusi dengan sopan kepada teman dan guru. 2. Latihan dengan tongkat Datanglah bersama teman-temanmu dan berlatihlah dengan tongkat. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana caramu bergerak? Amati gerakan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.8 dan ulangi. Pada posisi awal, kaki harus dibuka selebar bahu dan ditopang. Membungkuk dan memegang tongkat dengan kedua tangan. Ayunkan palang hingga berada di atas kepala Anda. Lakukan kegiatan ini secara mandiri dan bertanggung jawab. Gambar BC 6.8 Gerakkan tongkat ke depan dan ayunkan tongkat ke atas. Perhatikan gerakan mengayun dan mengayun seperti terlihat pada Gambar 6.9. Kegiatan Olah Raga – Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 131 Tolong Dijawab Nomor 4 Dan 5 Yang Benar ! Gambar BC 6.9 Ayunan Majemuk Gantung Posisi awal berdiri tegak dan melompat untuk meraih mistar. Genggaman bisa berupa genggaman tinggi, genggaman rendah, atau genggaman kombinasi. Tendangan lurus dan jauhkan kedua kaki dari tanah. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga tubuh bergoyang. Perlambat ayunan sebelum mendarat. Pada posisi terakhir, kedua kaki mendarat. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan keselamatan saat digantung dan digantung. 4. Dukungan rentang dinamis tinggi, opsi daftar push, saran, dan drop Bagaimana cara membuat sidebar? Gerakan menyamping dilakukan di atas tempat tidur. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti gambar temanmu. Rasakan gerakannya. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan hasil pengamatan Anda kepada rekan-rekan dan guru Anda secara adil dan penuh hormat. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak Lateral 132 Panduan Siswa SD/MI IV Anda melakukan gerakan berguling ke samping. Apakah aktivitasnya sulit? Bandingkan gerakan Anda dalam langkah-langkah berikut. Posisi awal dan posisi berbaring sejajar dengan angka. Kedua tangan memegang lutut. Putar badan ke kanan atau ke kiri. Usahakan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga arah gulungan tetap lurus. Kembalikan tubuh Anda ke posisi tegak. Angkat kedua tangan ke atas dan berdiri tegak. Pada posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Perbedaan mode gerak guling depan, tarik, putar, dan jatuh Perhatikan gerak guling depan seperti terlihat pada Gambar 6.11. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan langkah ini. Pada posisi awal, dalam posisi membungkuk dengan kedua tangan di atas matras. Gerakkan tubuh Anda ke depan. Luruskan kaki saat tubuh berputar. Setelah berputar, lepaskan lengan. Lutut ditekuk dan tempurung lutut digenggam. Selesaikan jongkok lalu berdiri tegak. Melihat ke depan. Lakukan kegiatan ini dengan sopan dan bertanggung jawab. Mengembangkan sikap berani dan percaya diri dalam melaksanakan kegiatan ini. B C DE F GH Gambar 6.11 Gerakan memutar ke depan. 6. Macam-macam Gerakan Pada Saat Tumpuan Mundur, Pelepasan, Rotasi, dan Pembebanan Perhatikan gerak mundur seperti terlihat pada Gambar 6.12. Lakukan gerakan ini bersama teman-temanmu. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan pengamatan Anda dengan sopan kepada rekan kerja dan guru. Kegiatan Olah Raga – Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 133 B C DE F GH Gambar 6.12 Gerak mundur. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengulangi proses rollback. Posisi awal, duduk, melihat ke depan. Lutut ditekuk kuat dan dagu dekat dengan dada. Tekuk kedua lengan dan rentangkan telapak tangan di bahu. Dorong tubuh Anda ke belakang. Luruskan kaki Anda saat berguling dan mendekati posisi akhir Anda. Akhiri dengan gerakan memutar lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Variasi Pola Gerakan Penopang, Miring, Membungkuk, dan Mendarat Lompat Kotak. Bagaimana Cara Melakukan Putaran Lompat Kotak? Amati gerak menggelindingkan kotak seperti terlihat pada Gambar 6.13. Bandingkan jurusnya dengan temanmu seperti pada gambar berikut. BC D E F Gambar 6.13 Gerak menggelindingkan kotak Anda telah mempelajari cara melempar kotak lompat. Apakah sulit melakukan gerakan tersebut? Bandingkan langkah-langkah berikut. A. Berlari mendekati kotak tersebut, lalu melompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan diletakkan di awal dada. 134 buku untuk siswa kelas IV B. Sedikit dorongan. Gulir maju ke kotak lompat untuk melanjutkan. Posturnya berputar di sekitar dada. C. Posisi terakhir, kedua kaki menginjak tanah. Rentangkan kedua lengan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Gambarannya adalah beberapa variasi dan kombinasi gerakan di lantai dengan peralatan. Mengalami masalah dengan pergerakan? Jika masih ada kendala, silakan tanyakan pada guru. Apa manfaat olahraga? 1. Manfaat Fisik Latihan membantu mengembangkan bagian tubuh dan keterampilan motorik. Olahraga berkontribusi pada pengembangan tubuh yang seimbang. 2. Manfaat Psikologis dan Sosial Program latihan menuntut anak berpikir mandiri untuk meningkatkan keterampilannya. Latihan akan mengembangkan kemampuan intelektual anak. 3. Manfaat pengembangan diri, kegiatan olahraga memberikan pengalaman lebih. Dengan pengalaman, anak dapat mengendalikan tubuhnya dengan lebih percaya diri dan sukses. Pengalaman ini memungkinkan terbentuknya konsep diri yang positif. Jika Anda berlatih dengan hati-hati, Anda bisa menguasai latihan tubuh bagian atas. Senam lantai membutuhkan disiplin, keberanian dan rasa percaya diri. Anda akan senang jika bisa mempelajari berbagai gerakan senam lantai, bukan? Kegiatan olah raga – Latihan jasmani, olah raga dan kesehatan 135 Aktif Berolahraga 6 B.pjok Siswa Latihan Variasi Sirkuit Anda telah mempelajari cara melakukan senam lantai menggunakan peralatan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menguji keterampilan Anda. 1. Bentuklah tim yang terdiri dari 4-6 orang. Berdirilah dalam barisan untuk setiap kelompok. 2. Mempersiapkan peralatan olahraga seperti matras dan kotak lompat. Tempatkan peralatan di tanah. 3. Latihlah gerakan-gerakan berikut. A. Belok ke depan. B. Kembali. C. Pergi ke kotak lompat. 4. Lakukan pekerjaan ini dengan sopan dan penuh tanggung jawab. Jika kamu mempunyai masalah, tanyakan pada gurumu. 1. Senam lantai adalah latihan fisik yang dilakukan di atas permukaan atau peralatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan pengendalian tubuh. 2. Pola gerak kegiatan senam lantai meliputi variasi dan kombinasi pola gerak pada lantai tanpa alat, serta variasi dan kombinasi pola gerak dengan alat. 3. Variasi dan kombinasi pola pergerakan di lantai tanpa peralatan dapat dilakukan dengan tindakan sebagai berikut. A. sifat sesuatu. B. Sebuah tautan dalam rantai. C. Sayang. D. Sepasang telepon. D. sifat pesawat. 4. Perubahan dan kombinasi pola senam lantai dapat dilakukan dengan tindakan sebagai berikut. 136 Buku Siswa SD Kelas IV/MI A. Mengatasi rintangan. B. Berlatihlah dengan tongkat. C. Menggantung dengan kombinasi ayunan. D. Variasi dan kombinasi pola gerakan pada saat menekuk, mendorong, menekuk, dan menurunkan side roll. D. Variasi dan kombinasi pola gerakan meluncur ke depan, mendorong, menekuk, dan menekuk. F. Variasi dan kombinasi pola gerakan seperti berjongkok, mendorong, memutar dan mendarat dengan posisi berguling ke belakang. G. Variasi dan kombinasi pola gerakan seperti box curl, push-up, twists, dan lunge. Penilaian Pengetahuan A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Randy dan temannya membuat lilin. Titik awal lilin tersebut adalah. . . . A. berdiri tegak B. membungkuk C. tengkurap D. tengkurap 2. Hendy dan teman-temannya melakukan reaksi berantai. . . . A. Angkat kaki yang lain B. Ganti posisi C. Melompati rintangan D. Ayunkan salah satu kaki ke samping 3. Perhatikan tampak samping! Gerakan-gerakan yang ditunjukkan pada gambar menunjukkan perbedaan pola gerakan salah satu kaki. . . . A. Keseimbangan B. Ayunan C. D. Latihan aktif – Aktivitas fisik, olahraga dan kesehatan 137 4. Bagian tengah tubuh yang menopang posisi Kayang adalah . . . . A. Perut B. Bahu C. Gerakan mengecilkan lengan, cara kerja panel surya sehingga menghasilkan listrik, gerakan memperkecil lengan, gerakan pengecil lengan, gerakan untuk mengecilkan lengan, kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah samping disebut, pola makan yang tidak sehat sehingga menghasilkan, gerakan mengayun tangan bagi pemain sebelum memukul bola kasti berfungsi untuk, gerakan cara mengecilkan lengan, gerakan barbel untuk lengan, kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang disebut, jenis aktuator hidrolik yang menghasilkan gerakan maju mundur disebut News