January 20, 2024 Gerakan Kaki Pada Gerak Dasar Didalam Air Berpusat Pada Gerakan Kaki Pada Gerak Dasar Didalam Air Berpusat Pada – Standar Kompetensi Senam Lantai Melakukan berbagai keterampilan senam sesuai konsep yang benar dan memiliki kepentingan di dalamnya. Kompetensi Dasar Melakukan Senam Lantai Dengan Benar Informasi A. Macam-macam Gerakan Senam Lantai 1. Berguling ke depan buku membungkuk Cara memutar ke depan dan menekuk cabang kaki sebagai berikut: a. Posisi awal jongkok, bokong tinggi, dan kedua lengan lurus ke depan. B. Luruskan kaki, angkat tubuh ke depan, letakkan kedua tangan di atas matras selebar bahu, tarik dagu ke dada, lalu leher di atas matras c . Berguling ke depan mulai dari leher, punggung, dan kaki. D. Saat punggung menyentuh matras, tekuk kaki, tarik paha ke dada, dorong tangan, lanjutkan gerakan guling hingga akhir posisi jongkok, tangan disambungkan ke tulang punggung dan pandangan lurus ke depan. 2. Lurus kaki guling ke depan Cara guling kaki lurus ke depan adalah : a. Mirip dengan berguling ke depan saat kaki ditekuk, tetapi saat punggung menyentuh matras, tangan mendorong, kaki lurus dan paha dekat dengan dada b. Anda ingin mengayunkan kaki ke depan dengan mendorong tangan, fokuskan tangan pada paha dekat bokong, badan condong ke depan, dagu dekat dada dan berakhir dengan posisi bungkuk. Kesalahan umum yang dilakukan saat berguling ke depan adalah: I. Chakra (x) huruf a, b, c, d atau e di depan jawaban yang benar! Gerakan Kaki Pada Gerak Dasar Didalam Air Berpusat Pada PROFIL KEBUGARAN JASMANI PEJUANG GYMNASTIC LANTAI …eprints.uny.ac.id/13766/1/OCTARIA DWIJAYANTI_09601241093.pdf · senam lantai. … kembali, flik flak, salto Document Bacaan Dan Renungan Sabda Tuhan Hari Sabtu Dalam Oktaf Natal, 31 Desember 2022 By La Porta LAMPIRAN – core.ac.ukcore.ac.uk/download/pdf/11066188.pdf · Kaki senam lantai menyebabkan sakit fisik 3. … keberanian 15. Untuk melakukan senam lantai kaki harus memiliki kertas kain MINTA INFORMASI TENTANG GYMNASTIS LANTAI…· a. Pengertian Senam 12 b. Senam Lantai 12 c. Jenis-jenis Senam Lantai 13 3. Gerakan Roda Senam Lantai 15 a. Menafsirkan data BAGAIMANA MENGETAHUI EFEKTIFITAS BELAJAR Senam LANTAI… · mencoba meningkatkan hasil belajar senam lantai guling dengan menggunakan matras multi level yang dimodifikasi Bahan-bahan Tampilan webP ERMAINAN BALL BIG (SOCCER) STANDAR PENTING. … PENDIDIKAN. Memahami pengertian senam. Pahami bentuk senam lantai. Memahami materi pelatihan Persaudaraan Setia Hati Terate PEKERJAAN PENDIDIKAN Senam Lantai… · vii abstrak sitgih yoga putranto. Upaya peningkatan hasil senam lantai rolling kembali melalui penggunaan data modifikasi Peningkatan hasil latihan pada LATIHAN ROLL IN FLOOR depan · dapat meningkatkan hasil belajar senam siswa dengan terlebih dahulu masuk ke siklus I. Metode yang ditunjukkan pada Dokumen. KERJA LANTAI DALAM GYMNASTICS…· pembelajaran senam lantai kembali kepada siswa kelas V SD Negeri 1 Jambidan Banguntapan Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan data METODE GYMNASTICS TROLLEY …filei meningkatkan pembelajaran senam punggung dengan pendekatan paikem untuk tingkat iv sd semarangan 2 godean sleman tahun Keterangan Buddha Bg Kls I MODUL TEMA 6 · 2019. 9. 12. · senam lantai yang dipelajari, dll, meliputi: Unit 1 Gerakan Senam Detektif Unit 2 Gerakan Senam Lantai Gabungan Kreasi Unit 3 Dokumen Ajar Pembangunan interior Gimnasium Primadonna Irama … · Lantai untuk Gimnasium dan Yoga Atletik. melompat Melarikan diri. beban berat. Anti selip. Permukaan lantainya rata. Penyiksaan Tanpa Limbah Dokumen Ingat manfaat belajar GYMNASTICS Lantai · back roll floor squat dapat dilakukan dengan mudah, lancar dan harmonis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Metode pengajaran Dokumen Seperti buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri Panduan Khusus – Pelajaran 6 Olahraga dan Olahraga Air 187 F. Kegiatan Pendidikan (Pertemuan 9 s.d 12) 1. Bahan ajar a. Materi Pembelajaran Umum Memahami fakta, konsep, dan proses, serta melakukan kegiatan pembelajaran berbasis air seperti gerakan tubuh. • Gerakan perubahan posisi tubuh di tepi kolam dangkal. B. Informasi klinis sama seperti pada pertemuan pertama. C. Pengayaan Bahan Ajar Seperti pada pertemuan pertama. 2. Langkah-langkah Belajar Bekerja (Lainnya) a. RPP Sama dengan pertemuan pertama. B. Instruksi Langkah-langkah kegiatan pembelajaran adalah: 1) Kegiatan awal (15 menit) Sama seperti pertemuan pertama. 2) Tugas Pokok (75 menit) Sama dengan tugas pokok pada pertemuan pertama. 3) Menutup Permainan (15 menit) Sama dengan penutupan pertemuan pertama. Kegiatan 3 c) Keterampilan Belajar 3: Memahami fakta, konsep, dan proses, termasuk mengidentifikasi cairan seperti gerakan fisik. Siswa harus mengamati dan berlatih mengajar air sebagai gerakan tubuh. Berdasarkan hasil analisis tersebut, siswa diminta mengungkapkan atau menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan analisis gerak air seperti bagian tubuh. Review Gopro Hero10 Black, Kamera Aksi Terbaik Saat Ini 188 Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas IV Kemudian siswa mempresentasikan atau membagi ilmunya dengan teman sebayanya. Jika mengalami kesulitan, siswa meminta bantuan guru. Siswa diminta untuk mempelajari keterampilan air seperti gerakan dan posisi tubuh yang benar. Bentuk kegiatan pembelajaran menunjukkan air sebagai gerakan tubuh sebagai berikut: (1) Persiapan (a) Badan pertama siswa berdiri menghadap dinding kolam dengan tangan di telinga dan ibu jari dirapatkan. . . (b) Sebuah kaki diikatkan ke dinding kolam. (c) Membungkukkan tubuh ke depan sambil menjaga kedua lengan tetap lurus. (2) Gerakan (a) Letakkan satu kaki di dinding kolam. (b) Dorong kaki ke belakang dengan cepat, hingga badan mendorong ke depan, kaki rapat dan lurus, badan lurus dan lengan lurus. (3) Akhir gerakan (a) Setelah badan meluncur, tarik lengan ke belakang dan kaki tarik ke depan, hingga badan kembali ke posisi berdiri. (b) Kedua tangan tertutup di samping badan. (c) Melihat ke depan. (d) Siswa diminta melakukan gerakan ini secara berulang-ulang selama 5 menit. Gambar 7.10 Bentuk kegiatan belajar gerak posisi badan (seperti dari sisi kolam dangkal) c. Guru Olah Raga Lainnya dapat meningkatkan bentuk pendidikan mengajarkan air seperti gerak badan, sesuai dengan kemampuan dan kreatifitasnya. Kegiatan pembelajaran juga dapat dilakukan dengan demonstrasi dan pelajaran. Jika operasi menggunakan LKS tidak berjalan dengan baik, maka Instruksi Khusus – Pelajaran 6 Olahraga dan Olahraga Air 189 sebaiknya dimulai dengan demonstrasi / menggunakan alat peraga / atau media lain yang sesuai. • Siswa diminta melakukan aktivitas berbasis air seperti gerakan tubuh. Poin-poin yang dinilai adalah perlunya melakukan power (proses evaluasi) diantaranya: perilaku pertama, penggunaan gerak, dan perilaku akhir. Refleksi Setelah menyelesaikan tugas belajar mengajar air seperti gerak kerja tubuh, siswa diminta mengungkapkan atau mengemukakan masalah, kesulitan dan kesalahan dalam kerja refleksi belajar mengajar air seperti gerak kerja tubuh. Siswa kemudian diminta untuk melaporkan hasil belajar dalam buku catatan atau buku pegangan kepada instruktur. Laporan Diri (Perilaku) Siswa Mirip dengan laporan diri (perilaku) siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berbeda dan keterkaitan pola gerak gerak dengan mudah. 3) Permainan Penutup (15 menit) Sama seperti pertemuan pertama. G. Tata Cara Pendidikan Teknik (Rapat 13 – 15) 1. Informasi Dasar a. Materi Pelajaran Dasar Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta melakukan aktivitas yang mengajarkan air seperti bernapas • Pernapasan meliputi: pernapasan bergerak ke dalam kolam dan melakukan pa dengan kedua kaki dipegang oleh teman. B. Informasi klinis sama seperti pada pertemuan pertama. C. Pengayaan Bahan Ajar Seperti pada pertemuan pertama. 190 Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas IV 2. Tahapan Pendidikan (Lainnya) a. RPP Sama dengan pertemuan pertama. B. Instruksi Langkah-langkah kegiatan pembelajaran adalah: 1) Kegiatan awal (15 menit) Sama seperti pertemuan pertama. 2) Tugas Pokok (75 menit) Sama dengan tugas pokok pada pertemuan pertama. 3) Menutup Permainan (15 menit) Sama dengan penutupan pertemuan pertama. Kegiatan 4 d) Keterampilan Belajar 4: Memahami fakta, konsep, dan proses, termasuk mengidentifikasi cairan seperti pernapasan. Siswa diminta mengamati lalu mempraktekkan aliran air seperti bernapas. Berdasarkan hasil survey, siswa diminta mengungkapkan atau menunjukkan hal-hal yang berhubungan dengan perairan terbuka seperti pernapasan. Siswa kemudian diminta untuk mempresentasikan atau berbagi pengetahuan mereka dengan kelompok sebayanya. Jika mengalami kesulitan, siswa meminta bantuan guru. Para siswa harus mempelajari perairan terbuka seperti gerakan bernapas dengan benar. Bentuk kegiatan belajar menahan air seperti gerak nafas adalah: (1) Belajar bernafas dengan cara memegang dengan baik. Metode: (a) Awal siswa berdiri kertas. danau. (b) Kedua tangan memegang kolam. (c) Keluarkan udara dari permukaan dan turunkan kedua lutut sampai kepala masuk ke permukaan air dan keluarkan udara dari air melalui mulut. Panduan Khusus – Unit 6 Olahraga dan Olahraga Air 191 (d) Kembalikan kepala ke atas permukaan air pada saat yang sama kedua lutut diangkat. (e) Siswa diminta melakukan gerakan ini secara berulang-ulang selama 3 – 5 menit. Gambar 7.11 Permainan belajar gerak dan bernapas memegang kolam renang (2) Permainan belajar bernapas dengan kedua kaki dipegang oleh teman Cara: (a) Siswa pertama berdiri di ujung kolam renang yang dalam. (b) Kedua kaki dipegang oleh seorang teman, hingga badan mengapung di permukaan air, melakukan gerakan tangan ala dada. (c) Waktu jarum detik melakukan rotasi Bentuk Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas News