October 25, 2023 Gerak Meloncati Rintangan Diawali Dengan Lari Tujuan Awalan Lari Adalah Gerak Meloncati Rintangan Diawali Dengan Lari Tujuan Awalan Lari Adalah – Pengumuman penting: Pemeliharaan server terjadwal (GMT) Minggu, 26 Juni, mulai pukul 2:00 hingga 8:00. Situs ini tidak dapat dioperasikan pada waktu yang ditentukan! 1. Pegang lilin selama 30 detik. 2. Melakukan gerakan Kayang. 3. Lakukan gerakan tumpang tindih secara berpasangan. Laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan percaya diri. Evaluasi praktik ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan Kombinasi Gerakan Senam Lantai Dengan Peralatan Pada sub pembelajaran sebelumnya Anda telah mempelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai tanpa peralatan. Selanjutnya Anda akan mempelajari variasi dan kombinasi gerakan senam lantai dengan peralatan. Contoh alat yang digunakan antara lain tikar, batangan (penghalang), tongkat kayu, dan batangan besi. Untuk memulai pembelajaran ini, lakukanlah kegiatan berikut bersama teman-temanmu. Yuk, cari informasinya! Apa saja variasi dan kombinasi pola gerak pada kegiatan senam lantai dengan peralatan? Mencari informasi dengan membaca buku atau internet. Tuliskan informasi yang Anda temukan di buku. Diskusikan informasi tersebut dengan temanmu, kemudian jelaskan hasil diskusi tersebut kepada teman dan gurumu dengan sopan. Laksanakan kegiatan ini dengan jujur dan penuh tanggung jawab. Melalui kegiatan di atas, Anda dapat mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dalam kegiatan senam lantai dengan menggunakan peralatan. Agar ilmunya semakin mendalam, yuk kita pelajari materi berikut ini dengan sungguh-sungguh. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Dalam gerak tersebut terdapat pola gerak yaitu propulsi, terbang, dan mendarat. Sebelum melaksanakan kegiatan ini siapkan pembatas (pintu) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal: Berdiri di barisan belakang. Mulailah melompati rintangan secara bergantian. Dorong, Terbang, dan Mendarat 130 Buku untuk Siswa Kelas 4/MI Gerak Meloncati Rintangan Diawali Dengan Lari Tujuan Awalan Lari Adalah Benar. Lakukan kegiatan ini dengan disiplin. Perhatikan gerakan melompati rintangan seperti pada Gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Mengatasi Hambatan atau Tujuan Langkah-langkah apa yang diperlukan untuk mengatasi hambatan? Diskusikan dengan teman Anda. Gunakan sumber bacaan yang berbeda untuk mendukung hasil diskusi. Menjelaskan hasil diskusi dengan sopan kepada teman dan guru. 2. Senam dengan tongkat Ayo lakukan senam dengan tongkat bersama teman-temanmu. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana caramu bergerak? Amati dan latih gerakannya seperti pada Gambar 6.8. Posisi awal, dengan kaki dibuka selebar bahu sebagai penyangga. Tekuk badan, pegang tongkat dengan kedua tangan. Gerakkan tongkat hingga lebih tinggi dari kepala Anda. Lakukan gerakan ini secara mandiri dan bertanggung jawab. BC Gambar 6.8 Angkat tongkat ke depan dan ayunkan ke atas 3. Menggantung dengan Set Ayunan Bagaimana cara menggantung dan mengayun pada palang? Perhatikan gerakan suspensi dan goyangan seperti pada Gambar 6.9. Aktif dalam olah raga – pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 131 Jelaskan Cara Melakukan Loncat Kangkang BC Gambar 6.9 Suspensi dengan set ayunan, posisi awal, berdiri dan melompat untuk meraih mistar. Genggamannya bisa berupa genggaman overhand, genggaman bawah tangan, atau genggaman campuran. Gantung tegak dengan kedua kaki di atas tanah. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga tubuh berayun. Sebelum mendarat, kurangi ayunan Anda secara perlahan. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan faktor keamanan pada saat digantung dan diayun. 4. Perbedaan pola gerak dominan tumpuan, dorong, putaran dan pendaratan pada putaran lateral Bagaimana cara melakukan putaran lateral? Gerakan menggelinding ke samping dilakukan di atas matras. Lihatlah Gambar 6.10. Berlatihlah bersama temanmu gerakan-gerakan seperti pada gambar. Rasakan gerakan yang dilakukan. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru dengan jujur dan sopan. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak menggelinding kesamping 132 Buku Siswa SD/MI Kelas IV Saya melakukan tembakan samping. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal: Jongkok sejajar dengan matras. Kedua tangan memegang lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau kiri. Jaga keseimbangan tubuh dan usahakan arah memutar tetap lurus. Kembalikan tubuh Anda ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat. Posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Perubahan pola gerak tumpuan, tolakan, putaran, dan turun pada gerak guling depan Amati gerak guling depan seperti terlihat pada Gambar 6.11. Lakukan langkah ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, posisi membungkuk, dan letakkan kedua tangan di atas matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat badan berputar, luruskan kaki. Setelah berputar, lepaskan tangan Anda. Lutut ditekuk dan lutut ditahan. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Dia melihat ke depan. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan tanggung jawab. Kembangkan sikap berani dan percaya diri dalam memajukan gerakan ini. B C DE F GH Gambar 6.11 Gerak menggelinding ke depan. 6. Perubahan pola gerak tumpuan, tolakan, putaran, dan penurunan pada gerak guling belakang Amatilah gerak guling belakang seperti terlihat pada Gambar 6.12. Latihlah gerakan ini bersama teman-temanmu. Perhatikan gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan dengan sopan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru. Aktif dalam olah raga – pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 133 B C DE F GH Gambar 6.12 Gerak menggelinding ke belakang. Berlatihlah melangkah mundur dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, posisi duduk dan melihat ke depan. Lutut ditekuk erat, dan dagu dekat dengan dada. Tekuk kedua tangan dan buka telapak tangan sejajar dengan bahu. Dorong tubuh Anda ke belakang. Saat Anda berguling dan mendekati posisi terakhir, luruskan kaki Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Perbedaan pola gerak tumpuan, tolakan, putaran dan pendaratan dalam menggelindingkan kotak Bagaimana cara menggelindingkan kotak? Amati gerak menggelindingkan kaleng seperti pada Gambar 6.13. Latihlah gerakan-gerakannya bersama temanmu seperti pada gambar berikut. B C D E F Gambar 6.13 Berguling di atas kotak Anda telah berlatih berguling di atas kotak lompat. Apakah gerakan ini sulit untuk dilakukan? Bandingkan dengan langkah-langkah di bawah ini. A. Mulailah dengan berlari mendekati kotak, lalu lompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan bertumpu pada awal tepi dada. Buku Siswa Kelas IV SD/MI sebanyak 134 buah B. Lompat dengan sedikit dorongan ke atas. Teruslah berguling ke depan pada kotak lompat. Posisi badan membulat hingga ke dada. C. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Kedua lengan direntangkan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Penjelasannya terletak pada perbedaan variasi dan kombinasi gerakan dalam senam lantai dengan menggunakan peralatan. Apakah Anda merasa kesulitan dalam melakukan gerakan? Jika masih mengalami kesulitan, silakan bertanya kepada guru. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Senam bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan motorik. Senam berkontribusi pada perkembangan fisik yang seimbang. 2. Manfaat mental dan sosial Saat mengikuti program olahraga, anak diminta berpikir sendiri untuk mengembangkan keterampilannya. Kemampuan mental anak akan dikembangkan melalui olahraga. 3. Manfaat Pengembangan Diri Kegiatan senam memberikan banyak pengalaman. Dengan pengalaman, anak dapat mengendalikan tubuhnya dengan penuh percaya diri dan sukses. Pengalaman ini memungkinkan terbentuknya konsep diri yang positif. Gerakan-gerakan senam yang dijelaskan pada materi di atas dapat dikuasai jika Anda berlatih keras. Disiplin, keberanian dan kepercayaan diri sangat penting saat melakukan senam lantai. Anda pasti senang jika bisa menguasai berbagai macam senam lantai, bukan? Aktif dalam olah raga – pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 135 Bab Iii Variasi Dan Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat Dan Lempar Latih berbagai jenis gerakan berguling Anda telah mempelajari berbagai jenis gerakan senam lantai dengan menggunakan peralatan. Untuk menguji keterampilan Anda, ikuti langkah-langkah berikut. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Berbarislah di setiap kelompok. 2. Siapkan perlengkapan olahraga, seperti matras dan kotak lompat. Tempatkan peralatan di tanah. 3. Latihlah gerakan-gerakan berikut. A. Bergerak kedepan. B. Putar kembali. C. Berguling ke kotak lompat. 4. Melaksanakan kegiatan ini secara disiplin dan bertanggung jawab. Jika kamu masih mengalami kesulitan, tanyakan pada gurumu. 1. Senam lantai adalah senam tubuh yang dilakukan di lantai atau di atas peralatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan pengendalian tubuh. 2. Pola gerak pada kegiatan senam lantai terdiri atas variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat, serta variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai dengan alat. 3. Variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat dapat dilakukan melalui kegiatan berikut. A. Tempat lilin. B. Rantai. Jim Millie. Dr.. Straddle berpasangan. Dan itu. Posisi pesawat. 4. Variasi dan kombinasi pola gerak senam lantai dengan peralatan dapat dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut. Buku Siswa Kelas IV SD/MI sebanyak 136 buah A. Melompati rintangan. B. Senam dengan tongkat. C. Suspensi dengan set ayunan. Dr.. Variasi dan kombinasi pola gerakan miring, dorong, rotasi dan pendaratan guling samping. Dan itu. Variasi dan kombinasi pola gerakan miring, mendorong, memutar dan mendarat pada jungkir balik depan. Dan itu. Variasi dan kombinasi pola gerakan miring, dorong, putar, dan mendarat pada backspin. G. Variasi dan kombinasi pola gerakan memiringkan, mendorong, memutar dan mendarat pada gulungan di atas kotak. Penilaian pengetahuan a. Pilih jawaban yang benar! 1. Rendy dan temannya melakukan pose lilin. Posisi awal candle tersebut adalah. . . . A. berdirib. Dalam posisi jongkok c. Dia tidur telentang D. Dia tidur tengkurap 2. Seorang India dan teman-temannya menderita infeksi berantai. Perbedaan gerakan satu kaki yang dilakukan orang india dan teman-temannya adalah… . . . A. Angkat kaki lainnya b. Berpindah tempatc. Melompati rintanganD. Ayunkan kaki ke samping 3. Perhatikan gambar samping! Kegiatan seperti pada gambar menunjukkan perbedaan pola gerak pada satu kaki dengan variasi. . . . A. Saldob. Ayunan c. Pendaratan d. Latihan Aktif Disonansi – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 137 4. Pada posisi Kayang, bagian tubuh yang menjadi pusat tumpuan adalah . . . . A- Perut B- Bahu C. Tujuan lari sprint, tujuan lari jarak pendek, awalan lompat jauh diawali dengan, setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan, tujuan lari pagi, tujuan olahraga lari, tujuan lari jarak menengah, tujuan lari jarak jauh, tujuan lari, tujuan utama gerak tipu dalam permainan sepak bola, lari rintangan News