December 22, 2023 Gerak Dasar Tari Kijang Gerak Dasar Tari Kijang – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku bacaan Anda sendiri Gerak dan Nilai Tari dalam Tari Tradisional Indonesia 85 Gambar 2.23 Posisi Kaki Tanjak (Yogya)/tanjak (Surakarta dan Jawa Timur) Sumber : Andrey Jonathan/Yayasan Kebudayaan Belantara Indonesia/2020 Gambar 2.24 Kondisi Kiri Tanjak (Surakarta dan Jawa Timur ) untuk menunjukkan sikap siap. Sumber : Andrey Jonathan/Yayasan Kebudayaan Indonesia/2020 3. Posisi tangan Gambar 2.25 Posisi tangan menthang dan posisi jari nyengkiting dalam kata bahasa jawa. Sumber: Andrey Jonathan/Yayasan Kebudayaan Indonesia/2020 Isyarat tangan ini disebut menthang asta. Tas tangan ini terdapat dalam adat istiadat dan tarian Jawa di Yogya dan Solo. Posisi jari pada gambar di bawah ini dalam tarian Jawa dan Sunda disebut nyengkiting atau ngiting. Gambar 2.26 Gestur tangan menutup dalam bahasa Jawa Sumber: Andrey Jonathan/Yayasan Kebudayaan Indonesia Belantara/2020 Gestur tangan ke samping menunjukkan posisi tangan dalam posisi menutup. Ciri ini menggambarkan persiapan tokoh-tokoh dalam cerita tertentu. Gerakan ini terdapat pada tari laki-laki Surakarta, Yogyakarta dan Sunda. Dalam tari Sunda, posisi tangan menyamping ini disebut dengan lomba tangan ngeupeul. Gerak Dasar Tari Kijang 86 Panduan Guru Tari Kelas 7 SD 2.27 Jenis Pukulan dengan Tangan Wanita Sumber : Andrey Jonathan/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 4. Gerakan kepala Gambar 2.28 Gerakan kepala menoleh ke samping kanan dengan menggunakan dagu. Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Cagar Budaya Indonesia/2020 Gambar 2.29 Gerakan kepala berbelok ke kiri dengan menggunakan dagu. Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Belantara Budaya Indonesia/2020 Pada saat melakukan gerakan kepala ini, penari dapat bergerak ke samping kanan dan kiri sambil beristirahat atau dapat melakukan gerakan mengalir dari kanan ke kiri tanpa istirahat dengan menggunakan rahang sebagai rahang gerakannya. . . Seni Tari Bg Kls X Gerak tari dan nilai-nilai dalam tari tradisional Indonesia 87 Gambar 2.30 Kepala menunduk Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Belantara Kebudayaan Indonesia/2020 Gambar 2.31 Kepala memandang ke depan Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Alam Liar Budaya Indonesia/2020 Untuk melakukan aksi tersebut, penari dapat lakukan gerakan push up lalu lanjutkan dengan kepala menghadap ke depan atau turunkan kepala lalu dorong dagu ke depan hingga kepala menghadap ke depan dan dagu kembali ke posisi semula. 5. Pergerakan mata Gambar 2.32 Pergerakan mata bergeser ke kiri. Sumber: Andika Frandana/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 Gerakan Nyeledet menjadi satu-satunya mata pelajaran tari tradisional yang ada di Indonesia. Gerakan mata ini merupakan gerakan yang umum dalam tarian tradisional Bali. Caranya adalah dengan melihat ke arah sudut mata atau bagian atas dan menariknya ke arah tengah mata. Aksi geser, dapat disesuaikan dengan gaya usia. Jika tarian dilakukan dengan posisi agem lurus, maka gerakan nyeledet dilakukan dengan sudut yang benar. ya, itu adalah sebuah tarian 88 Panduan Guru Tari Kelas VII SD adalah melakukan gerakan berbelok ke kiri seperti pada gambar diatas, maka gerakan nyeledet dilakukan di pojok kiri. 6. Gerakan bahu Gambar 2.33 Perbedaan gerakan bahu dalam tari tradisional. Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Kebudayaan Indonesia/2020 7. Gerakan tangan Gambar 2.34 Gerakan tangan kanan Sumber: Egi Rifaldi/Badan Baku Kebudayaan Indonesia/2020 Gambar 2.35 Gerakan tangan kiri Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Tokoh Rimba Budaya Indonesia/202036. gerak telapak tangan pada tari putra Sunda Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 Gerak Tari dan Nilai-nilai serta Tarian Tradisional Indonesia 89 Gambar 2.37 Macam-macam Tarian Melayu Sumber : Egi Rifaldi/Yayasan Kebudayaan Belantara Indonesia/2020 8. Struktur Gambar 2.38 Jalan Kaki Sumber : Egi Rifaldi/Yayasan Kebudayaan Belantara Indonesia/2020 Gambar Gerakan Tari kaki terbuka dan berjinjit (dalam tari Sunda gerakan ini digunakan untuk gerakan sirig) Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 90 Panduan Guru Tari Kelas VII SD 2.40 Gerak Kaki Tari Melayu Sumber : Egi Rifaldi/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 Dalam tari lahir dua jenis tari, yaitu gerak sederhana dan gerak penuh makna. isyarat). Perbuatan yang murni adalah perbuatan yang tidak mempunyai arti khusus, dan yang diutamakan hanyalah keindahan dari perbuatan tersebut. Berikut ini adalah animasi sederhana dari berbagai tarian tradisional. Gambar 2.41 Gerakan kiri merupakan gerakan ringan pada tari Bali Panji Semirang Sumber : Egi Rifaldi/Yayasan Cagar Budaya Indonesia/2020 Disbudpora Datangkan 3 Dewan Juri Nasional Gerak Tari dan Nilai-nilai dalam Tari Tradisional Indonesia 91 Gambar 2.42 Urutan gerak kunci sebagai gerak ringan dalam tari Topeng Betawi Sumber: Egi Rifaldi/Yayasan Rimba Budaya Indonesia/2020 Selanjutnya, tindakan bermakna adalah tindakan yang mempunyai makna nyata di baliknya. Aktivitas bermakna lahir dari peniruan aktivitas alam (belajar) atau perilaku manusia (belajar). Di bawah ini adalah contoh aktivitas bermakna yang muncul dari pemodelan perilaku manusia. Gambar 2.43 Gerakan Tari Remo di Jawa Timur Sumber: Singgih Kurniawan/2020 Gambar 2.44 Gerakan Tari Gathotkoco Surakarta Sumber: Andrey Jonathan/Yayasan Belantara Budaya Indonesia/2020 92 Panduan Guru Tari Kelas 7 SD Gambar 2.45 Gerakan Ulap-ulap dalam Berbagai Tarian Pendet Bali Sumber: Andika Frandana/Yayasan Indonesia Belantara Budaya/2020 Gambar 2.46 Gerakan Sawang dalam Berbagai Tarian Sunda Sumber: Andika Frandana / Yayasan Belantara Budaya Indonesia/2020 Keempat tarian di atas bermula dari gerak mengamati yang ditransformasikan menjadi tarian. Walaupun bentuk dan nama gerakannya berbeda-beda di tiap daerah, namun keempat gerakan di atas semuanya mewakili/menggambarkan gerakan visi. Selain gerak manusia, tari juga bermula dari peniruan gerak binatang. Ini adalah contoh tarian yang bermula dari meniru gerak-gerik burung. Gambar 2.47 Aktivitas penting dalam tari Cendrawasih Sumber: Diah KW/Yayasan Belantara Budaya Indonesia/2020 Tari kreatif baru karya seniman Bali bernama I Gede Manik di atas, menunjukkan kecintaan terhadap burung cendrawasih pada masa “penangkaran” (masa kebetulan. ). Tarian Cendrawasih ditampilkan secara berpasangan dan melambangkan seekor burung jantan dan seekor burung betina. Gerak tari dan nilai-nilai dalam tari tradisional Indonesia 93 2. Kegiatan pembelajaran 4 Materi : Tema yang berbeda-beda dalam tari tradisional Waktu yang disarankan : 2 x 45 menit a. Persiapan guru Sebelum melaksanakan kegiatan pengajaran keempat Unit 2, guru harus berlatih dan mempelajari lebih lanjut tentang ciri-ciri berbagai bentuk tari tradisional. Guru dapat mengajarkan berbagai aspek tari, baik langsung dari kelas atau melalui video pembelajaran di media sosial. Hal ini harus dilakukan agar guru dapat membimbing siswa mengungkapkan ciri-ciri dasar tari dengan benar. Perbedaan karakteristik siswa di kelas membuat guru harus berhati-hati dalam memilih cara pembelajaran yang tepat (Sani, 2013). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kursus memadukan metode pengajaran EPA dengan metode pengajaran peer education. Dalam persiapan kegiatan penelitian, guru hendaknya menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berbeda untuk memandu pemikiran siswa tentang ciri-ciri dasar tari tradisional. Pada tahap pengenalan, guru harus mempersiapkan jalur pembelajaran dengan gambar atau video tentang perbedaan adat istiadat tarian tradisional. Pada tahap penerapan, guru meminta siswa menunjukkan ciri-ciri dasar tari sesuai dengan apa yang telah dilihatnya melalui foto atau video. Agar seluruh siswa dapat menunjukkan ciri-ciri umum dalam tarian tradisional, guru menggunakan metode peer learning. Tutoring sebaya merupakan suatu metode penyampaian materi pembelajaran melalui teman sebaya atau dengan bantuan teman sebaya. (Aqib, 2016). Cara ini dikenal dengan transfer pendidikan antar siswa, atau dari siswa sukses ke siswa lain yang tidak sukses (Hanif, 2018). Metode ini juga dapat meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan lebih memotivasi mereka (Maryani, 2010). Dengan menggunakan metode ini, guru memposisikan dirinya sebagai pengarah, bukan guru, sehingga ia dapat mengendalikan aktivitas siswa. Melalui proses ini diharapkan seluruh siswa tertarik untuk menampilkan nilai-nilai dasar dalam tari tradisional. 94 Panduan Guru Tari Kelas VII Sekolah Dasar b. Kegiatan pembelajaran awal kelas 1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan doa, dilanjutkan dengan mengecek partisipasi siswa. 2. Guru mengajak siswa melakukan latihan sederhana, sebagai persiapan kegiatan menari. Sehingga siswa dapat terhindar dari cedera ringan seperti pada kaki/pinggang, otot, dan lain-lain. 3. Guru menanyakan apa yang kamu ingat tentang unsur pokok tari. Kemudian menghubungkan unsur dasar tari dengan berbagai gerak tari tradisional. 4. Guru menyajikan hal-hal yang akan dipelajari. Kegiatan Pokok 1. Guru bertanya dan menjawab pertanyaan bersama siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan hendaknya dapat membimbing siswa dalam mengungkapkan sikap terhadap tari tradisional, misalnya: a. Bagaimana posisi penari ketika menari dalam tarian tradisional? B. Bagaimana postur tubuh penari saat menari dalam tarian tradisional? C. Bagian tubuh manakah yang dapat digunakan untuk menari? nol. Bagaimana posisi tangan saat menari? Dan pertanyaan lainnya. 2. Mintalah siswa mengeksplorasi gerakan kepala, bahu, lengan, pinggang, dan kaki secara bergantian. Untuk merangsang gerak siswa, guru dapat mengajukan pertanyaan “gerakan apa yang dapat dilakukan kepala ketika menari?”, dan seterusnya. 3. Guru mengevaluasi aktivitas siswa melalui pujian. 4. Guru memperlihatkan foto/video tentang berbagai aspek tari tradisional. 5. Guru memilih siswa yang dapat duduk, berdiri dan berdiri seperti penari tradisional untuk maju dan menyelesaikan gerakannya sesuai petunjuk guru atau gambar atau video yang ditampilkan. Lkpd Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Worksheet Gerakan tari Gerak dasar tari tradisional, gerak gerak dasar tari, gerak dasar tari betawi, contoh gerak dasar tari, gambar gerak dasar tari, gerak dasar tari bali, macam gerak dasar tari, teknik gerak dasar tari, gerak dasar tari jaipong, gerak dasar tari kecak, gerak dasar tari jawa, gerak dasar tari merak News