October 21, 2023 Buatlah Ungkapan Pemberitahuan Tentang Lomba Kebersihan Buatlah Ungkapan Pemberitahuan Tentang Lomba Kebersihan – Catatan Penting Pemeliharaan Server Terjadwal (GMT) Minggu, 26 Juni, 02.00 – 08.00. Situs web tidak akan tersedia selama jam-jam tersebut. Acara utama: Baca Sore itu berangin. Pohon itu bergoyang tertiup angin. • Siswa membaca petunjuk kegiatan dalam hati. Rumah Udin menebang pohon itu. dalam buku. Daunnya berserakan. Orang-orang bekerja keras. • Beberapa siswa mendapat kesempatan untuk membersihkan lingkungan. membaca teks percakapan secara berpasangan. Udin mengajak Edo ke pelayanan publik. • Guru membantu siswa membaca teks Buku Siswa Kelas 1 SD/MI 126 dengan nada bicara yang benar. • Setelah membaca teks, siswa menandai isi teks percakapan. Apa ciri-ciri percakapan dan isinya? • Siswa mempunyai kesempatan untuk mengkomunikasikan pengalamannya dengan isi teks. Coba kita simak berikut ini: Bacalah percakapan antara Udin dan Edo berikut ini. Udi. Apa yang kamu lakukan, Edo? • Siswa meninjau kembali teks percakapan. Edo. Saya baru saja mendapat ayam. Hujan • Siswa merasa kalimat-kalimat dalam teks tersebut sangat berat. Anak-anakku keluar dari rumah. termasuk tanda baca dan bulu ayam bertebaran dimana-mana. tekankan itu. Sekarang semuanya sudah bersih. • Siswa mengucapkan kalimat Udi. Itu benar, Edo. Rumah kita harus bersih. Edo adalah sebuah pernyataan. Sebuah pohon ditebang di dekat rumah saya. Komunitas- • Siswa mengulangi kalimat bahwa siswa melakukan pengabdian masyarakat. Saya memerlukan informasi di buku pegangan siswa. Siswa dapat mengundang Anda untuk melakukan pengabdian masyarakat. tuliskan di buku latihan. Edo. Wah, kebetulan sekali. Pekerjaan saya selesai. • Guru mengingatkan siswa untuk menulis Rumah saya bersih. Saya mengucapkan selamat tinggal kepada ibu dengan tenang dan hati-hati serta cukup jelas agar mudah dibaca. di masa lalu. Topik 4: Gotong royong menjaga lingkungan bersih dan sehat 127 Simak kembali perbincangan Udin dan Edo. Apa itu kalimat deklaratif? Beri nama. Tuliskan pada tempat yang tersedia. 1. __________________________________________ 2. __________________________________________ 3. ________________________________________ 4. ________________________________________ 5. ________________________________________ Ayo Ayo Coba Udin dan kawan-kawan ikut serta dalam pengabdian masyarakat. Mereka meniup daun-daun yang berguguran. • Kumpulkan daun kering/mosaik/kacang/batang atau benda lain di dunia 128 Buku Siswa SD/MI 1 yang dapat digunakan untuk berhitung. Jumlahnya harus 100 syikal. Tema Utama 4: Bekerja Sama untuk Sanitasi Lingkungan dan Pelayanan Kesehatan 139 Buatlah Ungkapan Pemberitahuan Tentang Lomba Kebersihan Kering bisa retak sedikit. Ada juga bunga dan kerikil. • Siswa mengorganisasikan apa yang telah mereka kumpulkan. Dan mereka menghitungnya. dikumpulkan. Lihatlah gambar berikut. • Siswa berhitung secara bergiliran, menghitung jumlah bunga, kerikil, daun dalam kotak. tambahkan kursus yang telah mereka atur. Berapa banyak bunga, kerikil dan daun • Siswa memperhatikan gambar di buku. Siswa di dalam kotak. Mulailah menghitung gambar tema ke-4. Jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan menyusun 129 kotak menggunakan pensil untuk menandai objek. Bisakah kamu berbicara seperti Udine? • Siswa dapat mengatakan “Bekerja sama mencari daun-daun yang berguguran”. satu demi satu. Anda bisa membawanya dari rumah. Potong daun menjadi potongan-potongan kecil. Ayo praktek, taruh pada kotak dibawah ini. Beritahu temanmu. • Siswa mencari daun-daun yang berguguran. • Siswa merobek daun-daun yang gugur menjadi potongan-potongan kecil. • Siswa berulang kali menghitung angka yang berbeda. Sebagian besar item harus antara 40-99. • Siswa melakukan ini dengan menghitung baris dari 10-10 sampai sepuluh, dua puluh, dan seterusnya. 10 20 • Siswa melakukannya bersama teman Mari kita coba di kelas. Gunakan daun-daun yang berguguran. Robek menjadi potongan-potongan kecil. Mari kita bagi menjadi beberapa kelompok. Bagilah setiap kelompok menjadi 10 helai. • Mintalah siswa bermain dengan dedaunan, maksimal 20 dedaunan per kelompok. Itu adalah celah kecil. Beritahu temanmu. 1. Sekelompok daun berjumlah 64 • Siswa belajar berhitung 2. Kelompok daun berjumlah 72 buah yang tercantum dalam buku siswa 3. Kelompok daun 85 buah 4. Kelompok daun 92 buah 5. kelompok daun 98 Anda dapat menggunakan apa pun selain daun. Gunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. 132 Buku Siswa Kelas 1 SD/MI 140 Buku Guru Kelas 1/MI Bg Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat Dan Asri • Mendorong siswa untuk membuat pilihan ganda. • Ketika pekerjaan selesai, siswa diingatkan bahwa mereka harus banyak berlatih di rumah dengan menggunakan benda-benda di lingkungan. Mari Berdiskusi • Guru menjelaskan peraturan bila Udin senang mengikuti kebaktian. sesuatu yang buruk terjadi. Saat di sana, misalnya, dia mengajak teman-temannya ngobrol. pohon tumbang Jika terjadi kecelakaan, mereka mendiskusikan peraturannya. aturannya semua warga negara bekerja, apa aturan menjaga lingkungan? dengan bahaya. Kapan tersedia? Apa aturan dalam berurusan dengan tetangga? pohon tumbang, penduduk desa bekerja sama, anak-anak masing-masing memberikan pendapatnya. letakkan. Tip 4: Bekerja sama menjaga lingkungan bersih dan sehat 133 • Siswa berdiskusi dalam kelompok yang terdiri dari 3 sampai 5 siswa. • Siswa memutuskan aturan mana yang ingin mereka diskusikan. Misalnya saja peraturan kebersihan dan pelayanan kesehatan. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. • Siswa menuliskan jawaban diskusinya pada tempat yang tersedia. Siswa dapat menuliskan jawaban diskusi pada selembar kertas yang dihias dengan baik. • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Presentasi dimulai dengan menyebutkan nama kelompok jika ada, mengidentifikasi anggota kelompok, aturan-aturan yang akan disajikan, dan mengkomunikasikan hasil diskusi kepada mereka. • Siswa melibatkan seluruh anggota kelompok dalam diskusi. • Siswa lain mendengarkan dan diperbolehkan bertanya. Kegiatan Penutup Kegiatan diakhiri dengan review apa yang mereka lakukan pada pagi hari dan Topik 4: Gotong royong mewujudkan lingkungan bersih dan sehat 141 Diakhiri dengan mengucap syukur kepada Tuhan dalam perbincangan seperti Udin dan kawan-kawan. Cinta dia. Siswa menyimpulkan bahwa semua anak harus mempunyai pendapat. Tuhan menciptakan alam untuk manusia. Tuliskan jawaban diskusi Anda pada selembar kertas. harus melestarikan semua yang telah Tuhan berikan. Tunjukkan di depan kelas. Rumah, sekolah, taman umum, jalan, pepohonan, seluruh lingkungan adalah anugerah Tuhan. Aturan di lingkungan saya Masyarakat bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pemeliharaannya. 1. … 2. … Evaluasi pembelajaran. 3. … 4. … Penilaian Sikap 5. … • Mengamati dan mencatat tingkah laku siswa selama melakukan kegiatan bersama orang tua dengan menggunakan lembar catatan (lihat panduan penilaian Orang tua mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam sikap kerja). komitmen membersihkan lingkungan bersama masyarakat. Asesmen Pengetahuan 134 Pelajaran 1 Buku Siswa SD/MI • Tandai kalimat deklaratif (latihan di Buku Siswa). • Jelaskan kegiatan penerapan aturan tersebut (latihan di buku siswa). • Hitung secara berurutan 41-99. Penilaian Kompetensi • Tuliskan kalimat informatif no. Kriteria Sangat Baik Diperlukan Bimbingan – 1. Menulis (86 – 100) (71 – 85) (61 -70) bro 2. Bahasa sesuai teks halus, tanpa aksara, syarat tiga syarat dua ( ≤ 60) 3. Mudah untuk membaca isi , istirahat yang benar Bertindak memenuhi satu syarat tiga syarat dua syarat Menggunakan kosakata baku, kalimat yang belum efektif, melengkapi kata tertulis dengan benar, tanda baca tiga syarat dua parameter sesuai parameter Masih tidak sesuai konteks, pilihan kata benar , struktur kalimat akurat dan standar ejaan yang benar 142 Buku Pedoman Guru Pelajaran 1 SD/MI • Pemenuhan tata tertib disiplin Sangat baik baik adil diperlukan pedoman- (86 – 100) (71 – 85) (61 -70) saudara 1 Penampilan Ada mata, halus, Saya- Memenuhi (≤ 60) dua kriteria menarik penonton, tiga syarat satu syarat, suara terdengar sepanjang kelas Tidak pernah 2 Bahasa Menggunakan kosakata Memenuhi syarat 3 Isi standar, kalimat efektif, kata-kata tiga syarat dua syarat diucapkan dengan baik, berkali-kali dalam setiap kalimat Memenuhi satu syarat . dibuka dengan pernyataan – empat syarat tiga syarat: aturan, manfaat aturan, ada penutupnya • Pengelompokan dan penghitungan Kriteria Sangat Baik Baik Cukup Perlu Pembinaan (86 – 100) (71 – 85) (61 – 70) ( ≤ 60) 1 Partisipasi memenuhi 2 Memahami siswa – Memenuhi kriteria 3 Memenuhi 1 kriteria atau kurang Memenuhi standar pekerjaan dengan baik Memenuhi dua kriteria Memenuhi satu atau 2 kriteria Kehadiran aktif, menunjukkan inisiatif, memenuhi tiga kriteria – tidak terlalu hot, bekerja dengan teman yang sama. Topik 4: Bekerja sama untuk dunia yang bersih dan sehat 143 Pelajaran 4 Memetakan Keterampilan Dasar PJOK Bahasa Indonesia 3.8 Frasa Terperinci 3.5 Memahami Berbagai Gestur Mengucapkan Terima Kasih, Dominasi (Santai, Meminta, Membantu, Bersandar, Menyeimbangkan dan Memuji, Bertindak/Bergerak, Undangan, Pengumuman, Mendorong, Memutar, Bernapas, Perintah) : , dan instruksi lepas landas dan mendarat) kepada pesenam lainnya, dengan menggunakan bahasa lisan dan tulisan yang penuh hormat, yang dapat membantu 4.5 Penggunaan kosakata per variasi penggunaan bahasa yang dominan (menopang, posisi menggantung, keseimbangan, gerakan berguling/bergerak, 4.8: mendorong ., berputar, berputar, bersyukur, minta bangun dan duduk) meminta maaf, memohon dan memuji dalam senam jika akan menggunakan ucapan dan tulisan bersama orang lain SBdP 3.4 Menerima bahan alam dalam berkarya 4.4 Karya dari bahan alam 144 Pelajaran 1 SD/MI Buku Guru Contoh Kalimat Poster Untuk Anjuran Menjaga Kebersihan Kelas PENJELASAN KEGIATAN BELAJAR Tujuan Pembelajaran: 1. Ketika siswa melihat gambar, mereka dapat menjelaskan dengan jelas gerak menyodorkan, terbang dan mendarat di lantai. 2. Setelah dijelaskan gambarnya, siswa dapat berlatih di lantai, dan dapat berlatih di lantai. 3. Dengan melihat teks, siswa dapat menunjukkan frasa catatan dengan benar. 4. Setelah melihat teks, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. 5. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi kegunaan peralatan hewan yang baik dalam membuat kerajinan tangan. 6. Pertimbangkan juga materi dan materi tertulis Buatlah poster tentang kebersihan, lomba kebersihan, buatlah iklan pemberitahuan, buatlah ungkapan persuasi berdasarkan etika dengan tujuan orang menjaga kebersihan lingkungan, buatlah poster tentang kebersihan lingkungan, contoh pengumuman lomba kebersihan kelas, kriteria penilaian lomba kebersihan, buatlah ungkapan persuasi berdasarkan etika emosi dan logika dengan tujuan orang menjaga kebersihan lingkungan, lomba kebersihan kelas, contoh surat pemberitahuan lomba 17 agustus, buatlah satu iklan pemberitahuan, kriteria lomba kebersihan lingkungan News