April 21, 2024 Berikut Yang Bukan Termasuk Tujuan Dilakukannya Modifikasi Pangan Adalah Berikut Yang Bukan Termasuk Tujuan Dilakukannya Modifikasi Pangan Adalah – Modifikasi tersebut bertujuan untuk memberikan cita rasa baru dan bentuk baru, memperpanjang umur produk agar lebih awet dan meningkatkan kemurnian produk. Modifikasi dapat dilakukan pada bahan baku, proses dan penampilan produk akhir. Modifikasi bahan dapat dilakukan untuk mendapatkan rasa dan aroma baru atau menggunakan bahan baku yang sudah ada. Modifikasi proses dapat dilakukan untuk menghasilkan tekstur yang berbeda dan meningkatkan umur simpan dan kemurnian produk. Kemudian tampilannya bisa dimodifikasi dengan membentuk makanan, menambahkan dekorasi dan kemasan yang lebih menarik. Kemudian dilakukan modifikasi untuk menarik minat masyarakat. Halo adik-adik yang hot dan cantik, saya kembali dengan adik perempuan saya yang manis. Apa kabarmu? Insya Allah sehat terus. Kali ini mba A1m coba bantu saya jawab pertanyaan ini ya? Berikut Yang Bukan Termasuk Tujuan Dilakukannya Modifikasi Pangan Adalah Pangan kaleng dari bahan hewani adalah jenis pangan yang dibentuk dari berbagai sumber daya alam hewani yang telah melalui tahapan pengolahan yang sesuai dan dikemas secara menarik, menggunakan bahan campuran sesuai kriteria BPOM atau tidak agar memiliki daya simpan yang lebih lama. Pangan Rekayasa Genetika Pertanyaan baru dalam berwirausaha Apakah pestisida yang digunakan sesuai dengan persyaratan standar untuk menanam tanaman? Memberikan layanan di luar harapan pelanggan menunjukkan? Apa yang dimaksud dengan risiko usaha… a. Keputusan terkait strategi pemasaran b. Kemungkinan penghasilan c. Potensi kerugian atau kegagalan dalam bisnis d. Peraturan pemerintah yang mengatur industri tertentu. Amati lingkungan Anda (suhu, kebiasaan, aktivitas, dll.) Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan? Mengidentifikasi kebutuhan sebanyak yang ada di pasar lokal Dalam unsur biaya produksi terdapat istilah biaya tenaga kerja langsung yang berarti… ) (z-lib.org) Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri Kerajinan 143 Informasi untuk guru Siswa memahami pentingnya spesialisasi daerah modifikasi dalam konteks identitas nasional di dunia internasional, kemungkinan untuk mengembangkan produk modifikasi daerah yang unik dan berbagai jenis produk makanan. Pengelompokan jenis makanan sebelumnya didasarkan pada bentuk dan fungsinya. Pengelompokan produk pangan juga dapat dibagi berdasarkan bahan utamanya, yaitu produk hewani dan nabati. Proses pembelajaran Proses pembelajaran berupa presentasi dan diskusi. Buku Teks berisi contoh produk pangan khas daerah yang berasal dari bahan hewani. Siswa dapat diminta untuk mengungkapkan pendapatnya tentang produk makanan khas berbahan dasar hewani dan nabati, yang terdapat di buku ajar, dan yang tidak ada di buku ajar. Memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat dan idenya tentang produk pangan lokal yang sudah ada maupun yang baru, terkait dengan bahan baku. Evaluasi Siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis produk makanan khas daerah. Siswa juga dapat mengklasifikasikan berdasarkan jenis dan bahan bakunya. Remedial Remedial dapat dilakukan dengan menugaskan siswa untuk menemukan dan melakukan penelitian tentang jenis makanan khas daerah (ditentukan oleh guru) meliputi deskripsi produk (bentuk dan rasa), sejarah atau filosofi, bahan baku produk dan cara membuatnya. . 126 Kelas KSII SMA/MA/SMK/MAK Semester 1. Telur asin yang ada dapat ditingkatkan, salah satunya menyiapkan bahan baku kaki bebek dengan ukuran yang seragam dan kualitas yang baik. Bahan baku yang baik harus diolah dengan baik agar tingkat keasinannya konsisten dan disesuaikan dengan selera pasar. Kemasan yang baik dan menarik akan meningkatkan daya saing produk telur asin. B. Curd Curd atau dadih merupakan produk fermentasi alami dari susu kerbau dalam tabung bambu yang telah lama diproduksi di Sumatera Barat (Azima et al., 1999) dan Jambi (Sunarlim, 2009). Dadih merupakan produk fermentasi yang sangat kaya akan nutrisi. Tantangan dan peluang peningkatan kualitas produk dadih, antara lain inovasi cita rasa yang menarik bagi banyak kalangan, membuat proses produksi lebih higienis dan efisien, serta pengawetan dan pengemasan yang lebih baik Sumber: Kemendikbud. 4.6 Telur asin dengan telur bebek Sumber: http://id.vikipedia.org/viki/Yogurt Gambar 4.7 Yogurt dalam tabung bambu 144 Buku Guru Informasi Guru Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Produk pangan khas daerah pada umumnya masih memiliki kekurangan, antara lain variasi rasa, daya tahan, bahan baku dan proses produksi yang kurang baik, serta kebersihan. Kekurangan yang ada merupakan tantangan yang harus dicarikan solusinya. Setiap produk makanan memiliki tantangan yang berbeda. Proses pembelajaran Proses pembelajaran berlangsung melalui tugas 2. Tantangan khusus daerah dalam makanan. Dalam tugas ini siswa diminta untuk mencari informasi dari lingkungan sekitar, buku, majalah, acara televisi atau menggunakan internet tentang produk pangan daerah. Siswa mendiskusikan tantangan produk pangan daerah, dengan teman atau kelompok. Identifikasi tantangan ditulis dalam tabel. Siswa diperbolehkan mengembangkan bentuk tabel agar lebih menarik dan informatif. Dari proses pengajaran ini, siswa akan memahami berbagai tantangan yang harus diselesaikan dengan modifikasi. Variasi produk makanan dan selera individu menjadi salah satu pertimbangan dalam pengembangan produk dan kewirausahaan. Keahlian 131 D. Bahan Pengembangan Pangan Daerah Bahan yang digunakan dalam pengolahan pangan meliputi bahan baku atau bahan utama, bumbu dan bahan tambahan pangan (BTP) yang merupakan bahan yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan mutu hasil olahan. Bahan baku dan bumbu sebaiknya dipilih yang mudah didapat dan tersedia dalam jumlah yang cukup di daerah tersebut. 1. Bahan Baku Utama Bahan baku adalah bahan utama yang digunakan dalam produk pangan, misalnya untuk ikan asin bahan bakunya adalah ikan, untuk rendang bahan bakunya adalah daging sapi, untuk mochi bahan bakunya adalah tepung ketan putih. , dan lain-lain. Bahan baku dapat berupa bahan tumbuhan dan hewan. 2. Bahan Tambahan Pangan (BTP) Bahan tambahan pangan adalah bahan/campuran bahan yang biasanya tidak termasuk dalam bahan baku pangan, tetapi ditambahkan pada pangan untuk memperbaiki sifat atau bentuk produk pangan. Bahan tambahan makanan ditambahkan sesuai dengan minat dan tujuan. Tidak semua produk pangan wajib digunakan, namun dapat ditambahkan dalam rangka peningkatan kualitas produk pangan, antara lain Regional Specific Food Challenge No. Nama Daerah Makanan Kering ½ Siap/ Kering siap disajikan/ Dapur/ Kue/ / Tantangan Minum 1 Dadiah Minangkabau Minuman – Kurang tahan lama – Variasi rasa kurang – Kemasan kurang baik 2 Sajian sayur (saus) – Tidak tahan lama 3 4 5 dst. . . Perbedaan Tanaman Dan Tumbuhan, Ciri Ciri Dan Jenisnya Kerajinan Tangan 145 Informasi untuk Guru Pada pelajaran sebelumnya telah dipelajari produk-produk khas daerah dan bahan baku makanan. Modifikasi produk pangan daerah dapat dilakukan dengan mengubah bahan baku untuk menciptakan cita rasa baru, variasi jenis produk, dan meningkatkan kualitas produk agar lebih tahan lama. Bahan baku dapat dibagi menjadi bahan baku utama dan bahan tambahan pangan (BTP). BTP ditambahkan ke bahan utama untuk memberi warna, menambah rasa, membuat tekstur lembut, membuat produk bertahan lebih lama, dan banyak lagi. Pada kelas prakarya dan kewirausahaan, mahasiswa dibimbing untuk memahami bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk fungsi BTP. Salah satu contohnya adalah penggunaan pewarna alami dengan daun suji, kulit kayu sapan, kunyit, dll. Proses pembelajaran Pembelajaran dilakukan dengan melakukan latihan 2 dan tugas 3. Siswa diminta untuk mencari informasi dari buku literatur, internet dan wawancara dengan pengusaha, orang tua atau kerabat tentang cara melestarikan atau mengolah apa yang terdapat di daerah atau nusantara dengan menggunakan bahan alam . Mintalah siswa membuat laporan dan mempresentasikan temuan mereka di depan kelas. Asesmen Asesmen dilakukan agar mahasiswa memahami potensi wirausaha pangan hasil modifikasi daerah, jenis pangan khas daerah, serta bahan baku dan bahan tambahan alami yang ada di daerahnya. Penilaian dapat dilakukan melalui kuis yang berisi soal esai atau tanggapan lisan. 132 Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 t Pemanis t Zat pembentuk gel t Pengatur keasaman t Pengawet t Pengawet t Emulsifier (pengemulsi) t Penguat rasa t Flavour t Pewarna makanan Diantara bahan tambahan yang banyak digunakan antara lain pemanis, pengawet . , warna dan penambah rasa. Setiap BTP memiliki fungsi dan tujuan tertentu dalam penggunaannya. Tiga hal yang perlu diingat dalam penggunaan BTP adalah: (i) Gunakan BTP yang diizinkan, (ii) Gunakan dalam jumlah yang diizinkan, dan (iii) Gunakan jenis BTPP sesuai dengan karakter produknya. Latihan 2 Salah satu fungsi bahan tambahan makanan atau BTP adalah untuk memperpanjang umur produk dan meningkatkan kualitas produk. Temukan informasi dari literatur, internet dan wawancara tentang konservasi atau metode pengolahan di daerah atau kepulauan Anda yang menggunakan bahan alami. Tuliskan hasil penelitian Anda dan buat laporan yang informatif dan menarik. Tugas 3. Bahan baku dan bumbu daerah Selalu ada bahan baku atau bumbu daerah di daerah tempat tinggal Anda. Bahan-bahan tersebut dapat berupa bahan hewani maupun nabati. Cari informasi melalui observasi, wawancara atau dari literatur tentang bahan baku. t Tuliskan bahan-bahannya pada lembaran seperti contoh tabel di bawah ini. 146 Buku Pedoman Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Informasi bagi guru Produk pangan lokal harus dikembangkan agar selalu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengembangan dapat dilakukan dengan mengubah bentuk dan rasa produk, bahan dan proses produksi. Pada semester ini, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan ide modifikasi produk makanan khas yang unik, inovatif dan diminati pelanggan. Ide bisa datang dari menghargai aktivitas. Salah satu caranya adalah dengan melihat produk yang sudah ada Berikut ini yang bukan termasuk kelompok program microsoft office adalah, berikut ini yang tidak termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah, berikut ini yang bukan termasuk software spreadsheet adalah, berikut yang bukan termasuk perangkat keras hardware adalah, berikut yang bukan termasuk teknologi informasi dan komunikasi modern adalah, berikut ini yang bukan termasuk kegunaan infaq adalah, berikut yang bukan termasuk rasul ulul azmi adalah, berikut ini yang bukan termasuk interaksi sosial adalah, berikut ini yang bukan termasuk tujuan promosi penjualan yaitu, berikut yang bukan termasuk cara menjaga kesehatan organ pernapasan adalah, berikut yang bukan termasuk dalam strategi desain proses produksi adalah, berikut ini yang bukan termasuk media untuk iklan elektronik adalah News