June 30, 2024 Berikut Ini Adalah Gerakan Yang Mengandung 8 Ketukan Yaitu Berikut Ini Adalah Gerakan Yang Mengandung 8 Ketukan Yaitu – Pemberitahuan penting Pemeliharaan server dijadwalkan pada hari Minggu, 26 Juni (GMT) dari pukul 2:00 hingga 8:00. Situs web akan mati selama waktu yang ditentukan! 2. Perhatikan gambar di samping! Pernyataan yang benar berdasarkan gambar tersebut adalah . . . . A. kedua kaki di atas anak tangga dan tangan direntangkan ke depan B. kedua tangan diarahkan ke atas C. kedua kaki rata di atas matras D. kedua kaki dibuka dan diletakkan di atas matras 3. Perhatikan urutan latihan lantai di bawah! 1) Angkat pinggul sampai kaki lurus. 2) Tempatkan kepala Anda di antara tangan Anda sampai bahu Anda menyentuh matras. 3) Posisi jongkok menghadap matras. Kedua telapak tangan diletakkan di atas matras. 4) Kembali ke jongkok, lengan lurus dan lihat ke depan. 5) Gulingkan tubuh ke depan hingga bagian belakang leher, punggung, dan pinggul menyentuh matras. Urutan yang benar untuk berguling ke depan dengan jongkok adalah …. A. 1)–2)–3)–4)–5) C. 2)–3)–5)–4)–1) B. 1 ) – 2) –4)–3)–5) D. 3)–1)–2)–5)–4) 4. Saat berguling ke depan, badan terkadang jatuh ke samping. Keadaan ini terjadi karena. . . . A. posisi tangan yang tidak ditopang ke kanan B. tumpuan salah satu tangan tidak kuat C. kedua tangan tidak ikut melakukan perlawanan D. bahu tidak diletakkan di atas matras 5. posisi tangan selama awal guling belakang dengan awalan jongkok adalah. . . . A. menghadap ke atas C. memegang lutut B. di telinga D. kokoh di dada 6. Yadi siap bergerak. Dia berlutut menghadap matras. Posisi kaki ditekuk, lutut ditekan ke dada, dan kepala diturunkan sehingga dagu menempel di dada. Dia memutar tubuhnya ke depan. Gambar tersebut memperlihatkan bagaimana Yadi melakukan gerakan tersebut. . . . A. kaya C. bergerak maju B. elastis D. mundur 130 Buku Siswa Kelas VI SD/MI. Berikut Ini Adalah Gerakan Yang Mengandung 8 Ketukan Yaitu 7. Saat mencambuk di atas matras elastis, posisi kedua kaki sudah benar. . . . A. tikungan lebar C. tikungan lebar B. tikungan mengikat D. balok lurus 8. Perhatikan gambar samping! Gambar menunjukkan deretan roller depan dan roller elastis pada posisinya. . . . A. mulai C. akhir B. siap D. tenang 9. Perhatikan informasi berikut ini! 1) Saat kedua kaki diluruskan, kedua lutut ditekuk. 2) bahu tidak bertumpu pada matras saat lengan ditekuk. 3) Kedua kaki terbuka/longgar. 4) Sikapnya kurang bulat. Kesalahan backflip ditunjukkan dengan angka. . . . A. 1) dan 2) C. 2) dan 4) B. 1) dan 3) D. 3) dan 4) 10. Dalam perlombaan, seorang pesenam melakukan serangkaian gerakan senam di lantai. Tujuan pesenam melakukan rangkaian gerakan senam di lantai adalah untuk . . . A. memperagakan gerakan-gerakan indah B. memperbanyak gaya gerak senam C. memperumit gerakan senam lantai D. menambah kekuatan otot-otot senam B. Menjawab dengan benar! 1. Bagaimanakah gerak benda ketika menggelinding ke depan? 2. Bagaimana posisi lengan saat memulai gerakan berguling ke depan? 3. Salah satu langkah gerakan mundur adalah posisi jongkok. Bagaimana urutan roll back pada posisi jongkok? 4. Jelaskan tiga kesalahan dalam penerapan gulungan fleksibel! 5. Jelaskan urutan gerak maju dan mundur! Aktif dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 131 Sebutkan Tiga Macam Irama Yang Digunakan Pada Lagu Penilaian Keterampilan Pertunjukan Tonton video gulungan maju, mundur, dan elastis yang disiapkan oleh guru. Tonton gerakannya di video. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu. Kembangkan sikap tanggung jawab, disiplin dan sportif dalam kegiatan ini. Memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Anda mempelajari materi gerakan dominan dalam senam lantai. Setelah mempelajari materi ini, Anda dapat memahami betapa pentingnya mempelajari gerakan dominan dalam senam lantai. Apakah Anda dapat menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari? 1. Apa keuntungan mempelajari materi gerak dominan pada senam lantai? 2. Bahan apa yang menurut Anda paling menarik? Beri saya alasan! 3. Sikap positif apa yang kamu dapatkan dari mempelajari materi gerak dominan pada senam lantai? Latihan serangkaian gerakan dominan, miring, menolak, berputar dan mendarat dalam gerakan berguling ke depan, ke belakang dan melompat. Deskripsi: Uji keterampilan dan ketangkasan Anda dalam gerakan berguling ke depan, ke belakang, dan menggantung. Tujuan: Menguasai gulungan maju, mundur dan fleksibel. Peralatan dan Prasarana: Kasur. Instruksi: 1. Rangkaian gerakan dominan, istirahat, pantulan, putaran, dan pendaratan guling ke depan dengan awalan jongkok dan/atau vertikal. Buku Siswa Kelas VI SD/MI sebanyak 132 buah 2. Rangkaian gerakan dominan, bersandar, memantul, berputar dan mendarat dengan guling belakang diawali dengan jongkok dan/atau berdiri. 3. urutan gerakan yang dominan, istirahat, push-off, rotasi dan pendaratan pada guling elastis. Pelaksanaan: 1. Lakukan rangkaian gerakan dominan, istirahat, pantulkan, putar dan mendarat dengan gerakan roll depan dengan posisi awal dan squat. 2. Lakukan serangkaian gerakan dominan, istirahat, berdiri, memutar dan mendarat secara roll back dengan posisi awal dan jongkok. 3. Lakukan serangkaian gerakan dominan, istirahat, dorong keluar, putar dan mendarat di atas matras elastis. 4. Lakukan kombinasi gerakan berguling ke depan dan ke belakang. 5. Lakukan kombinasi gerakan memutar ke depan, ke belakang, dan elastis. Setelah melatih gerakannya, jawablah pertanyaan berikut. 1. Apakah Anda kesulitan mempraktikkan gerakan-gerakan tersebut? Gerakan apa yang masih sulit? 2. Bagaimana gambaran pelaksanaan magang di lapangan? Anda telah mempelajari gerakan dominan dalam kegiatan senam. Untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi ini, ketik (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” pada tabel di bawah ini. Nama Siswa : Nomor Kelas/Kehadiran : Mata Pelajaran : Tanggal : No. Aspek Pengetahuan Ya Tidak 1. Mampu menjelaskan urutan gerakan dominan, istirahat, tolak, balik dan mendarat dalam gerakan berguling ke depan. Aktif dalam olah raga – Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 133 TIDAK. Aspek pengetahuan Ya Tidak Ya Tidak 2. Mampu menjelaskan urutan gerakan dominan, istirahat, tolak, balik dan mendarat dalam lemparan balik. 3. Dapat menjelaskan urutan gerakan dominan, istirahat, memantul, berputar dan mendarat pada penyangga elastis. 4. Dapat menggambarkan urutan gerak maju dan mundur. 5. Dapat menjelaskan rangkaian silinder yang canggih dan fleksibel. TIDAK. Aspek Keahlian 6. Kemampuan melatih rangkaian gerakan dominan, istirahat, mendorong, berputar dan mendarat dengan berguling ke depan. 7. Dapat melatih serangkaian gerakan dominan, istirahat, mendorong, memutar dan mendarat kembali secara berguling. 8. Mampu melatih rangkaian gerakan dominan, istirahat, memantul, berputar dan memantul pada bantalan elastis. 9. Dapat melatih rangkaian gerakan berguling maju mundur. 10. Mampu berlatih rangkaian gerakan berguling ke depan dan lumpia. Buku Siswa Kelas VI SD/MI 134 buah PeSGuammbebr:awrw7w..1alAhindaayka-hatnaraikk.csoemdang melakukan kegiatan belajar gerak berirama Variasi dan kombinasi VII Gerak dasar dalam kegiatan gerak berirama Gerakan senam yang diiringi irama dan musik disebut gerak berirama. Gerakan ritmis menitikberatkan pada gerak kaki dan ayunan lengan. Jika diiringi dengan irama atau hentakan maka gerakan senam menjadi lebih indah. Setiap gerakannya menyesuaikan dengan ritme irama. Kegiatan gerak berirama (ritmis) disesuaikan dengan karakteristik anak. Anak-anak umumnya suka bergerak, terutama yang berirama. Bagi anak-anak, gerakan seperti itu merupakan suatu kegembiraan dan suatu keharusan. Kegiatan gerak ritmis dapat meningkatkan kemampuan motorik dasar anak, yaitu gerak kasar dan halus. Gerakan pada gerakan ritmis mempengaruhi saraf yang berfungsi mengendalikan gerakan motorik. Melakukan gerakan berirama secara rutin bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Aktif dalam olah raga – Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan 135 Sas Sem Ii Sbdp 2022 2023 Peta Konsep Variasi dan Kombinasi Gerakan Dasar dalam Kegiatan Pembelajaran Variasi Gerakan Irama Variasi Lengan Mengayun dan Berjalan serta Kombinasi Berjalan Kombinasi Mengayun Lengan meliputi • Variasi Lengan Mengayun ke • Variasi Langkah Depan dan Kombinasi Berjalan Maju dan Mundur serta Kombinasi Membungkuk dan • Variasi Lengan Mendorong Variasi Dorongan Lengan Kombinasi langkah ke depan dan berjalan • Variasi langkah ke samping • Variasi gerakan membungkuk dan kombinasi gerakan mengangkat siku dan menekuk siku ke samping serta kombinasi langkah kaki dan mengangkat siku ke samping • Variasi langkah memutar • Variasi ayunan samping Ayunan tangan dan kombinasi ayunan lengan samping dan dada ke depan • Variasi Ayunan Kaki ke Depan dan Kata Kunci Kombinasi Ayunan Lengan Depan • gerakan ritmis • variasi dan kombinasi gerakan • gerakan langkah • senam ritmik • ayunan lengan Setelah mempelajari pembelajaran ini anda akan mampu : 1. menjelaskan variasi dan kombinasi langkah dan ayunan lengan dengan ritme (titik ). ) tanpa musik dalam aktivitas gerak berirama; Buku Siswa Kelas VI SD/MI 136 buah 2. menjelaskan variasi dan kombinasi langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (waktu) dan musik dalam kegiatan gerak berirama; 3. melatih variasi dan kombinasi langkah dan ayunan lengan dengan irama (waktu) tanpa musik dalam kegiatan gerak berirama; dan 4. melatih variasi dan kombinasi langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (waktu) dan musik dalam kegiatan gerak berirama. Gerakan berirama terdiri dari berbagai langkah kaki dan ayunan lengan. Gerakan dasar senam ritmik anda pelajari di kelas 5. Pada pembelajaran kali ini anda akan mempelajari aktivitas gerak ritmik serta variasi dan kombinasi gerakan ritmik. Gerakan-gerakan tersebut memerlukan kelenturan, keseimbangan, kelenturan dan ketelitian dengan irama atau irama. Gerakan yang berirama dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sistem kekebalan tubuh Anda juga akan diperkuat. Dengan mempelajari gerakan ritmik sederhana, Anda akan mahir dalam senam ritmik. Anda juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat kesehatan yang telah diberikannya. A. variasi ayunan lengan s Berikut ini yang bukan termasuk tujuan promosi penjualan yaitu, gerakan berikut yang dapat meningkatkan kekuatan otot paha yaitu, berikut ini adalah organ yang berperan dalam sistem pernapasan yaitu, berikut ini adalah orang yang tidak berhak menerima zakat yaitu, berikut ini adalah jenis sel surya yaitu, berikut ini adalah gerakan lari pendek kecuali, berikut yang termasuk bahan lunak buatan yaitu, menu makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu, berikut ini yang termasuk faktor penyebab gangguan sistem pencernaan yaitu, berikut ini adalah harta yang wajib dizakati yaitu, berikut ini gejala diare yaitu, berikut ini contoh perubahan yang direncanakan yaitu News