November 7, 2023 Bagaimana Cara Kamu Mensyukuri Kedudukan Fungsi Dan Arti Penting Pancasila Bagaimana Cara Kamu Mensyukuri Kedudukan Fungsi Dan Arti Penting Pancasila – Pengumuman Penting Pemeliharaan server dijadwalkan pada (GMT) Minggu, 26 Juni, 2:00 – 8:00 . Situs web tidak tersedia pada waktu yang ditentukan! Memperoleh pengetahuan yang hakiki tentang Tuhan, sedangkan Qalb dapat mengetahui hakekat segala yang ada, dan ketika diliputi cahaya Tuhan, dia dapat mengetahui misteri Tuhan. konsep takhalli, tahalli dan tajalli. Takhalli menghilangkan cara-cara tercela dan perbuatan maksiat melalui pertobatan. Ini diikuti dengan tahalli, yang menghiasi diri dengan akhlak mulia dan perbuatan baik. Sedangkan Tajalli adalah bukaan hijab sehingga cahaya Tuhَ )a٢n٤ terlihat jelas. H٢a(َlَق ۚٗاiٗnِعiَصseَjىaَٰ la َسnموdُ َeرnخ هgَ aَوnَكاfٗ i َدrَmل ُ ۥهaَ َعnَجAَلllِ a َبhل َجSۡ لwِ َ ُ ۥهtب.َُّرbَ ىeَٰ لrج هiَkتuَ َtا:َف َل هم Meaning: When his Lord appeared to the mountain, he made the mountain crumble and Musa fell unconscious (QS. .Al-A’raf[7]:143) Kemungkinan orang memperoleh Tajalli atau mencapai kepenuhan cahaya Allah juga dapat dilihat dari ayat-ayat berَi)k٢u٨t i(nََءiُۚٗ :ُّنورَ َع َل َٰىَ ُنو ٖٗۚٗ melihat َيۡه ِديَنٱَ هّلُلَ ِل ُلَ ِر ِهۦَ َمنَ َي َشا Artinya: Cahaya di atas cahaya (berlapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya siapa saja yang Dia kehendaki (QS. An-Nur [Nabi 24]: 35. RINGKASAN yaitu tiga dimensi): Syariat, Islam dan Ihsan 2. Dalam perkembangan keilmuan, Syariat menghasilkan Ilmu Kalam/Ushuluddin/Tauhid/Ilmu Aqidah Tasawuf Ini meliputi Syari’at, ṭarekat, Dzat dan Ma’rifat 3. Antara Syari’ah , ṭarekat, Dzat dan Ma’ri lemak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain yang lain. Tujuan orang yang beribadah dalam segala aspeknya adalah ma’rifat Allah SWT. Mencapai ma’rifat kepada Allah SWT. itu membutuhkan seperangkat aturan yang disebut Syari’at. Para ṭarekat menjalankan Syariat secara utuh dan konsisten menuju pintu pemahaman hakekat ibadah dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan pemahaman yang utuh tentang Tuhan, yang disebut Ma’rifat. 4. Dalam ajaran tasawuf, syariat merupakan pondasi yang harus dibangun oleh seorang sufi dalam latihan spiritualnya, oleh karena itu harus kokoh. ṭarekat adalah perwujudan ketaatan terhadap perintah-perintah yang terkandung dalam syariat dan menjauhi larangan-larangan. Ketika seorang sufi mampu menjalankan ajaran syariat dengan baik, maka ia akan memperoleh pemahaman dasar tentang makna penciptaan dan Sang Pencipta (Tuhan). Kelas XI 187 orang Aqidah Akhlak Bagaimana Cara Kamu Mensyukuri Kedudukan Fungsi Dan Arti Penting Pancasila Inilah yang telah mencapai tahap hakikat, dan ilmu tertinggi di mata para sufi adalah Ma’rifat. 5. Posisi guru atau mursyid sangat penting dalam latihan spiritual. Tanpa bimbingan seorang guru yang berwibawa (dengan rantai keilmuan yang benar) seorang murid/salik akan tersesat dan tidak memperoleh ma’rifatullah. PRESENTASI 1. Guru memperkenalkan kepada siswa jenis dan metode pembelajaran diskusi yang akan digunakan (misalnya: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil, simposium atau diskusi panel) dengan menjelaskan langkah-langkah yang akan diikuti dalam diskusi. 2. Guru menyampaikan topik diskusi. 3. Topik pembahasannya adalah: a. Tempat syariah dalam tasawuf. B. Kedudukan ṭarekat dalam tasawuf. C. Tempat alam dalam ilmu tasawuf. D. Kedudukan Ma’rifat dalam Tasawuf. 4. Siswa melakukan presentasi di depan kelas. MARI MENDALAM KARAKTER Setelah mempelajari kedudukan dan fungsi Syari’at, ṭarekat, hakikat dan Ma’rifat, hendaknya kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut: 1. Rajin mempelajari ilmu-ilmu Syari’ah agar kita dapat menjalankan amalan ibadah dengan benar . 2. Melakukan ibadah sesuai dengan tuntunan Syariah. 3. Sucikan jiwa dengan akhlak mulia dan jauhi akhlak tercela. 4. Menjaga keikhlasan dalam segala tindakan. 5. Meningkatkan etika belajar, bekerja dan beribadah. 188 Axidah Akhlak Kelas XI Coba Lima Tips Ini Biar Jago English Speaking PRAKTEK A. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Buatlah analisis dimensi ajaran Islam dalam kaitannya dengan ilmu tasawuf! 2. Mengkritik ajaran tasawuf yang keluar dari syariat! 3. Apa yang terjadi jika Anda menghadapi esensi dan meninggalkan syariah atau sebaliknya? 4. Lakukan analisis tentang posisi ma’rifat dalam tasawuf! 5. Lakukan analisis posisi ṭarekat terhadap esensi dan Ma’rifat! B. Asesmen Portofolio dan Asesmen Ketenagakerjaan 1. Asesmen Portofolio Apa yang akan Anda lakukan jika Anda mengalami atau mengamati kejadian berikut? No event Cara menjawab 1. Ada teman yang malas belajar ilmu syariah. 2. Melihat teman yang ingin sukses tapi malas belajar. 3. Tidak Puas Dengan Nikmat Allah Melihat Penyesalan 5 Teman Yang Suka Mengkritik Kebersihan Kelas Tapi Ia Enggan Membersihkannya 6 Siswa Yang Sering Telat 7 Siswa Tidak Bangga Dengan Madrasah Tempat Belajar Aqidah Akhlak Kelas XI 189 2. Evaluasi petunjuk kerja Isilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda √ pada kolom S (selalu), K (kadang-kadang) dan TP (tidak pernah). No Perilaku S K TP 1 Tiba di madrasah tepat waktu 2 Semangat mempelajari materi yang diajarkan guru 3 Semangat menjadi yang terbaik 4 Tetap semangat belajar meski menghadapi rintangan berat 5 Merasa percaya diri, berhasil 6 Mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan 7 Pantang menyerah saat mendapat nilai kurang memuaskan Kelas 8 Semangat berusaha dan khusyuk dalam shalat Mutiara Hikmah Syaikh Ibnu Athoillah mengajarkan pelajaran : Rencanakanlah usahamu untuk mendapatkan apa yang telah dijaminkan, dan kamu lalai terhadap tugas yang dipercayakan kamu, itu adalah tanda bahwa mata hatimu telah dibutakan.” Amin, K.H. Mustaghfirin, tasawuf dan etos kerja, (Malang: PT. Latif Kitto Mahesa, 2016). 190 Axidah Akhlak Kelas XI BAB 10 CITRA DAN AJAR SUFI BESAR SURIFY Imam Junaid Al-Baghdadi, Rabi’ah Al-Adawiyah, Iman Al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani Sumber: Sihabul Milahudin, Dokumen Pribadi, oleh Ninis Wulandari Jenazah berlima Lahir dari indra untuk mengetahui semua yang bersifat eksternal. Panca indera adalah penglihatan, pendengaran, penciuman, raba, dan raba, dan alat yang digunakan adalah mata, telinga, hidung, lidah, tangan, dan lain-lain. Badan halus atau batin juga memiliki indera melihat hal-hal yang tidak terlihat, indra ini disebut Basirah atau mata hati. Basirah berbeda dari sifatnya dalam melihat dari apa yang dimiliki mata lahir. Kesehatan mata saat lahir harus diperhatikan agar dapat berfungsi optimal. Begitu juga dengan mata batin. Mata bagian luar dilindungi dengan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, mata bagian dalam dilindungi dengan menghindari kontaminasi mental agar tetap bersih dan kuat. Semakin bersih dan murni mata batin, semakin tajam untuk melihat sesuatu yang spiritual. 192 Axidah Akhlak Kelas XI Keterampilan Inti 1. Jalani dan praktikkan ajaran agama Anda. 2. Mengalami dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, bijaksana (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, akomodatif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari pemecahan berbagai masalah, berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta berdiri sendiri sebagai cerminan bangsa dalam federasi dunia, kebudayaan, dan humaniora dengan pandangan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban dalam kaitannya dengan sebab-sebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian tertentu sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah 4. Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam bidang konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menerapkan metode berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan Kompetensi Dasar 1.10. Menghayati nilai-nilai spiritual Islam dalam ajaran sufi para sufi agung 2.10. Amalkan sikap Taqwa dan Istiqamah yang mencerminkan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan. 3.10. Analisis definisi, tokoh utama dan fundamental ajaran tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabi’ah al-Adawiyah, al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani) 4.10. Presentasi hasil analisis ajaran fundamental tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabi’ah al-Adawiyah, al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani) Akidah Akhlak Kelas XI 193 Pengaruh Pendidikan Islam Menuju Indonesia Emas 2045 Indikator 1.10.1. Klarifikasi nilai-nilai spiritual Islam dalam ajaran tasawuf para sufi agung 2.10.1. Biasakan sikap Taqwa dan Istiqamah yang mencerminkan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan. 3.10.1. Identifikasi definisi, tokoh utama dan fundamental ajaran tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabi’ah al-Adawiyah, al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani) 3.10.2. Rangkuman definisi, tokoh utama dan pokok ajaran tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabi’ah al-Adawiyah, al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani) 3.10.3. Merumuskan hasil analisis ajaran fundamental tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabi’ah al-Adawiyah, al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir al-Jailani) KARTU KONSEP 194 Aqidah Akhlak Kelas XI AYO KITA LIHAT Lihat gambar berikut dan ajukan komentar atau pertanyaan! Sumber : https://iqra.id/kisah-pertbatan- Setelah melihat gambar di dan-munajat-munajat-rabiah-al-adawiyah- di sebelah, buatlah daftar komentar atau pertanyaan yang relevan! 217020/ 1. ….…………………… ………………………………………………………… 2. ………………… ……………… … … ……………………………………… 3. …………………………………… ……………… …………………… Sumber: Setelah melihat gambar di http://ramadan.rakyatku.com/read/16226 samping daftar komentar atau 3/2019/08/27/sirri-as-saqathi-sufi -yang- pertanyaan yang relevan! maaf-alhamdulillah 1. …………………………………… …………….………… 2. ………………… … ……………… …… ……………………………… 3. ……………………………………… ………………… … Kelas XI 195 Akhlak JELAJAHI A. Pengertian Tasawuf Dari segi bahasa (etimologi), para ahli berbeda pendapat tentang hubungan/asal kata tasawuf. Harun Nasution menyebutkan lima istilah yang berkaitan dengan asal kata tasawuf, yaitu: 1. Ṣafa (sakral). Disebut ṣafa (santo) karena kesucian batin para sufi serta kesucian amal dan keikhlasan mereka. 2. Ṣaff (garis). Karena para sufi memiliki keimanan yang kuat, jiwa yang suci, ikhlas dan selalu memilih barisan paling depan dalam shalat berjamaah. 3. Teosofi (Yunani: theo = tuhan; shopos = kebijaksanaan, pengetahuan yang tinggi dan mendalam); apa arti hikmat/kebijaksanaan ilahi. 4. Ṣuffah (beranda tempat duduk); yaitu lobi Masjid Nabawi di Madinah yang pada masa Rasulullah SAW diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal di kalangan Muhajirin. Mereka disebut ahli shuffah (pemilik serambi) karena dalam Kedudukan pancasila sebagai, arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, arti penting pancasila sebagai dasar negara, kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, fungsi kedudukan pancasila, kedudukan pancasila, kedudukan dan fungsi pancasila, makalah kedudukan dan fungsi pancasila, fungsi dan kedudukan pancasila sebagai dasar negara, kedudukan pancasila di indonesia, bagaimana cara mensyukuri nikmat allah swt, bagaimana mensyukuri nikmat allah News