March 5, 2024 Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa – Deskripsi lukisan Judul: Tiga Gadis dalam Kamar Tidur Judul: Tiga Gadis dalam Kamar Tidur Dimensi: 100×100 cm Tahun: 2006 Dukungan: Cat Minyak di atas kanvas” di Balai Roepa Tembi Bantul Tanggal: 21 Oktober s/d November 2005 20. Pertemuan di kamar tidur seorang teman dan bertukar cerita. Saya sangat tertarik dengan gambar wanita berpakaian feminin. Setelah mengamati dan membayangkan suatu objek, saya mendapatkan rangsangan yang kemudian saya alami sendiri apa artinya. Biasanya objek dalam lukisan saya adalah objek atau benda bahwa mereka membangkitkan imajinasi saya. , pemikiran atau pemikiran tentang menciptakan sebuah karya seni. Juga, saya mengekspresikan imajinasi dalam bentuk lukisan. DESKRIPSI TANAMAN JATI DAN PERANNYA File PDF untuk pembuatan laporan dan dokumen pembelajaran berbasis proyek berjudul “Deskripsi Tumbuhan Jati dan Peranannya Dalam Kehidupan Sehari-hari” Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa JURNAL – digilib.isi.ac.iddigilib.isi.ac.id/4428/7/XURNAL TA LESTIYONO.pdf2 Karya Akhir Karya berjudul: (Visual Ekspresi Doa) Dalam Seni Bergambar Persembahan Lestiyono, Dokumen Prinsip Seni Rupa Beserta Penjelasannya Suwaedi.files.wordpress.com · Seni Tampilan Web (patung, kriya, lukis, sastra, musik, suara, tari dan karya seni lainnya) NO. Judul pekerjaan Tahun Presentasi singkat dokumen persiapan pekerjaan ISI Yogyakartadigilib.isi.ac.id/3923/1/BAB I.pdf Proyek Akhir Karya Karya UPT Perpustakaan Judul: Bambu Sebagai Ide Penciptaan Karya Bergambar Diserahkan Marsudiyanto, Dokumentasi Disertasi – core.ac.uk Saya menyerahkan makalah penelitian saya ke Perpustakaan Universitas Sanata Dharma untuk Pengembangan Keilmuan yang berjudul “Deskripsi Dokumen Motivasi Belajar” Kursus Seni Menggambar – staffnew.uny.ac.idstaffnew.uny.ac.id/…/dinding/MEDIA+LEARNING+ART+PAINT+I.pdf · Bab 2. A. Latar Belakang Lahirnya Lukisan Kosong dan Dokumen Hitam I.G.N Buku Siswa Kls 6 K13 Tema 1 Revisi 2018 Sejarah, perkembangan dan teknik melukis di atas kaca …repository.isi-ska.ac.id/3274/2/Lukisan Kaca.pdf · Melukis di atas kaca. Perkembangan seni lukis kaca di Indonesia khususnya sastra Isu gender sebagai gagasan dalam kreasi seni lukis·· 18.8.2018 Persetujuan proyek akhir karya seni Judul: Isu gender sebagai gagasan dalam karya seni lukis Dokumen presentasi Vicyargo.files.wordpress.com · Tampilan Web Artikel ini berjudul “Tugas untuk GRD pertama”. Dokumen ini berisi deskripsi suatu negara dimana deskripsi negara tersebut adalah Documents The Influence of Job Description and Style… untuk penulis melengkapi artikel yang berjudul: “… pengaruh karyawan juga dapat mempengaruhi motivasi dalam dokumentasi pekerjaan. Pengertian Kebudayaan Dan Seni Artwork Description: DINAMIKA KAYUstaffnew.uny.ac.id/upload/132102200/penelitian/6… Tentang bentuk matahari, bentuk awan, bentuk pohon, bentuk air lalu digabungkan dalam dokumen Temuan Bab 4 – repository.unj.ac.idrepository.unj.ac.id/1949/4/BAB IV.pdf63 Temuan Bab 4 A. Deskripsi data dari penelitian berjudul “Interpersonal Skills” Copyright © 2018 by the Catatan hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Ini adalah buku siswa yang ditulis oleh pemerintah untuk melaksanakan program 2013. Pada awal pelaksanaan kursus pada tahun 2013, buku ini adalah “living document” yang terus diperbaiki, diperbarui dan diperbarui sesuai kebutuhan serta dinamika perubahan zaman. Komentar dari berbagai kalangan penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email di [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini. Direktori Publikasi (KDT) Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seni dan Budaya: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. — Jakarta: Kemendikbud, 2018.x, 214. : ilustrasi. ; 25 cm. Untuk kelas XII SMA/MA/SMK/MAK ISBN 978-602-427-142-8 (Jilid lengkap) ISBN 978-602-427-147-3 (Jilid 3a) 1. Seni Budaya – Belajar Mengajar I . Judul Dua. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 707 Penulis: Agus Budiman, Dewi Suryati Budiwati, Sukanta dan Zakaria S. Soetedja. Reviewer: Bintang Hanggoro Putra, Eko Santoso, Eny Kusumastuti, Fortunata Tyasrinestu, Yoesoef, Martono, Muksin dan Nur Sahid. Tinjauan Sejawat: Ph.D. Direktur Redaksi Yusminarto: Pusat Kurikulum dan Buku Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Cetakan pertama, 2015 (ISBN 978-602-282-761-0) Cetakan kedua, 2018 (revisi) Times New Roman, 12 pt. ii Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Kata Pengantar Dalam buku teks Seni Budaya Tahun 12 ini, sebagai siswa akan menemukan 4 bidang seni, yaitu Seni Rupa, Musik, Tari dan Teater. Sedangkan materi kajian budaya dan seni sebagian besar adalah tentang pembelajaran keterampilan praktis pembuatan seni, apresiasi dan kritik seni, serta pemaparan dan representasi karya seni. Namun, Anda dapat menggunakannya sebagai alat pembelajaran untuk membantu Anda memahami materi pembelajaran lain di sekolah dan di kehidupan di luar sekolah. Dengan mempelajari seni budaya juga diharapkan dapat mengembangkan rasa saling menghargai, toleransi, tanggung jawab, percaya diri, kreativitas dan kemampuan untuk tidak mudah menyerah. Pendidikan budaya dan seni pada hakekatnya adalah proses pembentukan manusia melalui seni. Fungsi umum pendidikan seni dan budaya adalah mengembangkan kemampuan setiap siswa untuk menemukan pemenuhan pribadi sebagai pribadi yang utuh. Melalui kegiatan pembelajaran seni dan budaya, Anda sebagai siswa memperluas kesadaran sosial Anda dan dapat berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan pengetahuan Anda. Tujuan mempelajari seni budaya sejalan dengan amanat tujuan pendidikan umum yang luas. Pentingnya budaya dalam kajian seni budaya menunjukkan adanya upaya untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya (kesenian) dari berbagai suku bangsa Indonesia, serta bentuk-bentuk kesenian yang berkembang pesat di belahan dunia lain. Buku Teks Seni Budaya Buku ini merupakan revisi dari Buku Teks Seni Budaya edisi terbaru. Di dalamnya berisi tentang pengetahuan, materi dan metode pembelajaran seni rupa di sekolah. Dengan guru sebagai fasilitator, siswa memiliki kesempatan untuk menjadi orang yang berpengetahuan luas. (aktif, kreatif) dan apresiasi) melalui pengalaman artistik berdasarkan hal-hal yang dekat dengan kehidupan dan dunia Anda. Melalui pendidikan seni dan budaya, Anda harus dapat mempelajari warisan seni dan budaya sebagai bentuk penting dari pencapaian manusia. bentuk seni yang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, warisan budaya dalam komunitas seni budaya iii Mereka yang tumbuh dan berkembang di setiap daerah, maupun di belahan dunia lain yang beragam, diharapkan tumbuh dan berkembang kesadaran akan peran sosial seni dalam masyarakat. Dengan cara ini, Anda menemukan bahwa seni itu bermakna, otentik, dan relevan dengan kehidupan. Upaya penyempurnaan isi dan penyajian buku ini tidak serta merta menjawab kebutuhan situasi dan kondisi pembelajaran seni budaya di negeri ini yang sangat beragam. Jenis materi pelatihan dan penilaian dalam Buku Siswa dan Panduan Belajar dalam Buku Guru tidak bersifat kaku dan tidak dapat digantikan. Anda dapat mendiskusikan materi dan ungkapan buku ini dengan guru Anda, serta memperkaya dan mengembangkannya sesuai dengan situasi dan kondisi kehidupan dan pembelajaran Anda. Singkat kata, upaya tim penulis untuk menyempurnakan buku ini tentu tidak bisa memuaskan semua pihak. Sebagai pengguna dan siswa, saran dan komentar Anda selama belajar seni budaya di sekolah akan sangat membantu dalam perbaikan buku ini di masa mendatang. Kelompok Menulis iv Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Aliran Seni Lukis Beserta Pengertian, Tokoh, Dan Gambarnya Isi Pendahuluan ……………………………………….. …………. …………………………………………… …………. ………….. …. iii Isi tabel …………… …………. ……………………………… ……………………………………….. … …….v Bab 1 Pengkajian karya seni rupa dua dimensi. ………. 1 Peta bahan ………………………… …. ………………………………………. .. …………………… 1 A. Macam-macam karya seni rupa dua dimensi…………. …….8 B. Nilai estetika karya seni rupa dua dimensi………………………. … . . …………………………………………. 10 C. Penciptaan Karya Seni Rupa Dua Dimensi Media Seni Dimensi…………………………….. 14 D. Cipta 2D Seni …………………………………………… .. ………. …………….. …………………………… .. ………. …………… 18 Tes bakat ……………….. ……………………………………………………. . ………………. … ……………………… ……………… 21 orang Nilai.. ……………………… . …………………… … ………………….. . ………………….. 21 Penilaian teman sejawat … ……………… .. ………………………… ………………. … ………… ………….. ……………….. 22 Tugas .. …………………….. …………………………….. … ………………………. ……… ……… …. ……………………………… 24 Hal…. …. …. ……………………………………….. … …. ……………………………………….. … …. …………………….. 24 Ringkasan… …………. …. …. ………………………………………. .. .. …. ………………………………………. …. …. ……….. 24 Refleksi ………. ………………. …. …. ………………………………………. …. …. ………………………………………. …… .. 25 Bab 2 Penilaian Karya Seni 3D ……………………………………….. …… … 26 Peta bahan ……………………………………….. …… …………………. 26 ……………………………………………………… … ……………… ………… …………………………….. 26 A. Jenis, tema dan fungsi dari tiga karya seni dimensi………………………….. 30 B. Nilai estetika karya seni rupa tiga dimensi …. .. ………………………………………. … .. … 38 C. Ciptakan seni tiga dimensi. ………………………………………. .39 Budaya dan seni v Tes bakat …………………………………………… … ………………. ………………………….. .. ………………. ………….. 41 Penilaian individu ………… .. ……………….. ………………………. .. ………………… ……………………… 41 Penilaian teman sejawat. ……………………………………………………… ……………………………………………………… ……………. 42 Ujian Tertulis ………………………… . …………………….. ………………….. . …………………….. …………….. ……. . …………. 44 pekerjaan rumah ……….. …………………… . ……………… …….. ………………….. . …………………….. ………………….. . ………………………… …… 45 Ujian praktek ………. . …………………… ……. ………………. . ………………………… ………………. . … ………………………….. …………. .. …………………. …………. ….. 45 Ringkasan …… .. …………………………………. … ….. .. ……………………………………….. .. .. .. …………………………….. 46 Berpikir…………. . ………………………………………. .. …………………………………………. … ………………………………………. …. ………. …… ………….. 46 Bab 3 Keterampilan Musik Kreatif ………. …. ………………………………………. …. …….. ………. 48 Pemetaan tekstur …………………… ….. ….. ………………………………………. ….. …………. …………………………….. ….. ………. …… …………………………… ….. ……… 48 Motivasi.. … …………………………… ….. ………….. .. ………………………….. …… ……………………………………. 50 Pendahuluan …… ………… …………………………….. ……. ……. ……………………………… …….. … …… …………………….. 51 A. Konsep seni musik kreatif ….. ….. …. …………………………… …….. …….. ………. ……….. 54 B. Jenis-jenis musik kreatif …… …….. …….. .. ………………………….. …….. ………………………………………… ………. ……. …… 59 C. Proses Penciptaan Karya Musik ……………….. ………. …. …. ………………………….. ………… ………………………………………… ………. ……………. …….. 65 Penilaian pembelajaran. ………………………………………. .. ……………………………………79 Evaluasi pribadi .. .. . ……………………………………….. … ….. ………………………………………. … ….. ………………………………………. … ….. …………………………….. 79 Penilaian rekan … …. … .. ………………………………………. ….. …. ………………………… ………. ………. … …………. 81 Ringkasan …………………….. …… … ………………………………………. ……. … …………. …………………….. ….. … ……………. 82 Refleksi …………………… ….. … ………………………………….. ……… .. ……………………. .. ………… ……… ….. …………………….. 84 vi Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 Bab Empat Analisis Seni Musik ………………………………………. .. …… ………………………………………. 85 Pemetaan tekstur… … ……………………………………….. ……. ………………………………………. ………………. ………………………… . ……………… …………. 85 Pendahuluan……………. . ……………… ………………………… .. ………………………. ………… .. .. ……….. 87 A. Implikasi Proses Penciptaan Musik …….. ………………… .. ………………………………………… ………… .. …………………………. …… 88 B. Notasi musik …… .. ………………………………………. …. …… ………………………………………. …. …… ………….. ………. 92 C. Nilai estetika musik …….. …. …… ………………………………………. …. ……………… ……………………….. …. ……………… ………. ……………… …. …………. 110 Penciptaan musik dan seni …………………….. …. ……………. .. ………………………. …. ……………… ……………………….. …. ..114 Tugas kreatif ………….. ……………. ………. ….. ……………… ……………………… ….. … ………. 115 Pekerjaan rumah …. …………………….. ….. ………………. …………………….. ….. ……………………… ……………… ….. ……………………… ……………… ….. …… 117 Penilaian pembelajaran ………….. .. ………………. ….. …………………… …………………………….. ….. …………………………………. ………………. …… ……. 119 Evaluasi pribadi. ………………………………………. .. ………. …………………………….. 119 Penilaian rekan . . ………………………………………. .. … ………………………………………. ………. .. .. ….. 121 Ringkasan ……………………………….. … …… ………………………………………. …. ……………. …………………… … 123 Refleksi … …. ……………. ………………………… …. … …………. ………………………… …. ……………. ….. 124 Bab 5 Manajemen pertunjukan tari.. .. … ………………………………………. ….. ……125 Pemetaan tekstur. ………………………………………. ………………. ………………………………………. ….. ………………………………………. .. …………………… ………. 125 A. Pengertian manajemen pertunjukan tari ….. .. .. ………………………………………. . ….. .. ………………………………………. …… ……… … 126 B. Prinsip-prinsip pengelolaan pertunjukan tari …………………… …….. .. ……………… ….. 129 C. Fungsi manajemen pertunjukan tari ……… ………. .. .. …………………………….. …………. ……….. 131 D. Pembentukan Komisi Tafsir Tari ……….. ….. .. ………… ………………………… 132 Penilaian pembelajaran .. . ………… …………………………………. …. …………. ………………………………………. …………. …………. ……………. 133 Penilaian individu ….. …………. ……………………………… …………. …………………….. …. 133 Budaya dan seni VII Penilaian sejawat ………………………………………… … ………………. ………………………….. .. ………………. …….. 135 Ringkasan .. …………….. .. ………………. …………………………… ……………………………………………………. . …………………….. ……… ………….. ………………. 136 Refleksi …… ………………….. ………………………………………. …………… ………………………… …….. ………….. ………………………………………. …………… ……….. ………. 137 Bab 6 Konsep Karya Pertunjukan Tari ……. ………… .. ……….. 138 Pemetaan tekstur ……………… …………… … ………………………………………. ……. …. …………. 138 A. Proses pengerjaan gerak kreatif tari ………….. ……. ….. ………………… .. 139 B. Pemilihan stilisasi dan gerakan. ………………………………………. .. ………………………………………. …. 141 C. Improvisasi dalam tari … ………………………………………. …. ………………………………………. .. … ……………………… 144 D. Konsep Panggung ………… . ….. ………………………………………. . … 144 . ………………………………………. .. … ………………. ………. 148 Penilaian pembelajaran ………… .. … ………………………………………. .. … …………… . ….. 153 Evaluasi pribadi ………………………………………. ………………………… ……………….. …………………… …….. .. 153 Peer Assessment ………… . ………………………… …………….. .. ………………………………………. …. ………. 154 Ringkasan ………. …….. ……………. …. ………………………………………. …… ……………………………… …….. 156 Refleksi …. ………………………….. ….. …….. ….. ………………………………………. …………. ……………………………………. .. ….. …. 156 Bab 7 Teater… ………………………….. .. ….. ………………………………….. .. .. ….. ……………………………………. .. ….. ….. ………………. 157 Pemetaan tekstur ……………. . …… ……………………. ….. ……………………………… …… ……………… ………………………… 158 A. Penciptaan teater konseptual………………………….. …….. …………………………………………. ……… …………………………… …… 158 B. Keterampilan Penyampaian Gagasan … .. ………………………………………. ….. ….. …………………………………………. …………. ……. ………. 159 C. Program kerja teater kontemporer ……….. .. …………. ………………………………………. .. …………. … 161 D. Menulis naskah drama………………………….. .. ……….. ………………………………………. .. . ………. 162 E. Analisis naskah drama ………………………….. …………………………………………. . …………. 164 viii Kelas 12 SMA/MA /SMK/ Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi: Jenis, Pengertian, Dan Fungsi Kliping karya seni rupa, karya seni rupa lukisan, hasil karya seni rupa, karya seni rupa montase, pameran karya seni rupa, karya seni rupa keramik, karya seni rupa batik, karya seni rupa patung, karya seni rupa kontemporer, karya seni rupa unik, karya seni rupa murni, jenis karya seni rupa News