July 8, 2024 Pengangkatan Paha Yang Benar Saat Lari Jarak Pendek Adalah Pengangkatan Paha Yang Benar Saat Lari Jarak Pendek Adalah – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) 141 Tingkat Pembelajaran (1) Perhatikan contoh aktivitas jasmani yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.15. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus mengangkat paha. 3. Kegiatan pembelajaran gerak Respon cepat Dimulai dari posisi duduk Langkah-langkah pembelajaran (1) Perhatikan contoh kegiatan gerak guru dan lihat Gambar 3.16. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan. Gambar 3.16 Gerakan respon cepat dimulai dari posisi duduk. 12 Pengangkatan Paha Yang Benar Saat Lari Jarak Pendek Adalah 142 Kelas VIII SMP/MT 4. Kegiatan Pembelajaran Gerakan Respon Cepat Dimulai dari Langkah Pembelajaran Push Level (1) Perhatikan contoh guru yang menunjukkan aktivitas gerak dan lihat Gambar 3.17. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan. 5. Kegiatan belajar gerak Dimulai dari posisi jongkok dengan keseimbangan Gambar 3.17 Soal respon cepat dimulai dari posisi push up. 1 2 Gambar 3.18 Memulai gerakan dari posisi jongkok dengan hitungan. 423 1 Docx) Makalah Olahraga Lari Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) 143 Tingkat Pembelajaran (1) Perhatikan contoh aktivitas jasmani guru dan lihat Gambar 3.18. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan. Standar 1: Berdiri tegak menghadap balok start atau arah gerak, lengan berdiri di samping badan, menghadap ke depan, jarak lari 10-15 meter, dilakukan secara berkelompok. Hitungan 2: Jongkok, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang (beristirahat saat start), kedua tangan dengan ibu jari dan telunjuk bertumpu pada satu garis, menghadap ke depan. Ukur 3: pinggul diangkat dengan kedua lutut terangkat, pinggul lebih tinggi dari bahu, pandangan ke depan. Hitungan 4 : Kaki belakang terayun ke depan dengan lutut ditekuk, sedangkan lengan kiri terayun ke depan, kaki kiri menahan balok start. 6. Menyelesaikan Kegiatan Pembelajaran Gerak Diawali dengan Posisi Belajar Berlari (1) Perhatikan contoh peragaan latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.19, (2) Lakukan sebagai contoh peragaan. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan maju tempat tidur. Gambar 3.19 Perilaku akhir mulai berjalan. Selesaikan gerakan 1 2 3 144 Kelas VIII SMP/MTs Dalam pembelajaran penilaian dapat dilakukan oleh teman sebaya (peer teaching) atau sendiri (self-assessment), dengan pengamatan sebagai berikut: (1) Kerjasama sambil terus belajar (2) Ia dapat bergerak. (3) Kemampuan mendarat dengan berjalan kaki. (4) Dia bisa menggerakkan pinggulnya. (5) Dapat melakukan posisi fisik dan (6) Tanggung jawab. Kriterianya adalah: (a) 4 = selalu, jika melakukan gerakan yang sama. (b) 3 = sering, bila sering dilakukan sesuai gerak dan kadang tidak. (c) 2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang saya lakukan dan sering kali tidak. (d) 1 = tidak pernah apabila belum pernah mengerjakan Contoh No Nama Siswa Indikator yang Biasa Dilihat. Penilaian Keterangan Koordinasi saat berlari Dapat melakukan gerakan awal Dapat melakukan gerakan pendaratan kaki Dapat melakukan gerakan tangan Dapat melakukan gerakan badan Bertanggung jawab 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 20 Sangat Baik 2 B 3 C 4 D 5 E 6 F Nilai Total Tertinggi = 24 Pedoman Penilaian: Anda akan mendapat nilai: Sangat Baik: Jika Anda mendapat nilai 16 – 24 Baik: jika Anda mendapat nilai 11 – 15 Baik jika Anda mendapat poin – turun: jika Anda mendapat 1-6 poin Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) 145 Pembelajaran Olah Raga Melalui Lompat A. Gerakan Tertentu Lompat Jauh 1. Awalan Gerakan Tertentu Dilakukan dengan berlari cepat menuju lapangan tanpa mengubah kecepatan dan langkah bila tidak bertumpu pada kaki. Langkah-langkah pembelajaran (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.20. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada telapak kaki. 2. Ketegangan khusus Pada saat titik tumpu menolak kaki, posisi badan dipertahankan lebih lama, barisan tumpuan menahan kaki, dimulai dari tumit, telapak kaki berlanjut ke ujung kaki, gerakan memutar kaki belakang ke depan. dan ke atas secara bersamaan dengan kedua tangan terayun ke depan dan ke atas. Langkah-langkah pembelajaran (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.21. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan ke atas. Gambar 3.20 Berlari secepat mungkin menuju taman bermain 146 SMP/MT Kelas VIII 3. Latihan Khusus Saat di tanah, badan bersandar ke belakang, tangan dekat telinga, dan kaki hampir menempel di belakang badan. Langkah-langkah pembelajaran (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.22. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada gerakan di udara. Gambar 3.21 Rotasi Khas Gambar 3. Gerak Udara Khusus Cara Melakukan Lari Jarak Pendek Yang Benar Beserta Tekniknya Lengkap Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) 147 4. Gerakan khusus mendarat Dari udara, kedua tangan direntangkan ke depan, kedua lutut dan badan dimajukan, ketika kedua kaki akan menyentuh titik pendaratan, kedua tangan direntangkan ke depan membiarkan keduanya turun. tumit terlebih dahulu, saat kedua kaki terjatuh kedua lutut berguling dan berat badan bergerak ke depan. Langkah-langkah pembelajaran (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.23. (2) Lakukan seperti contoh demo. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada pendaratan dengan kaki dan lutut berputar. B. Keanekaragaman dan kombinasi kegiatan gerak tertentu Lompat jauh Tujuan pembelajaran keberagaman dan kombinasi kelompok tertentu tersebut adalah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, penanaman nilai latihan, menghargai keberagaman dan tanggung jawab. Berikut tutorialnya: Gambar 3.23 Roda pendaratan khusus Sehingga kaki pelari mendarat pada pelari Gambar 3.24 Fokus pada kecepatan langkah Gambar 3.25 Fokus pada kecepatan langkah. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) 149 Langkah Pembelajaran (1) Perhatikan contoh gerak guru dan perhatikan Gambar 3.25. (2) Lakukan seperti yang ditunjukkan pada contoh. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada kecepatan langkah. 3. Kegiatan pembelajaran menolak masuk tahapan pembelajaran kotak (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.26. (2) Lakukan seperti yang ditunjukkan pada contoh. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada kecepatan langkah. 4. Kegiatan edukasi penyeberangan lintas bangku Gambar 3.26 Penyeberangan rangka silang Gambar 3.27 Penyeberangan rangka silang. 150 Tingkat Pembelajaran SD VIII SMP/MT (1) Perhatikan contoh latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.27. (2) Lakukan seperti yang ditunjukkan pada contoh. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada kecepatan langkah. 5. Kegiatan Pembelajaran Lompat ke udara dari atas Kotak Senam dan turun di atas Step Learning Mat/Jump Tub (1) Perhatikan contoh peragaan latihan yang dilakukan guru dan lihat Gambar 3.28. (2) Lakukan seperti yang ditunjukkan pada contoh. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan latihan yang dilakukan guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokus pada sikap Anda di udara dan mendarat. Gambar 3.28 Lepas landas di udara dari atas kotak latihan dan mendarat di matras lompat. Penjasorkes Kelas 10 Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) 151 6. Kegiatan Latihan Kinetik Khusus Gerakan Langkah Pembelajaran Lompat Lompat Lompat Lompat (1) Amati contoh demonstrasi guru terhadap aktivitas gerak dan lihat Gambar 3.29. (2) Lakukan seperti yang ditunjukkan pada contoh. (3) Rasakan saat melakukan gerakan, bandingkan gerakan yang dilakukan dengan contoh aktivitas gerakan dari guru. (4) Gerakan manakah yang mudah dilakukan? (5) Fokuskan perhatian Perlengkapan lari jarak pendek, lari jarak pendek menengah jauh, lari jarak menengah adalah, lari jarak pendek menggunakan, teknik lari jarak pendek yang benar, start untuk lari jarak pendek, pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak jauh menggunakan, paha gatal saat lari pagi, sebutkan nomor lari jarak pendek, sepatu lari jarak pendek, lari jarak pendek adalah, lari jarak jauh adalah News