April 21, 2024 Teks Eksposisi Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia Teks Eksposisi Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia – Apakah kamu suka buku ini? Publikasikan buku Anda secara online gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri Paragraf Penjelasan Gagasan Pokok 5. Oleh karena itu, sikap damai dari manusia akan memungkinkan mereka untuk melakukan perubahan lingkungan hidup demi kenyamanan. Oleh karena itu, upaya manusia untuk menghindari akibat kerusakan lingkungan tidak harus selalu dipahami sebagai kenyamanan belaka. Namun, kesempatan ini menjadi titik awal perubahan. Perubahan yang dapat mencegah dan meminimalkan efek utama. 6. Salah satu penyebab utama degradasi lingkungan adalah perubahan persepsi manusia terhadap alam. Berbagai fakta perusakan lingkungan yang terjadi di negeri ini merupakan akibat dari perubahan persepsi manusia terhadap alam. Sikap ini mengarah pada tindakan yang salah dan berbahaya. Misalnya, konsep alam sebagai objek. Gagasan ini menyiratkan bahwa orang akan menggunakan alam sesuai keinginan mereka. Terlepas dari tanggung jawab untuk menjaga alam dalam keutuhan dan kelestariannya, perilaku dan aktivitas manusia dalam eksplorasi alam tetap berlangsung. 7. Oleh karena itu, alam adalah sesuatu yang terus dieksploitasi dan digunakan manusia. Banyak hewan yang seharusnya dilindungi menjadi korban perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab. Penebangan liar tidak bisa lagi dihentikan. Pencemaran tanah dan air menjadi kebiasaan yang masih bertahan. Polusi udara tidak diketahui mengandung racun berbahaya. Bahasa Indonesia 83 Teks Eksposisi Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia Paragraf Penjelas Gagasan Pokok 8. Berdasarkan fakta tersebut, diperlukan perubahan gagasan baru. Idenya adalah untuk melihat alam sebagai subjek. Konsep alam sebagai subjek berarti manusia membutuhkan kesadaran dan tanggung jawab dalam memanfaatkan alam. Di sini manusia harus dapat menghargai dan memanfaatkan alam secara efektif dan bijak dalam kehidupannya. Misalnya, orang berdosa memandang alam sebagai ibu pemberi kehidupan. Artinya, alam dipandang sebagai ibu yang darinya manusia dapat memperoleh kehidupan. Oleh karena itu, tindakan merusak lingkungan secara tidak langsung menghancurkan kehidupan itu sendiri. C. Meneliti struktur dan bahasa teks ekspositori Eng 1 Mengungkapkan struktur teks ekspositori. Eng 2 Membandingkan bahasa dua teks ekspositori. Proses pembelajaran C Kegiatan 1 Mengekspos struktur teks ekspositori Teks ekspositori adalah teks yang tersusun atas komentar atau pendapat. Sesuai dengan isi teks ekspositori, struktur teks ekspositori meliputi (a) tesis atau pernyataan pendapat, (b) argumen, dan (c) pengulangan. Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian awal dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi pendapat umum penulis tentang masalah yang diangkat dalam teks yang diekspos. Argumen adalah unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disajikan. Argumen dapat berupa alasan logis, temuan data, fakta dan pernyataan ahli. Argumen yang baik harus dapat mendukung poin yang dibuat oleh penulis atau pembicara. 84 Buku Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10 Gpzp Pages 1 50 Bagian terakhir bertujuan untuk menegaskan pendapat awal dan menambahkan rekomendasi atau saran terhadap isu yang diangkat. Instruksi untuk guru Untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa lebih lanjut, guru dapat melakukannya dengan cara deduktif atau induktif. Presentasi Guru dapat melakukan pembelajaran deduktif dengan terlebih dahulu menjelaskan struktur teks dan menyampaikan materi tentang strukturnya. Para siswa kemudian diajak untuk menganalisis bersama struktur perkembangan teks dan bencana lingkungan. Guru dapat melaksanakan pembelajaran induktif dengan cara langsung mengajak siswa membaca contoh analisis struktur teks ekspositori (lihat kolom Analisis Struktur Teks), kemudian mengajak siswa mendiskusikan setiap bagian dari struktur teks ekspositori. sebenarnya berisi Siswa akan belajar mengidentifikasi struktur teks ekspositori berikut tentang pembangunan dan bencana lingkungan. Tesis/Pernyataan Saat ini bumi sedang menghadapi masalah lingkungan yang sangat serius. Enam masalah lingkungan utama adalah ledakan populasi, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, perusakan ekosistem alam, peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari sini bisa dibayangkan bagaimana alam telah rusak karena jumlah penduduk yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, ketika teknologi saat ini tidak mampu menyelesaikan masalah ini. Para ahli berpendapat menyimpulkan bahwa permasalahan tersebut disebabkan oleh praktek-praktek pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian alam atau biasa disebut dengan pembangunan berkelanjutan. Gagasan pembangunan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan tetap memperhatikan kebutuhan generasi yang akan datang. Bahasa Indonesia 85 Argumen Pada saat itu, penerapan konsep pembangunan berkelanjutan masih jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Misalnya, diperkirakan 3.180.243 hektar hutan (atau 50 kali luas Jakarta) ditebang setiap tahun di negara kita. Kemudian menyusul kepunahan flora dan fauna langka. Fakta ini jelas menunjukkan perusakan alam yang terjadi saat ini dan bencana selanjutnya bagi manusia. Pembahasan Tahun 2005-2006 terjadi 330 banjir, 69 tanah longsor, 7 gunung meletus, 241 gempa bumi dan 13 tsunami. Tanah longsor dan banjir disebabkan oleh penggundulan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam. Argumen Bencana alam lain yang menimbulkan korban dalam jumlah besar disebabkan oleh praktik pembangunan yang dilakukan tanpa mempertimbangkan risikonya. Misalnya, banjir di Jakarta pada Februari 2007 dapat dipahami sebagai dampak pembangunan perkotaan yang mengabaikan degradasi lingkungan dan bencana alam. Menurut sekelompok ahli dari Puslitbang Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta adalah pembangunan perkotaan yang mengabaikan fungsi daerah resapan dan daerah aliran sungai. Hal ini diperparah dengan saluran air kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta penumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, hujan deras menyebabkan banjir yang tak terhindarkan. Penegasan Kembali dan Rekomendasi Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang perlu segera diatasi. Meski tidak mungkin mengatasi enam masalah utama lingkungan, setidaknya harus dicarikan solusi agar kondisi negara tidak semakin memburuk. 86 Buku Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10 Petunjuk struktur teks eksposisi guru Untuk menguji penguasaan siswa terhadap materi, guru membagi siswa ke dalam kelompok untuk menganalisis struktur pelajaran tentang upaya pelestarian lingkungan. Waktu yang diberikan sekitar 20 menit. Setelah selesai, guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya ke dalam diskusi kelas dan meminta kelompok lain untuk menanggapi. Di akhir diskusi, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan tentang struktur teks eksplanasi dan isi dari setiap bagian struktur tersebut. Contoh Jawaban Soal 1 Upaya Perlindungan Lingkungan Analisis Struktur Teks. Tesis / pendapat selalu mengemuka ketika menyangkut topik lingkungan. Peristiwa demi peristiwa yang dialami di negara itu berdampak besar. Kerugian, termasuk nyawa manusia, tidak sedikit. Namun, pertanyaannya adalah, apakah pengalaman ini cukup untuk membangunkan seseorang? Atau apakah orang merasa lebih nyaman menghindari dan menyelamatkan diri tanpa memberikan solusi yang lebih baik dan lebih tepat? Orang harus melakukan banyak upaya untuk melindungi lingkungan. Upaya yang dimaksud meliputi upaya rekonsiliasi, mengubah persepsi atau pemahaman tentang alam, dan menumbuhkan budaya konservasi. Bahasa Indonesia 87 Proses Pembelajaran C Kegiatan 2 Membandingkan linguistik dua teks ekspositori Teks ekspositori menggunakan banyak istilah sesuai dengan bidang masalah yang dibahas. Penggunaan kata-kata ini membantu memperkuat gagasan yang disampaikan oleh penulis atau pembicara. Instruksi untuk guru Guru mengarahkan siswa untuk mencari arti kata-kata dalam teks eksplanasi. Istilah adalah kata atau gabungan dari kata-kata yang secara akurat mengungkapkan arti dari suatu konsep, proses, kondisi, atau karakteristik dalam suatu bidang tertentu. Dalam pemodelan, guru membimbing siswa untuk mencari arti kata dalam teks menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cetak dan soft copy KBBI. Guru dapat menugaskan siswa untuk membuat contoh kalimat menggunakan kata-kata tersebut secara lisan selama proses pembelajaran. Tugas yang tersedia di bagian ini dapat diubah menjadi tugas individu dalam bentuk pekerjaan rumah. Contoh jawaban tugas 1 dapat dilihat pada pelajaran Kata dan Maknanya Pembangunan, Bencana Lingkungan dan Upaya Perlindungan Lingkungan. No Istilah Arti 1. Pencemaran (air, udara, dll); Polusi: 2. Tempat tinggal 1. Tempat tinggal biasa seseorang atau sekelompok orang; 2. bio Tempat hidup organisme tertentu; habitat alami (untuk tanaman dan hewan); lingkungan kehidupan nyata; 3. Geo Tempat di mana tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia hidup atau hidup dalam kondisi tertentu di permukaan bumi; 88 Buku Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10 Menyusun Ulang Gagasan Ke Dalam Teks Eksposisi 3. Perubahan iklim Perubahan jangka panjang dalam distribusi pola cuaca yang signifikan secara statistik selama periode dekade hingga jutaan tahun. Istilah ini dapat berarti perubahan iklim rata-rata atau perubahan distribusi kejadian cuaca rata-rata. Misalnya, jumlah kejadian cuaca ekstrem bertambah atau berkurang. 4. Waktu Waktu rata-rata di suatu lokasi di Bumi atau planet lain dalam jangka waktu yang lama. 5. Fauna Dunia binatang secara keseluruhan dalam suatu ekosistem, wilayah atau lapisan geologi tertentu; kehidupan binatang 6. Tumbuh-tumbuhan Semua tumbuhan yang hidup dalam suatu ekosistem, wilayah atau lapisan geologi tertentu; Sifat tumbuhan. 7. Saluran Drainase 8. Solusi Penyelesaian/Pemecahan Masalah 9. DAS Air yang memasuki zona saturasi air dari bawah permukaan membentuk aliran air bawah permukaan yang mengalir ke daerah dataran rendah. CONTOH JAWABAN NO. पडावाली अर्था 1. अनुरान्जना वेर्ट्क/अविष्टी क े लिए देखें 3. Efek, konsekuensi, pengaruh 4. Konsep abstrak atau pemahaman dari peristiwa konkrit. 5. indikasi 6. TINDAK LANJUT ்குக்குக்குக்கு 7. toksin, zat beracun yang dibentuk dan dikeluarkan oleh organisme yang menyebabkan kerusakan radikal pada struktur atau fisiologi, Teks eksposisi bahasa inggris, teks eksposisi adalah, soal teks eksposisi, teks eksposisi bahasa jawa, teks eksposisi gamelan, penyebab utama kerusakan ginjal, contoh teks eksposisi tentang kerusakan lingkungan, contoh teks eksposisi, teks eksposisi tentang alam, teks eksposisi identifikasi, ciri ciri teks eksposisi, pengertian teks eksposisi News