December 22, 2023 Contoh Teori Humanistik Contoh Teori Humanistik – Abraham Maslow adalah pelopor dalam pendekatan ini. Menurutnya, manusia itu baik dan mulia serta memiliki keinginan yang nyata untuk realisasi diri. Pendekatan Abraham Maslow digunakan untuk menganalisis kebutuhan manusia untuk mencapai aktualisasi diri. Mahmud Nazar Mohammad (2001: 276-277) menjelaskan bahwa individu perlu mengetahui bahwa manusia berjuang untuk mencapai sesuatu yang lebih besar atau lebih berarti bagi dirinya sendiri. Menurut Maslow, seseorang akan berusaha atau menyerahkan apa yang dapat dicapainya dari tingkat hirarki yang paling rendah sampai yang paling tinggi.Menurut para psikolog humanistik, hakikat manusia pada hakekatnya adalah mulia dan baik. Setiap orang ingin belajar dan menimba ilmu. Setiap orang akan berkembang secara normal jika lingkungannya cocok. Setiap orang akan bekerja di lingkungannya sendiri dan akan bebas menentukan pilihan. Penelitian oleh psikolog humanistik menunjukkan bahwa pembelajaran manusia bergantung pada emosi dan perasaan satu sama lain. Contoh Teori Humanistik Selain itu, pendekatan pendidikan humanistik menekankan individualitas setiap individu dan intrinsik dan motivasi diri individu, menekankan bahwa pandangan, pengalaman, dan cara belajar setiap orang berbeda. Secara umum, pendekatan humanistik adalah tentang pendekatan yang holistik dan berpusat pada siswa. Pengertian Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Pembelajaran Menurut teori humanis, tujuan belajar adalah memanusiakan manusia. Proses pembelajaran dianggap berhasil jika siswa memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Dalam proses pembelajaran, siswa harus berusaha untuk dapat mencapai realisasi diri secepat mungkin. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelaku, bukan dari sudut pandang pengamat. Tujuan utama pendidik adalah membantu peserta didik mengembangkan dirinya, yaitu membantu individu mengenal dirinya sebagai manusia yang unik dan membantunya mewujudkan potensi dirinya. Pakar humanistik melihat dua bagian dari proses belajar, yaitu: Tokoh-tokoh terpenting dalam teori belajar humanistik antara lain: Arthur W. Combs, Abraham Maslow dan Carl Rogers. Bersama Donald Schnigg (1904-1967) ia banyak melakukan studi di dunia pendidikan. Uang adalah konsep dasar yang sering digunakan. Pembelajaran terjadi ketika sebuah konsep secara tidak langsung masuk akal bagi seseorang. Guru tidak boleh memaksa siswa untuk mempelajari hal-hal yang tidak mereka sukai atau hal-hal yang tidak relevan dengan kehidupan mereka. Siswa yang tidak menyukai mata pelajaran seperti matematika atau sejarah tidak pintar, mereka enggan dan terpaksa, dan mereka merasa tidak ada alasan khusus untuk mempelajarinya. Karena tidak memberikan kepuasan bagi yang melakukan perilaku tersebut. Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa By Pedagogik Untuk itu, guru harus memahami perilaku siswa dengan berusaha memahami dunia persepsi siswa, sehingga ketika ingin mengubah perilakunya, guru harus berusaha mengubah keyakinan atau sikap yang ada. Perilaku internal membedakan satu orang dari yang lain. Coombs mengatakan banyak guru membuat kesalahan dengan berpikir bahwa siswa ingin belajar ketika konten terstruktur dan diajarkan. Namun, maknanya tidak sesuai dengan penguasaan pelajaran. Oleh karena itu penting bagaimana siswa dapat memperoleh makna pribadi dari menguasai subjek dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Sisir memberikan gambaran tentang persepsi seseorang tentang dirinya dan dunia yang berpusat pada salah satu dari dua lingkaran (besar dan kecil). Lingkaran kecil (1) adalah representasi persepsi diri dan lingkaran besar (2) adalah persepsi dunia. Semakin banyak peristiwa ini dirasakan, semakin sedikit pengaruhnya terhadap perilaku mereka. Jadi hal-hal yang sedikit berhubungan dengan diri sendiri, semakin mudah untuk dilupakan. Setiap orang memiliki perasaan takut yang berbeda-beda, seperti takut mencoba atau berkembang, takut dimanfaatkan, takut mempertaruhkan apa yang sudah dimilikinya, dll, namun di sisi lain, seseorang juga memiliki keinginan untuk bergerak. menuju keutuhan, menuju individualitas, menuju berfungsinya semua kemampuan, menuju dunia luar, menuju kepercayaan diri dan, pada saat yang sama, dapat menerima dirinya sendiri. Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi tujuh kategori. Ketika seseorang mampu memenuhi kebutuhan dasar seperti kebutuhan fisiologis, ia mungkin menginginkan kebutuhan yang lebih tinggi seperti kebutuhan akan rasa aman dan sebagainya. Hierarki kebutuhan manusia Maslow memiliki implikasi penting yang harus dipertimbangkan guru ketika mengajar siswa. Ia mengatakan, perhatian dan motivasi belajar ini bisa berkembang jika kebutuhan dasar siswa tidak terpenuhi. Teori Belajar Humanisme Dan Tahap Tahapnya ยป Maglearning.id Carl Rogers lahir pada 8 Januari 1902 di Oak Park, Chicago, Illinois, anak keempat dari enam bersaudara. Rogers awalnya adalah pionir di bidang agama, namun akhirnya pindah ke bidang psikologi. Ia belajar psikologi klinis di Universitas Columbia dan menerima gelar doktor pada tahun 1931, sebelum mengarahkan pekerjaan Rochester Society for the Prevention of Child Abuse. Ia menerima gelar mengajar dari Ohio State pada tahun 1960. Pada tahun 1942, ia menulis buku pertamanya, Counseling and Psychotherapy, dan secara bertahap mengembangkan konsep terapi yang berpusat pada klien. Guru menghubungkan pengetahuan akademik dengan pengetahuan terapan, misalnya seseorang belajar tentang mesin untuk memperbaiki mobil. Experiential learning mengacu pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan siswa. Kualitas pembelajaran pengalaman meliputi: keterlibatan pribadi siswa, inisiatif, evaluasi diri siswa, serta dampak yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu, belajar mengakomodir kepentingan mereka akan lebih mudah ketika ancaman dari luar minimal. Oleh karena itu, pembelajaran yang diterima siswa melalui usahanya sendiri lebih langgeng dan bermakna. Sikap inkuiri terbuka yang tinggi dalam diri individu dapat mendorong sifat konfirmasi untuk memperoleh pengetahuan secara lebih efektif Pdf) Teori Humanistik Sharif adalah siswa kelas lima yang tidak mendapat kasih sayang dari orang tuanya dan selalu dicabut haknya oleh saudara-saudaranya yang lain. Situasi ini membuat Syarif kesepian dan kurang percaya diri dalam belajar. Salah satu model pembelajaran terbuka adalah gagasan mengajar guru yang tampaknya benar, seperti halnya model yang diteliti oleh Rogers and Aspie dan Roebuck pada tahun 1975 tentang kemampuan guru menciptakan situasi yang mendukung yaitu empati. , pengertian dan positif. Umpan Balik Ciri-ciri seorang guru yang efektif adalah: Penelitian menunjukkan bahwa guru yang berhasil mengurangi jumlah hasil siswa, yang meningkatkan konsep diri siswa, yang lebih menyukai mata pelajaran bahasa dan matematika, lebih menyukai prestasi akademik dengan nilai yang disukai. Ikatan disiplin akan berkurang dan siswa akan lebih spontan dan menggunakan pemikiran tingkat tinggi. atas Judul presentasi: “Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya untuk Belajar Mengajar Teori Pembelajaran Pengolahan Informasi dan Implikasinya untuk Mengajar.”- Transcript presentasi: TEORI BELAJAR PENGOLAHAN INFORMASI DAN IMPLIKASINYA DALAM BELAJAR BELAJAR Disusun oleh : Antasha Liu Xin Hui Guru Besar Nama : DR.Hj. Sajab bin Maswan Abraham Maslow: Bapak Psikologi Humanistik Individu yang percaya diri bertindak sesuai dengan kebutuhan, motivasi, minat dan nilai sebagai faktor pembelajaran relasional dan penerimaan teman sebaya sebagai situasi belajar. Kembangkan kemampuan untuk mengambil tanggung jawab untuk belajar Kembangkan kreativitas dan pemikiran yang berbeda Carilah rasa ingin tahu dan eksplorasi. Mengembangkan kecenderungan artistik dan spiritual Lingkungan yang tidak mengancam di mana rasa kerja evaluasi diri siswa sama pentingnya dengan informasi setelah mencapai tingkat pencapaian tertentu, menekankan proses pembelajaran. 7 Teori Carl Rogers percaya bahwa orang termotivasi untuk mencapai kualitas manusia yang sempurna. Penekanan pada hubungan pribadi antara guru sebagai fasilitator Kebijakan terbuka, penerimaan hidup apa adanya. Memercayai pikiran dan perasaan sendiri Menghargai kemandirian Berpartisipasi dalam kegiatan kreatif dan sosial Guru mengajar dengan membimbing pembelajaran daripada mengancam siswa Contoh Dan Pengertian Teori Belajar Menurut Para Ahli (Purely academic learning) Experiential Learning Learning (melibatkan penerapan pengetahuan) Experiential Learning Theory (Experiential Learning) Pembelajaran melalui proses melibatkan siswa secara aktif Siswa dapat mandiri dan bekerja sama untuk bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri Contoh: menjahit, memperbaiki sepeda motor Menciptakan klasifikasi kebutuhan manusia Memuaskan kebutuhan fisiologis dan psikologis, sehingga individu membagi kebutuhan manusia potensialnya menjadi dua kategori. Kebutuhan Pembangunan Kebutuhan Estetika Prestasi Intelektual Kebutuhan Penghargaan Kebutuhan Kelangkaan Kebutuhan Cinta Kebutuhan Keamanan Kebutuhan Fisiologis Guru harus menerima setiap siswa tanpa syarat. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memilih tugas dan kegiatan belajar. Membantu siswa menetapkan tujuan yang realistis. Pelibatan guru sebagai panutan dalam kegiatan kelompok siswa. Kepribadian Menurut Paradigma Humanistik Menyelenggarakan kegiatan khusus untuk siswa yang lebih lemah Mempercayai siswa Teori humanistik bertujuan: memberikan dasar bagi pengembangan pribadi untuk memungkinkan pembelajaran sepanjang hayat dalam bentuk pembelajaran mandiri. 15 Latar Belakang Video Nama: Murid Tahun Pertama: 11 Jenis Kelamin: Wanita Minat: Suka Menggambar: Kucing Sifat: Pendiam, sulit menyesuaikan diri: 2016/27/30 Mengamati minat siswa (suka menggambar dan kucing) Saat membaca teks di bagian pemahaman, buat daftar kosa kata yang tidak dipahami. Jelaskan arti dari kata tersebut dan mintalah siswa untuk menggambar bayangan dari arti tersebut. Mintalah siswa untuk menjelaskan hubungan antara gambar mereka dan arti kata-kata (memperkuat ingatan). Kerangka kerja yang mencakup persyaratan konten, strategi, dan iklim sosial kelas dapat menciptakan lingkungan belajar bagi siswa. Tindakan Pengajaran Terstruktur (Cetak Biru). Sebuah model pembelajaran untuk pengolahan informasi Resume Teori Belajar Humanistik Dan Sosial Studi diatur, disimpan, dan diambil dari memori. Nantinya, informasi ini bisa digali melalui proses pemulihan. Informasi diproses dan disimpan dalam memori. Informasi adalah masukan yang diterima siswa dari lingkungan belajar. Memperlakukan memori manusia sebagai komputer (model input-output) Mereka terdiri dari penglihatan dan suara. Ini biasanya memakan waktu beberapa detik. Hanya 5-7 item yang dapat disimpan dalam register sensorik sekaligus. Sasaran: Menyaring rangsangan yang masuk dan hanya memproses rangsangan yang relevan pada saat itu (Schraw & McGrudden, 2013) Contoh perilaku: Mengemudi sambil bercakap-cakap Rangsangan yang mencapai register sensorik akan disebarkan ke memori jangka pendek dan dikeluarkan dari sistem. Berada dalam situasi Contoh teori belajar humanistik, teori humanistik, teori humanistik abraham maslow, prinsip teori belajar humanistik, tokoh teori humanistik, teori humanistik adalah, teori belajar humanistik adalah, teori humanistik dalam pendidikan, teori humanistik carl rogers, pertanyaan tentang teori humanistik, jurnal teori belajar humanistik, teori pendidikan humanistik News