November 14, 2023 Tulisen Candrane Raden Gathutkaca Tulisen Candrane Raden Gathutkaca – Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri PELAJARAN 6 BAGIAN-BAGIAN TUBUH KETERAMPILAN DASAR: 3.6 Mengenal, memahami dan mengenal macam-macam gaya bicara (Bahasa Rinengga). ARAH: 3.6.1 Jelaskan arti kata sifat. 3.6.2 Mendeskripsikan tanda-tanda kata sifat. 3.6.3 Jelaskan arti kata panyendhu. 3.6.4 Mendeskripsikan tanda-tanda kata sifat. 3.6.5 Deteksi migrasi. 3.6.6 Mengidentifikasi karakteristik migrasi. 3.6.7 Jelaskan pengertian taman. 3.6.8 Jelaskan keuntungan taman. 3.6.9 Mengidentifikasi kata panjandar, panyandhu, pepindhan dan parikan. KETERAMPILAN UTAMA: Menulis sesuai aturan dan 4.6 Bahasa yang tepat. ARAH: 4.6.1 Tulis teks dengan kata sifat. 4.6.2 Menulis teks dengan tanda baca. 4.6.3 Menulis teks dengan kata transisi. 4.6.4 Menulis teks dengan kata-kata parikan. Kelas Bahasa Tantra 5 di halaman 91 Tulisen Candrane Raden Gathutkaca Pikiran saudaraku Candran. . 5|2 3 2 3 | 5 0 5 | 5 5 5 5 |i 5 si Wi – da – da Can – dra – ne a – dhi – ku 0 3 | 3 3 3 3 | 3 3 .3|2 3 2 3|5 Gambar: 6.1 Bun – der im – pleg im – pleg hem, ka ya nra – da 03 | 3 3 3 3 | 3 3 .3|2 3 2 3|5 Jo – ged bootle hem, ka pen-dha – pa .. i 6 | 5 1 6 | 5 5 2 5 | 3 3 2 2 | 1 | Anggep-e, ini Raden Gathut ka-ca 2. Puri saudara laki-laki saya, disebut Boleng Mata dengan dua mata monyet, berjalan dengan jari seperti Gareng, di kecamatan Angep, istananya adalah Prabu Menakjingga 3. Puri adik saya, namanya Agus Foto 6.2 Bagus Hot Real Boy Basics Gaya Rambut Baru Anggepe Berbau Kecantikan Penyanyi Gambar 6.3 Bahasa Tantra Kelas 5 Halaman 92 Pasinaonan Basa Jawi: Raden Werkudara Setidaknya tiga lagu diputar di atas gambar! 1. Bernyanyilah bersama teman-temanmu! 2. Bisakah anak melihat siapa yang ada di gambar 6.1? 3. Bisakah anak melihat siapa yang ada di gambar 6.2? 4. Apa pendapat Anda tentang Gambar 6.3? Pelajaran 1 Contoh Teks Terpilih Dalam pelajaran ini kita akan membahas bahasa Riningga. Beberapa bahasa dibahas dalam pelajaran ketiga. Apakah anak-anak masih ingat? Ada yang disebut kata Saroja, kata Kamboran, dan kata Pengantar. Dan pelajaran ini akan membahas panyaran, panyendhu, pepindhan dan parikan. Anak kemudian dapat menjelaskan dan mengidentifikasi hal-hal yang disebut panyanda, panyendhu, pepindan dan parikan. Mereka dapat mengatur studi dengan bekerja sama. Anak-anak diharapkan mampu menulis artikel secara mandiri maupun di Rinengga. Simak lirik lagu ini! Gajah – gajah Gambar 6.4 Ya, gajah Mata gajah seperti singa Dua telinga besar. Rinenga adalah bahasa yang indah atau bahasa sastra yang indah karena dinyanyikan/diucapkan atau ditulis. Oleh karena itu, bahasa Rinong disebut juga dengan Rupmakan. Di dalamnya terdapat kata-kata berikut: kamboran, saroja, entar, panyandra, panyendhu, pepindan, parikan, provakanti, puntata, dll. Bahasa yang digunakan dalam penulisan sastra (lagu/puisi/drama/lakon dll) Dalam pelajaran ini kita akan berbicara tentang metafora, metafora, aliterasi dan metafora. Contoh: Kelas Bahasa Tantra 5 di halaman 94 Tidak. Jenis pidato Deskripsi Contoh kalimat 1 Kalimat kata atau frasa yang digunakan satu kali. memuji 2 Frase umos atau frase yang digunakan untuk bertemu/berbicara. 3 Perubahan frase yang digunakan Contohnya adalah membandingkan grain dengan sesuatu yang baru. Dengan demikian. (ulangi, dua kali) 4 Cocokkan kalimat yang berwarna merah ke kanan. Itu tidak menyenangkan, kau merak baju merah. Latihan 1: Revisi Narasi Lirik Berdasarkan puisi dan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut! (1) Apa itu lidah berdenging? (2) Sebutkan jenis bahasanya! (3) Bagaimana dengan Panyanja? (4) Berikan contoh sponsor, sebutkan dua saja! (5) Apa itu Panyendhu? (6) Berikan contoh kata atau frasa, baca hanya dua! (7) Migrasi disebut? (8) Berikan contoh perubahan, sebutkan dua saja! (9) Apa itu Parikan? (10) Berikan satu contoh saja! Latihan 2 Varietas Panyandra, Panyendhu, Pepindhan dan Parikan Setantri di Kelas 5 Halaman 95 A. Beri tanda panah ( ) pada kata-kata di kolom kiri dan bentuk kata yang sesuai di kanan! 1. Ada lubang di daun kembang sepatu, dan seorang anak laki-laki cantik bersandar di tanah yang bergerak 2. Tandanya seperti lembu. 3. Punggungnya kuat. parikan 4. Gandakan bau toilet. 5. Tindakan itu seperti kuas yang menangkap belalang. 6. Cipir tidak berhenti di dekat pohon, melainkan menyusuri pagar. 7. Bibirnya bengkak. 8. Pipinya bengkak. 9. Ringan seperti tudung. 10. Tangannya bengkok. 11. Bumi penuh dengan sampah. 12. Karet itu muda, jangan sampai tua saat masih muda. 13. Rambutnya tumbuh seperti bunga lily. 14. Air kelapa sudah cukup bagi saya. 15. Dia bekerja seperti harimau lapar. Latihan 3: Pengenalan teks jingglengeni. Perhatikan teks di bawah ini! LINTANG PANJER RINA Cinta Ayu Karthika adalah seorang gadis cantik. Kakinya tergelincir. Kulitnya pucat. Di Sinta School, itu benar. Itu fleksibel. Senyum merak. Antena mirip dengan Dewey Sembadra. Senyumnya tentatif. Tampaknya kecantikan saja tidak cukup untuk moralitasnya. Cinta tidak memiliki kekurangan. Sore itu Sinta pergi ke kota bersama ayah dan ibunya. Bayam enak dan lengket. Cinta terasa tenang, Kelas Bahasa Setantri 5 Halaman 96 Tantri Basa Kelas 5 Min1gresik.sch.id Permintaannya. Pak Harjo, ayah Sinta, ingin membeli sepeda baru. Sinta baru saja memenangkan kompetisi musik. Meski lomba musik hanya digelar di sekolah, namun orang tua Sinta bangga. Di zaman sekarang ini, anaknya bisa menjadi penyanyi juara. Perilaku orang-orang di desa itu seperti biji-bijian yang dipertanyakan. Orang pergi ke utara-selatan, timur-barat, mendapatkan kekayaan. Di antara mereka yang mengejar kekayaan adalah seorang anak laki-laki. Sinta sangat kasihan pada bocah yang berhidung bengkok, kaki goyah, tangan bengkok, dan suka mengumpulkan harta dari orang yang lewat. “Daunnya seperti daun kemangi, anak itu sedih karena kebahagiaannya.” Cinta berpikir demikian dan memberikan uangnya kepada anak kecil itu. – Terimakasih bu. kata anak laki-laki itu dan mengambil uang Sinta. Shinta mengangguk dengan senyum manis. A. Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut! 1. Siapa yang berjalan? 2. Mengapa dia pergi? 3. Kemana kamu pergi? 4. Apakah Anda ingin menyapa seseorang yang lewat? 5. Siapa yang dilihat bocah berjalan itu? 6. Bagaimana kondisi anak diketahui? B. Urutkan kata-kata yang dicetak miring dalam teks sesuai dengan jenisnya! Buku bahasa tantra untuk kelas 5 halaman 97 Panyendhu pepindan parikan Pelajaran 2 Bekerja sama Dalam pelajaran ini, anak-anak diminta untuk melihat teks sehingga mereka dapat membedakan antara kata panyendhu, panyendhu, pepindan dan parikan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok untuk menanamkan semangat semangat belajar. Kelas Bahasa Tantra 5 ada di halaman 98 Bacalah berikut ini dengan seksama! PANGAH SENG mengemudi sebelum Awan memasuki lapangan. Anak-anak bahkan tidak menyadari betapa panasnya mereka saat telanjang. Beteke ingin segera bertemu Badrun. Bahkan, Bima dan teman satu RT-nya, RT Badrun bermain sepak bola bersama anak laki-laki. Bagaimana dengan teman Bima, teman Badrun? Teman-teman non-gamingnya mengikutinya. Sepertinya tidak ada istirahat. Benar bahwa satu kelompok dipegang oleh dua puluh anak, dan perilaku anak-anak itu seperti ekor ular. Mereka semua berlari menuju garis finis. Tepuk tangan orang-orang seperti batu bata yang jatuh. Pelarian masih bisa tersenyum dan tertawa. Pertandingan sepak bola Bima mampu mengalahkan pemain pertama Badrun dengan skor 1 – 3. Sang penakluk senang menerima gunung emas itu, tapi sang penakluk Badrun tidak sedih. Hanya jiwanya yang menangis. Kakinya gemetar. Kaki teman Badrun juga membentur tanah. Seolah-olah dia kehilangan lidahnya. Beritanya luar biasa. Jika pasukan Badrun kalah telak, situasinya seperti ketimun melawan Duran. Beli segel, pot akan terisi, dan musuh besar akan dihancurkan. Kemudian pengamat menjawab Badrun. Sendirian di ladang, Bima senang memenangkan sepak bola. Nah, sudah larut, para pemain sepak bola senang, dan penonton senang. Latihan 1: Review Bacaan Setelah membaca bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut secara berkelompok dengan temanmu! 1. Sore itu Bima dan temannya, apa kabar? Kelas Bahasa Tantra 5 di halaman 99 2. Apa yang terjadi sebelum Bima tidak bisa merasakan panas? 3. Apakah Bima akan menyapa Badrun saat bertemu dengannya? 4. Apa yang dilakukan Bima dan Badrun sebelumnya? 5. Bagaimana cara anak menangkap bola di lapangan? 6. Seperti apa rupa pengamat? Latihan 2: Mengidentifikasi Panyandra, Panyendhu, Pepindhan dan Parikan melalui bacaan Lengkapi tabel di bawah ini berdasarkan kata yang digarisbawahi pada teks di atas! Lakukan secara berkelompok! Tidak. Rinengga Membaca Kata/Kalimat 1 Panyandra 2 Panyendhu 3 Pepindhu 4 Parikan Latihan 3: Mengklasifikasikan Panyandra, Panyendhu, Pepindhan dan Parikan Lengkapi kalimat bahasa serinengga berikut yang telah kamu pelajari! 1. Meskipun hidungnya…. teman saya Santi masih terlihat bagus. 2. Tangan Mira…. jadi saat dia menari, tangan itu bisa berubah. Kelas Bahasa Tantra 5 di halaman 100 Soal Bahasa Jawa 3. Perilakunya dikirim untuk tetap seperti … dan dia tidak bisa. 4. Mukanya ditutupi kawat…. 5. Bibirnya…. merah meski bukan bibir. 6. Walaupun dia punya tangan…. tapi Vagiman bisa menulis dengan baik. 7. Anak-anak berseragam putih terlihat seperti …. 8. Gigi susunya …. News