January 11, 2024 Observasi Kerajinan Bahan Keras Nusantara Brainly Observasi Kerajinan Bahan Keras Nusantara Brainly – Pengumuman Penting: Pemeliharaan Server Terjadwal (GMT) Minggu, 26 Juni, 02.00 – 08.00. Situs akan tidak aktif selama waktu yang ditentukan! Modul Pengajaran Kurikulum Mandiri Modul Pengajaran Kurikulum Mandiri Nama Sekolah : SMP N2 BOJA Nama Penulis : Anita Vidyastuti NIP : 19730521 200701 2 009 Mata Pelajaran : Kriya – Kriya Tingkat D Kelas/Semester : VII (Tujuh) / I (Ganjil) Kriya – Kriya Tengah Sekolah Tingkat D untuk Kelas VII Observasi Kerajinan Bahan Keras Nusantara Brainly Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri Praktek – Prakarya Tingkat D Kelas VII Informasi Umum A. Identifikasi Modul Disusun oleh : Anita Vidyastuti, S.P.D. Institusi : SMP Negeri 2 Boja Tahun Persiapan : 2023 Jenjang Sekolah : SMP/MT Mata Pelajaran : Kerajinan Tangan – Kerajinan Tangan Tingkat D Kelas/Semester : VII (tujuh) / I (ganjil) Unit I : Bahan alam lunak Hasil kerajinan tangan Kegiatan pembelajaran 1 : Temukan bahan alami yang lembut. Unsur: Observasi dan Eksplorasi Hasil Pembelajaran: ▪ Mahasiswa mampu mengeksplorasi bentuk, bahan, alat, teknik dan proses untuk menghasilkan produk kerajinan modifikasi yang bernilai ekonomis dan mempunyai sifat kinerja/kemasan dari berbagai sumber. Pembagian waktu : 1 x 2 x 40 menit B. Keterampilan dasar ▪ Keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari mata pelajaran ini adalah kemampuan dan pemahaman tentang jenis-jenis dan sifat-sifat tumbuhan tumbuhan. C. Profil Siswa Pancasila ▪ Keberagaman Global ▪ Berpikir Kritis ▪ Berkolaborasi ▪ Kreatif ▪ Mandiri D. Sarana dan Prasarana Sumber Daya dan Prasarana Pengajaran Guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan yang berbeda. • Cobalah produk buatan tangan yang terbuat dari bahan alami yang lembut. • Jenis bahan alam lembut yang tersedia di lingkungan tempat tinggal siswa. • Lembar Kerja. • Bahan dan alat sesuai kebutuhan pembuatan kerajinan tangan dari bahan alam yang lembut. • Video tutorial membuat peta pikiran. • Video tutorial membuat produk kerajinan dari bahan alami yang lembut. • Video tutorial membuat display atau kemasan. • Laporan video di televisi. • Buku catatan harian dengan catatan kemajuan siswa. • Komputer laptop. • Kamera atau ponsel. • Ruang belajar yang memadai dan sesuai di dalam dan di luar kelas. • Tautan Google dan YouTube ke bahan alami lembut atau buku referensi bahan alami lembut. Kerajinan Tangan – Kerajinan Tangan Tingkat SMP D Kelas VII Observasi Kerajinan Bahan Keras Nusantaratolong Bantu Jawab Modul pembelajaran kurikulum mandiri E. Kelompok sasaran ▪ Siswa reguler/khusus F. Jumlah siswa ▪ Maksimal 32 siswa. Model Pengajaran ▪ Model pengajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh offline (Offline-PJJ) dan proyek untuk pengajaran dan pemecahan masalah terbaik. H. Metode Pembelajaran Metode yang digunakan guru untuk mengukur pencapaian hasil belajar. ▪ Brainstorming dilakukan siswa pada saat berdiskusi dan mencari informasi. ▪ Menafsirkan cerita atau legenda daerah yang dapat memberikan informasi tentang kerajinan tangan yang terbuat dari bahan lembut alami atau bentuk tradisi lisan lainnya. Guru dapat melakukannya sendiri atau meminta siswa membaca legenda tersebut. ▪ Kerajinan tangan dari bahan alam yang lembut akan diperagakan siswa melalui kegiatan mengajarkan produk dan display/kemasan yang dibuat. I. Perjanjian Siswa Guru dapat mengatur kegiatan dengan cara berikut. ▪ Aktivitas individu Guru dapat meminta siswa menyelesaikan banyak aktivitas secara individu, seperti membuat peta pikiran, mengerjakan LKS, membuat desain dan kreasi sesuai tugas yang diberikan. ▪ Kegiatan Kelompok Guru dapat meminta siswa melakukan banyak aktivitas pemahaman rendah, sedang, dan rendah. Kelompok dapat diorganisir dari pemahaman siswa. Tinggi. Sehingga siswa yang tingkat pemahamannya lebih tinggi dapat membimbing teman-temannya dan belajar bersosialisasi dengan baik. J. Fasilitas kelas Guru dapat menggunakan ruang kelas, perpustakaan sekolah atau e-library. Guru juga dapat melibatkan siswa untuk bereksplorasi di luar kelas dengan meminta mereka mencari produk bahan lunak di toko bahan lunak atau studio kerajinan setempat. Komponen Utama A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran Tujuan Alur Pembelajaran: 1. Siswa mendemonstrasikan berbagai produk kerajinan tangan berbahan dasar bahan alam yang lembut dengan penyajian atau kemasannya berdasarkan ciri-ciri bentuk, bahan, alat, teknik dan proses pembuatannya. Metode pemasarannya kini berbasis pada efisiensi lingkungan/pengetahuan lokal. 2. Siswa menganalisis produk kerajinan bahan alam lunak dengan penampilan atau kemasan berbasis kelestarian lingkungan/kearifan lokal untuk mengidentifikasi produk kerajinan modifikasi yang mempunyai nilai praktis, ekonomi, dan budaya. B. Pemahaman Bermakna ▪ Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyajikan berbagai produk kerajinan tangan dari bahan alam yang lembut dalam penyajian atau kemasannya berdasarkan bentuk, bahan dan ciri-ciri kerajinan tersebut – Kerajinan Tangan SMP Tingkat D Kelas VII Modul pembelajaran kurikulum mandiri meliputi peralatan, teknik dan proses pembuatan. Metode pemasarannya kini berbasis pada efisiensi lingkungan/pengetahuan lokal. Selain itu, menganalisis produk kerajinan berbahan dasar lembut alami dengan tampilan atau kemasan yang dirancang berdasarkan kelestarian lingkungan/kearifan lokal untuk mengidentifikasi produk kerajinan modifikasi yang mempunyai nilai praktis, ekonomi, dan budaya. C. Pertanyaan tentang gambar ▪ Mengapa orang menyukai kerajinan tangan yang terbuat dari bahan alami yang lembut? D. Konteks Daerah Plerad, Jawa Barat Kawasan Plerad Purwakarta telah lama dikenal sebagai sentra produksi keramik yang unik dan khas. Produk kerajinan keramik asal daerah ini merupakan salah satu dari sekian banyak simbol kerajinan Kabupaten Purkarta. Situs tersebut terletak di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Produk keramik lokal Purkarta berkualitas tinggi ini memiliki nilai fungsional dan dekoratif, seperti cangkir, vas, kendi dan celengan serta berbagai perlengkapan rumah tangga. Ternyata kerajinan tanah liat banyak diminati di pasaran luar negeri dan keuntungannya pun menjanjikan. E. Strategi Pembelajaran Pada Kegiatan 1, strategi yang digunakan adalah proyek. Proyek ini dijelaskan dalam rangkaian kegiatan berikut. Kerajinan Tangan – Kerajinan Tangan Tingkat SMP D Kelas VII Modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri F. Kegiatan Pembelajaran a. Pendahuluan • Pada kegiatan pembukaan, siswa berdoa menurut keyakinannya masing-masing. • Siswa menyelesaikan Alphazone dengan instruktur menggunakan pilihan aktivitas pemecah kebekuan untuk membantu mereka merasa nyaman sebelum pembelajaran dimulai. Misalnya menebak suara, menemukan perbedaan gambar, dan lain-lain. • Siswa melakukan penilaian diagnostik untuk mengukur pemahaman awal. Melalui penilaian diagnostik, guru dapat menetapkan tingkat pembelajaran bagi siswa yang berkemampuan rendah, berkemampuan sedang, dan berkemampuan tinggi. (Lihat bagian Penilaian) B. Kegiatan Utama • Misalnya, pertanyaan pemicu diajukan; Mengapa orang menyukai kerajinan yang terbuat dari bahan alami yang lembut? Siswa menjawab dan guru mencatatnya. • Siswa membaca kliping berita dari berita kontekstual daerah sebagai bahan pembelajaran untuk mendorong siswa mengeksplorasi kompetensi daerahnya (mengetahui dan mengapresiasi budaya – keberagaman global). • Siswa fokus pada salah satu produk kerajinan yang terbuat dari bahan alami yang lembut untuk merangsang rasa ingin tahu. (Menerima dan mengolah informasi serta berpikir kritis). • Siswa bertugas mengeksplorasi jenis dan sifat bahan, peralatan dan teknik pembuatan kerajinan tangan dari bahan alam yang lembut, produk kerajinan yang dihasilkan, fungsi kerajinan tangan serta penyajian atau kemasan yang disajikan kepada kelompok. (Kerja sama-gotong royong). Contoh LKS Perorangan: Kerajinan Tangan – Kerajinan Tangan untuk SMP Tahap D Kelas VII Contoh tugas kelompok dalam modul Pembelajaran Kurikulum Mandiri: • Siswa diberi tugas memilih sumber daya kerajinan bahan alam lunak sesuai dengan lingkungan/kapasitas lokal dan karakteristik produk kerajinan bahan alam lunak daerahnya yang perlu dilestarikan .untuk mencari dan menemukan Diperlukan Atau dikembangkan. Mengenal dan menghargai kebudayaan (keberagaman global). (Menerima dan mengolah informasi dan ide – berpikir kritis). • Berdasarkan hasil diskusi dan penemuannya, siswa membuat peta pikiran tentang kerajinan tangan dari bahan alam yang lembut dan menentukan produk kerajinan mana yang sebaiknya dibuat dari bahan alam yang lembut. (Fleksibilitas dalam berpikir ketika mencari alternatif pemecahan masalah – kreatif). Contoh Tugas Perorangan : Kerajinan – kerajinan tangan untuk SMP tingkat D kelas VII Karya Seni Rupa Tiga Dimensi: Pengertian, Jenis Dan Contoh Di Sekitar Kita Modul pembelajaran kurikulum mandiri • Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam bentuk LKS yang dikerjakan bersama-sama. (berbagi – berkolaborasi). • Siswa diminta mempresentasikan hasil peta pikiran yang dibuatnya. (Memahami diri sendiri dan situasi yang Anda hadapi – secara mandiri). • Siswa diminta mempresentasikan hasil peta pikiran yang dibuatnya. (Memahami diri sendiri dan situasi yang Anda alami – secara mandiri). • Siswa mengevaluasi hasil mind map secara individu/kelompok. (Refleksi ide dan proses berpikir – berpikir kritis). C. Kegiatan Akhir • Guru mengapresiasi perubahan sikap siswa yang bersedia mengikuti kegiatan diskusi dan membuat peta pikiran. • Siswa menjawab pertanyaan guru: Hal baru apa yang mereka pelajari hari ini setelah mengikuti pembelajaran observasi dan eksplorasi produk kerajinan berbahan dasar alam yang lembut? Komunikasi dengan Orang Tua • Dalam rangka mencari informasi mengenai bahan alam lunak yang sebaiknya dieksplorasi siswa di rumah, guru dapat menjalin komunikasi dengan orang tua agar dapat membimbing siswa dalam kegiatan eksplorasi. • Orang tua diharapkan dapat memberikan bimbingan terhadap produk kerajinan tangan dari bahan alami yang lembut yang memiliki nilai fungsional dan harga jual sehingga dapat mendorong siswa menjadi wirausaha. • Dalam hal ini orang tua sebenarnya diharapkan membantu mempersiapkan segala kebutuhan praktis siswa. Bahan dan alat pembuatan produk kerajinan tangan terutama dari bahan alami yang lembut. • Orang tua memeriksa tugas siswa dan memotivasi agar desainnya sesuai dengan keinginan siswa. Ya. Refleksi Refleksi Guru Refleksi adalah kegiatan dimana siswa memberikan umpan balik atau evaluasi kepada guru dan siswa terhadap isi yang dipelajari setelah melalui serangkaian proses belajar mengajar dalam kurun waktu setiap pertemuan atau unit. Guru meminta tanggapan peserta tentang hal-hal yang menarik dalam kegiatan pembelajaran, informasi tentang bahan alam yang lembut, atau hal-hal yang tidak disukai siswa. Misalnya saja sebagai berikut: Seni dan Kerajinan – Langkah D Kerajinan Tangan Sekolah Menengah Kerajinan bahan keras logam, kerajinan bahan keras buatan, kerajinan bahan keras rotan, kerajinan tangan bahan keras, artikel kerajinan bahan keras, kerajinan bahan keras alami, kemasan kerajinan bahan keras, kerajinan bahan keras kayu, kerajinan bahan keras, produk kerajinan bahan keras, kerajinan dari bahan keras, kerajinan bahan keras nusantara News