January 1, 2024 Ekspresi Wajah Saat Deklamasi Membantu Dalam Menyampaikan Ekspresi Wajah Saat Deklamasi Membantu Dalam Menyampaikan – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Panduan Khusus 189 Berkreasi dan berekspresi melalui puisi Bab 6 i. Dua orang anggota masing-masing kelompok tinggal di belakang untuk memastikan kinerja hasil kerja kelompoknya. Sedangkan anggota lainnya ditugaskan untuk berkeliling pameran milik kelompok lain. J. Setiap siswa yang mengunjungi layar kelompok lain dapat menyampaikan pertanyaan, jawaban, komentar dan saran. Anggota kelompok yang dikunjungi harus memberikan penjelasan. k. Setelah selesai, seluruh siswa kembali ke kelompoknya masing-masing untuk melaporkan temuan dan informasi dari kelompok lain serta membandingkan hasil pekerjaannya. l Beberapa kelompok siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Siswa lain dapat menambahkan masukan dan saran atau mengoreksi jika ada kesalahan pemahaman. m Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran. N. Guru memuji siswanya. oh Guru untuk pelajaran. 7. Panduan pengelolaan pembelajaran untuk berbagai tingkat kognitif siswa a. Guru hendaknya mempunyai catatan mengenai karakter dan tingkat kognitif siswa. Guru dapat menggunakan instrumen penilaian diagnostik kognitif dan non-kognitif yang diterbitkan oleh Pusat Pengkajian dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. B. Kelompok siswa diorganisasikan menjadi beragam. Pembelajar yang lebih cepat dapat membantu pembelajar yang lebih lambat. 8. Panduan kegiatan refleksi Siswa diminta memberikan tanggapan secara lisan sehubungan dengan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 10 sampai 100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahamannya terhadap materi dan kegiatan yang telah dilakukan. Siswa juga dapat menggunakan label kertas untuk menuliskan refleksi mereka terhadap kegiatan tersebut. Label kertas tersebut kemudian ditempel pada karton/tempat khusus yang disediakan guru. 9. Evaluasi a. Jenis: Tes B. Bentuk: Ujian tertulis c. Alat : Deskripsi Soal dan Penilaian Rubik 1) Soal Toto S. Setelah membaca dengan cermat puisi “Pengemis” karya Bachhatiar, jawablah pertanyaan berikut! 1. Apa topik puisi di atas? Berikan bukti atau alasannya! 2. Bagaimana suasana puisi di atas? menjelaskan! 2) Rubrik penilaian mengidentifikasi mata pelajaran dan lingkungan Ekspresi Wajah Saat Deklamasi Membantu Dalam Menyampaikan Buku Panduan Guru Bijak Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK Kelas X 190 6.9 RUBRIK IDENTIFIKASI TOPIK DAN PENILAIAN MEDIA NO. Aspek Penilaian Nilai dan kriteria Nilai 4 Nilai 3 Nilai 2 Nilai 1 1 Kemampuan mengidentifikasi tema puisi Siswa mampu mengungkapkan tema puisi secara tepat dan lengkap disertai alasan dan bukti. Siswa mampu mengungkapkan tema puisi disertai bukti dan alasannya. Siswa mampu mengungkapkan tema puisi dengan bukti tanpa alasan. Siswa mampu mengungkapkan tema puisi tanpa bukti atau alasan apa pun. 2 Kemampuan mengidentifikasi latar puisi Siswa mampu mengungkapkan latar puisi secara akurat dan lengkap disertai alasan dan bukti. Siswa mampu mengungkapkan suasana puisi disertai bukti dan alasannya. Siswa mampu mengungkapkan suasana puisi dengan bukti non kausal. Siswa mampu mengungkapkan suasana puisi tanpa bukti atau alasan apa pun. Nilai = ([Jumlah Poin yang Diperoleh]/[Nilai Maksimal: 8]) 100 10. Kunci Jawaban a. Alternatif Jawaban: Toto S. Tema puisi Bachhatiar “Gadis Pengemis” adalah kepedulian sosial. Hal ini tercermin dari keseluruhan isi puisi yang bertujuan untuk mengungkapkan perasaan saya terhadap kehidupan seorang gadis pengemis. Tema kecemasan sosial dibuktikan dengan kalimat yang menunjukkan aku menjaga, yaitu /Aku ingin ikut denganmu gadis /pulang ke kolong jembatan/. Baris ini menunjukkan kegelisahanku untuk mengetahui, melihat dan merasakan kehidupan gadis pengemis di bawah jembatan. Rasa kepedulianku juga terlihat di garis / Menyeberangi air kotor, tapi yang kamu tahu betul / Jiwa terlalu murni, terlalu murni / Untuk bisa berbagi kesedihanku /. Melalui kalimat-kalimat tersebut saya merasakan bahwa roh pengemis kecil yang hidup di lingkungan yang kotor itu begitu murni dan suci hingga menimbulkan perasaan sedih pada saya. B. Alternatif Jawaban: Toto S. Suasana yang dirasakan dalam puisi Bachhatiar “Peminta Pinta Kudi” adalah suasana sedih, haru, kasihan dan simpati. Suasana sedih dan haru terungkap saat saya bertemu dengan seorang gadis kecil yang sedang mengemis dengan kotak kecilnya. Meskipun wajah gadis itu tersenyum dan menatapku, dia sepertinya telah kehilangan jiwanya karena dia sedih dan terkejut. Apalagi ada suasana iba dan simpati ketika saya mengungkapkan keprihatinannya bisa mengunjungi kediaman pengemis di bawah jembatan yang airnya sangat kotor. Mengupas Modul Bahasa Indonesia Sd Kelas 2 Panduan Khusus 191 Berkreasi dan Berekspresi Melalui Puisi Bab 6 11. Kegiatan lanjutan Siswa dapat dibimbing untuk menelaah tema dan latar pada teks puisi lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok. Hasil penelitian dapat disusun menjadi sebuah karangan sederhana yang membahas tentang tema dan latar puisi. Hasil karya siswa dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di media lain. Pembelajaran IV 1. Tujuan Pembelajaran Menulis tanggapan logis dan kritis terhadap kumpulan puisi berbentuk resensi buku. 2. Konseptualisasi Guru dapat mengajak siswa mengeksplorasi pengalamannya sendiri dalam mengapresiasi puisi, khususnya yang berkaitan dengan penulisan resensi kumpulan puisi. Guru dapat menunjukkan contoh resensi kumpulan puisi dari berbagai sumber. 3. Penyala Guru dapat bertanya kepada siswa tentang kumpulan puisi yang telah dibacanya dan apa yang siswa ketahui tentang resensi tersebut. Pernahkah siswa membaca puisi karya penyair terkenal? Apakah siswa pernah membaca komentar? 4. Sarana atau sumber belajar a. Kumpulan puisib. Contoh ulasan c. Halaman internet dengan contoh bacaan puisi 5. Materi Pembelajaran Setelah membaca buku antologi puisi secara mendalam, Anda dapat menyampaikan tanggapan Anda dalam bentuk resensi buku. Resensi adalah resensi suatu buku. Unsur-unsurnya meliputi judul, identifikasi buku, pendahuluan (orientasi), ringkasan (uraian singkat isi buku), analisis, evaluasi (kelebihan dan kelemahan, kritik atau saran/masukan). Sebagai panduan, berikut langkah-langkah menulis resensi buku. 1. Identifikasi buku puisi yang akan Anda ulas. Ada baiknya untuk mengulas buku puisi yang merupakan buku menarik dan berkualitas baik. Selain itu, buku yang diresensi sebaiknya merupakan kumpulan puisi yang belum pernah diresensi atau terbitan terkini sehingga mempunyai nilai baru bagi pembaca. Sebagai referensi, berikut link beberapa antologi puisi terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kmendikbud) yang dapat Anda unduh secara lengkap. Buku Panduan Guru Bijak Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK Kelas X 192 Tabel 6.10 Link Berbagai Kumpulan Puisi no. Judul Kumpulan Puisi Penulis/Editor Link/Link 1 Peradaban Baru Corona 99: Puisi Karya Jurnalis Penyair Indonesia Remi Silado, dkk. http://repositori.kemdikbud.go.id/19367/ 2 Menjalma Jati: Workshop Kumpulan Puisi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa SMA Gunungkidul Kabupaten Ahmad Zamzuri http://repositori.kemdikbud.go.id/4761 / 3 Kota , Kenangan, dan Jalan Pulang: Kumpulan Puisi Para Pemenang dan Karya Pilihan Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta 2017 Latif Setia Nugraha http://repositori.kemdikbud.go.id/5057/ 4 Koleksi Anak Bukit Poe Menret Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SMA Kabupaten Kulon Progo Dhanu Priyo Prabowo http://repositori.kemdikbud.go.id/5080/ 5 Peduli keberagaman Suryo Handono http://repositori.kemdikbud.go.id/6075/ 2 Perhatian Lanjutkan membaca , secara umum dan secara rinci. Untuk hal umum, Anda dapat membaca sekilas daftar isi, kata pengantar, sampul dan sampul belakang, serta bagian buku. Untuk membaca secara detail, Anda perlu membaca seluruh isi buku satu per satu. Pada tahap membaca ini, Anda diharapkan mampu memahami isi buku secara keseluruhan. 3. Memahami dan mengkaji secara mendalam isi buku antologi puisi. Pada tahap ini, Anda perlu mempelajari isi buku secara detail. Suatu komposisi puisi dapat dipelajari dengan menganalisis unsur bentuk dan unsur makna. Dengan mempelajari unsur bentuk, Anda dapat mengungkap pilihan kata (words), tipografi, gaya bahasa (kiasan), kata tertentu, perumpamaan, dan rima. Dari segi unsur makna, seseorang dapat memaknai tema, nada, pesan, dan emosi yang ada dalam kumpulan puisi. 4. Tuliskan beberapa informasi penting yang terdapat dalam buku tersebut sebagai dasar penulisan resensi. Hal-hal yang dapat Anda tuliskan sebagai dasar dalam menulis review adalah sebagai berikut. Panduan khusus 193 Berkreasi dan berekspresi melalui puisi Bab 6. Tulis informasi umum tentang buku tersebut. Bagian penting dari langkah ini adalah menulis pendahuluan buku. Identifikasi buku meliputi judul, pengarang, penerbit, tempat cetak, tempat terbit, tahun terbit, jumlah halaman, dan harga. Anda juga bisa menulis opini umum atau evaluasi terhadap isi buku. B. Membuat Judul Review Memilih judul review sangatlah penting. Buatlah judul yang menarik, singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. C. Membuat rangkuman/ikhtisar Untuk membuat rangkuman/ikhtisar suatu antologi, Anda perlu memahami pemetaan atau gambaran isi antologi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu membaca keseluruhan isi buku tersebut. Perhatikan juga pembagian bab bukunya. Apakah buku-buku tersebut diurutkan berdasarkan topik tertentu? Hal ini penting karena sinopsis atau sinopsis buku dapat memberikan gambaran yang jelas bagi pembacanya. D. Tulislah hal-hal yang unik/menarik atau berkesan. Sebaiknya Anda menuliskan hal-hal unik dan menarik yang disertakan dalam buku tersebut. Hal-hal unik dan menarik dapat menonjolkan kelebihan buku tersebut. Tuliskan kesan Anda setelah membaca buku tersebut. Apa keistimewaan buku ini yang tidak dimiliki buku lain? E. Sebutkan manfaat buku tersebut. Setelah membaca seluruh isi buku dengan cermat, Anda perlu merumuskan manfaat atau kegunaan buku tersebut. Khususnya para pembaca yang dituju. Apakah buku ini cocok atau bermanfaat khususnya untuk remaja, anak-anak atau orang dewasa? F. Tuliskan kekuatan dan kelemahannya. Perhatikan juga kelemahan atau kekurangan buku tersebut. Anda bisa membandingkannya dengan antologi lain yang sejenis atau karya-karya sebelumnya. Sebutkan juga kelebihan atau kekurangan buku antologi puisi agar penilaian anda tampil berimbang. g Menulis ulasan e Ekspresi wajah saat foto, ekspresi wajah saat berfoto News