December 11, 2023 Tuliskan Pengalamanmu Di Rumah Dalam Menerapkan Sila Ketiga Pancasila Tuliskan Pengalamanmu Di Rumah Dalam Menerapkan Sila Ketiga Pancasila – Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Keterangan: BS Kelas 2 Topik 5 Pengalaman Saya Topik: BS Kelas 2 Topik 5 Pengalaman Saya, Kelas 2 Topik 5, Topik 5 Kelas 2, Kelas 2 Topik Makalah 5, Makalah Siswa 2, Topik Pengalaman Saya 2 Kelas 2 Tuliskan Pengalamanmu Di Rumah Dalam Menerapkan Sila Ketiga Pancasila Anda perlu mengkonfirmasi hasil diskusi Anda. Caranya dengan melakukan latihan berikut. Petunjuk: Carilah kata yang sesuai dengan maknanya! 1. Mulut burung, ayam, dan bebek. 2. Gunakan mulut Anda untuk meniru suara seruling. 3. dengan suara nyaring. 4. kata yang sama dengan kebosanan. 5. Pohon dengan pohon yang tinggi dan tegak. Pohonnya seperti tongkat, daunnya kecil seperti palu. Dengarkanlah instruksi gurumu! Lakukan latihan ini! DPWRWU J UD B J ACFYBLB EOEERS I UL R A SMAMH I O S J YAUU J SK ECARRXDRZ RACAF I AEK UGPUHE L B Subtema 1 : Pengalamanku di Rumah 45 Apakah Udin Dan Mutiara Mengamalkan Sila Ketiga Pancasila? Jelaskan Alasannya Pahami lagu ini! Baca dengan pengucapan, suara, dan penglihatan yang benar! Saya melihat burung berkicau di pagi hari, bernyanyi dan bernyanyi. Suatu hari nanti aku berharap aku memiliki sayap dan suara seperti milikmu. Suara yang sangat manis. Cahaya biru di langit. Kegiatan: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1 Berikan gambaran tentang tipe pertemanan anda. ! Sebutkan kelebihan dan kekurangan membaca puisi! Keterangan: …………………………………………………………………………………. ………………………………………………………. . . . . . . …………………………………………. . . . . . Beni membersihkan sangkar burung. Burung Beni pertama kali digantung. Lalu Beni bermain di taman. Ada banyak mainan berbeda di taman. Ada mainan berkeliaran. Itu adalah lereng yang licin. Ada lebih banyak mainan. Dia memilih di mana Beni akan nongkrong. 1 2 Tangan Beni hang. Kaki lurus. Tangan Beni tergantung. Paha melanjutkan. Topik 1: Pengalaman Saya di Rumah 47 g g 5 6 Tangan Beni hang. Kaki direntangkan ke belakang. Tangan Beni tergantung. Ceritanya telah berpindah ke samping. 3 4 Tangan Beni hang. Kakinya ditekuk. Tangan Beni tergantung. Kakinya terbuka. Nah, apa yang kamu lakukan? Pernahkah kamu melakukan hal seperti Beni? Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti instruksi gurumu! 48 Kelas II Ceritakan padaku tentang gerakan Ben! Tulis pada kotak berikut. …………………………………………. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . …………………………………………. . ….. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ……….. Beni punya banyak teman. Beni tetaplah anak yang baik. Senang rasanya memiliki hubungan. Ore Beni adalah pengawas masjid. Tiba-tiba pimpinan masjid datang ke rumah Beni. Para pelayan masjid membutuhkan bantuan. Bantuan kepada korban banjir. Beni membuat korbannya kebanjiran hadiah. Beni memberikan contoh yang baik. Keteladanan ini berdasarkan sila kedua Pancasila. Topik 1: Pengalaman Saya di Rumah 49″ Kunci Jawaban Kelas 2 Sd Subtema 4 Lihatlah foto ini! Beri tanda () pada gambar yang menghormati sila kedua Pancasila! 50 Buku Siswa SD/MI Kelas 2 1 3 5 2 4 6 Topik 1: Pengalaman Saya di Rumah 51 Siapa yang bermain di taman. Pengikut Beni sedang bermain di taman. Tangannya tidak cukup kuat untuk memegang kapak. Dia tidak lagi memegang tangan kanannya. Beni hampir terjatuh. Pastor Beni melihat kejatuhan yang akan segera terjadi. Ayahku segera menolong Beni. Beni bersyukur atas bantuan ayahnya. Beni sedang bermain di taman umum. 52 Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Ceritakan pengalamanmu! Pengalaman menunjukkan sila kedua Pancasila. Beni sangat menyayangi orang tuanya. Beni pun menjaga dan menuruti nasehat orang tuanya. Lihatlah orang tuamu. Amalan ini merupakan perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila. Yuk, taruh di rumahmu! …………………………………………. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . …………………………………………. . ….. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Ia menulis sila kedua Pancasila. Diskusikan dengan orang tua. Contoh perilaku di rumah. Berbuat sesuai asas Pancasila. Topik 1: Pengalaman Saya di Rumah 53 Tulislah pengalaman Anda di rumah. Merujuk pada sila kedua Pancasila. Butuh buku berikutnya! Contoh Pengamalan Sila 1, 2, 3, 4, 5 Pancasila Di Tempat Bermain 54 Buku Siswa Kelas II SD/MI Beni berasal dari desa. Memberkati Beni lihatlah saudaramu. Beni dan kerabatnya saling berkunjung. Beni selalu menjaga keharmonisan antar keluarga. Perilaku tersebut merupakan contoh perilaku sesuai sila ketiga Pancasila. Perhatikan gambar ini! Perhatikan gambar ini! Perhatikan gambarnya? Pertanyaan sesuai gambar! Mintalah temanmu untuk menjawab! Pertanyaan: …………………………………………………………………………. ……….. Jawaban teman : ………………………….. Kita harus tinggal disana kecocokannya adalah …………………………………. Rukun dengan teman-teman. Rukun dengan anggota keluarga. Baik dengan tetangga. Hidup rukun adalah contoh kebajikan. Sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Topik 1: Pengalaman Saya di Rumah 55 Saya mendapat pekerjaan guru saya. Saya ingin berdiskusi dengan Anda. Liburan di sini singkat. Dalam hubungan hiduplah kesatuan. Ini adalah contoh yang bagus. Ini contoh sila ketiga Pancasila ya? Apakah ada contoh lain? Jadi itu terjadi! Saya baru saja belajar. Selain itu masih ada contoh lainnya. Untuk (1) Mendahulukan kepentingan keluarga. (2) Jangan memaksakan cintamu. (3) Saling mencintai, saling membantu, saling menghargai, dan saling menghargai. Begitu pula kerjasama antar anggota keluarga. (4.) Melindungi dan melestarikan harta benda keluarga. Baca wawancara ini! Dengarkan percakapan Beni dan sepupunya! 56 Kelas II Lihatlah foto ini! Contoh perilaku di rumah sesuai sila ketiga Pancasila! Pilih tombol ()! Topik 1: pengalaman saya di Rumah 57 1 3 5 2 4 6 Contoh Pengamalan Sila Ke 3 Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Lihat gambar di bawah ini! Beni melanggar sila ketiga Pancasila. Beni rukun dengan kakaknya. Senang rasanya memiliki saudara laki-laki yang baik. Dia mencintai saudara perempuannya dan ingin membantunya. Aku selalu bermain dengan adikku. Adikku juga selalu membantuku. Ketika saya membutuhkan bantuan. Adikku menyesuaikan dengan kebutuhanku. Aku dan adikku baik-baik saja. Aku dan adikku saling mencintai. 58 Buku Pelajaran De/MI Kelas II Lihat gambar samping Tiba-tiba Beni membuka jendela. Sepertinya hari ini hujan. Jangan menunggu hujan berhenti. Kemudian, Beni menyanyikan lagu “Lagu Hujan Tik Tik Tik”. Yuk, kita tiru bersama-sama! Suara Hujan Tik Tik Tik (Pencipta: Ibu Sud) Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Tik Cobalah untuk melihat cabang dan semak-semak. Pepohonan dan kebun semuanya basah. Ibu Beni membaca puisi. Sebuah puisi tentang “Sungai”. Dan dengarkan dengan telingamu! Hujan, hujan dimana-mana, di jalan di kawasan itu semuanya dingin, hujan tak henti-hentinya, hujan deras. Hujan terasa deras sana sini air berhenti, hujan tak henti-hentinya hujan turun setiap hari Subtema 1 : Pengalamanku di Rumah 59 Atau arti kata tersebut adalah 1. Keramaian…. 2. Padat…. 3. Berhenti…. 4. Absurd…. 5. Banjir… Uji pemahamanmu! Lakukan latihan ini! BELT yang berat dan banyak Probi, tidak kurang GAPNEKAL Berhenti mengalir NEGGRANE T Di dalam air HAASB Tidak menggerakkan THEBR INE Baca kata-kata ini! Diskusikan dengan teman Anda. Apa artinya? 60 Kelas II Perhatikan temanmu membaca liriknya! Berikan pemikiran Anda! Perhatikan pengucapan, bunyi dan ekspresi! Tulislah puisi! Puisi berhubungan dengan alam. Perhatikan pilihan kata! Topik 1: Pengalaman Saya di House 61 dan Ekspresinya! Gotong Royong Membantu Sanak Saudara Yang Sedang Ditimpa Musibah Pertimbangkan panjang jendela rumah Anda. Ukur dengan meteran atau meteran. Coba beri nama instrumen lain untuk pengukuran panjang. Penggaris dan meteran merupakan alat untuk mengukur panjang. Alat ukur lainnya adalah jangka sorong dan mikrometer ulir. Lihatlah foto ini! Namanya adalah alat untuk mengukur. dia menulis tentang puisi. Sekarang perhatikan apa yang ada di rumah Anda. Kepala rumahmu? Apakah itu satu meter? Apakah itu kaliper? Apakah itu mikrometer sekrup? 1 2 62 Buku Siswa Kelas 2 SD/MI 7 8 Ia pernah belajar puisi dengan orang tuanya. Puisi tentang alam. Diskusikan dengan orang tua. Bagaimana cara menulis puisi? 64 Kelas II Silakan beri tanda centang () pada kolom berikutnya! Ketika Anda mendapatkannya. 1. Contoh kata kata permintaan maaf. 2. Anak membaca puisi tentang alam. (Pengucapan, suara dan terjemahannya benar.) 3. Sila pertama Pancasila menunjukkan perilaku di rumah. 4. Mendemonstrasikan perilaku di rumah sesuai sila kedua Pancasila. 5. Mengetahui satuan pengukuran akhir. 6. Pilih alat ukur yang tepat. Alat ukur untuk mengukur panjang suatu benda. Bab 1: Pengalaman Saya di Rumah 65 7. Menentukan panjang dan singkatnya nada. Tentukan kuat dan lemahnya tekanan bunyi. 8. Nyanyikan lagu “Ave Tantina”. 9. Latih variasi gerakan. Angkat tanganmu. Untuk melakukan aktivitas di kawasan tersebut. 10. Berlatih variasi gerakan. Gerakan yang bergantung pada tangan. Untuk melakukan aktivitas di kawasan tersebut. 66 Kelas II Contoh Pengamalan Sikap Dari Sila Kedua Pancasila Di Sekolah Dan Rumah Bab 1 Pengalaman Sekolahku 2: Pengalaman Sekolahku 67 Semester 1 telah usai. Beni dan teman-temannya kembali ke sekolah. Apa yang Ben lakukan? Apa yang teman lakukan? Pernahkah Anda melakukannya sebelumnya? Perhatikan gambar ini! Nama bahan yang digunakan untuk membuat hiasan bunga. Bunga pohon teh dihiasi dengan biji. Nama gandum harus digunakan. Beni dan teman-temannya menerima pekerjaan itu. Pekerjaan ini selesai pada hari libur. Apa pekerjaannya? Tugas Anda adalah menghias pot dengan bunga. 68 Buku Ajar Kelas 2 SD/MI Perhatikan gambar ini! pot yang dihias dengan bunga. Anda pasti sudah mengetahui bahan-bahan untuk dekorasi vas bunga. Untuk menyediakan materi tersebut. Mereka juga menyediakan lem dan sarung tangan. Pilih aplikasi template seperti gambar berikut! 1 2 3 4 5 6 7 8 70 Buku SD/MI Kelas II 2 3 1 4 5 Dihiasi dengan karakter pot bunga. Peran pot bunga adalah dekoratif. Tulis catatan untuk pekerjaan Anda! Tema 2 : Pengalaman Saya di Sekolah 71 Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 Halaman Rumah Udin Selalu Indah Dan Rapi Beni bekerja secara berkelompok. Kelompok Beni membuat vas bunga hias. Beni dan teman-temannya berdebat. Selesaikan diskusinya. Dengarkan gurumu membaca percakapan Beni! Buatlah pertanyaan berdasarkan teks wawancara! Mintalah temanmu untuk menjawab! Pertanyaan: …………………………………………………………………………. ……….. Jawaban teman : ………………………….. . ………………………. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Jawabannya tergantung pembicaraan Beni. 1 Apa yang Ben lakukan dengan teman-temannya? Menjawab: ………………………………………… ……………… 72 Buku Siswa Kelas 2 SD/MI 2. Meli ingin membantu siapa? Menjawab: ………………………………………… ……………. 3. Apa yang Beni tanyakan pada hari itu? Menjawab: ………………………………………… ……………. 4. Dia mulai membantu Beni. Apa yang Beni katakan? Menjawab: ………………………………………… …………….5. Apa arti kata Dayu ke Beni? Menjawab: ………………………………………… ……………. Tim Beni saling membantu. Saya butuh bantuan untuk membuat hiasan bunga. Tim Beni menyelesaikan pekerjaannya. Pekerjaan dilanjutkan dengan mengukur panjang benda. Lihatlah gambarnya Sila ketiga pancasila, sila ketiga pancasila lambangnya, sila ketiga pancasila adalah, makna sila ketiga pancasila, sila ketiga pancasila berbunyi, gambar sila ketiga pancasila, sila ketiga pancasila dilambangkan dengan, tuliskan pengalamanmu selama belajar di rumah, tuliskan pengalamanmu saat belajar di rumah, tuliskan lambang sila pancasila, lambang ketiga sila pancasila, tuliskan lambang dan bunyi sila ketiga pancasila News