December 1, 2023 Cara Terjadinya Bunyi Pianika Cara Terjadinya Bunyi Pianika – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buatlah brosur Anda sendiri Bagian 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 93 3. Teknik stacatto saat bermain piano Teknik stacatto saat bermain piano adalah memainkan nada-nada pendek dan berselang-seling. Not staccato ditandai dengan titik di bagian atas not. Cara memainkannya ada dua, yaitu dengan menekan tuts piano sebentar, atau dengan menggunakan lidah untuk memperpendek aliran udara. Latihan 5, cara memainkan not Stacatto Latihan 6, memainkan not Stacatto dalam lagu Latihan 7, memainkan not Stacatto dan Legato dalam lagu Cara Terjadinya Bunyi Pianika Bagian 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 95 Cara membersihkan alat musik • Pada bagian dalam piano, tekan tombol di ujung piano sambil ditiup hingga air di dalam piano keluar. • Hindari mencuci piano dengan air, jika memungkinkan bersihkan dengan kain saja. • Selang piano dapat dicuci dengan sabun kemudian dibilas dengan air, namun perlu hati-hati karena selang piano mudah bocor. Materi Peningkatan Bagi Guru Kata Kunci online : 1. Melodica World 2. Melodica Men 3. Memilih Pianica 4. Langkah-Langkah Pembelajaran Persiapan Mengajar Alat-alat pembelajaran yang perlu dipersiapkan guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran 2 adalah sebagai berikut: 1. Laptop 2. Instrumen suara (mikrofon) 3. Proyektor Kegiatan Pembelajaran Proses pembelajaran ini merupakan panduan praktis bagi guru agar dapat mengembangkan kegiatan belajar Seni Musik secara mandiri¸ secara efektif dan efisien di kelasnya masing-masing. Melalui proses pembelajaran yang disajikan diharapkan guru dapat terinspirasi untuk lebih mampu mengembangkan dan merangsang kegiatan pembelajaran di kelasnya agar lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Setelah guru memahami tujuan pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran di atas, maka guru dapat melaksanakan proses pembelajaran sebagai berikut: Kegiatan pembukaan 1. Di dalam kelas, guru secara acak memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk memimpin doa bersama menurut agama. .dan keyakinan masing-masing sebelum pembelajaran dilaksanakan. 2. Setelah selesai sholat, guru memberikan informasi tentang kegiatan pembukaan di atas dengan mengaitkannya dengan materi pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan 3. Setelah selesai sholat, guru memberi salam dan memimpin siswa di dalam kelas. menyanyi bersama. Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk 96 Panduan Guru Musik SMP Kelas VII 4. Guru menjelaskan tentang keyboard alat musik, bagian-bagian alat musik dan cara memainkannya. 5. Guru hendaknya menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran secara singkat. 6. Guru menyediakan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan Dasar 1. Guru menampilkan gambar dan/atau video yang terdapat pada link video pada bagian materi pembelajaran dengan menggunakan laptop dan proyektor. 2. Siswa menonton video bersama Pianika dengan link kata kunci: • Becak • Dunia Yang Indah • Dora Emon 3. Guru memberikan petunjuk bagaimana proses bunyi pada alat musik Pianika dapat terjadi. 4. Guru meminta siswa mencoba dengan meletakkan keyboard di meja belajar. 5. Guru menunjukkan posisi jari dan memberikan instruksi mengenai angka-angka untuk menekan tuts keyboard piano. 6. Guru membuktikan cara membaca notasi dan memainkannya pada piano. 7. Guru meminta peserta melakukan latihan soal 1 dan 2. 8. Guru memberikan contoh penggunaan lagu yang diketahui siswa. Lagu-lagu tersebut dapat berupa lagu daerah atau Lagu Nasional dengan tingkat kesulitan rendah hingga sulit Tidak Mudah Cukup Sulit 1 Kicir kicir Oh I Nani Keke Anging Mamiri 2 Ibu Kartini Maju Raiuan Tak Takut Pulau Kelapa 3 Bubuy Bulan Tanah Airku Becak 4 Suwe Ora Jamu Padamu Negeri Indonesia Raya 5 Dondong Opo Salak Ambil Bulan Bu Indonesia Pusaka 9. Jika siswa dapat mengoordinasikan tiupan dan memainkan tuts keyboard dengan baik sehingga menghasilkan nada-nada yang tepat dan tempo yang tepat, maka guru dapat memberikan instruksi bermain. piano dengan dinamika dan pengucapan. 10. Siswa berlatih secara berkelompok. Bagian 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 97 Kegiatan Penutup 1. Guru menilai seluruh pengalaman kegiatan yang disajikan oleh setiap siswa. 2. Untuk persiapan pelajaran berikutnya, guru juga mengulangi teknik bermain piano. 3. Guru juga tidak lupa mengingatkan cara membersihkan piano. 4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan kesimpulan yang diperoleh dari proses pembelajaran tentang perilaku. 5. Guru menutup pembelajaran dan secara bergiliran memberikan kesempatan kepada siswa lainnya untuk berdoa bersama setelah pembelajaran selesai. Alternatif Pembelajaran 1. Media pembelajaran yang perlu disediakan dapat dilaksanakan apabila fasilitas tersebut dimiliki oleh guru dan sekolah. 2. VCD/DVD Karaoke Lagu Pop Daerah/Regional/Nasional/Indonesia. Dengan menggunakan iringan akan membantu proses belajar siswa, mengenal bunyi, ritme, dan juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Penilaian Penilaian dilakukan secara umum dan sistematis pada seluruh kegiatan pembelajaran, kegiatan pembukaan, kegiatan utama, dan kegiatan penutup. Selain itu, evaluasi dilakukan berdasarkan pencapaian hasil pembelajaran, tujuan pembelajaran dan pencapaian perspektif spiritual dan sosial, serta aspek pengetahuan. Oleh karena itu evaluasi yang dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran ada 2 diantaranya adalah : 1. Evaluasi sikap Evaluasi terhadap sikap ini dilakukan melalui observasi yang dilakukan guru pada saat kegiatan pembelajaran 2. Evaluasi terhadap sikap ini Hal ini dilakukan dengan tujuan agar guru dapat melihat kemampuan siswa dalam menunjukkan sikap yang menunjukkan perilaku menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari (civic disposition). Pedoman penilaian yang dapat digunakan oleh guru adalah sebagai berikut: 98 Pedoman Guru Musik SMP Kelas VII Tabel 2.2.1 Pedoman Penilaian Sikap (Perilaku Kemasyarakatan) Nama Siswa : ________ NIS : ______________________ Kriteria Sangat Baik Baik Rata-Rata Buruk Lemahnya rasa hormat kepada guru saat masuk dan keluar kelas Berdoa dengan tekun sesuai agama dan diri sendiri -refleksi akhlak dalam menjaga persatuan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas keberagaman yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia 2. Penilaian Pengetahuan Penilaian pengetahuan ini dilakukan melalui soal-soal tes yang dibuat berdasarkan keutamaan. guru Pilihan Ganda, Benar Salah, Esai, setelah kegiatan pembelajaran selesai. Penilaian pengetahuan ini dilakukan dengan tujuan agar guru dapat melihat pengetahuan yang perlu dimiliki siswa untuk menunjang pembelajaran tersebut. Terdapat pula pedoman penilaian yang dapat digunakan oleh guru sebagai berikut: Tabel 2.2.2 Pedoman Penilaian Komponen Pengetahuan (Pengetahuan Kewarganegaraan) Nama Siswa : ________ NIS : ______________________ Kriteria Sangat Baik Rata-rata Kurang Memahami langkah dan teknik memainkan permainan sederhana. alat musik harmonis Bagian 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 99 3. Penilaian Keterampilan Penilaian keterampilan tersebut dilakukan melalui observasi yang dilakukan guru selama kegiatan pembelajaran. Evaluasi terhadap keterampilan tersebut dilakukan agar guru dapat melihat kemampuan siswa dalam menyajikan hasil dengan baik dan informatif.Pedoman pengujian yang dapat digunakan oleh guru adalah sebagai berikut: Tabel 2.2.3 Pedoman Pengujian. Komponen Keterampilan (Keterampilan Kewarganegaraan) Nama Siswa : ________ NIS : ______________________ Kriteria Sangat Baik Sangat Baik Lemah Lemah Mampu memainkan piano atau alat musik sederhana dengan teknik yang benar Dapat melatih jari-jari piano dengan benar Mampu memainkan track tape dengan benar. melodi dan ritme Refleksi guru Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru sendiri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan pembelajaran 2. Refleksi guru bertujuan untuk mengevaluasi kelemahan dan kelebihan kegiatan pembelajaran. yang digunakan sebagai bahan penilaian untuk pembelajaran selanjutnya. Tabel 2.2.4 Pedoman Refleksi Guru No. Pertanyaan Jawaban 1 Apakah pemilihan media pembelajaran mencerminkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai? 2 Apakah gaya penyajian materi disesuaikan dengan pemahaman siswa? 3 Dapatkah pembelajaran umum membuat pembelajaran dapat diakses? Macam Macam Alat Musik Beserta Penjelasan Dan Contohnya 100 Panduan Guru Musik Kelas VII SMP No. Pertanyaan Jawaban 4 Apakah pelaksanaan pembelajaran di luar kebiasaan? 5 Akankah pelaksanaan pembelajaran 2 hari ini mampu mendorong siswa untuk lebih tertarik pada pembelajaran selanjutnya? Sempurnakan dengan tugas selanjutnya agar siswa lebih memahami maksud dan tujuannya. Guru dapat mengarahkan siswa untuk mempelajari dan mempraktekkan materi yang diberikan. Lembar Kegiatan Siswa Contoh soal (guru dapat membuat soal dalam berbagai bentuk) A. Petunjuk Petunjuk Tugas Pilihan Ganda! Beri tanda silang (X) pada pilihan A, B, C, atau D yang merupakan jawaban yang benar! 1. Pianika, perekam, gitar adalah alat musik yang sering dimainkan secara ansambel. Cara bermain : tiup dan petik. Proses menghasilkan bunyi atau sumber bunyi dari alat musik piano disebut a. aerofon c. memfon b. ideofon d. chordophone 2. Hati-hati dan bernyanyi perlahan sesuai notasi tertulis. Lagu di bawah ini merupakan bagian dari lagu yang berjudul: a. Maju Tanpa Rasa Takut (Cornel Simanjuntak) b. Halo-Halo Bandung (Ismail Marzuki) c. Tanah Airku (Ibu Sud) d. Timur Matahari (W.R. Soepratman) 3. Tanda musik disebut : a. berhenti c. crescendo b. bernama. mengurangi Bagian 2 | Memainkan Alat Musik Sederhana 101 4. Cara memainkan musik dengan menyambungkan satu not ke not yang lain tanpa putus disebut: a. hukum c. kata-katab. berhenti d. staccato 5. Sebaiknya lagu dapat ditulis dengan jelas disertai simbol-simbol musik agar pemain dapat mengoreksi apa yang tertulis. Ada tanda tangan musik yang dimainkan dengan menahan bunyi not agar bertahan lebih lama. Tanda tangan musiknya adalah a. appogiatura c. berhentib. aksen d. slur B. Status Benar atau Salah jika pernyataan di bawah ini benar atau salah! 1. Notasi musik staccato adalah metode terbaik Terjadinya bunyi, mekanisme terjadinya bunyi korotkoff, cara mencegah terjadinya jerawat, jelaskan proses terjadinya pemantulan bunyi, bunyi pianika, cara mengatasi perut bunyi, cara mencegah terjadinya stroke, proses terjadinya bunyi bahasa, cara mencegah terjadinya kehamilan, cara mengatasi nafas bunyi, proses terjadinya bunyi, cara menghilangkan nafas bunyi News