November 30, 2023 Sasaruanana Jeung Bedana Antara Rarakitan Jeung Paparikan Sasaruanana Jeung Bedana Antara Rarakitan Jeung Paparikan – Kata-kata yang Anda cari ada di buku ini. Untuk konten yang lebih bertarget, cari teks lengkapnya dengan mengklik di sini. 1 RENCANA PELAJARAN 3 Nama Sekolah : SMP NEGERI 17 BEKASI Mata Pelajaran : Bahasa Sunda Kelas/Semester : VIII/1 Keterangan Dasar : Sisiniran Alokasi Waktu : 8 JP (4x sesi) A. Kompetensi Dasar 1 Memahami dan mengamalkan ajaran agama yang dianut 2 Menghargai dan menghargai kejujuran tingkah laku, tingkah laku, tanggung jawab, kepedulian (kesabaran, kerjasama), rasa hormat, percaya diri, interaksi yang efektif dengan lingkungan dan alam dimana seseorang dapat mencapai hubungan dengan kehadirannya. 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan sistematis) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang berkaitan dengan fenomena dan peristiwa visual. 4 Berusaha berkarya dan berproduksi pada ranah konkrit (menggunakan, memisahkan, menggabungkan, mengubah dan mencipta) dan pada ranah abstrak (menulis, membaca, membaca, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan pengetahuan di sekolah dan sumber lain yang mempunyai kesamaan poin. dari visi/konsep tersebut. B. Keterampilan Utama dan Indikator Pencapaian Kompetensi NO KD MATSHWANE PRINSIP KUNCI 3.3 Memahami dan mengenal struktur, struktur teks, jenis kata dan fungsi sosial sarkasme Pertemuan pertama: Siswa saya: 3.3 1 Mengenali jenis-jenis perilaku sesuai dengan kaidah 3.3. 2 Mendeskripsikan struktur saus menurut aturannya Pertemuan kedua: 3.3.3 Menentukan isi saus menurut aturannya 3.3.4 Mendeskripsikan isi saus menurut aturannya dalam bentuk lisan (misalnya dengan poster, meme, situs web sarkasme) dengan memperhatikan struktur kalimat, frasa, dan nada. Pertemuan ketiga: 4.3.1 Menulis contoh lelucon sesuai aturan Pertemuan keempat: 4.3.2 Membuat poster lelucon sesuai aturan. Sasaruanana Jeung Bedana Antara Rarakitan Jeung Paparikan 2 C. Tujuan Pembelajaran Setelah menyelesaikan proses pembelajaran benda sedih, siswa akan mampu: No. Tujuan Pembelajaran 1 Sesi pertama : 3.3.1 Mengenali dengan benar bentuk komedi 2 3.3.2 Mendefinisikan bentuk komedi dengan benar dan tepat 3 Sesi kedua : 3.3.3 Mengenali dengan benar isi komedi 4 3.3.4 Menjelaskan dengan baik isi kekerasan . dan benar 5 Pertemuan ketiga : 4.3.1 Menuliskan contoh perilaku dengan baik dan benar 6 Pertemuan keempat : 4.3.2 Membuat lelucon dalam format poster dengan benar dan benar ❖ Fokus pada Penguatan Pembelajaran Struktur yang merupakan konsentrasi selama mengajar dan. proses pembelajarannya adalah karakter religius, disiplin dan tema D. Materi pembelajaran ❖ Standar materi pembelajaran ❖ Fakta: Sebutkan jenis-jenis laporan ❖ Teori: o Ciri-ciri laporan o Jenis bingkai o Struktur laporan ❖ Empat prinsip: garis, dua garis penutup, dan dua isi baris ❖ Proses: Langkah-langkah membuat poster: – Identifikasi jenis konten – Temukan konten/tujuan poster – Susun ringkasan – Edit penawaran – Cara mencetak ❖ Edit bahan untuk dipelajari • Aturan membuat sindiran (Edit jenis: tugas) ❖ Pembelajaran tentang kekuatan informasi: • Lebih banyak mengerjakan soal-soal sulit E. Metode pembelajaran ❖ Metode pembelajaran: IPA ❖ Metode pembelajaran: pembelajaran masalah ❖ Metode: diskusi, tanya jawab, pekerjaan rumah, latihan F. Media pembelajaran: o Contoh laptop, infocus, sindiran Kak Tolong Bantu Aku 3 G. Sumber Belajar : o Faturohman, Taufik, spk. 2017. Gapura Basa; Pengajaran Bahasa Sunda Kepada Siswa/Siswa SMA. Kelompok VIII. Bandung. Kekacauan Sunten. (halaman 36-48) o Satjadibrata. 2005. Buku Panduan Bahasa Sunda. Bandung. Kiblat Online H. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Majelis Pertama Waktu Penjelasan Pendahuluan • Guru memposisikan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang positif • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya • Guru menghubungkan keterampilan yang dipelajari dengan keterampilan yang akan dipelajari dan akan dikembangkan • Guru menyampaikan keterampilan yang ingin dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari • Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran, ruang lingkup teks dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan • Guru menyampaikan ruang lingkup latar belakang dan metode penilaian akan digunakan 10 menit Kegiatan utama proses pembelajaran: Tanggung jawab siswa terhadap masalah. • Menetapkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. teks sindiran (membaca dan menulis) • Siswa mengidentifikasi tokoh-tokoh yang dapat ditiru dalam program video/CD sindiran (PPK) • Memberikan gambaran (pendapat) tentang manfaat pembelajaran yang dapat diambil pelajarannya dalam kehidupan sehari-hari • Menjelaskan langkah-langkah dalam pembelajaran kegiatan. : pembentukan kelompok, kegiatan pembelajaran (LC) 50 menit Organisasi siswa • Setelah menonton video/CD sindiran dengan bimbingan guru, siswa mengajukan pertanyaan. belajar mengajar melalui kegiatan diskusi kelompok (4C) Membimbing inkuiri individu dan kelompok • Siswa mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. 4 • Membaca sumber lain dari berbagai laporan untuk menambah pengetahuan sesuai topik (membaca dan menulis) Mengembangkan dan menyajikan hasil tugas • Dengan bimbingan guru secara berkelompok, siswa menggunakan informasi yang diperoleh dari diskusi kelas atau poin-poin penjelasan guru, menjawab semua pertanyaan yang telah ditanyakan dan menyelesaikannya. (4C) • Menyusun laporan hasil diskusi kelompok yang akan dipresentasikan (4C) • Masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya dengan hormat dan bertanggung jawab (4C) • Kelompok lain menyikapi dengan hormat hasil laporan kelompoknya ( 4C) • Guru membimbing pekerjaan siswa Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah • Meringkas poin-poin penting dari kegiatan diskusi • Memutar kembali kesimpulan yang telah disiapkan secara individu/kelompok • Menulis catatan seluruh kegiatan pembelajaran masalah komunikasi dengan menggunakan bahasa Sunda yang baik dan benar Kesimpulan • Guru bersama siswa membuat ringkasan pembelajaran (4C) • Guru merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran • Guru melakukan evaluasi • Urutan tugas guru ( Review dan Penguatan) • Menyajikan RPP dalam rapat Berikutnya • Guru menutup pembelajaran dengan doa (PPK) 20 menit . 5 Sesi Kedua: Uraian Kegiatan Kegiatan Pertama Kali • Guru menetapkan kondisi siswa untuk menciptakan suasana belajar yang positif • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya • Guru menghubungkan keterampilan yang dipelajari dengan keterampilan yang perlu dipelajari dan dikembangkan. • Guru menyampaikan pengetahuan yang ingin dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. dan metode penilaian yang akan digunakan 10 menit Kegiatan utama model pembelajaran: Menugaskan siswa pada permasalahan • Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. membaca teks sindiran (baca dan tulis) • Siswa mengidentifikasi tokoh-tokoh yang dapat ditiru dalam program video/CD sindiran (PPK) • Memberikan gambaran (pendapat) tentang manfaat pembelajaran yang dapat diambil dalam kehidupan sehari-hari • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran. kegiatan: pembentukan kelompok, kegiatan pembelajaran (LK) 50 menit Organisasi siswa • Setelah menonton video/CD cuplikan dengan bimbingan guru, siswa membuat pertanyaan • Siswa dalam kegiatan kelompok membaca atau mencari informasi tentang bullying dari berbagai sumber (4C) • Siswa berkolaborasi dalam proses belajar mengajar melalui kegiatan diskusi kelompok (4C) Inkuiri individu dan kelompok yang dipandu • Siswa mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang dibuat • Membaca sumber lain dari laporan yang berbeda untuk meningkatkan pengetahuan mengenai mata pelajaran (literasi) dan menghasilkan hasil kerja 6 • Dengan bimbingan guru secara kelompok, siswa menggunakan informasi hasil diskusi kelompok atau informasi penjelasan guru untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan menyelesaikannya. (4C) • Menyusun laporan hasil diskusi kelompok yang akan dipresentasikan (4C) • Masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya dengan hormat dan bertanggung jawab (4C) • Kelompok lain menyikapi dengan hormat hasil laporan kelompoknya ( 4C) • Guru membimbing pekerjaan siswa Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah • Meringkas poin-poin penting dari kegiatan diskusi • Memutar kembali kesimpulan yang telah disiapkan secara individu/kelompok • Menulis catatan seluruh kegiatan pembelajaran masalah komunikasi dengan menggunakan bahasa Sunda yang baik dan benar Kesimpulan • Guru bersama siswa membuat ringkasan pembelajaran (4C) • Guru merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran • Guru melakukan evaluasi • Urutan tugas guru ( Review dan Penguatan) • Menyajikan RPP dalam rapat Berikutnya • Guru menutup pembelajaran dengan doa (PPK) 20 menit . Soal Am Bahasa Sunda 7 Sesi Tiga Keterangan Kegiatan Waktu Pendahuluan • Guru menetapkan kondisi siswa untuk menciptakan suasana belajar yang positif • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran sebelumnya • Guru menghubungkan keterampilan yang telah dipelajari dengan keterampilan yang perlu dipelajari dan dikembangkan • Guru menyampaikan keterampilan yang dipelajari yang ingin dicapai serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. • Guru menyampaikan secara garis besar tujuan pembelajaran, isi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. • Guru menyampaikan secara luas. tujuan dan teknik penilaian yang akan digunakan 10 menit Kegiatan kunci model pembelajaran: Pandangan siswa terhadap masalah • Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai • Siswa melakukan observasi dengan penyajian video/CD sindiran melalui infocus atau LK (literasi dalam media ) • Siswa membaca teks satir (membaca dan menulis) • Siswa mengidentifikasi tokoh-tokoh yang dapat ditiru dalam program video/CD satir (PPK) • Meringkas (mempengaruhi) manfaat pembelajaran yang dapat diambil dalam kehidupan sehari-hari • Menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran: pembentukan kelompok, tugas belajar (LK) 50 menit Mengorganisir siswa • Setelah menonton video/CD sindiran dengan panduan guru, peserta Bedana carpon jeung novel, bedana wawacan jeung novel, contoh sisindiran paparikan rarakitan wawangsalan bahasa sunda News