November 16, 2023 Beni Telah Meminta Tolong Kepada Dayu Apa Yang Dikatakan Beni Beni Telah Meminta Tolong Kepada Dayu Apa Yang Dikatakan Beni – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri Keterangan: BS Kelas 2 Topik 5 Pengalaman Saya Kata Kunci: BS Kelas 2 Topik 5 Pengalaman Saya, Kelas 2 Topik 5, Topik 5 Kelas 2, Buku Siswa Kelas 2 Topik 5, Buku Siswa Kelas 2, Pengalaman Saya Kelas 2 Beni Telah Meminta Tolong Kepada Dayu Apa Yang Dikatakan Beni Anda harus memeriksa hasil diskusi. Caranya dengan melakukan latihan berikut. Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan maknanya! 1. Mulut burung, ayam dan bebek. 2. Tirulah suara seruling dengan mulut. 3. Dapatkan perhatian dengan suara nyaring. 4. Membosankan kata yang sama. 5. Pohon yang batangnya tinggi lurus. Pohonnya menyerupai batang, daunnya kecil-kecil seperti batang. Dengarkanlah nasihat gurumu! Kerjakanlah latihan di bawah ini! DPWRWU J UD B J ACFYBLB EOEERS I UL R A SMAMH I O S J YAUU J SK ECARRXDRZ RACAF I AEK UGPUHE L B I Subtopik 1: Pengalaman Rumah Saya 45 Bahan Ajar Baru Tema 5.prn Pahami kalimat berikut! Bacalah dengan pengucapan, intonasi dan ekspresi yang benar! Burung berkicau di pagi hari, aku melihatmu berayun dan bernyanyi. Terkadang aku berharap aku memiliki sayap dan suara sepertimu. Suara yang sangat indah. Suara kicau terdengar di langit biru. Pekerjaan: Erica Arta Dini, SD Negri Kebumen 1 Ceritakan pendapat temanmu tentang penampilannya. ! Sukai pro dan kontra membaca puisi! Kelebihan: …………………………………………. …………… Kekurangan: …………………… … .. ………………………….. ………… .. . …………………………………………… … …………………….. 46 Buku Siswa Kelas II SD/MI Benny selesai membersihkan sangkar burung. Benny menggantung sangkar burung pada posisi semula. Kemudian Benny bermain di taman. Ada banyak jenis olahraga di taman ini. Mainan berkeliaran. Ada permainan slide. Ada permainan ayunan. Benny memilih permainan algojo. 1 2 Tangan Benny terkulai. Kaki lurus ke bawah. Tangan Benny terjatuh. Paha terangkat ke depan. Subtema 1 : Pengalaman saya di rumah 47 g d 5 6 Tangan Benny terkulai. Kaki direntangkan ke belakang. Tangan Benny terjatuh. Paha diangkat ke kedua sisi. 3 4 Tangan Benny terkulai. Kaki ditekuk ke belakang. Tangan Benny terjatuh. Kaki direntangkan ke depan. apa yang Benny lakukan Pernahkah Anda melakukan hal seperti Benny? Bepergian seperti Benny! Ikuti instruksi gurumu! 48 Buku Siswa SMP/MI Kelas II Ceritakan tentang kepindahan Benny! Ketik pada kotak di bawah ini. ………………………………………… .. …………. ………………………….. … . ………………………………………… .. …………. ………………………….. … .. ……. ……… ………………………….. .. …………………………….. …………. . .. .. ………………………………………… .. ……………………………………………. .. .. .. … .. ……………… .. ………………. .. ……………………… …. .. ……. …. …. .. ……………………. ….. ………. … ….. …………… …. …… ……… ……….. ….. ……… …… ……………….. ………. ….. ……………… .. ……………. ……… ….. …………….. …. …… ……………. …… ………………………….. …….. .. ……… …… ……. … …………… …….. .. ……… …… …………….. ………… Benny punya banyak teman. Di bawahnya ada anak baik. Benny pandai bersosialisasi. Teman Benny adalah seorang pengurus gereja. Pengurus gereja tiba-tiba datang ke rumah Benny. Para pemimpin gereja membutuhkan bantuan. Bantuan kepada korban banjir. Benny berdonasi untuk korban banjir. Benny memberikan contoh yang baik. Contoh ini konsisten dengan prinsip kedua Pentateuch. Sub Tema 1 : Pengalaman Saya di Rumah 49 Bahan Ajar Ukin Perhatikan gambar di bawah ini! Tandai gambar () yang sesuai dengan sila kedua Panchasila! 50 BUKU SISWA SD/MI II 1 3 5 2 4 6 Sub Tema 1 : Pengalamanku di Rumah 51 Bermain di Benny’s Park. Benny berperan sebagai algojo di taman. Lengannya tidak cukup kuat untuk digantung. Tangan kanannya tidak bisa dikendalikan. Benny hampir terjatuh. Ayah melihat Benny terjatuh. Ayah saya segera membantu Benny. Benny bersyukur atas bantuan ayahnya. Benny sedang bermain di taman. 52 Buku Siswa SD II/MI Ceritakan pengalaman anda! Sebuah pengalaman yang menggambarkan sila kedua Panchasila. Benny sangat menyayangi orang tuanya. Benny pun menghormati dan mengikuti nasihat orang tuanya. Benny menuruti orangtuanya. Tindakan tersebut merupakan sikap yang sesuai dengan sila kedua Panchasila. Yuk, terapkan di rumah! ………………………………………… .. …………. ………………………….. … . ………………………………………… .. …………. ………………………….. … .. ……. ……… ………………………….. .. …………………………… ……………… .. ………………………………………… .. ……………………………………….. . .. .. .. .. …………………… ……………….. …. …. .. ……. …. ……… ……………….. … ….. ……….. ………. …………… …. . ….. ……… ……………. ……… …… ….. …………… …………… ……………… .. ………………………… ……………… .. .. …… …………………. ……………….. …… …….. .. …………. …….. … ……… …… …….. .. …………. ……………… .. ………. Anda telah mempelajari sila Panchasila yang kedua. Diskusikan hal ini dengan orang tuamu. Contoh perilaku rumah tangga. Perilaku yang menganut sila kedua Panchasheela. Subtopik 1: Pengalaman Saya di Rumah 53 Tulislah pengalaman Anda di rumah. Pengalaman menurut sila kedua Panchasila. Kerjakan pada kolom di bawah ini! Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 68 69 70 71 72 74 Buku Tematik Sd Subtema 2 Pengalamanku 54 Buku Siswa SD II/MI Kindred Village Beni. Benny senang kakaknya datang kepadanya. Benny dan sepupunya saling mengunjungi. Benny selalu menjaga keharmonisan antar keluarga. Sikap tersebut merupakan contoh berperilaku sesuai sila ketiga Panchasila. Perhatikan gambar di bawah ini! Perhatikan gambar di bawah ini! Perhatikan gambarnya? Ajukan pertanyaan sesuai gambar! Mintalah temanmu untuk menjawab! Masalah: ………………………………………… .. …………… Jawaban Teman : …………………… …………………… Anda harus hidup harmonis. Perlakukan teman Anda dengan baik. Perlakukan anggota keluarga Anda dengan baik. Perlakukan tetangga Anda dengan baik. Hidup rukun merupakan contoh perilaku yang baik. Hidup rukun sesuai dengan lima sila ketiga. Subtema 1 : Pengalaman saya di rumah 55 Benny, saya ada tugas mengajar. Saya ingin berbicara dengan Anda. Liburan dibahas di sini, bukan? Hidup rukun antar anggota keluarga. Ini adalah contoh yang bagus. Bukankah contoh ini sesuai dengan sila ketiga Panchasheela? Ada contoh lain? Ini suatu kebetulan! Saya baru saja belajar. Selain itu, masih ada contoh lain. Contohnya antara lain (1) Mengutamakan kebutuhan keluarga. (2) Jangan memaksakan kehendak. (3) Saling mengasihi, saling menolong, saling menghargai dan menghormati. dan gotong royong anggota keluarga. (4) Perlindungan dan pelestarian harta benda keluarga. Baca percakapan di bawah ini! Perhatikan percakapan Benny dan sepupunya! 56 Buku Siswa SD II/MI Perhatikan gambar di bawah ini! Contoh ritual di rumah menurut sila ketiga Panchasheela! Klik ( ) untuk memilih! Subtema 1 : Pengalaman saya di rumah 57 1 3 5 2 4 6 Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 194 195 196 198, Bagaimana Cara Meminta Tolong Yang Baik? Perhatikan gambar di bawah ini! Beni menerapkan sila ketiga panchasila. Misalnya, Benny rukun dengan kakaknya. Benny bersyukur mempunyai kakak yang baik. Kakaknya suka membantu dan menyayangi. Aku selalu bermain dengan kakakku. Adikku selalu membantuku. Ketika saya membutuhkan bantuan. Adikku mengurus kebutuhanku. Aku dan adikku rukun. Aku dan adikku saling mencintai. 58 Buku Siswa SD/MI II Perhatikan gambar samping Tiba-tiba Benny membuka jendela. Hari ini hujan. Benny menunggu hujan reda. Benny kemudian menyanyikan Tik Tik Tik Suara Hujan. Ayo kita simulasikan bersama! Tik Tik Tik Suara Hujan (Prod: Ibu Sud) Suara hujan di genteng Tik tik tik Air mengalir tak terkendali. Puisi tentang “Hujan”. Dengarkan baik-baik! Hujan, hujan dimana-mana, jalanan di halaman basah semua, hujan tak henti-hentinya, hujan deras. Di sini hujan deras, menggenang di sini, tanpa henti, sepanjang hari. Sub Tema 1 : Pengalaman Saya di Rumah 59 Tidak Kata itu artinya 1. basah… 2. kental… 3. berhenti… 4. sia-sia… 5. banjir… Periksa pemahamanmu! Kerjakanlah latihan di bawah ini! BERAT, BANYAK BELTA BERTANGGUNG JAWAB, GAPNEKAL RENDAH STOP ALIRAN NEGRANE T AIR HAASB MASIH THEBR INE BACA KATA BERIKUT! Bicaralah dengan temanmu. apa artinya? 60 Buku Siswa SMP/MI Kelas II Perhatikan temanmu membaca puisi! Beri kami tanggapan Anda! Perhatikan pengucapan, intonasi dan ekspresi! Tulislah puisi! Puisi yang berhubungan dengan alam. Perhatikan pilihan kata! Subtopik 1: Pengalaman Saya dengan House 61 dan Manifestasinya! Bank Soal Bahasa Indonesia Lihatlah panjang jendela di rumah. Anda bisa mengukurnya dengan penggaris atau meteran. Pertimbangkan alat pengukuran panjang lainnya. Penggaris dan meter merupakan alat untuk mengukur panjang. Alat ukur lainnya adalah mikrometer pons dan sekrup. Perhatikan gambar di bawah ini! Sebutkan alat untuk mengukurnya. Anda belajar tentang puisi. Sekarang fokuslah pada benda-benda yang ada di dalam rumah. Apakah Anda memiliki pembantu rumah tangga? Apakah ada konternya? Apakah ada kalipernya? Punya mikrometer sekrup? 1 2 62 BUKU SISWA SD/MI II 7 8 Kegiatan bersama orang tua Kamu telah belajar tentang puisi. Sebuah puisi tentang alam. Diskusikan hal ini dengan orang tuamu. Bagaimana cara menulis puisi? 64 Buku Siswa SD II/MI Centang ( ) pada kolom di bawah ini! Saat Anda menguasainya. 1. Temukan contoh ungkapan permintaan maaf. 2. Membacakan puisi anak tentang alam. (Pengucapan, intonasi dan artikulasi sudah benar). 3. Mendemonstrasikan perilaku di rumah sesuai sila pertama Panchasheela. 4. Di rumah, perlihatkan perilaku yang sesuai dengan prinsip kedua Pentateuch. 5. Mengenal satuan ukuran panjang. 6. Pilih alat ukur yang tepat. Alat ukur untuk mengukur panjang suatu benda. Subtema 1 : Pengalaman saya di rumah 65 7. Menentukan lama dan singkatnya kampanye. Definisikan tekanan bunyi kuat dan lemah. 8. Nyanyikan “Tantina si Burung”. 9. Praktekkan perubahan bisnis. Gerakkan tanganmu. Saat senam lantai. 10. Praktekkan perubahan bisnis. Gerakan tangan. Saat senam lantai. 66 Buku Siswa SD II/MI Sebutkan Peristiwa Yg Trjadi ?…2.apa Yg Diucapkan Beni Kpd Udin?..3.mengapa Beni Meminta Ma’af Kpd Subtopik 2 Pengalamanku di Sekolah Subtopik 2: Pengalamanku di Sekolah 67 Perhatikan gambar di bawah ini! Liburan musim 1 telah berakhir. Benny dan teman-temannya kembali ke sekolah. apa yang dilakukan benny Apa yang dilakukan teman-temannya? Pernahkah Anda melakukan ini? Perhatikan gambar di bawah ini! Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk menghias pot bunga. Sereal untuk dekorasi pot bunga. Sebutkan biji-bijian yang digunakan. Benny dan teman-temannya mendapat misi. Pekerjaan ini dilakukan pada hari libur. Apa tugasnya? Tugasnya adalah mendekorasi vas bunga. 68 Buku Siswa Kelas II SD/MI Perhatikan gambar di bawah ini! Hiasi vasnya. Anda pasti sudah mengetahui bahan-bahan untuk dekorasi vas bunga. Mohon berikan materi-materi ini. Sediakan juga lem dan sarung tangan. Pilihlah desain yang cantik seperti gambar di bawah ini! 1 2 3 4 5 6 7 8 70 Buku Siswa Kelas SD/MI II Ciri-ciri dekorasi vas bunga 2 3 1 4 5 Anda mendekorasi vas bunga. Hasilnya adalah vas yang indah. Tulis deskripsi pekerjaan Anda! Subtema 2 : Pengalaman saya di sekolah 71 Article Text 48681 1 10 20180518 Benny bekerja dalam kelompok. Beni Group membuat dekorasi vas bunga. Benny dan yang lainnya berbicara. Bicaralah untuk menyelesaikan tugas. Dengarkan gurumu membacakan cerita Benny! Ajukan pertanyaan sesuai teks wawancara! Mintalah temanmu untuk menjawab! Masalah: ………………………………………… .. …………… Jawaban Teman : …………………… …………….. Jawab pertanyaan berikut! Jawaban berdasarkan cerita Benny. 1. Apa yang Benny lakukan dengan teman-temannya? Menjawab: ………………………………………… ……………. 72 Buku Siswa Kelas II SD/MI 2. Siapa yang berniat membantu Mellie? Menjawab: ………………………………………… ……………. 3. Apa yang ditanyakan Beni Dayu? Menjawab: ………………………………………… ……………. 4. Beni meminta bantuan Daya. apa yang Benny katakan Menjawab: ………………………………………… ……………. 5. Apa arti perkataan Dayu bagi Benny? Menjawab: ………………………………………… ……………. Tim Benny saling membantu. Bantu menghias vas. Tim Benny menyelesaikan misi mereka. Kegiatan dilanjutkan dengan mengukur panjang benda. Lihatlah gambarnya Doa meminta kekayaan kepada allah, amalan meminta rezeki kepada allah, beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, apa yang harus dikatakan kepada orang depresi, meminta rezeki kepada allah, meminta kekayaan kepada allah, cara meminta maaf kepada pacar, doa meminta rezeki kepada allah, cara meminta kekayaan kepada allah, cara meminta petunjuk kepada allah, cara meminta rezeki kepada allah, yang harus dikatakan kepada orang depresi News